Dunia Informasi untuk anda
Belut  

Cara Memancing Belut di Sawah

Belut menjadi salah satu hewan yang juga sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia dan diolah untuk berbagai menu hidangan yang menarik dan lezat sehingga bukan menjadi sebuah hal yang baru lagi bahwa tidak jarang banyak yang ingin mencoba untuk menangkapnya sendiri. Namun, belut sendiri terkenal dengan badannya yang begitu licin sehingga perlu untuk mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara memancing belut di sawah dengan baik dan bisa membantu untuk mendapatkan belut dengan jumlah yang banyak. Maka dari itu, kali ini pada artikel akan dijelaskan dengan lebih detail mengenai cara untuk menangkap belut bagi yang baru akan mencobanya seperti pada artikel berikut ini.

Alat-alat Mancing Belut

Cara Memancing Belut di Sawah
Cara Memancing Belut di Sawah

Langkah pertama yang perlu untuk dilakukan terlebih dahulu sebelum melakukan pemancingan belut yaitu memastikan bahwa semua alat untuk memancing ini sudah lengkap dan dalam keadaan yang begitu baik.

Bagi yang belum tahu apa saja alat untuk memancing belut, berikut ini daftar lengkapnya diantaranya:

  1. Senar yang cukup menggunakan dengan ukuran setidaknya satu meter atau juga bisa lebih, ini tergantung pada selera dan juga rasa nyaman yang dimiliki oleh pemancing itu sendiri.
  2. Kail dengan bahan dari stainless steel yang tebal dan juga pastikan ujungnya sudah tajam.
  3. Umpan dalam keadaan bagus agar bisa memancing belut untuk keluar dari tempat tinggalnya.

Macam-macam Umpan Mancing Belut

Pada pembahasan mengenai alat untuk memancing belut di atas, sudah disebutkan pula bahwa umpan merupakan bagian yang penting untuk dipersiapkan karena umpan ini sendiri bisa membuat belut untuk keluar dari tempat persembunyiannya dengan lebih mudah. Agar cara memancing belut di sawah bisa berjalan dengan lancar, maka perlu untuk mengenal apa saja sebenarnya umpan yang perlu untuk disiapkan sesuai dengan keadaan di sekitarnya sendiri.

Baca Juga:  Cara Ternak Atau Budidaya Belut

Berikut ini merupakan berbagai macam dari umpan yang bisa digunakan dalam memancing belut di sawah diantaranya:

  1. Bancet atau juga disebut sebagai precil dan banyak dikenal dengan nama anak katak bisa menjadi umpan yang tepat. Namun, perlu untuk dilakukan dengan tepat dan benar karena jenis umpan satu ini mudah untuk lepas saat dilempar begitu saja.
  2. Cacing yang juga tidak hanya untuk memancing ikan, tetapi juga bisa untuk memancing belut. Akan lebih baik untuk menggunakan cacing yang lentur dan tidak mudah putus seperti cacing sawah atau cacing sapi.
  3. Belalang bisa juga menjadi umpan saat memancing belut yang mudah untuk ditemukan di area sawah yang digunakan dan jangan lupa untuk membuang bagian bulu serta sayapnya dahulu.
  4. Keong bisa juga digunakan akan tetapi perlu untuk membuang bagian cangkangnya terlebih dahulu, baru nantinya dipasangkan pada bagian kail pancing.

Rahasia Racikan Umpan Belut

Saat sudah menemukan mana sarang belut yang menjanjikan, maka selanjutnya tinggal mempraktikkan saja beberapa cara memancing belut di sawah yang ada sehingga bisa untuk menghasilkan tangkapan belut dengan lebih banyak dan besar.

Di sisi lain, untuk bisa merealisasikan tangkapan ini juga perlu untuk tahu apa saja rahasia dari membuat racikan umpan yang ada sehingga bisa membuat belut menjadi keluar dari sarangnya tersebut dan memakan umpan yang sudah diberikan tadi. Untuk menentukan racikan yang paling tepat, maka perlu untuk tahu terlebih dahulu tempat dari sarang belut tersebut dan apa umpan yang paling sesuai untuk membuat belut menjadi mau keluar.

Misalnya yaitu dengan belut sungai yang akan lebih tepat jika menggunakan cacing tanah sebagai umpannya karena bau amisnya yang lebih menyengat dan hal ini membuat banyak spesies, termasuk juga belut yang tinggal di air tawar lebih merasa tertarik.

Baca Juga:  Analisa Bisnis Budidaya Belut

Selain itu, umpan untuk cara memancing belut di sawah lainnya yaitu jika ingin untuk mendapatkan belut sawah, maka bisa menggunakan anakan dari katak yang masih berukuran kecil dan bisa untuk langsung dimakan oleh belutnya. Biasanya anakan dari katak ini juga cukup mudah untuk dicari dan ditemukan di area sekitar sawah, parit, dan juga berbagai jenis tempat basah lainnya di sekitar.

Cara Memancing Belut di Sawah

Setelah sudah siap dengan segala peralatan dan juga umpan yang ada, selanjutnya tinggal dengan mudah untuk mempraktikkan cara memancing belut di sawah yang ada agar bisa mendapatkan belut dengan ukuran yang besar dan jumlah yang lebih banyak.

Cara pertama yang perlu untuk dilakukan yaitu dengan mencari terlebih dahulu lubang tempat belut bersembunyi di bagian permukaan tanah dengan komposisi yang biasanya lebih lembut, liat, becek, dan juga mudah untuk digali. Biasanya tempat dari lubang belut ini tidak ada kandungan pasirnya dan di area sekitarnya banyak terdapat tumbuhan seperti padi dan lain sebagainya sesuai dengan tempat tersebut.

Untuk cara memancing belut di sawah selanjutnya setelah menemukan lubang dan memastikannya, maka tinggal memasukkan umpan yang sudah ditancapkan kepada mata kail terlebih dahulu ke dalam lubang tersebut dengan gerakan yang perlahan dan terlihat lebih alami agar membuat belut menjadi tertarik.

Biasanya cara untuk memancing dengan umpan ini bisa untuk dilakukan dengan cara naik turun ke bagian dalam dari lubang, kemudian juga dibuat berputar agar bisa menarik perhatian dari belut yang ada. Setelah nantinya belut memakan dan terkena umpan tersebut, baru selanjutnya tinggal ditarik ke atas dan usahakan pula untuk belut tidak masuk kembali ke dalam lubang tempatnya bersembunyi tadi.

Baca Juga:  Analisa Bisnis Budidaya Belut

Cara Memancing Belut di Laut

Buat yang ingin memiliki tantangan lebih jauh selain memancing belut di area sawah, bisa juga memilih untuk mencoba memancing belut di laut karena suasana dan juga cara untuk memancing sebenarnya cukup berbeda menyesuaikan dengan ombak yang ada.

Jika tadi sudah dijelaskan dengan jelas mengenai bagaimana cara memancing belut di sawah dengan benar agar belut bisa tertangkap, maka pada bagian kali ini akan dijelaskan seputar cara yang bisa dilakukan jika ingin memancing belut di area laut. Pada dasarnya, persiapan yang perlu untuk dilakukan tidak jauh berbeda dan bisa untuk menggunakan umpan yang sama sesuai kesukaan belut.

Sama seperti yang ada pada cara memancing belut di sawah sebelumnya, saat akan memancing belut di laut perlu untuk mempersiapkan seluruh peralatan yang akan digunakan terlebih dahulu sehingga nantinya bisa untuk langsung digunakan tanpa merasa bingung atau juga harus kerepotan. Termasuk juga dengan mempersiapkan kail beserta umpan yang akan digunakan agar nantinya bisa untuk mendapatkan perhatian dari belut dan juga berusaha untuk belut tersebut berhasil diangkat ke permukaan untuk dibawa pulang. Setelah belut berhasil memakan umpan yang diberikan, maka bisa untuk segera diangkat dan dimasukkan ke dalam wadah yang sudah disiapkan agar nantinya belut yang ditangkap tidak akan kembali terlepas.