Belajar Budidaya & Ternak Bersama
Anggur  

Kriteria Pupuk Untuk Anggur Agar Cepat Berbuah dan Faktor yang Mempengaruhi

Sudah lama menanam buah anggur namun entah mengapa tanaman yang sudah dirawat dengan baik tidak berbuah. Mungkin pemilihan pupuknya kurang tepat, ada beberapa jenis pupuk untuk anggur agar cepat berbuah yang penggunaannya memang lebih efektif dibandingkan pupuk biasa. 

Karena itu, para pemilik tanaman anggur tidak boleh begitu saja memilih pupuk untuk anggur. Para pemilik tanaman anggur harus menemukan pupuk yang ideal. Jadi, tanaman anggur yang dimiliki bisa lebih cepat berbuah. 

Berikut akan dijelaskan mengenai kriteria dari pupuk yang tepat untuk tanaman anggur. Jadi, tanaman yang dirawat bisa lebih cepat berbuah. Selain itu, akan dibahas juga faktor lain yang mempengaruhi tanaman buah anggur agar semakin sehat dan cepat berbuah. 

Kriteria Pupuk Untuk Anggur Agar Cepat Berbuah 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, para pemilik tanaman anggur tidak boleh sembarangan dalam memilih pupuk untuk tanaman anggur. Ada beberapa kriteria dari pupuk yang akan digunakan. Pupuk yang memiliki kriteria ini bisa membantu tanaman anggur agar lebih cepat berbuah. 

Berikut adalah berbagai kriteria dari pupuk yang cocok untuk buah anggur. Para pemilik tanaman buah anggur harus memastikan bahwa pupuk yang dipilih memiliki kriteria di bawah ini.

pupuk untuk anggur agar cepat berbuah
pupuk untuk anggur agar cepat berbuah

1. Jenis Pupuk Generatif Pada Awal Pertumbuhan Tanaman 

Pada awal penanaman tanaman buah anggur, para penanam anggur lebih baik menggunakan jenis pupuk generatif. Jenis pupuk ini adalah pupuk yang digunakan dalam sistem pertumbuhan generatif. 

Pupuk ini sangat ideal untuk mempercepat pertumbuhan awal tanaman. Karena merangsang pertumbuhan sel lebih cepat namun tetap dalam tempo yang alami. Pupuk ini juga bisa memperkuat daya tahan tanaman terhadap hama dan gulma pada masa awal pertumbuhannya. 

2. Jenis Pupuk Vegetatif Agar Cepat Berbuah 

Ketika tanaman sudah agak besar dan sudah memasuki masa berbuah. Para pengguna bisa mengganti jenis pupuk yang digunakan menjadi pupuk vegetatif. Jenis pupuk ini dibuat dalam proses dan sistem secara vegetatif. 

Biasanya pada pupuk ini ditambahkan juga zat pengatur tumbuh seperti Bioroot-a atau Rootone-F. Zat inilah yang mempercepat pertumbuhan stek pada tanaman anggur jadi bisa mempercepat masa pertumbuhan buah anggur. 

3. Pupuk Harus Memiliki Kadar Unsur Hara yang Tinggi 

Seperti yang diketahui secara luas, tanaman akan tumbuh dengan baik jika tanah tempatnya tumbuh banyak mengandung unsur hara. Begitu juga pupuk untuk anggur agar cepat berbuah pastinya membutuhkan pupuk yang mengandung banyak unsur hara. 

Unsur hara yang dimaksud di sini adalah N, P, K, S, dan Mg yang merupakan unsur hara makro. Unsur ini sangat dibutuhkan oleh tanaman agar dapat tumbuh dan berkembang. Biasanya, unsur hara seperti ini banyak ditemui pada jenis pupuk kandang. 

4. Memiliki Kombinasi yang Tepat 

Jenis pupuk untuk anggur agar cepat berbuah tepat memang perlu dipertimbangkan. Namun, selain itu dosis dan kombinasi pupuk yang diberikan juga haruslah tepat. Pemberian pupuk untuk anggur harus tepat dan dapat memperbaiki nutrisi pada tanaman anggur. 

Pupuk harus mengandung unsur hara yang tinggi sesuai dengan dosis yang dibutuhkan pada masa tanaman anggur. Misalnya saja, pada masa pemangkasan unsur hara yang paling dibutuhkan oleh tanaman anggur adalah Natrium dan Magnesium. 

Selain pupuk padat, para pemilik tanaman anggur perlu menunjang pemupukan dengan pupuk cair. Jadi, dengan begitu tekstur tanah untuk tanaman juga tepat dan sesuai. 

Baca Juga:  Cara Menanam Anggur dari Batang Agar Cepat Berbuah

Faktor yang Mempengaruhi Pemupukan Anggur 

Memilih pupuk untuk anggur agar cepat berbuah saja tidak cukup. Para pemilik tanaman anggur juga harus memperhatikan faktor yang mempengaruhi pemupukan anggur. Karena tidak hanya pupuk itu sendiri. Namun, ada faktor eksternal yang mempengaruhi. 

Berikut adalah berbagai faktor yang mempengaruhi pemupukan anggur. Faktor-faktor ini harus dipenuhi agar pupuk yang diberikan bisa berhasil. Karena memberikan pupuk yang sesuai kriteria saja tidak cukup. Para pemilik tanaman anggur juga harus memberikannya dengan benar. 

1. Dosis Pupuk yang Diberikan 

Faktor pertama yang mempengaruhi pemupukan anggur adalah dosis yang diberikan pada tanaman anggur. Dosis yang diberikan pada tanaman anggur sangat bergantung dengan usia dan perkembangan dari tanaman itu sendiri. 

Misalnya saja, pada saat tanaman berumur 6 bulan, para pemilik tanaman bisa fokus untuk memberikan pupuk dengan unsur N yang lebih banyak. Kemudian, untuk penunjang juga bisa diberikan pupuk kandang dengan dosis 20 liter sebanyak 5 kali. 

2. Cara Memberikan Pupuk 

Ada beberapa cara untuk memberikan pupuk pada tanaman anggur. Hal ini bergantung pada jenis pupuk yang diberikan. Misalnya, pupuk kandang yang padat bisa dibaurkan secara merata di bidang tanah yang diolah atau mungkin ditaburkan sesuai dengan pola tanaman. 

Jika pupuk yang diberikan dalam bentuk cair, bisa disemprotkan saja pada bagian dahan, batang, sampai ke tanah. Karena pupuk cair bisa lebih mudah untuk diserap tanaman. 

3. Frekuensi Memberikan Pupuk 

Frekuensi pemberian pupuk untuk anggur agar cepat berbuah adalah tiap tiga bulan. Setiap memberikan pupuk, dosis pupuk lebih baik ditambah 50% lagi. Pupuk yang diberikan dengan frekuensi ini adalah pupuk dengan kandungan N yang tinggi. 

Untuk jenis pupuk kandang lebih baik lebih sering diberikan. Terutama, tanaman yang sudah berumur satu tahun lebih.Tanaman yang sudah berumur satu tahun lebih lebih baik diberikan 10 kaleng pupuk kandang per pohon. 

Baca Juga:  Cara Menanam Anggur Dari Biji Sampai Berbuah

4. Pengendalian Hama, Gulma, dan Penyakit Tanaman 

Tanaman anggur pastinya memiliki resiko untuk terserang hama, gulma, dan berbagai penyakit tanaman yang lain. Karena itu, para pemilik tanaman anggur harus melakukan penyulaman tanaman. Penyulaman tanaman anggur ini bertujuan untuk mengeliminasi tumbuhan yang sudah mati. 

Terutama, bagian tanaman yang terkena penyakit, hama, dan penyebab lainnya. Bagian tanaman ini bisa digantikan dengan tanaman cadangan. Selain itu, harus dilakukan pembasmian terhadap gulma yang menganggu tanaman anggur. 

Penyiangan gulma ini bisa dilakukan dengan cara manual dengan mencabut langsung gulma dari tanaman dengan tangan. Penyiangan dan pembersihan ini sebaiknya dilakukan seminggu sekali. 

Selain itu, sebelum memberikan pupuk lebih baik para pemilik tanaman anggur melakukan pembasmian gulma terlebih dahulu. Dengan begitu, pupuk yang diberikan tidak diserap oleh tanaman gulma dan bisa diserap maksimal oleh tanaman anggur yang dirawat. 

Keunggulan Pemberian Pupuk Untuk Tanaman Anggur 

Pemberian pupuk untuk anggur agar cepat berbuah tidak hanya agar tanaman anggur cepat menghasilkan buah saja. Namun, sangat penting untuk kesehatan dan keberlangsungan tanaman anggur untuk jangka waktu yang lama. 

Jika dibandingkan dengan tanaman anggur yang tidak punya sistem pemupukan rutin atau tidak memperoleh pupuk yang tepat. Tentu saja, tanaman anggur yang diberikan pupuk yang tepat akan jauh lebih cepat berbuah dan tahan terhadap serangan hama dan penyakit tanaman.  Itulah kriteria pupuk untuk anggur agar cepat berbuah dan berbagai faktor yang perlu diperhatikan. Mulai sekarang para pemilik tanaman anggur harus lebih teliti memilih pupuk.