Belajar Budidaya & Ternak Bersama

Kenapa Pohon Alpukat Banyak Ulat Dan Solusi Hama Alpukat

Dalam melakukan usaha budidaya tanaman buah buahan pasti terdapat banyak hambatan yang dapat mempengaruhi produktivitas dari tanaman tersebut, misalnya masalah yang sering terjadi adalah tanaman terkena hama ulat. Misalnya pada tanaman alpukat seringkali mengalami gagal panen dan produktivitasnya menurun dikarenakan serangan hama ini. Kenapa pohon alpukat banyak ulat? Beberapa pembudidaya awam masih sering bertanya tanya akan hal tersebut.

Tanaman alpukat sendiri memiliki keuntungan yang menjanjikan ditengah harganya yang tak pernah anjlok dan memiliki harga jual yang bagus. Meskipun begitu untuk membudidayakan tanaman alpukat perlu ketelatenan dan teknik tersendiri karena banyak terdapat berbagai jenis hama yang menyerang tanaman alpukat. Berikut akan disampaikan mengenai jenis hama yang biasa menyerang tanaman alpukat.

kenapa pohon alpukat banyak ulat
kenapa pohon alpukat banyak ulat

Hama Pohon Alpukat

1. Ulat kupu kupu gajah

Kupu kupu gajah memiliki ukuran yang sangat besar dari kubu kupu biasanya, yang lebar sayapnya bisa mencapai 25 cm. ulat dari kupu kupu gajah ini memiliki warna hijau yang ditutupi oleh warna putih seperti tepung, dan memiliki duri dalam dagingnya dan memiliki panjang sekitar 15 cm. gejala serangan dari ulat kupu kupu gajah ini adalah dapat dilihat dari daun pohon alpukat yang tidak akan utuh karena terdapat banyak bekas gigitan.

Serangan dari ulat jenis ini tidak akan ditemukan kepompong yang menggantung dan bila terjadi serangan yang hebat maka ulat tersebut dapat memakan habis seluruh daun tanaman alpukat namun hal ini tidak akan membuat pohon mati.

Kenapa pohon alpukat banyak ulat kupu kupu gajah adalah kurangnya predator, cuaca ekstrim sehingga dapat meningkatkan populasi dari ulat kupu kupu gajah.

Baca Juga:  Cara Mencangkok Pohon Alpukat Dalam 7 Langkah

Untuk mengatasi ham aini diperlukan 5 siung bawang yang dicampur dengan misa dan 50 ml minyak sayur dan sedikit air kemudian ramuan tersebut dapat disemprotkan ke pohon alpukat selama 3 hari berturut turut sehingga ulat dari kupu kupu gajah dapat mati.

2. Ulat kipat

Ulat kipat biasanya sering menjadi hama dari tanaman buah buahan. Ia memiliki panjang sekitar 6 cm dengan kepala dan bagian ekornya berwarna merah menyala. Gejala serangan hama ini pada tanaman alpukat akan sangat kelihatan dan mudah diamati dengan menemukan adanya kepompong yang bergelantungan di tanaman alpukat. Kemudian daun dari tanaman alpukat akan terdapat banyak lubang akibat dimakan ulat oleh ulat kipat.

Kenapa pohon alpukat banyak ulat kipat? Penyebab dari serangan dari ulat kipat sendiri adalah dikarenakan cuaca ekstrem, dan ekosistem yang tidak stabil sehingga mendukung pertumbuhan dari berkembang biaknya ulat kipat ini. Untuk mengatasi serangan dari serangan hama ulat kipat ini maka Anda dapat menggunakan ekstrak daun pepaya dengan mengolahnya dengan rendaman 50 fram irisan daun pepaya ke dalam 100 ml air.

Daun pepaya tersebut kemudian direndam selama 24 jam kemudian melakukan pemerasan dan disaring. Setelah itu perlu ditambahkan larutan tersebut ke dalam 2 hingga 3 liter air dan semprotkan ke tanaman alpukat yang sudah terserang hama ulat kipat. Selain itu untuk mengatasi ham aini bisa menggunakan bahan kimia atau insektisida yang didalamnya terkandung bahan monokrotofos atau sipermetrin. Dosis yang bisa diterapkan adalah 1.3 cc per liternya dan kemudian disemprot ke bagian tanaman yang terdapat hama ulat kipat ini.

3. Aphis gossypii glov atau ulat daun

Hama lain yang menyerang budidaya tanaman alpukat adalah kutu daun dimana mereka memiliki karakter berwarna hijau hingga hitam maupun berwarna kuning kecoklatan. Kutu daun dapat mengeluarkan embun madu yang kemudian bercampur dengan cendawan jelaga, dimana jelaga ini dapat mengundang semut untuk datang. Gejala dari serangan kutu daun dapat dilihat dari warna daun yang dapat berubah menjadi kehitaman.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Pohon Alpukat yang Tidak Berbuah

Serangan kutu daun dapat menghambat perkembangan dari tanaman alpukat sehingga menyebabkan tanaman alpukat menjadi kerdil. Penyebab serangan dari kutu daun ini sendiri dikarenakan ketertarikan ham aini terhadap daun yang memiliki warna orange, kuning, biru, violet, dan hijau yang dapat dipantulkan oleh daun. Kutu daun ini selain menyerang tanaman alpukat juga dapat menyerang tanaman cabai dikarenakan cabai memiliki warna yang merah merona.

Untuk mengatasi serangan hama ini adalah dapat diatasi dengan menggunakan ekstrak cabai merah. Cara membuat ramuan ini sendiri dengan menyiapkan 4 mangkuk cabai merah kemudian 30 gram deterjen. Selain itu Anda dapat merebus cabai selama 20 menit kemudian ditambahkan 3 liter air, setelah itu dinginkan terlebih dahulu kemudian menambahkan detergen kemudian semprotkan ke tanaman yang terdapat hama kutu daun ini. Untuk penyemprotan ini agar didapatkan hasil yang maksimal diperlukan penyemprotan secara rutin mulai dari pagi hingga sore hingga hama kutu daun ini menghilang.

4. Kutu dompolan putih

Kemudian hama selanjutnya kutu dompolan putih yang dapat menyerang tanaman alpukat. Kutu dompolan putih ini memiliki bentuk tubuh elips dan memiliki warna coklat kekuningan dan beberapa memiliki warna merah orange yang ditutupi oleh warna putih tepung. Ukuran dari kutu dompolan putih dapat mencapai 3 mm dan memiliki terdapat benjolan pada tepi tubuh yang terdapat 14 hingga 18 pasang.

Gejala serangan dari kutu dompolan putih biasanya dapat dilihat dari perkembangan tanaman alpukat yang semakin menjadi kurus. Kemudian bagian dari buah, daun dan bunga akan terlihat pucat. Kemudian dengan waktu yang berjalan bagian tanaman tersebut akan tertutup oleh kutu dompolan putih dan kemudian tanaman alpukat akan menjadi mongering. Sebab dari suatu tanaman dapat terkena hama kutu dompolan putih adalah dikarenakan ham aini memiliki ketertarikan khusus terhadap daun dan saat musim kemarau tiba jumlah serangga ini akan meningkat semakin pesat.

Baca Juga:  Cara Pemupukan Tanaman Alpukat Baru Tanam

Untuk menangani ham aini Anda bisa melakukan beberapa cara misalnya menggunakan insektisida berbahan karbaril, formotion, monocrotophos atau dimetoat. Selain menggunakan insektisida Anda juga bisa menggunakan ekstrak jahe yang kemudian ditambahkan dengan air dan detergen. Kemudian hasil dari larutan tersebut disemprotkan  ke tanaman.

5. Codot

Jika sebelumnya dibahas mengenai kenapa pohon alpukat banyak ulat, sekarang akan dibahas mengenai hama selanjutnya adalah codot. Hama hama sebelumnya membahas tentang hama yang menyerang daun , namun hama codot akan menyerang buah alpukatnya dengan memanjat pohon lalu menuju buah alpukat dan kemudian dimakan.

Gejala serangan hama ini dapat dilihat dengan mudah dengan mengamati daging buah alpukat yang akan memiliki banyak lubang, Biasanya buah yang diserang oleh hama ini adalah buah yang masak dipohon. Penyebab dari datangnya hama ini adalah karena aroma buah alpukat yang telah masak. Hewan ini sangat suka dengan buah buahan yang telah masak dan akan mengkonsumsinya.

Untuk mengatasi serangan dari hama ini adalah dengan memakai kincir untuk menakut nakuti hama codot. Kincir angin tersebut bisa diberi peluit.