Dunia Informasi untuk anda

Ciri – Ciri Anak Ayam Bangkok Yang Bagus

Anda pecinta ayam bangkok? Ayam bangkok dapat dijadikan peliharaan di rumah, ayam bangkok memiliki bentuk yang unik sehingga memiliki kemampuan dalam menarik minat seseorang dalam memilikinya, lalu apa saja ciri-ciri ayam bangkok yang bagus? Apakah ada ciri khusus ayam bangkok yang dapat dijadikan peliharaan? Simak artikel nya ya

Ciri-ciri ayam bangkok yang bagus umur 1 bulan

ciri ciri anak ayam bangkok yang bagus
ciri ciri anak ayam bangkok yang bagus

Ketika Anda ingin memelihara jenis ayam bangkok Anda harus memperhatikan secara detail mengenai ayam yang Anda pilih baik itu dalam hal fisik dan kesehatan ayam khusus nya jenis bangkok.  Berikut adalah ciri-ciri dari ayam bangkok, antara lain:

1. Pada bagian tulang pada sambungan harus Anda perhatikan

Saat Anda memilih ayam untuk peliharaan Anda harus perhatikan pada bagian tulang pada sambungan antara bagian kepala dan bagian leher tidak menonjol. Hal ini sangat berpengaruh pada suara yang akan dikeluarkan oleh ayam bangkok itu sendiri. 

2. Pada bagian ruas tulang leher memiliki kerapatan yang bagus

Pada bagian ruas tulang leher Anda juga harus memperhatikan pada bagian kerapatan yang ada di ruas-ruas leher ayam bangkok. 

Baca Juga:  Cara Membuat Kandang Ayam Bangkok Mudah dan Praktis

3. Memiliki sambungan yang baik pada anggota tubuh pada bagian ayam bangkok

Di bagian tubuh ayam bangkok sambungan pada bagian leher dengan bagian bahu ayam pastikan tersambung dengan rapat, sebelum Anda membelinya. 

4. Memiliki ciri pada bagian kepala ayam bangkok berbentuk seperti buah pinang

Ayam yang bagus akan memiliki bentuk kepala yang berbentuk seperti buah pinang. 

5. Memperhatikan postur pada ayam bangkok

Ayam bangkok memiliki postur yang bagus yaitu diantaranya panjang dan bulat pada bagian tubuhnya. Serta pada bagian ayam bangkok Anda juga harus memperhatikan pada bagian sayap cirinya salah satunya yaitu rapat dan panjang. 

6. Pada bagian paha ayam itu berbentuk bulat dan pipih

Pada bagian paha, perhatikan bentuknya. Jika bentuknya bulat dan pipih, maka ayam ini termasuk kualitas bagus.

7. Pada bagian ekor memiliki ciri yang besar serta kaku

Ekor ayam yang besar dan kaku menjadi salah satu ciri ayam yang bagus.

Ciri ciri anak ayam bangkok yang bagus umur 3 bulan

Ada berbagai tips dan trik yang dapat Anda lakukan jika Anda ingin memiliki ayam bangkok, karena ayam bangkok merupakan jenis ayam yang memiliki banyak penggemar dan sering dijadikan sebagai ayam untuk aduan karena tulang pada ayam bangkok yang tebal dan kuat serta ototnya yang kuat untuk bertarung menjadi point utama untuk dapat dijadikan sebagai pilihan ayam untuk aduan. Ada berbagai manfaat yang akan Anda dapatkan jika Anda memilih ayam bangkok yang masih berumur 3 bulan, antara lain Dapat meminimalisir tingkat pengeluaran biaya, dalam beternak Anda perlu melakukan penyortiran pada ayam bangkok yang akan Anda pelihara, jika Anda memilih ayam bangkok yang tepat maka akan meminimalisir tingkat pengeluaran biaya. Berikut adalah berbagai tips yang dapat Anda lakukan memilih ayam usia 3 bulan:

1. Lemparkanlah jangkrik pada ayam bangkok dimana jangkrik ini masih tidur dan segar

Hal ini akan memberikan nilai tersendiri pada ayam bangkok, dimana dapat Anda ketahui pada kecepatan dan kelincahan ayam ketika mulai makan jangkrik yang dilemparkan, hal ini akan memberikan dampak positif pada ayam bangkok Anda sendiri. Porsi pemberian makanan jangkrik pada ayam bangkok ada ukuran yang harus Anda perhatikan seperti:

Baca Juga:  Begini Cara Ternak Ayam Bangkok Cepat Panen

a. Anda dapat memberikan makanan jangkrik sekitar 3 sampai 5 ini dapat diberikan pada porsi ayam bangkok satu umur 3 bulan. Jumlah 3 sampai 5 ekor dapat diberikan pada pagi hari. 

b. Sore hari Anda dapat memberikan jangkrik sekitar 5 sampai 8 ekor jangkrik. 

Jika Anda sudah memberikan makanan jangkrik pada ayam bangkok, dapat Anda pantau dan lakukan penyortiran mengenai respon dari tubuh ayam itu sendiri. 

2. Penyortiran dalam hal kesehatan

Kondisi ayam bangkok ditentukan pada kesehatan yang dapat diukur mengenai kelincahan, pukulan yang cepat,  memiliki postur yang enak jika dipegang, serta di bagian brutu atau ekor memiliki sistem pangkal. 

cara memilih anak ayam bangkok jantan umur 2 bulan

Jika Anda merupakan salah satu penggemar dari ayam bangkok, maka seharusnya Anda sudah mengetahui lebih dalam mengenai bibit dari ayam bangkok yang bagus dari usia dini sampai dengan dewasa, karena ayam bangkok jenis ayam populer dikalangan masyarakat yang sering dijadikan untuk aduan.

Ciri ayam bangkok itu memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan ayam lainnya terkhusus ayam bangkok jantan yang masih berusia 2 bulan, dapat Anda lihat dari pertumbuhan bulu yang nampak pada ayam bangkok jantan, biasanya ayam ini memiliki pertumbuhan bulu yangambat jadi tidak heran jika bulu yang tumbuh pada ayam bangkok itu lambat dibandingkan dengan ayam lainnya. Lalu dibagian dada serta punggung dan kepala juga ekor pada ayam masih terlihat renggang jika usia masih 2 bulan. Berikut ciri spesifik yang dapat menjadi referensi bagi Anda yaitu:

a. Lihatlah pada bagian mata ayam bangkok jantan, biasanya akan terlihat jernih dibandingkan dengan jenis ayam lainnya.

b. Memiliki bentuk parit di bagian paruh ayam bangkok jantan. 

c. Memiliki ciri kepala yang terlihat gemuk pada ayam bangkok jantan. 

Baca Juga:  Begini Cara Ternak Ayam Bangkok Cepat Panen

d. Memiliki bentuk kaki yang panjang tetapi jari yang ada pada ayam bangkok jantan lebih kecil. 

Memilih bibit dari usia dini dapat menjadi solusi bagi Anda, karena akan meminimalisir biaya yang akan Anda keluarkan, karena biasanya jika Anda menginginkan ayam Bangkok jantan yang hebat bertarung di pasaran harganya lebih mahal. Jika Anda memperhatikan perihal makanan yang diberikan serta kesehatan dan ketelatenan dalam melatih ayam bangkok jantan khususnya. 

Perbedaan anak ayam bangkok dan kampung

Ada perbedaan yang signifikan antara ayam bangkok dan kampung yang dapat dilihat dari kondisi tubuh pada ayam, berikut adalah perbedaannya:

a. Perbedaan pada bagian paruh ayam

Paruh ayam pada ayam bangkok memiliki ciri yaitu paruh ayamnya memiliki bentuk yang agak panjang, tidak terlalu gemuk serta di bagian atasnya mengkerut pada bagian paruh. Sedangkan paruh ayam kampung memiliki ukuran yang pendek tidak panjang serta tidak terdapat kerutan khusus di bagian atasnya. 

b. Perbedaan pada bagian tubuh ayam

Ayam bangkok memiliki ciri tubuh yang terkesan kekar dan lebih tegap, sedangkan ayam kampung itu tubuhnya tidak kekar. 

c. Perbedaan pada bagian kepala ayam

Pada bagian kepala ayam bangkok memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan ayam lainnya, yaitu berbentuk buah pinang. Dibandingkan ayam kampung itu cenderung bentuk kepala ayamnya lebih berbentuk oval. 

d. Perbedaan pada jengger atas ayam

Jengger atas pada ayam bangkok itu ukurannya lebih kecil sedangkan ayam biasa atau ayam kampung itu ukurannya terlihat lebih besar. 

Hal diatas adalah berbagai ciri-ciri ayam bangkok yang bagus yang dapat menjadi referensi bagi Anda ketika Anda menginginkan untuk memelihara ayam bangkok dari usia dini sampai dewasa dan ini memberikan dampak positif yaitu mampu untuk meminimalisir biaya yang dikeluarkan khususnya, bagaimana dengan Anda?.