Dunia Informasi untuk anda
Durian  

5 Tips Cara Mengatasi Daun Durian Menguning dan Rontok yang Ampuh

Tanaman durian merupakan tanaman buah-buahan yang paling sering terserang penyakit, salah satunya adalah daun yang rontok dan kuning. Dengan demikian, diperlukan suatu cara mengatasi daun durian menguning dan rontok tersebut. 

Karena, apabila dibiarkan secara terus-menerus maka tanaman durian akan mengalami kematian. 

Artikel ini akan memberikan informasi kepada Anda mengenai tips yang digunakan untuk mencegah kerontokan pada daun dan warna daun yang menguning. 

Tips Cara Mengatasi Daun Durian Menguning dan Rontok yang Ampuh

cara mengatasi daun durian menguning dan rontok
cara mengatasi daun durian menguning dan rontok

1. Melakukan Pengendalian pada Tanaman Durian Secara Kimiawi dan Hayati

Kekurangan unsur Sulfur dapat menyebabkan tanaman durian mengalami kerontokan pada daunnya dan warna daun yang menguning. Jika keadaan seperti ini dibiarkan, maka daun pada tanaman durian yang sebelumnya berwarna hijau menjadi warna kuning secara keseluruhan. Adapun gejala daun yang rontok dan menguning pertama kali akan terjadi pada bagian daun yang berada di atas. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan cara mengatasi daun durian menguning dan rontok.

Adapun penanganan yang bisa dilakukan agar gejala tersebut tidak menyebar yaitu dengan melakukan pengendalian baik secara kimia maupun hayati. Pengendalian secara kimiawi dilakukan melalui pemberian pupuk yang mengandung unsur Sulfur pada tanaman durian.

Namun, perlu diperhatikan ketika memberikan pupuk tersebut pada tanaman durian. Pastikan Anda telah memberikan dosis pupuk yang mengandung Sulfur tersebut dengan dosis yang sesuai. Karena, jika dosis pupuk yang diberikan tidak sesuai maka dapat mencemari keadaan lingkungan di sekitar tanaman durian.

Selain itu, akan berdampak secara langsung terhadap pertumbuhan dan perkembangan serta bisa menyebabkan timbulnya penyakit yang lain pada pohon durian. Sedangkan, pengendalian secara hayati dilakukan dengan memberikan pupuk kompos dan pupuk untuk daun pada tanaman durian. Kedua pupuk tersebut berfungsi untuk menambah nutrisi kandungan Sulfur sebagai unsur hara yang penting pada tanaman durian. Selain itu, fungsinya juga dapat meningkatkan jumlah bahan organik pada tanaman durian. 

Baca Juga:  Aneka Penyebab dan Cara Merawat Pohon Durian yang Hampir Mati

2. Membuat dan Mengatur Aliran Drainase pada Tanaman Durian

Tidak hanya kekurangan zat Sulfur, namun penyakit rontok dan daun yang menguning pada tanaman durian bisa disebabkan oleh jamur. Jamur Pythium Complectens merupakan salah satu jenis jamur yang menyebabkan daun menjadi rontok dan kuning pada pohon durian. Jamur tersebut akan menyerang bagian cabang pohon, daun, dan akar pada tanaman durian. Adanya serangan jamur inilah yang menyebabkan daun durian menjadi gugur dan berwarna kuning.

Ciri-ciri tanaman durian yang sudah terserang jamur Pythium Complectens adalah bagian ujung cabang pohon durian akan mati. Selain itu, pada bagian cabang tunas bagian bawah akan terganggu proses perkembangannya.

Selanjutnya, bagian atas kulit pohon durian akan membusuk dan warnanya menjadi coklat. Tidak hanya itu, bagian akar pohon durian juga menjadi busuk. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, maka akar yang membusuk akan menyerang bagian ujung pada akar tunggang dan akar lateral.

Sehingga, diperlukan cara mengatasi daun durian menguning dan rontok. Hal ini bisa dilakukan dengan pembuatan jalur aliran air atau saluran drainase dengan baik. Tujuannya adalah agar tanaman durian menerima sumber air yang cukup dan tidak berlebihan.

Kemudian, Anda juga bisa melakukan pembongkaran terhadap pohon durian yang terserang jamur Pythium Complectens tersebut. Setelah itu, Anda bisa memusnahkan pohon durian yang mati dan sakit ini dan menggantinya dengan bibit yang berkualitas tinggi yang tahan terhadap serangan hama serta penyakit. 

3. Menjaga Kelembaban Udara 

Metode lain yang bisa digunakan sebagai cara mengatasi daun durian menguning dan rontok yaitu dengan menjaga kelembaban udara pada tanaman durian. Apabila lingkungan di sekitar tanaman durian kelembaban udaranya terjaga dengan baik maka dapat meminimalisir resiko terkena penyakit. Karena, lingkungan yang sangat lembab dapat mempengaruhi pertumbuhan dan pertahanan pada pohon durian. Jamur akan mudah muncul pada lingkungan yang sangat lembab, sehingga dapat menyebabkan terjadinya perubahan warna pada pohon durian dan daun yang rontok. 

Baca Juga:  Cepat Tumbuh dan Berbuah, Begini Cara Menanam Biji Durian yang Tepat

Adapun kelembaban udara yang baik untuk pertumbuhan tanaman durian yaitu berada pada suhu 24 hingga 30C. Kemudian, tanaman durian akan tumbuh dengan baik apabila ditanam di daerah dataran yang sedang yaitu ketinggiannya kurang dari 800 m atau 1000 m di atas permukaan air laut. Keadaan iklim juga merupakan faktor yang sangat penting untuk pohon durian. Iklim tropis merupakan jenis iklim yang sangat baik bagi pertumbuhan pohon durian tersebut. Selain keadaan iklim, curah hujan juga penting untuk diperhatikan. Curah hujan yang baik untuk tanaman durian sekitar 1500 hingga 3500 mm/tahun. 

4. Memperhatikan Jenis Tanah 

Sebelum menanam pohon durian, sebaiknya Anda harus memperhatikan jenis tanah sebagai syarat utama tumbuhnya pohon durian tersebut. Karena, kondisi lahan yang didukung dengan jenis tanah yang tepat dapat mencegah terjadinya kerontokan daun dan kuningnya warna daun pada tanaman durian. Dengan demikian, tanaman durian dapat tumbuh dengan sehat dan subur. Sehingga, dapat menghasilkan jumlah produksi yang lebat pada buahnya.

Adapun menanam pohon durian pada jenis tanah andosol, podsolik, dan latosol merupakan cara mengatasi daun durian menguning dan rontok secara alami. Jenis tanah tersebut mengandung unsur hara yang sangat baik untuk tanaman durian. Selanjutnya, Anda harus memperhatikan kondisi pH tanah. Karena, tanaman durian yang masuk kategori jenis perakaran dalam akan lebih bersahabat dengan tanah yang memiliki pH netral. Kisaran nilai pH tanah yang mendukung untuk merangsang pertumbuhan tanaman durian yang baik adalah 5 hingga 7. 

5. Melakukan Pembasmian Terhadap Hama dan Penyakit 

Salah satu cara mengatasi daun durian menguning dan rontok adalah dengan melakukan pembasmian terhadap hama dan penyakit yang menyerang tanaman durian. Hal ini karena, terdapat hama dan penyakit yang tidak mudah untuk hilang dengan sendirinya. Oleh karena itu, perlu dilakukan pembasmian terhadap hama dan penyakit. Terutama hama dan penyakit yang menyebabkan daun pohon durian menjadi rontok dan menguning.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Pohon Durian Tidak Berbuah

Tindakan pertama yang bisa Anda lakukan adalah memotong bagian pohon durian yang telah terserang hama dan penyakit tersebut. Kemudian, apabila hama dan penyakit tersebut terus-menerus menyerang pohon durian maka Anda bisa menyemprotkan cairan fungisida dan insektisida. Tujuannya adalah untuk membasmi atau menghilangkan penyebaran hama dan penyakit yang tumbuh dan menyerang tanaman durian.

Dengan demikian, tanaman durian masih bisa untuk diselamatkan dengan baik. Namun, apabila hama dan penyakit sudah semakin parah menyerang tanaman durian maka Anda perlu mengambil langkah selanjutnya. Untuk memutus penyebaran rantai hama dan penyakit pada tanaman durian tersebut, maka bakar dan mematikan pohon durian yang telah terjangkit hama dan penyakit.

Setelah itu, lakukan perawatan terhadap tanaman durian yang lainnya agar tidak mudah untuk terjangkit hama maupun penyakit yang berbahaya bagi pertumbuhannya.