Dunia Informasi untuk anda

Begini Cara Ternak Ayam Bangkok Cepat Panen

Ayam Bangkok sangat familiar di kalangan pecinta ayam aduan di Indonesia. Sesuai dengan namanya, ayam ini adalah ayam yang berasal dari Negara Thailand.  Ayam ini  telah diakui memiliki kualitas yang bagus sebagai ayam petarung, karena memiliki sifat petarung sampai mati. Hingga saat ini ayam Bangkok telah menyebar di Indonesia dan sangat populer dikalangan pecinta ayam aduan.

Ada beberapa ciri-ciri umum dari ayam Bangkok, antara lain ukuran tubuhnya besar dan terlihat tegap, warna bulu beragam, berdiri hampir sekitar 90 derajat, bagian dada terlihat gagah, leher panjang, paruh panjang dan tebal berwarna kuning, kaki bulat, kering, dengan sisik rapih berwarna kuning. Dari segi rasa dan tekstur, daging ayam Bangkok sama dengan ayam kampung. Namun, ayam bangkok lebih sering dibudidayakan  untuk dijual kembali sebagai peliharaan daripada dikonsumsi, baik sebagai hobi atau sebagai ayam aduan.

Ayam Bangkok dibedakan menjadi tujuh kelompok sesuai dengan warna bulunya. Kelompok-kelompok tersebut meliputi ayam Bangkok putih, ayam Bangkok wiring, ayam Bangkok wangkas, ayam Bangkok jali, ayam Bangkok klawu,  ayam Bangkok blorok, dan ayam Bangkok jragem.

Bila anda tertarik untuk beternak ayam Bangkok, berikut ini adalah informasi mengenai cara ternak ayam bangkok sukses yang bisa anda ikuti.

Keuntungan Beternak Ayam Bangkok

cara ternak ayam bangkok cepat panen
cara ternak ayam bangkok cepat panen

Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan dari ternak ayam Bangkok, antara lain adalah:

  1. Modal untuk ternak ayam Bangkok terbilang kecil, namun dengan keuntungan yang besar. 
  2. Ayam Bangkok memiliki pasar yang luas.
  3. Cara memelihara ayam Bangkok terbilang mudah. Dengan memberikan jenis makanan yang tepat dan sesuai takaran, serta selalu menjaga kebersihan kandang, ayam Bangkok akan tumbuh sehat. Begitulah cara ternak ayam bangkok yang baik dan cara ternak ayam bangkok cepat panen.
Baca Juga:  Ciri - Ciri Anak Ayam Bangkok Yang Bagus

Cara Ternak Ayam Bangkok di Lahan Sempit

Bagi anda yang memiliki lahan sempit tidak perlu khawatir untuk bisa berternak ayam Bangkok, karena sebenarnya keterbatasan lahan untuk ternak tidaklah menjadi masalah yang besar.  Namun bisa jadi hasil yang didapatkan sedikit berbeda apabila dibandingkan dengan berternak ayam Bangkok menggunakan lahan yang luas.

Untuk mengakali hal ini, nada perlu memikirkan tata ruangnya. Mulai dari kandang untuk anakan, kandang untuk tidur, sampai pada area untuk makan dan beraktivitas ayam. Jumlah ayam yang akan anda ternak juga harus anda sesuaikan dengan kandang, jangan sampai terlalu banyak, karena  ayam yang dihasilkan bisa kurang maksimal kualitasnya.

Bila anda memikirkan cara ternak ayam bangkok cepat panen dan bertelur, beginilah caranya.

1. Memilih Indukan

Memilih indukan menjadi salah satu faktor penting keberhasilan beternak ayam bangkok. Dengan indukan yang sehat, maka telur yang dihasilkan ayam Bangkok pun juga semakin banyak. Memilih indukan ayam Bangkok bisa dengan cara membandingkan ayam yang seumuran, kemudian lihat mana yang ukurannya paling besar dan terlihat sehat, serta bulunya tidak rontok. 

2. Pakan yang bernutrisi

Pemberian pakan yang bernutrisi untuk ayam akan berdampak baik untuk kesehatan ayam dan berpengaruh pada telur yang dihasilkan ayam. Macam-macam bahan pakan ayam Bangkok yang baik agar cepat bertelur diantaranya adalah:

a. Tauge

Tauge memiliki kandungan zat yang bisa memicu hormon pada ayam bangkok sehingga dapat mempengaruhi keberhasilan dan  kualitas telur yang akan dihasilkan. Pastikan kebersihan tauge sebelum memberikannya kepada ayam Bangkok anda. 

b. Kuaci

Kuaci memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga dapat meningkatkan kesehatan reproduksi ayam. Senyawa yang terkandung di dalam kuaci dapat meningkatkan kualitas telur dan kesehatan dari indukan.

Baca Juga:  Cara Membuat Kandang Ayam Bangkok Mudah dan Praktis

c. Kangkung

Vitamin yang terkandung didalam kangkung dapat merangsang hormon pada ayam agar bisa menghasilkan telur yang banyak.

d. Biji Kenari

Biji kenari memiliki kandungan yang dapat membantu meningkatkan kualitas sel telur pada ayam Bangkok, sehingga telur yang dihasilkan meningkat.

3. Suplemen jenis Ebod Breeding

Suplemen jenis Ebod Breeding merupakan bahan pakan pabrikan yang diciptakan untuk memaksimalkan jumlah telur ayam dengan kurun waktu yang singkat.

4. Memberikan suplemen indukan

Untuk memacu agar ayam indukan bisa cepat bertelur, anda bisa memberikan suplemen khusus yang banyak dijual di pasaran.

5. Menjaga kebersihan tarangan 

Tarangan atau tempat wadah telur harus selalu dikondisikan dalam keadaan bersih supaya ayam indukan merasa nyaman saat menempatinya. Kebersihan tangan bisa meminimalisir stres saat menginjak waktu bertelur, sehingga telur yang dihasilkan jumlahnya akan maksimal. 

Vitamin Ayam Bangkok yang Bagus

Pemberian vitamin untuk ayam aduan seperti ayam Bangkok menjadi hal yang lazim digunakan para pemilik ayam botoh untuk meningkatkan performa ayam kesayangannya. Vitamin bisa diberikan setiap hari pada saat ayam dalam kondisi normal. Namun ada beberapa kondisi yang mengharuskan peternak memberikan vitamin pada ayam, seperti pada kondisi ayam stres dan ayam terserang penyakit.

Berdasarkan kelarutannya vitamin dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu vitamin larut lemak dan vitamin larut air (vitamin B kompleks/B1 sampai B12) dan vitamin C).

Vitamin larut lemak meliputi vitamin A, D, E, dan K, sedangkan untuk vitamin larut air meliputi vitamin B kompleks/B1-B12 dan vitamin C.

  1. Vitamin A berperan dalam menjaga stabilitas jaringan pada saluran pernapasan, pencernaan, dan reproduksi, serta mengoptimalkan indera penglihatan.
  2. Vitamin B kompleks membantu meningkatkan proses metabolisme tubuh ayam. Vitamin ini dapat meningkatkan nafsu makan ayam dan produksi telur. 
  3. Vitamin C berfungsi sebagai anti stres yang baik. Ayam yang tidak stres akan menghasilkan telur yang banyak. Vitamin C juga mampu   membantu meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus sebagai antioksidan.
  4. Vitamin D mampu meningkatkan penyerapan kalsium dan fosfor pada saluran pencernaan. Hal ini penting dalam pembentukan tulang, paruh, kuku dan telur ayam.
  5. Vitamin E sebagai antioksidan, meningkatkan sistem kekebalan, dan meningkatkan daya tetas telur.
  6. Vitamin K membantu mengikat kalsium, membantu proses pembekuan darah saat terjadi luka, dan mencegah perdarahan.
Baca Juga:  Ciri - Ciri Anak Ayam Bangkok Yang Bagus

Tips Ternak Ayam Bangkok

Adapun tips cara ternak ayam bangkok yang benar adalah sebagai berikut:

Pemilihan kandang

Pemilihan kandang untuk ayam Bangkok sangat perlu untuk diperhatikan agar ayam dapat berkembang dengan baik dan tidak stres. Selain itu, anda perlu memperhatikan penerangan di kandang ayam Bangkok. Jangan lupa pula untuk menyediakan tempat makan dan minum. serta penerangan yang cukup. 

Komposisi pakan

Komposisi terbaik untuk pakan ayam Bangkok adalah pencampuran jagung, beras merah, gabah, dan gabah merah yang diberikan dua kali dalam sehari. Anda bisa memberikan nutrisi tambahan bila ayam diperuntukkan untuk ayam aduan.

Pemberian suplemen sesuai dosis

Pemberian suplemen akan meningkatkan imunitas tubuh  ayam Bangkok sehingga lebih kebal terhadap penyakit, menghambat terjadinya infeksi penyakit tertentu, dan melancarkan pencernaan. Pemberian suplemen juga merupakan cara ternak ayam bangkok cepat besar. 

Itulah tadi informasi mengenai ayam Bangkok beserta cara ternak ayam bangkok cepat panen. Semoga bermanfaat.