Dunia Informasi untuk anda
Bebek  

Cara Ternak Bebek Pedaging Untuk Pemula

Para pemula yang ingin coba beternak bebek pasti harus banyak belajar. Bagi Anda yang ingin mulai berternah, pastikan baca dulu artikel cara ternak di sini. Di sini akan dibahas cara ternak bebek pedaging untuk pemula, tips membuat bebek tidak berbau dan juga opsi pangan yang dapat digunakan. Ayo, mulai belajar ternak bebek!

Cara Ternak Bebek Pedaging 40 Hari Panen

cara ternak bebek pedaging untuk pemula
cara ternak bebek pedaging untuk pemula

Bagi para pemula, pastikan belajar dulu cara ternak dasar. Berikut adalah penjelasan tentang cara ternak bebek pedaging yang pada 40 hari siap panen:

Mulai Dari Perhitungkan Modal

Jika ingin mulai ternak, cara pertama yang harus dilakukan adalah menghitung modal awal Anda. Modal ini harus dihitung berdasarkan ukuran usaha yang ingin Anda lakukan. Jika ingin langsung ternak banyak, modal yang dibutuhkan pasti lebih besar.

Untuk pemula, lebih baik jangan langsung ternak besar. Direkomendasikan memilih ternak sedang yaitu 100 ekor bebek untuk mulai. Modal yang dibutuhkan untuk 100 bebek serta biaya pendukung lain umumnya mencapai 30 juta Rupiah.

Membangun Kandang Bebek

Setelah modal tersedia, sekarang waktunya membangun kandang. Kandang harus ada minimal tersedia tiga jenis. Satu untuk anakan bebek, kandang kedua untuk pemeliharaan yang besar sedangkan yang ketiga adalah untuk memisahkan bebek sakit ataupun keperluan pengasingan lainnya.

Pemilihan Bibit Bebek

Setelah kandang sudah siap, sekarang Anda mulai memilih bibit bebek. Untuk pemula, lebih baik memilih bebek yang dipelihara. Jenis yang mudah dipelihara dan mudah dijual adalah jenis bebek peking dan bebek hibrida.

Kedua bibit jenis bebek ini cukup terjangkau dan dapat menghasilkan bebek pedaging dengan harga cukup menjual. Bagi para pemula, memilih bibit ini jauh lebih mudah dan tidak perlu pengurusan khusus seperti tipe bebek pedaging lain.

Pemilihan Pangan

Selanjutnya Anda perlu memilih pangan yang akan diberikan untuk bebek. Pangan harus melihat kombinasi nutrisi dan manfaatnya untuk tingkatkan berat badan si bebek. Anda harus mulai belajar soal jenis pakan dan juga suplemen yang dapat diberikan untuk bebek.

Rutinitas Pemeliharaan

Untuk pemeliharaan, hal ini melibatkan memberi makan, memeriksa kesehatan bebek dan bahkan membuat bebek cukup bergerak. Bebek perlu ruang untuk bergerak cukup agar lebih sehat. Jadi jangan memandang pemeliharaan bebek hanya sekedar beri makan saja.

Pemeliharaan juga melibatkan pengamatan pada berat badan bebek. Pastikan memisahkan bebek yang beratnya di bawah rata – rata di kandang khusus. Anda harus pastikan memberi perhatian dan suplemen khusus agar bebek yang berbobot kurang dapat berkembang cukup hingga sampai waktu panen.

Panen dan Pengelolaan

Tahap terakhir adalah pemanenan. Bebak yang siap panen umumnya sekitar 40 hari dari waktu pembelian bibit. Setelah bebek tumbuh besar dan siap dipanen, Anda sekarang harus mulai melakukan banyak persiapan.

Mulai dari proses penjualan bebek hidup sampai juga pemanenan dengan menyembelih banyak bebek. Anda harus pastikan memilih jalur tertentu untuk panen bebek ini. Untuk para pemula, lebih baik memanen dengan menjual bebek secara hidup.

Untuk hal ini, pastikan menyiapkan transport dan kandang – kandang sendiri agar memudahkan proses penjualan. Semakin Anda punya pendukung untuk layanan penjualan bebek, makin banyak orang tertarik beli hasil panen Anda. 

Pemasaran

Dalam bisnis, pemasaran harus menjadi pemikiran penting. Anda harus pastikan menyiapkan strategi pemasaran agar bisa menjual. Para pemula lebih baik mulai dengan pemasaran online dan social media. Semakin banyak strategy yang digunakan, makin mudah juga Anda menjual nama usaha dan mendapatkan pembeli.

Baca Juga:  Analisa Ternak Bebek Pedaging dan Petelur Sebelum Memulai Usaha Ini

Tips Cara Ternak Bebek Pedaging Tanpa Bau

Setelah belajar cara ternak bebek pedaging untuk pemula, sekarang waktunya membahas tips – tips ternak bebek yang dapat membantu Anda jaga kebersihan bebek.

Bebek yang dipelihara bersih akan lebih bebas bau. Bebek yang dagingnya tidak berbau pasti lebih mudah dijual. Berikut adalah bahasan tips – tips tersebut:

Rotasi Kandang

Untuk menjaga kebersihan bebek, pastikan rotasi kandang. Buat kandang 3 sampai 4 yang berbeda. Rotasi bebek di kandang – kandang tersebut untuk menyisakan beberapa yang kosong. Kandang yang kosong dapat Anda bersihkan. Lakuran rotasi pembersihan ini minimal 2 minggu sekali.

Penjadwalan Rutin Pembersihan Kadang

Pembersihan kandang harus dipastikan rutin dilakukan. Buat jadwal pembersihannya secara rutin agar terbiasa. Pembersihan minimal 1 minggu sekali untuk proses bersih – bersih ringan. Namun untuk pembersihan penuh dengan rotasi kandang, cukup 2 minggu sekali.

Buat Kolam Pasir Khusus di Bawah Kandang

Pastikan kandang memiliki kaki – kaki dan berada minimal 40 cm dari tanah. Bagian bawah kandang ini nantinya diisi pasir kasar dan kerikil. Kotoran bebek yang akan jatuh ke kolam pasir ini akan lebih cepat kering dan tidak berbau.

Seminggu sekali, aduk pasir yang ada di bawah tersebut agar kotoran bebek tidak terlihat di permukaan. Jika pasir nantinya sudah menjadi lembab karena banyak kotoran, tambahkan pasir dan kerikil baru. Hal ini memastikan situasi kandang selalu bersih dan tidak berbau.

Menggunakan Suplemen Pedaging Khusus

Untuk membuat daging bebek bagus dan terhindar dari bau yang tidak sedap, gunakan suplemen khusus untuk tambahan pakan mereka. Suplemen akan menambah bobot dan juga meningkatkan kualitas daging dari bebek ternak Anda.

Menggunakan Campuran Pakan Khusus

Pakan yang dapat pengaruhi kualitas daging bebek adalah sumber protein dan mineralnya. Untuk dua hal ini, Anda bisa beri sumber protein dari biji – bijian dan mineral dari sayur atau buah. Jangan monotone beri dedak atau katul saja untuk hasilkan daging yang lebih baik kualitasnya.

Baca Juga:  9 Perbedaan Entok dan Bebek

Memberikan Ramuan Minuman Khusus

Makanan bukan satu – satunya yang dapat Anda modifikasi untuk mengurangi aroma amis pada daging bebek. Hal lain yang dapat diberikan adalah minuman. Pastikan beri minuman dengan campuran gula Jawa dan madu setiap 1 minggu sekali. Gula pada minuman akan bentuk bebek memiliki daging lebih berkualitas.

Makanan Bebek Ternak

Untuk rekomendasi pakan yang dapat digunakan untuk bebek pedaging, berikut adalh beberapa rekomendasinya:

  • Ampas Tahu
  • Ampas Tempe
  • Dedak
  • Tepung Ikan
  • Tepung Bekicot
  • Bekatul
  • Sisa Panen Biji – Bijian 
  • Campuran Daun dan Sayur

Untuk pilihan tepung ikan dan tepung bekicot, Anda bisa ganti dengan tepung berprotein tinggi lainnya. Banyak tepung lain seperti tepung cacing dan tepung serangga dapat digunakan sebagai pengganti. Agar bebek tetap selera makan, pastikan campur tepung protein tinggi tersebut dengan bahan makanan lainnya.

Untuk biji – bijian, daun dan sayur, pastikan buat ukurannya kecil – kecil agar mudah dimakan bebek. Campurkan sayur dan biji tersebut dengan makanan basah lainnya. Khusus untuk daun dan sayur yang digunakan, hindari sayur busuk. Pastikan daun dan sayur segar diberikan agar menyehatkan si bebek.

Ayo Mulai Ternak Bebek Pedaging Mulai Dari Sekarang!

Informasi di atas membuka banyak pengetahuan seputar ternak bebek. Potensi ternak bebek tetap menguntungkan jika Anda tahu apa yang harus dilakukan. Jika tahu cara ternak bebek pedaging untuk pemula dari artikel ini, Anda dipastikan tetap untung. Jika tertarik, pastikan praktek ternak bebek mulai dari sekarang!