Dunia Informasi untuk anda
Durian  

Aneka Penyebab dan Cara Merawat Pohon Durian yang Hampir Mati

Suka durian, dan mempunyai pohon durian. Pastinya menyenangkan ketika melihat pohon durian yang dimiliki, tumbuh dengan subur. Tapi bagaimana jadinya ketika tanaman durian tersebut terlihat sakit dan bahkan hampir mati. Tidak perlu panik, ulasan kali ini akan membahas tentang beberapa penyebab serta  cara merawat pohon durian yang hampir mati untuk Anda.  

Mati ranting saat mulai berbunga

Apabila hal seperti ini tidak diatasi dengan segera, maka secara perlahan pohon durian tidak produktif lagi dan mati. Adapun cara merawat pohon durian yang hampir mati yang dapat Anda lakukan kali ini yaitu :

  • Gunakan pupuk organic amino plus dengan ZK plus. Pupuk organik amino plus, ini berfungsi sebagai nutrisi bagi mikroba tanah. Sedangkan pupuk ZK plus, tidak lain adalah pupuk organik cair, yang mengandung kalium tinggi. Pupuk yang satu ini nantinya mampu meningkatkan resistensi akan penyakit yang menyerang tumbuhan di masa pertumbuhan atau pada masa pembentukan bunga dan buah.  
  • Adapun dosis takar yang sebaiknya diberikan sendiri, tergantung dari kondisi pohon durian itu sendiri. Jika misalnya kondisi pohon cukup kritis, sebaiknya berikan dosis 100 ml untuk pupuk organik amino plus, dan campur dengan 10 liter air untuk 1 pohon.
  • Siramkan campuran air dan pupuk tersebut, tepat di bawah bagian batang bawah dan dekat dengan akar.
  • Aplikasikan proses pemberian pupuk ke-1 dan ke-2 tersebut dengan jarak sekitar 7 hingga 10 hari.
  • Aplikasi pupuk yang ke-3, kali ini menggunakan pupuk organik ZK plus, dengan dosis yang sama dengan pupuk organik amino plus. Kali ini, Anda dapat memberikan pupuk sekitar 2 minggu sekali.
  • Hasilnya setelah proses penyerbukan terjadi, buah durian tidak mengalami kerontokan. Walaupun durian dalam keadaan sakit.  
cara merawat pohon durian yang hampir mati
cara merawat pohon durian yang hampir mati

Penyakit hawar daun

Adapun gejala penyakit hawar daun ini, tidak lain, daun pada tanaman durian tersebut terlihat hawar, atau seperti terkena air panas, yaitu daun berwarna coklat kehitaman. Apabila hal ini dibiarkan, maka akibatnya tanaman akan kering. Hawar dan sendiri disebabkan oleh patogen, berupa jamur fusarium SP. Dimana umumnya patogen yang satu ini muncul, karena curah hujan yang tinggi di daerah turun di sekitar tempat durian tersebut.    

  • Langkah pertama
Baca Juga:  Ini Cara Merawat Bibit Durian Dalam Polybag atau Pot Secara Benar

Bersihkan tanaman gulma yang ada di sekitar akar, tepat berada di bawah batang pohon.

  • Langkah kedua

Berikan pupuk organik cair yang mengandung asam amino. Dengan dosis sekitar 50 ml untuk pupuk dan 10 liter untuk air. Semprotan atau siram di sekitar batang dan pohon durian yang sedang sakit.  

  • Langkah ketiga

Semprotkan tanaman gulma yang ada di sekitar tanaman durian. Kali ini gunakan pestisida atau juga herbisida.

  • Langkah keempat

Lakukan pemupukan kembali, sekitar seminggu berikutnya, atau seminggu sekali. Kali ini, Anda dapat menyemprotkan tidak hanya di sekitar batang bawah dekat akar, namun juga pada batang atas atau bahkan daun.

Daun durian menguning dan rontok

Ada cukup banyak penyebab, kenapa daun durian ini rontok, mulai dari faktor eksternal atau pengaruh dari luar tanaman, seperti hama, penyakit, iklim atau juga lingkungan, yang kurang sesuai dengan tanaman durian tersebut. Selain itu ada juga faktor internal, yang tidak lain adalah pengaruh dari dalam,, seperti kekurangan unsur hara, atau juga kondisi lahan yang kurang ideal.

Adapun cara merawat pohon durian yang hampir mati karena masalah daun yang mulai menguning dan rontok ini yaitu :

  1. Menjaga lingkungan sekitar tanaman durian

Sedari awal, sebaiknya cari lahan yang ideal untuk tempat hidup dari tanaman durian tersebut. Lingkungan yang cocok untuk tempat hidup dari tanaman durian tersebut, tidak lain tidak terlalu lembab. Karena hal tersebut membuat daun mudah terinfeksi jamur, dan membuatnya kuning dan rontok.

Baca Juga:  Cara Mempercepat Pertumbuhan Tanaman Durian

Suhu yang paling ideal untuk tanaman durian adalah pada suhu 24 derajat Celsius, hingga 30 derajat Celsius. Berada di dataran tinggi sekitar 1000 meter dari atas permukaan laut. Iklim terbaik untuk tanaman durian ini adalah iklim tropis.   

  • Membasmi penyakit dan hama     

Untuk mengatasi daun durian yang rontok berikutnya adalah dengan mengatasi dari sisi penyakit atau hama yang menyerang pada daun atau pohon tersebut.

Jika hama dan penyakit yang menyerang pohon durian, maka Anda dapat memotong bagian tersebut. Sedangkan jika sudah sedemikian parah, maka Anda dapat menyemprotnya dengan insektisida atau fungisida.

Tapi jika pohon terkena kanker bercak, biasanya hal tersebut cenderung sulit untuk diatasi, karena dapat menyerang seluruh bagian pohon, durian. Jika dampaknya parah, maka tidak ada jalan lain selain membakar pohon durian tersebut, guna mencegah penularan pada pohon durian lain.  

  • Mencegah daun durian menguning

Salah satu cara untuk mencegah daun pada pohon durian menguning adalah dengan memperhatikan komposisi dari pupuk yang akan digunakan. Hal yang penting yang harus diperhatikan adalah memperhatikan unsur hara yang ada di dalam tanah. Pastikan tanaman cukup terpenuhi unsur tersebut.

Busuk pada akar

Penyakit yang satu ini biasanya menyerang tanaman durian di semua usia, baik yang masih bibit hingga yang sudah dewasa. Kondisi seperti ini sendiri terjadi lantaran serangan jamur, Pythium Complectens.

Adapun gejala yang terlihat pada cabang yang terkena serangan tersebut, akan tampak mati. Jika dilihat dari bagian luar, akar yang sakit terlihat normal saja. Namun jika akar tersebut dibedah, terutama pada bagian kulit dalam, maka akan terlihat warna merah dengan bercak coklat.

Cara mengatasi kondisi seperti ini adalah dengan melakukan kultur teknis, kimiawi dan mekanis. Yang dimaksud dengan kultur teknis tidak lain dengan menggunakan batang bawah, di lahan penyakit. Dengan melakukan perbaikan drainase, hal ini dilakukan agar tanah tidak terlalu lembap.

Baca Juga:  5 Tips Cara Mengatasi Daun Durian Menguning dan Rontok yang Ampuh

Sedangkan cara mekanis sendiri, tidak lain dengan cara menghindari luka, di batang yang ada di sekitar akar, terutama pada saat dilakukan pemeliharaan. Dalam hal ini, membongkar tanaman durian yang terserang, kemudian dibakar dan bekas lubang tanaman tersebut akan diberi kapur.

Adapun cara kimiawinya sendiri, tidak lain dengan memberikan larutan fungisida sistemik. Cara memberikannya, adalah dengan cara dikocorkan atau diinfuskan pada bagian akar.

Kelelahan berbuah

Ada kalanya, tanaman durian tersebut kelelahan, lataran terus menerus dirangsang untuk berbuah. Terutama ketika dirangsang menggunakan pupuk atau obat-obatan kimia. Apabila tanaman tersebut merasa tidak cocok, dengan penggunaan bahan kimia, terutama ketika penggunaannya over dosis. Maka lambat laun tanaman akan sakit, dan kelelahan untuk berbuah.

Langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kondisi seperti ini adalah dengan memberikan pupuk dari bahan organik, dan sebaiknya hentikan penggunaan pupuk dari bahan kimia. Jika digunakan pun, sebaiknya dalam dosis yang wajar. Jadi dari ulasan di atas, jelas sudah, bahwa Anda tidak perlu panik, ketika menemukan masalah pada tanaman durian. Yang sebaiknya Anda lakukan adalah mengecek penyebab, awal dari masalah pada pohon durian tersebut, untuk kemudian mengambil tindakan tepat, sebagai cara merawat pohon durian yang hampir mati tersebut.