Belajar Budidaya & Ternak Bersama
Apel  

Hama dan Penyakit pada Tanaman Apel dan Cara Mengatasinya

Apakah Anda tertarik untuk menanam tanaman apel di rumah? Penting bagi Anda untuk mengetahui hama dan penyakit pada tanaman apel dan cara mengatasinya. Hal ini akan membantu Anda untuk menjaga pertumbuhan tanaman apel agar tumbuh subur dan berbuah lebat.

Apa Pengaruh Hama dan Penyakit pada Tanaman Apel?

Hama dan penyakit memberikan dampak yang tidak bagus bagi pertumbuhan tanaman. Salah satunya adalah tanaman apel yang Anda tanam di rumah. Keberadaan hama dan penyakit bisa memberikan pengaruh, sebagai berikut:

Pertumbuhan Tanaman Terhambat

Salah satu pengaruh hama dan penyakit adalah bisa menyebabkan pertumbuhan tanaman terhambat. Hal ini tentu akan menyebabkan tanaman tidak bisa bertumbuh dengan baik. Jika Anda tidak mengatasinya, maka tanaman tersebut bisa mati.

Tanaman Rusak

Hama dan penyakit bisa menyebabkan tanaman mengalami kerusakan, sehingga Anda perlu mengatasinya dengan maksimal. Kerusakan tanaman tersebut akan memberikan kerugian bagi Anda. Pastikan Anda tidak membiarkan hama dan penyakit menyerang tanaman Anda.

Gagal Panen

Jika Anda tidak memperhatikan tanaman Anda dengan baik, hal ini bisa menyebabkan kegagalan panen. Hama dan penyakit bisa dengan mudah menyerang tanaman apel Anda. Sehingga Anda perlu belajar mengenai cara merawat tanaman apel dengan baik.

hama dan penyakit pada tanaman apel dan cara mengatasinya
hama dan penyakit pada tanaman apel dan cara mengatasinya

Jenis Hama pada Tanaman Apel dan Cara Mengatasinya

Terdapat berbagai jenis hama yang bisa menyerang tanaman apel Anda. Anda perlu mengetahui jenis hama tersebut supaya bisa mencegah keberadaannya. Beberapa jenis hama pada tanaman apel dan cara mengatasinya, sebagai berikut:

1. Kutu Hijau

Salah satu hama yang sering ditemukan pada tanaman apel adalah kutu hijau. Hama ini tidak akan merusak buah apel, namun merusak daun yang masih hijau. Kutu hijau akan menghisap cairan daun terutama yang masih berbentuk tunas.

Anda bisa mengetahui serangan kutu hijau pada tanaman apel melalui jelaga yang muncul dipermukaan daun. Hal ini menyebabkan daun tersebut akan berubah menjadi keriting dan mengering. Sehingga tanaman apel Anda tidak memiliki daun yang subur.

Cara mengatasi serangan hama kutu hijau adalah dengan melakukan sanitasi tanaman. Silakan untuk mengatur jarak tanam antara tanaman dan semprotkan pestisida secara teratur. Penyemprotan pestisida dapat dilakukan untuk menghilangkan benih-benih kutu hijau yang menempel.

2. Lalat Buah

Lalat buah bisa menjadi hama yang perlu Anda waspadai. Hama ini berupa ulat kecil yang menyukai buah apel. Buah apel yang masih hijau adalah makanan favorit dari lalat buah. Sehingga Anda harus berhati-hati supaya tidak mengalami gagal panen.

Gejala yang muncul dari serangan lalat buah adalah terdapat benjolan di permukaan buah apel. Jika Anda membelahnya, maka akan terlihat ulat yang bersemayam di dalam apel tersebut. Apabila terjadi serangan lalat buah, Anda harus segera mengatasinya dengan baik.

Lalat buah memiliki kemampuan untuk berkembangbiak dengan cepat. Pastikan Anda segera menyemprotkan insektisida dengan tipe Lebacyd 550 EC. Anda juga bisa mengatasinya dengan menaruh lalat jantan di tempat yang tinggi supaya lalat yang lain berpindah ke sana.

3. Trips

Bagi tanaman apel, trips merupakan hama yang paling berbahaya. Hama ini biasanya menyerang daun apel yang masih berupa tunas muda. Jika daun apel terserang trips, maka akan muncul bintik-bintik putih pada daun.

Baca Juga:  Cara Menanam Apel di Daerah Panas

Trips harus diatasi dengan baik karena bisa menyebabkan tanaman apel mati. Anda bisa mengatasinya dengan membuang telur-telur trips secara manual. Selain itu, Anda juga bisa mengatasi hama pada tanaman apel dengan menyemprotkan insektisida metomyl 2 cc.

4. Ulat Daun

Jenis hama lain yang bisa menyerang tanaman apel adalah ulat daun. Hama ini bisa merusak daun tanaman hingga lenyap tak bersisa. Sehingga Anda perlu waspada dengan keberadaan hama ulat daun ini.

Cara mencegah hama pada tanaman apel yang bisa Anda lakukan adalah dengan rutin menyemprotkan insektisida. Pastikan Anda memperhatikan daun tanaman apel Anda dengan baik. Apabila terdapat lubang-lubang pada daun, maka Anda perlu segera mengatasinya.

Jenis Penyakit pada Tanaman Apel dan Cara Mengatasinya

Selain hama, terdapat juga beberapa jenis penyakit yang biasanya bisa menyerang tanaman apel. Beberapa jenis hama dan penyakit pada tanaman apel dan cara mengatasinya yang perlu Anda ketahui, sebagai berikut:

1. Bercak Daun

Bercak daun menjadi salah satu penyakit yang bisa menyerang tanaman apel. Penyakit bercak daun memiliki gejala daun tanaman apel memiliki bercak yang bisa berwarna cokelat. Terdapat pula bercak daun yang berwarna hitam.

Jika hal ini terjadi, silakan untuk segera melakukan tindakan dengan memotong ranting dan daun tanaman secara teratur. Selain itu, Anda juga bisa mengatasinya dengan mengatur jarak tanam. Jangan lupa untuk segera membuang bagian tanaman yang sudah diserang penyakit.

Pembuangan bagian yang sudah terserang penyakit bisa dilakukan dengan membakar atau menguburnya. Hal ini akan mencegah penyebaran penyakit yang sama pada tanaman yang lain. Pastikan Anda menyemprotkan fungisida untuk mencegah penyakit bercak daun.

2. Embun Tepung

Penyakit embun tepung atau bisa disebut dengan Powder Mildew bisa menyerang tanaman apel. Gejalanya bisa dilihat dengan perubahan buah apel yang masih muda menjadi kecoklatan. Sedangkan, pada buah apel yang sudah tua memiliki warna seperti buah sawo.

Baca Juga:  Ciri-ciri Daun Apel Beserta Bagian Lain Yang Perlu Diketahui

Cara mengatasi serangan penyakit ini adalah dengan rutin membersihkan rumput disekitar tanaman apel. Selain itu, Anda juga bisa menyemprotkan fungisida dinocap. Supaya penyakit tidak menyebar, maka Anda perlu mengubur buah yang terinfeksi segera.

3. Kanker

Penyakit kanker juga bisa menyerang tanaman apel yang biasanya terjadi pada gudang panen. Anda perlu memperhatikan buah apel yang sudah dipanen, apabila mengalami bercak coklat kecil, melembung, dan membusuk. Maka, hal tersebut bisa disebabkan oleh penyakit kanker.

Anda bisa mencegah terjadinya kanker pada buah apel dengan memetik buah yang tidak terlalu matang. Selain itu, pastikan Anda menyemprotkan fungisida Difoliatan untuk menjaga kondisi buah apel agar tidak terserang penyakit kanker.

4. Busuk Buah

Anda perlu memperhatikan kondisi buah apel ketika melakukan pemanenan buah. Jika tidak, maka serangan penyakit bisa mengincar buah apel Anda. Apabila muncul bercak-bercak kehijauan pada buah apel, maka Anda harus segera mengambil tindakan yang tepat.

Jika dibiarkan kondisi tersebut akan menyebabkan buah membusuk dengan cepat. Silakan untuk melakukan tindakan pencegahan dengan memetik buah yang tidak terlalu matang. Jangan lupa untuk melakukan penyemprotan fungisida sehingga buah apel tidak akan cepat busuk.

Anda perlu memahami jenis penyakit yang menyerang tanaman apel dengan baik supaya bisa mengatasinya. Pastikan Anda memperhatikan kesehatan tanaman apel Anda supaya bisa tumbuh subur dan berbuah lebat. Demikianlah, pembahasan mengenai hama dan penyakit pada tanaman apel dan cara mengatasinya yang perlu diketahui. Yuk, rawat tanaman apel Anda dengan baik supaya tumbuh subur.