Belajar Budidaya & Ternak Bersama

Cara Mengatasi Pohon Alpukat yang Tidak Berbuah

Menanam pohon alpukat hingga berbuah memang membutuhkan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 5 hingga 8 tahun dengan sistem vegetatif dan 10 sampai 15 tahun jika ditanam melalui biji.  Apabila Anda memiliki pohon alpukat yang tak kunjung berbuah selama lebih dari 10 tahun, maka Anda perlu mengetahui cara mengatasi pohon alpukat yang tidak berbuah pada usia produksi.  

Namun sebelumnya, kenali terlebih dahulu beberapa syarat utama agar pohon alpukat cepat berbunga dan menghasilkan buah lewat ulasan berikut ini.  

3 Syarat Utama Agar Pohon Alpukat Cepat Berbuah

Tiga syarat utama yang harus dipenuhi agar pohon alpukat cepat berbuah lebat diantaranya pemilihan bibit, media tanam serta keadaan lingkungan, berikut penjelasannya. 

1. Pemilihan Bibit

Pemilihan bibit merupakan syarat pertama yang harus dipenuhi dalam budidaya atau penanaman pohon alpukat. Bibit yang berkualitas tentu akan menghasilkan pohon alpukat yang subur dan berbuah lebat. 

Sebelum memutuskan membeli bibit alpukat, diperlukan pengetahuan dan ketelitian untuk memilih bibit yang baik, misalnya dengan memperhatikan bagian batang dan daun. Pastikan batang dan daun terbebas dari hama tanaman dan hindari memilih bibit alpukat yang memiliki bekas luka akibat infeksi jamur. 

2. Media Tanam 

Syarat agar pohon alpukat cepat berbuah selanjutnya adalah penggunaan media tanamnya.Pohon alpukat akan tumbuh subur pada media tanam yang lembab namun tanpa genangan air berlebihan.

Anda juga bisa menanam pohon alpukat di dalam pot menggunakan media tanam yang terdiri dari tanah, sekam padi dan kompos dengan komposisi 1:2:1. Pastikan tanah yang digunakan memiliki kandungan kadar asam dan basa yang netral. Untuk mengetahui kadar asam basa tersebut, Anda dapat memeriksanya dengan menggunakan kertas lakmus.

Baca Juga:  Cara Pemupukan Tanaman Alpukat Baru Tanam

3. Keadaan Lingkungan 

Syarat pohon alpukat bisa tumbuh subur yang terakhir adalah ditanam di lingkungan yang tepat. Tanaman buah jenis ini umumnya dapat tumbuh dengan baik di tempat yang memiliki iklim tropis seperti Indonesia. 

Negara beriklim tropis umumnya memiliki kecepatan angin mencapai 60 km/jam serta frekuensi curah hujan yang cukup tinggi yaitu sekitar 2500mm dalam setahun. Kondisi ini dinilai akan membantu proses pertumbuhan dan penyerbukan pada pohon alpukat

Sementara untuk kelembapan udaranya, pohon alpukat membutuhkan sekitar 12 hingga 28 derajat celcius dengan intensitas cahaya matahari sebesar 40% hingga 80%

Penyebab Pohon Alpukat Tidak Berbuah

Selain usia tanaman yang belum dewasa, terdapat sejumlah penyebab yang mengakibatkan pohon alpukat tidak kunjung berbuah yaitu:

1. Pemberian Pupuk

Waktu dan dosis pemberian pupuk yang kurang tepat menjadi salah satu penyebab pohon alpukat sulit berbuah. Jika dosis pupuk yang diberikan terlalu banyak, maka tanaman akan mudah busuk dan tidak bisa tumbuh subur. 

2. Penyakit Tanaman

Serangan penyakit tanaman seperti antraknosa, bercak daun dan busuk akar dapat membuat pohon alpukat tidak kunjung berbuah. Penyakit tanaman ini biasanya disebabkan oleh jamur atau hama yang memang dapat leluasa hidup di lingkungan dengan lembab. 

3. Pohon Terlalu Rimbun

Mungkin Anda mengira bahwa pohon alpukat yang rimbun menjadi pertanda bahwa pertumbuhannya sangat baik. Padahal kondisi pohon alpukat yang terlalu rimbun akan membuat makanan hasil fotosintesis lebih banyak disalurkan untuk mendukung pertumbuhan daun. Hal tersebut tentu akan mengakibatkan pohon alpukat sulit untuk berbuah. 

4. Kekurangan Unsur Hara

Tanaman yang kekurangan unsur hara akan mengalami kendala pertumbuhan, tidak terkecuali bagi pohon alpukat. Unsur hara sendiri dibagi menjadi dua jenis jika dilihat dari jumlah kebutuhannya yaitu unsur hara mikro dan makro. 

Baca Juga:  Cara Mencangkok Pohon Alpukat Dalam 7 Langkah

Unsur hara mikro terdiri dari kalsium, seng, magnesium, zat besi dan lain-lain, sementara unsur hara makro meliputi nitrogen, kalsium dan fosfor. 

Kebutuhan unsur hara dalam media tanam harus terpenuhi agar kesuburan pohon alpukat dapat segera berbuah. 

5. Siklus Penyiraman

Cara mengatasi pohon alpukat yang tidak berbuah sebetulnya bisa dilakukan dengan melakukan penyiraman dengan teratur, mengingat pohon alpukat membutuhkan air yang cukup banyak untuk bisa tumbuh dengan baik. Oleh karena, proses penyiraman merupakan hal yang sangat penting untuk perkembangan pohon buah asal Amerika Tengah ini. 

Namun, sistem drainase yang buruk dapat membuat sirkulasi air menjadi terhambat dan menyebabkan genangan air yang berlebihan. Jika dibiarkan, air yang menggenang tersebut akan membuat beberapa bagian pohon alpukat membusuk dan tak kunjung berbuah. 

cara mengatasi pohon alpukat yang tidak berbuah
cara mengatasi pohon alpukat yang tidak berbuah

Cara Merangsang Pohon Alpukat  Agar Cepat Berbuah

Setelah memahami sejumlah faktor yang menyebabkan pohon alpukat sulit berbuah, selanjutnya Anda bisa melakukan beberapa cara mudah merangsang pohon alpukat agar cepat berbuah seperti:

1. Memangkas Daun dan Ranting 

Cara pertama yang bisa dilakukan agar pohon alpukat cepat berbuah adalah dengan memangkas ranting dan daun.

Pemangkasan daun dan ranting ini dapat mempercepat proses pertumbuhan cabang serta membuat tajuknya tidak saling berhimpitan dan tumbuh secara teratur. Dengan begitu, proses fotosintesis yang berperan penting dalam pembentukan buah alpukat dapat berjalan dengan baik dan lancar. 

2. Memetik Daun

Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa melakukan perempelan atau pemetikan daun alpukat. Cara yang satu ini bertujuan untuk merangsang pertumbuhan tunas baru pada tanaman alpukat. Tunas-tunas baru tersebut nantinya akan disusul dengan tumbuhnya tunas bunga dan pucuk daun. Setelah itu, pucuk bunga akan mekar dan berkembang menjadi buah. 

Baca Juga:  Cara Mencangkok Pohon Alpukat Dalam 7 Langkah

3. Melukai Dahan atau Cabang 

Melukai dahan atau cabang dapat membuat tanaman alpukat mengalami stres. Kondisi ini akan menyebabkan fase pertumbuhan tanaman alpukat menjadi terganggu dan menghasilkan bunga sebelum waktunya. 

Anda bisa melukai bagian cabang atau daun dengan cara mencacah kulit batang, mengerat kulit batang secara melingkar serta mengikis dan melilit kulit batang pohon menggunakan kawat. 

4. Melengkungan Cabang atau Dahan

Cara merangsang pohon alpukat agar cepat menghasilkan buah yang berikutnya adalah dengan melengkungkan  bagian cabang atau dahan. Caranya dengan menarik bagian dahan ke arah bawah memakai tali, kemudian ikatkan tali tersebut ke pasak bambu dengan kuat.

Dahan tanaman alpukat yang melengkung dapat merangsang pertumbuhan generatifnya sehingga dapat dengan mudah menghasilkan bunga. 

5. Melakukan Penggenangan Air di Musim Kemarau

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pohon alpukat yang tidak kunjung berbuah bisa disebabkan oleh kurangnya pengairan, utamanya saat menginjak musim kemarau. Oleh karena itu, Anda bisa melakukan penggenangan air di musim kemarau guna merangsang tanaman alpukat cepat berbunga dan berbuah

6. Memberikan Pupuk yang Kaya Kandungan Phospor 

Cara merangsang pohon alpukat agar cepat berbuah yang terakhir adalah dengan memberikan pupuk dengan banyak kandungan senyawa phospor. Phospor berfungsi untuk menghambat pertumbuhan vegetatif tanaman dan mempercepat tumbuhnya bunga. 

Semprotkan pupuk daun yang kaya phospor di bagian permukaan daun dengan dosis yang tepat. Pemberian pupuk ini sebaiknya dilakukan sebelum pukul sembilan pagi atau setelah pukul empat sore. 

Demikianlah ulasan mengenaicara mengatasi pohon alpukat yang tidak berbuah meski sudah memasuki usia produksi. Lakukan perawatan pohon alpukat secara rutin dan maksimal agar bisa menghasilkan buah yang lebat dan sehat.