Belajar Budidaya & Ternak Bersama
Anggur  

Cara Menanam Anggur Dari Biji Sampai Berbuah

Anggur adalah buah yang disukai banyak orang. Buah ini tidak hanya memiliki rasa yang unik, tetapi juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, antara lain melindungi jantung, meningkatkan kesehatan otak, dan mencegah penyakit mata seperti katarak.

Sayangnya, anggur itu sendiri sangat mahal dan menguras dompet Anda. Hal ini membuat orang lebih memilih untuk mengalihkan pilihan ke buah lain yang harganya lebih murah.

Sebagai solusinya, menanam buah ini sendiri di rumah bisa menjadi pilihan. Menanam dan merawat anggur sangat mudah. Anda bisa menanamnya di kebun Anda, atau Anda bisa menanamnya di dalam pot. Berikut berbagai langkah-langkah cara menanam anggur dari biji sampai berbuah yang bisa Anda ikuti di rumah.

Tutorial: Cara Menanam Anggur Dari Biji Sampai Berbuah

cara menanam anggur dari biji sampai berbuah
cara menanam anggur dari biji sampai berbuah

1. Menyiapkan Biji Anggur

Sebelum menanam, pastikan Anda memiliki biji anggur terlebih dahulu. Anda bisa mendapatkannya dari buah anggur. Anggur harus dipotong dengan pisau untuk menghilangkan biji di dalamnya. Cobalah mengumpulkan banyak biji anggur dengan warna coklat dan besar, bukan hanya satu atau dua biji saja.

2. Rendam biji anggur

Selanjutnya, rendam biji anggur. Cara ini sangat unik, tujuannya untuk mengetahui biji anggur mana yang berkualitas baik dan mana yang tidak. Cara mengetahuinya dengan cukup rendam biji anggur dan biarkan selama 24 jam. Biji anggur berkualitas baik biasanya tenggelam saat direndam dalam air. Sebaliknya, biji anggur berkualitas buruk akan mengapung.

Baca Juga:  Kriteria Pupuk Untuk Anggur Agar Cepat Berbuah dan Faktor yang Mempengaruhi

3. Potong Ujung Biji Anggur

Setelah biji direndam, selanjutnya adalah mengambil dan mengeringkan biji yang tenggelam. Kemudian periksa kembali kondisi biji anggur tersebut. Jika biji anggur tajam dan keras, sebaiknya potong dengan pisau dapur atau gunting kuku.

Jangan lupa untuk memotong ujungnya saja. Jika biji anggur dipotong terlalu dalam, akan membuatnya membusuk.

4. Masukkan Bibit Anggur ke dalam Wadah

Selanjutnya, siapkan bibit anggur untuk perkecambahan. Masukkan saja biji anggur ke dalam wadah kecil. Kemudian tambahkan lumut gambut lembab. Tutup wadah dan simpan di lemari es pada suhu 1,6-4°C selama 2-3 bulan. jangan lupa untuk memastikan biji anggur tidak membeku.

5. Melakukan Penyemaian

Langkah selanjutnya untuk menanam anggur dari biji ialah penyemaian. Siapkan pot tanah liat yang diisi dengan media tanam dengan campuran sekam. Pastikan untuk memberikan jarak sekitar 1,5 inci antar biji anggur. Ingatlah, untuk sering menyiram pada sore hari. Dengan demikian, tunas dari biji anggur muncul 3 hingga 8 minggu setelah ditanam.

6. Pindahkan ke pot yang lebih besar

Setelah biji anggur tumbuh dan berukuran sekitar 8 cm, pindahkan ke dalam pot yang lebih besar. Hal ini memungkinkan anggur untuk tumbuh sebanyak mungkin. Setelah 1,5 bulan disemai, pohon anggur mulai mengembangkan 3-4 daun. Pada usia 3 bulan, ia memiliki 15 daun dan mencapai ketinggian 50 cm.

7. Merawat Tanaman Anggur

Agar tanaman anggur tetap tumbuh subur, jangan lupa penyiraman dan pemupukan secara teratur. Kemudian pastikan terus-menerus terkena sinar matahari setiap 7-8 jam/hari agar tetap tumbuh dan tidak terserang penyakit.

8. Panen Anggur

Menanam anggur dari biji memang cukup sederhana, tetapi Anda harus bersabar. Ini karena butuh tiga hingga empat tahun bagi buah anggur untuk berbuah setelah ditanam.

Baca Juga:  Cara Menanam Anggur dari Batang Agar Cepat Berbuah

Oleh karena itu, rawatlah tanaman anggur Anda secara teratur untuk memaksimalkan pertumbuhannya. Ini memungkinkan pohon anggur menghasilkan buah yang padat, sehat, dan segar.

Tips dan Trik Agar Anggur Cepat Berbuah

Anggur menjadi salah satu buah yang paling banyak ditanam di Indonesia karena kemudahan perawatannya. Pasalnya, Anda tidak membutuhkan lahan yang luas untuk menanam tanaman anggur. Sayangnya, tidak semua tanaman anggur dapat langsung berbuah. 

Tanpa adanya perawatan intensif, tanaman anggur akan tumbuh begitu saja tanpa menghasilkan buah. Nah terdapat beberapa tips dan trik sederhana untuk membuat tanaman anggur tumbuh dan berbuah lebih cepat! Apa saja itu?

1. Memilih Varietas Anggur

Saat memilih jenis anggur, pertimbangkan kondisi pertumbuhan dan tujuannya. Mereka yang menanam anggur di rumah, umumnya akan memilih dari hibrida anggur Eropa, Prancis-Amerika, Amerika atau Muscadine.

Untuk menemukan jenis terbaik, pilih anggur yang berkembang di zona pertumbuhan USDA Anda. Tanaman anggur Amerika cenderung lebih kuat dan tahan dingin, sedangkan tanaman anggur Eropa tumbuh paling baik dalam kondisi hangat dan kering. Varietas hibrida biasanya mewarisi beberapa karakteristik dari kedua jenis tersebut. .Anggur muscadine berasal dari Amerika Serikat bagian selatan dan menghasilkan buah terbaik di iklim yang hangat dan lembab.

2. Teknik Penyiraman

Anggur merupakan salah satu tanaman yang mudah stres atau jenuh air. Jadi berikan banyak air. Siram hingga 3 kali seminggu untuk membantu buah anggur lebih cepat berbuah.

Penyiraman ini hanya di musim kemarau, karena tanaman anggur tidak perlu disiram saat musim hujan yang justru dapat merusak tanaman.

3. Pupuk yang Tepat

Kesalahan yang dilakukan banyak orang saat menanam anggur adalah pemupukan yang berlebihan. Pemupukan harus dilakukan dengan hati-hati agar buah anggur berbuah lebih cepat. Satu hingga dua sendok makan pupuk sudah cukup untuk satu pot anggur.

Baca Juga:  Kriteria Pupuk Untuk Anggur Agar Cepat Berbuah dan Faktor yang Mempengaruhi

Jenis pupuk yang digunakan juga harus mencakup pupuk yang mengandung unsur N, P dan K. Karena jenis pupuk ini mendukung kesuburan serta kegemburan tanah. Setelah anggur berumur 90 hari, jangan lupa untuk tetap diberikan pupuk. Lanjutkan pemupukan setiap sebulan sekali.

4. Sinar Matahari

Tanpa sinar matahari, tanaman anggur akan lebih sulit tumbuh, apalagi berbuah. Agar dapat berbuah lebih cepat, Anda harus memastikan bahwa kebutuhan mataharinya terpenuhi.

Biarkan tanaman anggur mendapatkan sinar matahari minimal 6 jam per hari. Pindahkan pot anggur dari tempat yang lembab, teduh, dan sirkulasi udara yang buruk, karena anggur bisa tumbuh buruk dengan tempat seperti ini.

5. Pemindahan Pot

Seiring bertambahnya usia, maka tanaman anggur akan mengalami pertumbuhan dan berkembang. Ini adalah saatnya tanaman anggur perlu dipindahkan ke pot yang lebih besar. Jika pot tidak dipindahkan, anggur akan sulit tumbuh, sehingga pembuahan akan memakan waktu lebih lama.

Dan jangan lupa membuat rambatan untuk tanaman anggur. Rambatan ini bisa dimulai dibuat saat tanaman anggur sudah berumur tiga bulan.

6. Pemangkasan

Pemangkasan pada tanaman anggur memungkinkan untuk mengontrol pertumbuhan dan fokus untuk berbuah. Tips supaya anggur lebih cepat berbuah ialah dengan memangkasnya setiap dua bulan sekali. Hal ini mencegah tanaman anggur tumbuh terlalu banyak ranting dan cabang, sehingga memungkinkan nutrisi terkonsentrasi pada perkembangan bunga dan buah.

Trik yang sama pentingnya adalah tidak menyiram selama dua hari sebelum pemangkasan. Lakukan penyiraman kembali setelah pemangkasan.

7. Periksa tanah

Trik terakhir yang harus Anda lakukan adalah memeriksa tanah. Anggur membutuhkan tanah yang gembur untuk tumbuh. Jadi periksa drainase di sekitar pot agar tanaman lebih cepat berbuah.