Dunia Informasi untuk anda
Durian  

Cara Mempercepat Pertumbuhan Tanaman Durian

Salah satu buah yang menjadi favorit masyarakat Indonesia adalah Durian, tidak heran banyak sekali kebun durian yang ada di beberapa wilayah di Indonesia. Setiap durian yang ditanam dalam lahan berbeda memiliki karakteristik yang berbeda pula, sehingga membuat jenis durian yang banyak di Indonesia. Musim durian menjadi salah satu musim buah yang sangat ditunggu-tunggu masyarakatkan Indonesia. Cara mempercepat pertumbuhan tanaman durian merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui.

Banyak sekali yang memutuskan untuk pengolahan lahan menjadi kebun durian karena sangat menguntungkan. Tentu saja banyak hal yang harus Anda ketahui terlebih dahulu apabila merasa tertarik dengan kesempatan ini, berikut adalah Cara mempercepat pertumbuhan tanaman durian yang sebaiknya harus Anda ketahui terlebih dahulu!

Pilih Bibit Durian yang Berkualitas

Cara mempercepat pertumbuhan tanaman durian
Cara mempercepat pertumbuhan tanaman durian

Cara mempercepat pertumbuhan tanaman durian yang harus Anda ketahui dimulai dari bibit durian yang digunakan. Pastikan Anda menggunakan bibit yang  berkualitas apabila ingin memiliki tanaman durian yang tumbuh dengan cepat. Hal yang harus Anda garis bawahi adalah memilih bibit durian yang berasal dari induk sehat dan juga sudah mencapai umur yang cukup untuk dibudidayakan kembali. Pastikan juga bibit yang sudah Anda pilih bebas dari hama dan penyakit tumbuhan.

Saat ini banyak sekali bibit durian yang bisa Anda gunakan dan tentu saja berkualitas dan bisa Anda dapatkan dengan mudah. Hal ini  juga dapat disesuaikan dengan jenis durian yang Anda inginkan, karena banyak sekali jenis durian yang ada. Anda juga sebaiknya mengetahui jenis durian apa yang bisa ditanam pada lahan atau wilayah Anda agar bisa semakin maksimal. Cara mempercepat pertumbuhan tanaman durian yang harus Anda ketahui adalah dimulai dari bibit dan mengetahui kondisi wilayah Anda terlebih dahulu.

Baca Juga:  Cepat Tumbuh dan Berbuah, Begini Cara Menanam Biji Durian yang Tepat

Apabila Anda mencari bibit durian langsung dari petani durian, banyak sekali hal menarik yang dapat Anda pelajari hingga mengetahui bibit mana yang harus digunakan.

Lahan Tanam Durian

Hal selanjutnya dalam Cara mempercepat pertumbuhan tanaman durian adalah memilih lahan untuk menanam durian. Tentu saja Anda sudah mengetahui bahwa durian tidak bisa tumbuh pada lahan yang sembarangan sehingga pemilihan lahan menjadi hal yang sangat penting. Lahan dengan unsur hara yang tinggi adalah lahan yang tepat untuk penanaman durian. pH tanah yang bisa digunakan dan akan membuat durian tumbuh dengan cepat adalah pH Netral yaitu pH yang didapatkan ketika Anda menanam durian pada tanah jenis grumosol dengan ph Tanah 5-7.

Ketinggian lahan juga menjadi hal yang sangat penting dalam Cara mempercepat pertumbuhan tanaman durian. Ketinggian yang sangat disarankan adalah ketinggian di bawah 800 mdpl dan sebaiknya tidak pada lahan yang terlalu tinggi.

Selain lahan, Anda juga harus memahami jarak tanam durian yang paling idea. Jarak tanam ideal durian sendiri adalah 10m x 10 meter yang bisa digunakan ketika awal penanaman hingga tanaman durian berusia 4 tahun. Jarak tanam maksimal durian sendiri adalah 25 meter x 25 meter yang tentu saja sudah sangat lebar sekali.

Memperhatikan Pemeliharaan

Setelah mendapatkan bibit dan mengetahui lahan ideal yang harus Anda gunakan, Cara mempercepat pertumbuhan tanaman durian adalah dengan memperhatikan pemeliharaan yang akan dilakukan. Terdapat dua tahap dalam pemeliharaan durian dan hal ini adalah bagian yang sangat penting. Tahap pertama dilakukan ketika durian masih muda dan tahap kedua ketika durian sudah dewasa.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Pohon Durian Tidak Berbuah

Ketika tanaman durian masih muda, hal yang harus Anda lakukan dalam segi pemeliharaan adalah menyiangi gulma yang ada di sekitar tanaman dan juga memasang mulsa organik di bawah tajuk. Pastikan juga Anda sudah menambahkan tanah di sekitar area tajuk agar tidak ada air yang menggenang.

Beralih pada pemeliharaan tanaman durian yang sudah dewasa, pada tahap ini Anda harus lebih ekstra karena banyak sekali perawatan yang harus dilakukan. Penjarangan dan penyulaman buah menjadi hal yang harus Anda lakukan pertama kali dalam tahap ini dengan tujuan agar pohon tidak mati ketika proses pembuahan.

Setelah penjarangan dan penyulaman, maka Cara mempercepat pertumbuhan tanaman durian adalah dengan melakukan pemangkasan dan juga peremajaan tanaman durian. Pemangkasan dilakukan dari akar pohon ketika sudah mulai muncul bunga pada tanaman durian. Tahap ini lebih baik dilakukan tidak lebih dari 2 minggu setelah berbunga. Setelah itu Anda bisa melanjutkan tahap pembentukan tanaman dengan tujuan agar pohon tidak tumbuh mengarah ke atas.

Proses Pemupukan Durian

Cara mempercepat pertumbuhan tanaman durian selanjutnya adalah dengan memperhatikan proses pemupukan durian. Pemupukan dilakukan dari dasar ketika masa pertumbuhan masih sangat baru, hal ini akan bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan pohon ketika baru selesai ditanam. Anda bisa memilih pupuk dengan kandungan nitrogen dan juga fosfor yang tinggi. Pupuk yang digunakan adalah dalam tahap ini adalah pupuk kandang, kompos, dan pupuk hijau.

Tahap selanjutnya adalah pemupukan sebelum tanaman berubah yang memiliki tujuan untuk merangsang tanaman agar pertumbuhannya semakin cepat. Pupuk yang bisa Anda berikan adalah pupuk NPK setiap 3 hingga 4 bulan sekali. Pupuk diberikan dengan cara disebat pada partit yang sudah dibuat sebelumnya secara merata.

Baca Juga:  Ini Cara Merawat Bibit Durian Dalam Polybag atau Pot Secara Benar

Pemupukan ketika pohon sudah berbuah juga cukup berbeda dan harus Anda perhatikan dengan sangat detail. Pupuk yang bisa diberikan adalah KCI sebanyak 530gr, SP-36 890gr, dan Urea 670 gr yang diberikan sesudah pemangkasan, setelah itu ketika pucuk mulai kelihatan menjadi tua Anda bisa memberikan KCI sebanyak 265 gr, SP-38 445 gr, dan Urea 335 gr. Ketika sudah terlihat ada bunga baru yang keluar maka KCI 100gr, Sp-36 225 gr, dan Urea 45 gr dapat diberikan. Pada musim sebelum panen pupuk yang diberikan adalah KCI 150 gr, SP-36 650 gr, dan rea 180 gr.

Perhatikan Penyiraman dan Pengarian

Tanaman durian adalah salah satu jenis tanaman yang membutuhkan banyak air ketika sedang masa pertumbuhan tetapi harus diperhatikan agar tidak tergenang. Ketika Anda sudah mulai menanam bibit durian, penyiraman bisa dilakukan sebanyak satu kali dalam sehari saja. Lalu ketika sudah masuk usia satu bulan, penyiraman bisa berkurang dan cukup 3 kali saja dalam satu minggu. Sama seperti penjelasan sebelumnya, sebaiknya Anda membuat saluran drainase sehingga tidak terjadi genangan air di kebun durian.

Informasi di atas berkenaan dengan Cara mempercepat pertumbuhan tanaman durian akan membuat Anda semakin mudah dalam memulai hal ini. Tentu saja banyak sekali tantangan yang akan Anda hadapi ketika sudah memutuskan untuk memulai penanaman durian. Tidak heran informasi yang Anda butuhkan sebelum menanam durian dan harus Anda pahami dengan sangat mendetail. Cara mempercepat pertumbuhan tanaman durian tidak akan membuat Anda bingung karena penjelasan di atas sudah bisa menjadi referensi utama.