Belajar Budidaya & Ternak Bersama
Apel  

Ciri Ciri Pohon Apel

Apa saja ciri ciri pohon apel yang perlu diketahui? Anda mungkin belum mengetahuinya, sehingga direkomendasikan untuk membaca artikel ini hingga tuntas. Siapa tahu Anda ingin menanam bibit pohonnya di halaman rumah. Atau mungkin, Anda berkeinginan membudidayakannya untuk bisnis di bidang hortikultura atau perkebunan.

Oleh karena itu, Anda harus mengenal pohon apel lebih dekat dulu sebelum mulai menanamnya. Dengan mengenali ciri-cirinya, diharapkan Anda bisa memperlakukan tanamannya nanti dengan sebaik-baiknya.

Tentu saja paling dinanti adalah buah apelnya yang sudah matang dan siap dipetik atau dipanen. Dimana daging buahnya berasa manis dan mengandung cukup air. Selain bervitamin, buah apel juga mengandung beberapa unsur nutrisi yang dibutuhkan tubuh manusia.

ciri ciri pohon apel
ciri ciri pohon apel

Mengenal Ciri Ciri Pohon Apel Lebih Dekat

Sekarang, Anda sekalian bisa mengenal ciri-ciri pohonnya lebih dekat. Tujuannya agar bisa membedakan mana pohon apel dan mana pohon jenis lain. Apalagi, Anda perlu mengenalnya dari bibit pohonnya yang masih berukuran kecil.

Jika mengenal pohonnya sudah berbuah, tentu saja Anda bisa melakukannya dengan mudah. Hal itu dikarenakan bentuk dan warna buah apel sangat khas dan bisa dikenali secara kasat mata.

Namun demikian, Anda tetap mengenali ciri ciri pohon apel lebih detail untuk menambah pengetahuan di bidang ini. Untuk lebih jelasnya, silahkan membaca uraian berikut yang semoga bermanfaat.

1. Batang

Dimulai dari ciri ciri pohon apel pada batangnya yang berkayu, sehingga cukup kuat dan keras. Anda bisa coba membuktikannya sendiri dengan mengupas lapisan batangnya yang banyak. Dengan kata lain, kulit batangnya tebal dan berwarna kecoklatan.

Baca Juga:  Hama dan Penyakit pada Tanaman Apel dan Cara Mengatasinya

Tekstur batangnya kasar karena mengandung banyak serat kayu. Dengan batang yang kuat dan kokoh tersebut, pohonnya secara keseluruhan mampu menopang semua komponennya. Terutama dalam proses fotosintesis yang sangat dibutuhkan oleh semua tanaman.

Diketahui bahwa pohon apel bisa tumbuh dengan ketinggian hingga 7 – 10 meter, sehingga memang cukup tinggi. Akan tetapi, ketinggian pohonnya juga dipengaruhi oleh tingkat kesuburan tanah, cara perawatannya, dan jenis pohon apelnya.

2. Daun 

Ciri ciri pohon apel berikutnya bisa diperhatikan pada daunnya yang berbentuk oval. Selain itu, daunnya memiliki ujung lancip atau runcing. Namun, ada juga daunnya yang tumpul dengan tepi daunnya bergerigi.

Sementara untuk warnanya, daun pohon apel ada yang berwarna hijau muda dan hijau tua. Hal tersebut dikarenakan jenis pohon apelnya berbeda. Seperti pohon-pohon lainnya, daun pada pohon apel akan meranggas pada musim kemarau untuk mengurangi penguapan.

3. Buah

Membicarakan ciri ciri pohon apel belum lengkap tanpa membahas buahnya. Dimana buah apel bisa berwarna hijau hingga merah gelap tergantung jenis pohonnya. Semuanya akan terasa manis, jika memang sudah matang buahnya.

Buah apel hijau identik dengan apel lokal khas Indonesia. Sementara itu, apel merah tua identik dengan buah apel ekspor yang di pasaran harganya lebih mahal. Meskipun buah apel lokal lebih murah harganya, tetapi kandungan vitamin dan nutrisi di dalamnya sama persis.

4. Bunga

Apakah pohon apel memiliki bunga? Tentu saja ada karena pohonnya berbuah, sehingga cikal bakal buah tersebut dari bunga yang sudah dibuahi. Itulah ciri ciri pohon apel  berikutnya yang perlu Anda ketahui. 

Diketahui bunga pohon apel berjenis majemuk dengan satu tangkainya terdapat dua kelamin, yaitu benang sari dan putik. Pada setiap tandan, biasanya terdapat sekitar 6 – 7 kuntum bunga. Ukuran bunganya kecil dengan mahkotanya berwarna putih. Untuk bisa melakukan proses penyerbukan pada bunganya, dibantu oleh serangga, angin, atau campur tangan manusia secara langsung.

Baca Juga:  Cara Menanam Apel di Daerah Panas

Apa yang Dapat Dimanfaatkan dari Pohon Apel?

Setelah Anda mengetahui ciri ciri pohon apel seperti yang diuraikan diatas, selanjutnya juga perlu mengenal manfaatnya. Dalam artian, manfaat secara umum dan luas dari pohon apel tersebut. 

Bukan hanya buahnya saja yang bisa dimanfaatkan, tetapi juga beberapa bagian lainnya di pohon apel. Untuk lebih jelasnya, silahkan membaca informasi berikut.

1. Memanen Buah Apel yang Menguntungkan

Memang benar, banyak orang atau pihak yang menanam pohon apel dengan tujuan utama ingin memanen hasil buahnya. Tentu saja buah yang sudah matang, sehingga manis legit rasanya. Selanjutnya, buah apel bisa dijual di pasaran untuk mendapatkan keuntungan uang.

Anda yang tertarik untuk berbisnis semacam ini, silahkan segera menindaklanjutinya dengan merencanakan segala sesuatunya dengan matang. Mulai dari lahan atau media tanam apel, membeli bibit tanamannya, proses perawatannya, dan lain sebagainya.

Namun demikian, jangan sampai menyerah di tengah jalan padahal pohonnya belum berbuah. Anda harus totalitas karena memulai berbisnis di bidang hortikultura juga membutuhkan modal tidak sedikit.

2. Memanfaatkannya untuk Kesehatan Tubuh

Sudah menjadi rahasia umum buah apel sangat menyehatkan tubuh manusia karena mengandung banyak vitamin dan nutrisi. Maka dari itu, mengkonsumsi buah apel secara teratur memang salah satu yang dianjurkan untuk setiap orang.

Ternyata, bukan hanya buahnya saja yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Daun dari pohon apel juga tidak kalah hebat khasiatnya untuk tubuh Anda. Diketahui daun apel bisa digunakan untuk masker pada wajah yang bermanfaat mengatasi jerawat dan flek hitam.

Selain itu, daun tersebut juga berkhasiat mengobati diare dan sembelit atau susah buang air besar. Tentu saja ada dosis dan cara penggunaannya yang tepat, sehingga daun apel benar-benar berkhasiat.

Baca Juga:  Ciri-ciri Daun Apel Beserta Bagian Lain Yang Perlu Diketahui

3. Batang Pohon Apel untuk Kebutuhan Rumah Tangga

Sudah Anda ketahui bahwa batang pohon apel yang berkayu bersifat keras. Maka dari itu, batangnya bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan rumah tangga. Misalnya, kayunya dipotong-potong untuk dijadikan kayu bakar untuk memasak.

Atau mungkin, menjadikannya sebagai bahan membuat beragam peralatan rumah tangga yang biasanya menggunakan gagang atau pegangan dari kayu. Pegangan itulah yang bisa dibuat dari batang pohon apel karena keras.

Menanam Pohon Apel di Rumah

Anda sekalian sudah mengetahui informasi ciri ciri pohon apel lebih detail. Selain itu, beberapa manfaatnya juga sudah diketahui. Oleh karenanya, tidak ada salahnya menindaklanjuti informasi tersebut dengan menanam pohon apel di rumah.

Untuk menanamnya, Anda tidak membutuhkan lahan pekarangan atau halaman rumah yang luas. Bahkan, Anda yang tidak memiliki halaman rumah luas dan tidak bertanah juga masih bisa menanamnya.

Caranya dengan memanfaatkan media polybag yang harganya cukup terjangkau. Sementara untuk ukuran polybagnya, perlu disesuaikan dengan ukuran tanamannya. Anda bisa menanamnya dari bibitnya dulu yang dapat dibeli dari toko atau tempat penjualan tanaman hias. Harga bibitnya juga cukup terjangkau.

Jangan lupa untuk membeli polybagnya juga beserta media tanah atau sekamnya. Setelah itu, Anda bisa mulai menanamnya agar bisa dirawat setiap hari. Adapun cara merawat tanaman apel tidak boleh sembarangan karena ada beberapa hal perlu diketahui dan dipraktikkan. Silahkan Anda mencari informasi perihal cara menanam apel lebih lengkap di buku, majalah, atau browsing di internet. Dengan begitu, Anda tidak hanya mengenal ciri ciri pohon apel saja, tetapi juga bisa langsung mempraktikkan menanam tanamannya langsung di rumah. Selamat mencoba.