Belajar Budidaya & Ternak Bersama
Apel  

Cara Menanam Apel di Daerah Panas

Apel atau Malus Domestica adalah jenis buah-buahan yang bentuknya bulat dan jika sudah matang warnanya berubah menjadi kemerahan. Buah apel ditanam pertama kali di Asia Tengah kemudian menyebar ke banyak wilayah yang mempunyai suhu udara dingin. Lalu, bagaimana cara menanam buah apel, terutama cara menanam apel di daerah panas?

Sekarang ini akan membahas mengenai beberapa langkah menanam buah apel. Cara menanam apel ini dibuat secara ringkas dan sederhana sehingga dapat mudah dipahami oleh pemula. Mari langsung saja simak! 

Tutorial Cara Menanam Buah Apel 

Biasanya apel dimakan langsung, tapi ada pula yang membuat buah tersebut menjadi minuman jus. Kandungan buah apel seperti serat, flavonoid, vitamin A, vitamin C, vitamin K, Asam Ursolat, Kalium, dan Asam Folat. Tidak heran jika buah apel mempunyai manfaat untuk menangkal radikal bebas, mencegah kanker, menjaga kesehatan otak. 

Bibit Tanaman Buah Apel

Memperbanyak apel biasanya dengan cara okulasi. Namun seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat, sekarang petani mulai memakai cara budidaya apel dari biji supaya berbuah cepat. 

Langkah pertama penyemaian adalah menyiapkan semua kebutuhan, yakni alat dan bahan. Perhatikan media semai yang akan digunakan dan manipulasi suhu ruangan. Hal ini karena pohon apel tumbuh baik di daerh bersuhu dingin seperi Malang. 

Setelah mendapat biji, Anda dapat mengumpulkan biji dari dua varietas apel berbeda untuk ditanam agar bisa melakukan penyerbukan sendiri. Setelahnya, jemur biji hingga kulit luarnya tidak lembab.  

Jika sudah kering, letakkan biji di tisu atau kain basah. Anda pun bisa memakai tanah gambut untuk menjadi media semai. Lalu, masukkan media semai ke wadah yang tertutup rapat seperti toples ataupun wadah yang lainnya. 

Baca Juga:  Ciri Ciri Pohon Apel

Masukkan wadah ke kulkas untuk memanipulasi suhu supaya sama dengan tempat tumbuh. Suhu yang dipakai antara 40 hingga 42 fahrenheit. Biarkan kurang lebih 8 minggu hingga biji mengeluarkan tunas serta akar. 

Cara budidaya buah apel dari biji supaya cepat berbuah berikutnya adalah memindahkan bibit ke polybag. Isi polybag dengan campuran kompos dan tanah gambut. Tanam bibit apel lalu siram air secukupnya.

Letakkan polybag di suhu kamar tapi tetap terkena oleh sedikit sinar matahari pagi. Lakukan penyiraman dengan rutin 3 sampai 4 minggu. Biasanya di waktu tersebut, daun sudah tumbuh.

cara menanam apel di daerah panas
cara menanam apel di daerah panas

Persiapan Lahan Tanam Tanaman

Apakah bisa menanam apel di halaman rumah daerah panas? Jika bisa, bagaimana cara menanam apel di daerah panas? Seperti yang Anda ketahui jika buah apel biasanya tumbuh di dataran tinggi yang ketinggiannya 700 sampai 2000 mdpl. Namun tidak menutup kemungkinan jika Anda ingin menanam apel sementara pekarangan Anda di daerah dataran rendah. 

Untuk menanam bibit apel hampir sama dengan menanam tanaman buah jenis yang lain, yakni menyiapkan lahan tanam serta media untuk merangsang tanaman tumbuh. Siapkan tanah berpasir, pupuk organik, dan arang sekam. 

Campur semua bahan lalu diamkan selama sehari. Jika sudah, buatlah lubang tanam lalu tanam tanaman apel yang sudah disemai, agar tak roboh dan menjadi penanda, tancapkan ajir. 

Jarak Ideal Tanaman Apel

Jarak cara tanam buah apel yakni sekitar 2 sampai 3 meter antar tanaman. Hal ini untuk berikan ruang pohon apel tumbuh besar serta untuk memudahkan dalam perawatan maupun pemanenan buah jika sudah waktunya. 

Cara Tanam Buah Apel

Agar pohon apel menghasilkan buah banyak dan cepat dalam berbuah, ada sejumlah tips yang dapat Anda coba untuk mencapai tujuan. 

  • Pencincinan
Baca Juga:  Ciri-ciri Daun Apel Beserta Bagian Lain Yang Perlu Diketahui

Caranya dengan melilitkan batang utama pohon dengan memakai kawat. Pencincinan berfungsi menghambat pengangkutan hasil fotosintesis ke akar, sehingga hasil fotosintesis tersebut dapat fokus untuk pembentukan buah. 

  • Pemupukan Susulan serta Penyiraman

Pupuk mengandung nutrisi yang berfungsi untuk merangsang pertumbuhan pohon apel serta pembentukan buah. Pupuk dapat berupa pupuk kimia ataupun pupuk organik. Penyiraman dengan air mempunyai fungsi menjadi media pelarut zat makanan di dalam tanah supaya lebih mudah untuk diserap, jadi lakukan penyiraman secara rutin dan tepat. 

  • Pemberian Hormone

Memberi hormon bisa Anda lakukan dengan menyuntikkan hormon tersebut ke batang pohon apel. Tujuan memberikan hormon adalah untuk mempercepat tanaman berbunga serta berbuah dan merangsang supaya buah mempunyai ukuran besar.

Penyebab Kegagalan dalam Menanam Tanaman Apel

Kegagalan cara tanam buah apel memang jadi momok menakutkan para petani apel. Namun, hal ini bisa Anda siasati dengan mengetahui faktor yang mempengaruhi kegagalan menanam apel. 

  • Berlebihan dalam Pemberian Pupuk Kimia. Jenis pupuk yang mempengaruhi itu bisa pupuk Nitrogen atau pupuk N. Apabila kelebihan, maka daun pohon apel akan bisa menjadi rimbun, malah bisa penetrasi sinar matahari.
  • Tak ada pohon apel jantan. Seperti di awal, sebaiknya Anda menanam bibit apel dari sejumlah varietas. Hal ini supaya penyerbukan dapat terjadi. 
  • Serangan hama atau serangan penyakit. Hama dan penyakit apel dapat mengganggu pertumbuhan pohon dan buah. Segera lakukan tindakan apabila Anda melihat ciri-cirinya. 

Khasiat Apel untuk Kesehatan

Buah apel berikan dampak yang baik untuk tubuh mulai dari kulit sampai daging. Anda bisa merasakan tubuh jadi lebih sehat setelah mengonsumsi buah apel dengan rutin. Buah apel kaya akan kandungan flavonoid, antioksidan, serta serat makanan. Kandungan-kandungan tersebut membantu mengurangi risiko kanker, menurunkan risiko kanker, sampai diabetes. 

Baca Juga:  Ciri Ciri Pohon Apel

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai khasiat buah apel untuk kesehatan tubuh. Berikut ini pembahasan tersebut:

  • Melawan Alzheimer

Salah satu manfaat buah apel yang bisa dirasakan adalah mampu untuk melawan penyakit alzheimer yang bisa mengganggu kemampuan kognitif dari seseorang. Kandungan quercetin yang ada pada buah apel merupakan antioksidan kuat yang berfungsi melindungi sel-sel otak dari demensia di hari tua. Selain itu, jus apel pun melindungi sel-sel otak dari stres oksidatif berkaitan dengan penyakit Alzheimer. 

  • Mencegah Penyakit Kanker

Khasiat apel bagus untuk tubuh, yakni mencegah kanker menyerang tubuh. Buah ini bisa cegah pertumbuhan kanker, khususnya kanker paru-paru, kanker payudara, kanker usus besar, dan lambung. Selain itu, rutin mengonsumsi apel pun bisa melindungi dari kanker perut dan kanker usus. 

  • Menstabilkan Gula Darah

Manfaat apel yang lainnya adalah untuk menstabilkan gula darah pada tubuh. Banyak penyakit disebabkan gula darah yang begitu tinggi, salah satunya yaitu diabetes. Dengan mengonsumsi buah apel, kandungannya akan memperlambat pencernaan makanan serta masuknya glukosa ke aliran darah. 

  • Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Khasiat buah apel berikutnya adalah mengurangi resiko terserang sakit jantung. Seseorang yang rutin mengonsumsi buah apel bisa menimbulkan dampak baik untuk jantung. Hal ini karena buah apel dapat mengurangi sumbatan serta peradangan di dinding pembuluh darah arteri. Kandungan apel pun mampu untuk mencegah kolesterol yang menumpuk di lapisan dinding pembuluh darah. 

Nah, begitulah cara menanam apel di daerah panas dan beberapa hal terkait yang sebaiknya Anda, apalagi pemula, harus tahu. Semoga bermanfaat.