Dunia Informasi untuk anda

Cara Membuat Kandang Ayam Bangkok Mudah dan Praktis

Di Indonesia, salah satu hewan ternak yang menjadi komoditas yaitu ayam. Hal tersebut terjadi karena ayam mempunyai nilai jual yang tinggi dan juga memiliki banyak manfaat. Dengan banyaknya jenis ayam, seperti misalnya ayam bangkok. Tak hanya karena memiliki nilai ekonomis yang tinggi, namun juga karena cara membuat kandang ayam bangkok yang mudah dan praktis.

Di dalam cara membuat kandang ayam bangkok, sudah ada banyak peternak yang mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah. Bahkan, para peternak pemula sekalipun. Hal tersebut memang wajar, karena kandang ayam bangkok sangat mudah untuk dibuat.

Langkah Langkah Dalam Membuat Kandang Ayam

cara membuat kandang ayam bangkok
cara membuat kandang ayam bangkok

Berikut ini adalah beberapa langkah yang harus dilakukan saat ingin membuat kandang ayam sendiri di rumah:

1. Menyiapkan Alat dan Bahan

Cara membuat kandang ayam bangkok yang pertama adalah menyiapkan semua bahan dan alat yang dibutuhkan. Pertama yaitu untuk bagian atap, peternak dapat menggunakan asbes, ijuk, rumbia, ataupun seng. Namun, jika Anda ingin membuat kandang yang besar, maka Anda bisa menggunakan genteng atau jerami sebagai atapnya.

Kemudian, untuk temboknya lebih baik menggunakan bambu, karena selain lebih tahan lama, bambu juga cenderung lebih adem. Pada bagian bawahnya usahakan untuk disemen, karena agar lebih bersih dan memudahkan Anda dalam sanitasi.

2. Tentukan Jenis Kandang yang Ingin Dibuat

Berikutnya yaitu menentukan jenis kandang yang ingin dibuat. Terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan, yakni luas lahan dan banyaknya ayam yang akan dipelihara. Kemudian, kesiapan dana dalam membuat kandang tersebut.

Dalam tata cara membuat kandang ayam bangkok, ada beberapa tipe kandang yang bisa Anda pilih. Mulai dari tipe postal, umbaran satuan, dan juga tidur. Sehingga semuanya dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Membuat Sketsa

Setelah menentukan tipe kandang yang akan dibuat, mulailah untuk membuat sketsa. Sketsa yang digunakan tidak usah terlalu bagus. Yang terpenting, sketsa tersebut masih bisa dimengerti dan dapat dijadikan acuan dalam pembuatan kandang ayam bangkok.

Buatlah sketsa kasar seperti bentuk dari keseluruhan kandang. Walaupun demikian, tetaplah untuk membuat sketsa dengan ukuran serta perbandingan yang rapi. Hal tersebut dilakukan supaya saat proses pengerjaan, pembuatan kandang akan lebih mudah dilakukan.

4. Memilih Lokasi Kandang

Langkah yang terakhir yaitu memilih lokasi kandang. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah pastikan bahwa lokasi kandang berjarak kurang lebih 5 hingga 10 meter dari pemukiman. Hal tersebut dilakukan agar ayam tidak berkeliaran dan mengganggu tetangga. Tak hanya itu saja, jika ada ayam yang terkena penyakit, maka hal itu tidak akan langsung berdampak ke masyarakat.

5. Membuat Kandang

Setelah semua proses di atas sudah selesai, maka saatnya membuat kandang ayam bangkok. Langkah pertama, taruh semua bahan dan peralatan yang sudah disiapkan sebelumnya. Kemudian, mulai membuat dasar kandang, setelah itu membuat badan dan atap kandang.

Dalam membuat badan kandang tersebut, potong bambu atau kayu sesuai dengan ukuran yang ada di sketsa. Alangkah lebih baik setelah dipotong, bambu atau kayu diamplas agar lebih halus. Kemudian, pasang atap dengan rapi. Jangan lupa untuk melapisi bambu dengan cairan anti rayap. Supaya kandang lebih tahan lama.

Ukuran Ideal Kandang Ayam Bangkok Dewasa

Setelah anak ayam sudah berusia 3 bulan ke atas, maka lebih baik dipindahkan ke kandang ayam bangkok dewasa yang memiliki ukuran ideal. Tujuannya yaitu supaya anak ayam tidak saling bertarung. Oleh sebab itu, mereka harus ditempatkan di kandang individu. Dengan begitu, pertumbuhan ayam menjadi lebih cepat karena mereka tidak bersaing memperebutkan makanan.

Baca Juga:  Ciri - Ciri Anak Ayam Bangkok Yang Bagus

Kandang ayam bangkok dewasa dapat dibuat dengan bambu ataupun papan dengan ukuran 1×1 meter untuk satu ekor ayam. Lalu, jika kandang dibuat secara berbaris, maka lebih baik pembatasnya harus dibuat dengan rapat, agar ayam tidak berkelahi.

Kandang Ayam Sederhana Dari Kawat

Umumnya, jika peternak membuat kandang dengan bahan kawat, maka kelebihannya yakni cenderung lebih awet dan tahan lama, serta perawatannya sangat mudah, cukup dibersihkan saja dibandingkan dengan kandang yang terbuat dari bambu full justru cepat rusak dan sulit untuk dibersihkan saat kotor.

Bahan bambu tersebut lebih baik digunakan untuk tiang utama penyangga kandang atau atap agar lebih hemat biaya. Pada pembuatan tempat pakan dan minum, Anda bisa memanfaatkan bahan yang sederhana seperti paralon yang berukuran cukup besar dan dipotong menjadi dua bagian memanjang.

Desain terbaik kandang ayam adalah setiap sekat kandang diisi dengan satu ekor ayam. Meski terkadang kita menjumpai satu sekat diisi oleh dua ekor ayam. Jika setiap sekat berisi satu ayam, maka hal itu akan membuat pertumbuhan ayam menjadi lebih baik.

Cara Buat Kandang Ayam Dari Bambu

Berikut ini adalah beberapa cara membuat kandang ayam dari bambu:

1. Siapkan Alat dan Bahan

Siapkan semua alat dan bahan untuk membuat kandang seperti  gergaji, balok kayu atau bambu, amplas, pau, paku, meteran, dan pensil. Selain itu, ada hal penting yang harus disiapkan, yakni sarung tangan. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi resiko saat tangan terkena serat bambu.

2. Membuat Kerangka

Buatlah kerangka yang biasanya tinggi kaki ayam dibuat sekitar 10 cm. Tapi jika semakin panjang kandang, maka akan semakin banyak juga jumlah pasang kaki yang Anda butuhkan untuk menopang kandang. Kemudian ketika membuat kerangka, jangan lupa untuk mengukur ukuran atap.

Baca Juga:  Begini Cara Ternak Ayam Bangkok Cepat Panen

3. Membuat Lantai Kandang

Ukur lantai kandang. Namun, pada tahap ini, biasanya yang digunakan adalah jenis ayam potong atau petelur. Karena untuk jenis ayam kampung atau bangkok, akan sulit untuk beradaptasi dengan kondisi kandang yang mempunyai lantai buatan. Jadi, pastikan lantai kandang memiliki konstruksi yang kokoh.

4. Membuat Dinding Kandang

Biasanya, dinding kandang dibuat dari bambu yang berukuran 2 sampai 3 cm. Sementara untuk panjangnya akan disesuaikan dengan desain yang Anda buat sebelumnya. Pastikan dinding kandang tidak terlalu tinggi, karena hal itu akan mengurangi daya topang dari atap kandang. Selain itu, dinding kandang juga tidak perlu dibuat terlalu rapat, agar sirkulasi udara tetap terjaga.

5. Membuat Atap Kandang

Langkah yang terakhir dari cara membuat kandang ayam bangkok adalah membuat atapnya. Di tahap ini, bahan yang digunakan biasanya triplek atau asbes. Karena asbes sendiri lebih mudah menyalurkan hawa panas yang berguna untuk menghangatkan suhu kandang ayam saat malam tiba.

Kandang Umbaran Ayam Bangkok Dari Jaring

Bagi Anda yang ingin menghemat dana dalam pembuatan kandang, maka Anda bisa membuat kandang umbaran ayam bangkok dari jaring. Anda hanya perlu menggunakan jaring dan beberapa penyangga agar kandang terlihat lebih kokoh.

Dengan menggunakan jenis kandang ini, ayam akan lebih leluasa untuk berkeliaran. Sehingga pertumbuhan ayam akan lebih maksimal dan Anda tidak perlu repot membersihkan kandang secara rutin.

Demikian penjelasan mengenai cara membuat kandang ayam bangkok di rumah dengan mudah dan praktis. Semoga bermanfaat.