Dunia Informasi untuk anda

9 Perbedaan Entok dan Bebek

Bebek dan entok merupakan unggas yang banyak diminati oleh banyak orang, mulai dari dagingnya sampai telurnya. Faktanya, banyak orang salah kaprah dengan menganggap kedua unggas tersebut merupakan unggas yang sama. Nah, untuk itu akan kami bagikan informasi mengenai perbedaan entok dan bebek lebih spesifik lagi antara lain yaitu:

Apa Saja Perbedaan Entok dan Bebek?

perbedaan entok dan bebek
perbedaan entok dan bebek

Pada dasarnya entok masih satu keluarga dengan bebek, namun tentu saja keduanya memiliki perbedaan yang cukup jelas antara lain:

1. Bentuk Fisik

Perbedaan pertama terletak pada bentuk tubuhnya. Entok memiliki bentuk fisik yang cenderung lebih gemuk dan pendek, sedangkan bebek bentuk fisiknya cenderung lebih kurus dengan postur tubuh tegak. 

Dari segi warna bulu pun keduanya berbeda. Bulu entok sebagian besar memiliki perpaduan warna putih dan hitam, sedangkan bulu bebek warnanya lebih beragam antara lain perpaduan warna coklat, hitam dan putih.

2. Tingkah Laku

Perbedaan bebek dan entok selanjutnya terletak pada tingkah lakunya. Entok lebih keibuan, sehingga ketika mereka bertelur, entok akan dengan telaten mengerami telurnya hingga menetas. Hal tersebut berbanding terbalik dengan bebek. Umumnya, hasil telur bebek akan ditetaskan dengan bantuan alat penetas atau induk lain seperti entok. 

3. Paruh 

Bentuk paruh kedua unggas ini pun berbeda. Jika bebek, paruhnya berbentuk sudu yang memiliki fungsi untuk memudahkannya mencari makanan. Untuk paruh entok sendiri meskipun mirip, namun bentuknya sedikit lebih ramping bila dibandingkan dengan bentuk paruh bebek. 

4. Daging

Meskipun susah membedakan,faktanya kedua daging unggas ini pun berbeda. Berikut perbedaanya

Baca Juga:  Cara Membedakan Entok Jantan dan Betina

5. Aroma dan Cita Rasa

Daging bebek memang lebih besar dan tebal sehingga tidak salah bila banyak yang menjadikannya olahan seperti rica-rica bebek dan olahan daging bebek lainnya. Nyatana, dari segi tekstur dan aroma daging bebek baunya cenderung apek. Jadi, jika tidak memiliki keahlian ketika mengolahnya, maka daging tidak dapat dikonsumsi. Sedangkan daging entok tidak separah daging bebek. 

6. Tekstur

Perbedaan entok dan bebek selanjutnya terletak pada tekstur dagingnya. Umumnya daging bebek terasa lebih berserat dan alot ketika disantap, sementara itu daging entok memiliki tekstur yang lebih tebal dan empuk. 

7. Kandungan Purin

Manfaat daging bebek dan entok untuk memanglah banyak. Meskipun demikian, anda harus hati – hati sebab kandungan purinnya lebih tinggi dari unggas lainnya. Nah, kandungan purin tersebut merupakan senyawa yang dapat meningkatkan kadar asam urat pada tubuh lho, jadi hati – hati ya!

Sedangkan bebek, kandungan purinnya terbilang aman, meskipun demikian anda juga tetap tidak boleh mengonsumsi kedua jenis daging unggas tersebut secara berlebihan ya, konsumsi seperlunya saja!

8. Skala Budidaya 

Perlu diketahui bahwa masa tunggu panen entok lebih lama bila dibandingkan dengan skala budidaya bebek. Jadi, tidak heran bila harga entok yang masih hidup maupun sudah disembelih dijual dengan harga yang tinggi. 

9. Harga Bibit 

Perbedaan selanjutnya yaitu harga bibit entok yang lebih mahal dipasaran karena entok sendiri belum bisa diproduksi secara massal, lain halnya dengan bebek, harganya jauh lebih terjangkau dan bibitnya mudah ditemukan juga. 

Terdapat beberapa perbedaan lain dari segi daging, seperti daging bebek yang mudah ditemukan karena lebih populer dikalangan masyarakat, selain itu daging bebek cenderung lebih murah bila dibandingkan dengan daging entok. 

Baca Juga:  Analisa Ternak Bebek Pedaging dan Petelur Sebelum Memulai Usaha Ini

Tak hanya itu, dari segi pemeliharaan, bebek memiliki tingkat konsumsi pakan yang lebih banyak dan rakus dibandingkan dengan entok. Untuk itu, bagi anda yang ingin budidaya unggas ini perlu mempertimbangkan hal tersebut. 

Perbedaan Telur Entok dan Bebek

Selah mengetahui perbedaan entok dan bebek dari segi fisik, tingkah laku dan dagingnya. Perbedaan selanjutnya terletak pada telurnya. Dari segi cita rasa, daging entok memiliki rasa lebih gurih bila dibandingkan dengan telur bebek maupun telur ayam. 

Dari segi cangkang, warnanya cenderung lebih putih hampir mirip dengan telur ayam kampung, sedangkan telur bebek berwarna biru wardah. Untuk tekstur sendiri, telur entok terasa lebih kenyal dan nikmat. 

Sayangnya, banyak yang beranggapan bahwa telur entok tidak bisa dikonsumsi. Padahal, sama dengan unggas lainnya, telur entok sangat layak dikonsumsi karena mengandung banyak nutrisi mulai dari menyehatkan mata, mampu membantu dalam pembentukan otot, kalori tinggi, melancarkan metabolisme dalam tubuh dan masih banyak lagi manfaat lainnya. 

Namun sayangnya entok sendiri memerlukan banyak waktu untuk bertelur dibandingkan dengan bebek yaitu kisaran 4 sampai 6 bulan sekali, itupun dalam jumlah yang sedikit, sehingga wajar bila keberadaan telur entok langka bahkan tidak banyak yang menjualnya. 

Lain halnya dengan bebek yang lebih produktif dalam dalam memproduksi telur sehingga mempengaruhi jumlah permintaan di pasar dan masyarakat jauh lebih mudah memperolehnya. Selain itu, telur bebek juga sering dijadikan olahan khas telur asin. Nah dari segi khasiat, manfaat telur bebek pun sama beragamnya dengan telur entok. 

Perbedaan Anak Bebek dan Entok

Perbedaan entok dan bebek terakhir terletak pada anak-anaknya. Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa cirri-ciri bebek dan entok sangatlah bragam mulai dari postur, paruh, tingkah laku bahkan bentuk dagingnya. 

Baca Juga:  Cara Ternak Entok Cepat Bertelur Untuk Pemula

Untuk perbedaan pertama tentu terletak pada bulunya, meskipun ketika baru menetas anak kedua ungagas tersebut memiliki corak berbeda. Selain itu, bentuk paling nyata terletak pada postur tubuh dan paruhnya. 

Sisanya, karena dari rumpun yang sama, tentunya banyak kemiripan antara kedua unggah tersebut. Mulai dari kaki yang berselaput dan berguna untuk berenang. Selain itu, bentuk lehernya yang sedang tidak terlalu pendek maupun panjang tergantung pada jenis spesiesnya. Persamaan lain terletak pada jenis sayapnya yang pendek, kuat serta membutuhkan gerakan cepat untuk terbang. 

Nah bagi anda yang tertarik untuk memelihara bahkan membudidayakan unggas ini, sebaiknya mempelajari terlebih dahulu hal-hal yang diperlukan seperti pemilihan pakan yang tepat karena akan mempengaruhi tumbuh kembang hewan, apalagi jika untuk diperjualbelikan dagingnya. 

Berikan kandang yang layak dan rutin dibersihkan, idealnya setiap kandang diisi dengan maksimal 10 ekor saja. Selain itu, bebek maupun entok juga erlu divaksin untuk menjaga daya tahan tubuh serta menangkal virus berbahaya lainnya yang sering menyerang unggas. 

Bebek maupun entok juga memerlukan cahaya matahari, jadi disarankan untuk menjemur unggas ini minimal 20 menit saja setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan vitamin D secara alami. Terakhir, jangan memisahkan anakan entok maupun bebek dari induknya, hal tersebut untuk membantu tumbuh kembang hewan tersebut. 

Demikianlah beberapa informasi menarik mengenai perbedaan entok dan bebek yang bisa anda pelajari dengan mudah. Jangan sampai keliru lagi ya. Yuk budidayakan unggas ini karena belum banyak dilirik dan tentunya harga jualnya mahal. Selain itu, kedua unggas ini memiliki segudang manfaat baik bagi manusia dari segi daging dan telur lho.