Belajar Budidaya & Ternak Bersama

Cara Pemangkasan Buah Naga Agar Cepat Berbuah

Sudah pernah melihat secara langsung pemangkasan pada tanaman buah naga? Pemangkasan memang perlu dilakukan dengan cara membuang bagian tertentu tanaman seperti tunas ataupun cabang agar nantinya bisa tumbuh sesuai dengan keinginan pembudidayanya. Pemangkasan juga bisa membuat tanaman buah naga mudah berbuah lho. Penasaran bagaimana cara pemangkasan buah naga agar cepat berbuah? Berikut ini penjelasan selengkapnya untuk Anda. 

Melalui tindakan pemangkasan yang baik dan benar diharapkan pohon buah naga bisa cepat berbuah dan menghasilkan buah yang berkualitas. Tidak hanya memangkas, Anda juga perlu memberikan perlakukan seperti penambahan obat untuk merangsang pertumbuhannya lebih optimal. Buah naga sangat mudah berbuah, asalkan pembudidayanya memahami perlakuan tepat yang perlu dilakukan agar tanaman bisa terus tumbuh dengan baik dan berbuah. 

Ketahui Tentang Tujuan Utama Pemangkasan

Sebelum mengetahui cara pemangkasan buah naga agar cepat berbuah, maka Anda juga harus memahami tujuan dari pemangkasan itu sendiri. Jadi tujuan pemangkasan adalah untuk membuat pertumbuhan tanaman bisa optimal. Tidak hanya itu, sesuai dengan penjelasan sebelumnya, pemangkasan akan membuat tanaman bisa cepat berbuah dan kualitas yang ditawarkan sangat baik. Jadi sudahkah Anda melakukan pemangkasan pada tanaman buah naga?

Perlu diketahui, tanaman buah naga yang tidak kawin akan selalu membentuk tunas-tunas baru. Tunas tersebut nantinya akan terus tumbuh dan terjadi rebutan nutrisi ataupun unsur hara yang akan mengakibatkan pertumbuhan tunas baru menjadi kurang baik. Dengan pemangkasan tersebut, maka nutrisi dan juga unsur hara dalam tanah akan fokus untuk menghasilkan bunga dan bakal buah yang berkualitas. Bagaimana metode pemangkasan yang baik?

Pemangkasan yang baik tentunya perlu dilakukan dengan cara memangkas bagian cabang. Bagian cabang yang dipangkas biasanya pertumbuhannya kurang baik atau kurang mendapatkan sinar matahari. Bagian cabang yang kekurangan cahaya biasanya memiliki ciri-ciri berwarna hijau kekuningan, permukaan lunak dan agak kering. Jika dibiarkan dan tidak dipangkas, maka cabang yang kurang sehat bisa membuat tanaman buah naga menjadi sulit berkembang. 

cara pemangkasan buah naga agar cepat berbuah
cara pemangkasan buah naga agar cepat berbuah

Begini Metode Pemangkasan Buah Naga yang Tepat

Memangkas buah naga tidak bisa dilakukan sembarangan, karena nantinya akan membuat tanaman menjadi tumbuh tidak optimal. Sebelum melakukan pemangkasan, coba perhatikan terlebih dahulu bagian tanaman yang dirasa kurang sehat dan pertumbuhannya lambat. Baru setelah itu perkirakan pemangkasan secukupnya untuk membuat tanaman bisa tumbuh sehat. Agar tidak salah langkah, maka Anda bisa ikuti langkah memangkas buah naga seperti berikut. 

1. Mencoba Membentuk Batang Pokok

Cara pemangkasan buah naga agar cepat berbuah yang pertama dengan membentuk batang pokok. Beberapa minggu setelah menanam bibit buah naga, maka biasanya tunas-tunas baru akan mulai tumbuh. Dari berbagai banyak tunas itulah, maka coba pilih satu tunas yang pertumbuhannya sangat baik, batangnya kuat, tebal, kokoh, dan berwarna hijau tua. Sedangkan untuk bagian tanaman lain yang kurang baik, langsung dipangkas saja. 

Pemangkasan yang tepat akan membantu tunas bisa terus tumbuh dan berkembang cepat sesuai dengan umurnya. Biasanya dalam proses pembentukan batang, maka akan selalu muncul tunas baru yang bisa tumbuh lagi nantinya. Nah, tunas baru inilah yang nantinya perlu dipangkas sehingga tanaman bisa tumbuh secara optimal. 

Pemangkasan bisa dilakukan ketika bakal cabang masih dalam berbentuk tunas. Hal ini dirasa tepat untuk dilakukan, karena bekas luka dalam proses pemangkasan tidak membahayakan kesehatan tanaman. Berbeda halnya ketika tunas sudah tumbuh besar, ketika dipangkas akan membuat pertumbuhannya terhambat. Maka dari itu, sebaiknya pemangkasan bakal cabang dilakukan ketika tunas masih baru dan muda.

  • Ketika batang tanaman buah naga sudah tumbuh sampai dengan 10 cm, maka Anda bisa segera memangkas bagian pucuknya. Tujuannya untuk memicu pertumbuhan cabang produktif yang tidak lain nantinya sebagai tempat tumbuh bakal buah. Semakin banyak cabang yang tumbuh, maka bakal buah yang akan muncul juga jauh lebih banyak pastinya. Bagi Anda yang berbisnis buah naga, maka perlu memperhatikan hal ini dengan baik. 
  • Jika Anda sudah selesai memangkas bagian pucuk pada cabang utamanya, maka biasanya akan memicu banyak tunas untuk tumbuh. Silahkan pilih 3-4 cabang produktif per tanaman kemudian arahkan keluar dari kepala tiang buah naga untuk mendapatkan sinar matahari optimal. Selanjutnya, biarkan cabang terpilih tumbuh memanjang secara optimal. 
  • Pada tiap cabang utama yang pertama, maka Anda bisa memelihara 2 cabang produktif yang kedua. Cara pemangkasan buah naga agar cepat berbuah bisa membuatnya memiliki 6-8 cabang yang perlu dipertahankan hingga berhasil menghasilkan buah. Jika ada bagian cabang yang sulit menghasilkan buah, maka Anda bisa memilih untuk memangkasnya saja. 
  • Ketika cabang sudah berbentuk seperti air mancur yang menyentuh tanah, maka Anda bisa memangkasnya dengan jarak 50 cm dari permukaan tanah. Jika cabang sudah terlalu panjang, memang seharusnya dipangkas karena rentan terkena serangan jamur ketika curah hujan sedang tinggi-tingginya. 
  • Saat ukuran maksimal pertumbuhan cabang sudah tercapai, maka artinya pemangkasan sudah bisa dilakukan. Pangkas cabang dengan ukuran 5 cm dari cabang produktif, kemudian pangkas cabang yang berumur lebih dari 2 tahun. Jika menemui tanaman yang terlalu berimbun dan menghalangi sinar matahari, maka Anda juga perlu melakukan pemangkasan. 
  • Pemangkasan memang perlu dilakukan secara rutin, apalagi ketika tunas baru saja tumbuh. Ketika memasuki masa berbunga atau berbuah, maka sebaiknya tidak perlu ada tunas baru yang tumbuh. Batang tanaman buah naga yang sudah 3-4 kali berbuah juga perlu dilakukan pemangkasan. Tujuannya agar batang baru yang akan tumbuh bisa siap berbuah nantinya. 
Baca Juga:  Jenis-jenis Pupuk Untuk Buah Naga Agar Cepat Berbuah

2. Lalu Bagaimana Pemangkasan Bakal Buah Naga?

Tidak hanya bagian cabang tanaman buah naga saja yang perlu dilakukan pemangkasan, bagian bakal buahnya juga perlu dipangkas dan diperhatikan. Bakal buah naga yang perlu dipangkas biasanya memiliki kualitas yang kurang baik. Ketika di lapang, Anda bisa memangkas bakal buah yang ukurannya kerdil, bentuknya tidak beraturan, dan terkena penyakit. Belum pernah memangkas bakal buah? Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini. 

  • Pastikan bahwa kuntum bunganya sudah tumbuh saling berdekatan dalam satu cabang. Kemudian baru nantinya pangkas sulur cabang salah satu. Anda bisa menyisakan bagian kuntum bunganya saja yang kelihatannya sehat dan ukurannya lebih besar. 
  • Ketika Anda menemukan buah yang ukurannya sangat kerdil, maka sebaiknya segera lakukan pemotongan. Mengapa demikian? Buah yang ukurannya kerdil tidak potensial untuk dipertahankan, sehingga perlu dipangkas untuk bisa digantikan dengan bunga yang baru. Buah berukuran kerdil biasanya terjadi karena cabangnya kurang mendapatkan sinar matahari karena terlalu rimbun. 

Mudah bukan cara pemangkasan buah naga agar cepat berbuah? Untuk petani pemula memang belum terbiasa, sehingga prakteknya juga terlihat cukup sulit. Intinya tanaman buah naga yang terlalu rimbun tidak cukup baik, sehingga perlu dilakukan pemangkasan untuk mendapatkan nutrisi dan tanamannya bisa tumbuh serta berbuah secara optimal.