Dunia Informasi untuk anda
Durian  

Cara Mengatasi Pohon Durian Tidak Berbuah

Salah satu permasalahan ketika memiliki kebun durian adalah pohon yang tidak berbuah sehingga membuat kebutuhan durian pada musim durian berkurang. Secara tidak langsung hal ini akan membuat harga durian melonjak sangat tinggi. Cara mengatasi pohon durian tidak berbuah merupakan hal yang sangat penting untuk Anda ketahui sehingga bisa mencegah hal ini dan segera mengetahui bagaimana solusi ketika sudah muncul tanda-tanda buah tidak akan berbuah.

Apabila Anda masih sangat baru dalam bidang ini, pohon durian yang tidak kunjung berbuah menjadi hal yang pasti Anda rasakan. Tidak perlu merasa khawatir, karena terdapat beberapa Cara mengatasi pohon durian tidak berbuah yang bisa Anda lakukan, berikut adalah informasinya untuk Anda!

Pemupukan Pohon Durian yang Terjadwal

Cara mengatasi pohon durian tidak berbuah yang pertama adalah dengan melakukan pemupukan yang sudah terjadwal. Hal ini akan membuat penyakit pohon durian dan juga hama bisa menghilang sehingga tanaman menjadi lebih sehat. Salah satu penyebab mengapa pohon durian tidak berbuah adalah nutrisi yang kurang, tentu saja hal ini sama prinsipnya dengan semua makhluk hidup. Apabila nutrisi yang ada tidak cukup, akan ada dampak bagi tanaman.

Pemupukan yang tepat adalah kunci ketika Anda sedang mencari Cara mengatasi pohon durian tidak berbuah. Pupuk alami dapat Anda gunakan untuk membuat pohon durian memiliki nutrisi yang cukup sehingga bisa berbuah. Anda yang masih merasa bingung mengapa pohon durian tidak segera berbuah harus memeriksa kembali bagaimana cara Anda dalam memberikan pupuk. Apabila ada kesalahan dalam hal ini, Anda bisa segera membuat jadwal pemupukan agar bisa mendapatkan hasil terbaik.

Cara mengatasi pohon durian tidak berbuah
Cara mengatasi pohon durian tidak berbuah

Jenis pupuk  yang sangat banyak dan sudah disesuaikan dengan tanaman bisa Anda manfaatkan dalam mengatasi masalah ini. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah dari mana saja, baik e-commerce atau membeli langsung pupuk.

Baca Juga:  Cepat Tumbuh dan Berbuah, Begini Cara Menanam Biji Durian yang Tepat

Pemangkasan Ranting dan Cabang

Cara mengatasi pohon durian tidak berbuah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah segera melakukan pemangkasan ranting dan cabang. Salah satu alasan mengapa pohon durian tidak berbuah walaupun sudah memasuki masanya adalah karena banyak sekali dahan dan ranting yang ada dan tidak dibersihkan. Pemangkasan ranting dan cabang terkadang dianggap remeh dan tidak banyak yang mementingkannya, padahal dampak yang diberikan sangat besar kepada pohon.

Hal ini membuat Anda harus peka dengan banyaknya ranting dan cabang yang ada pada setiap pohon. Pastikan Anda mengamati pohon dengan baik dan mengetahui apakah pohon tersebut membutuhkan pemangkasan atau tidak. Nutrisi yang ada tidak bisa menyeluruh karena tertahan oleh banyaknya rantang dan cabang yang sangat banyak.

Sebaiknya Anda cukup peka dengan masalah ini hingga bisa membuat pohon durian bebas dari ranting dan cabang yang sudah kering dan tidak diperlukan kembali. Walaupun kesannya tidak begitu penting dan ranting serta cabang bisa rontok dengan sendirinya, pada faktanya hal ini masih menjadi penyebab mengapa pohon durian tidak berbuah.

Pastikan Menggunakan Bibit yang Unggul

Solusi dari Cara mengatasi pohon durian tidak berbuah selanjutnya adalah dengan memastikan bibit yang Anda gunakan sudah bibit unggul. Banyak sekali yang merasa tidak mengutamakan dalam pemilihan bibit dan hal ini tidak disadari. Anda baru menyadari bahwa pentingnya memilih bibit ketika sudah melihat pohon durian yang ada tidak segera berbuah. Salah satu penyebab pohon durian tidak berbuah adalah bibit.

Baca Juga:  Cara Mempercepat Pertumbuhan Tanaman Durian

Bibit yang tidak terlalu baik tetap bisa tumbuh dan menjadi pohon seperti bibit lainnya, tetapi masalah akan terlihat ketika masa berbuah sudah tiba. Anda bisa segera menyadari bahwa bibit yang digunakan tidak memiliki kualitas yang baik karena pohon juga tidak segera berbuah. Cara mengatasi pohon durian tidak berbuah tentu saja sangat kompleks karena hal ini bisa dikarenakan beberapa hal, sebaiknya Anda bertanya pada petani durian secara langsung bibit apa yang digunakan.

Hal ini bisa membuat Anda mendapatkan informasi secara langsung dan juga valid sehingga tidak perlu bingung ketika akan memilih bibit. Cara mengatasi pohon durian tidak berbuah dengan memilih bibit adalah hal yang sangat penting.

Air yang Cukup

Permasalahan durian yang tidak segera berbuah juga bisa dikarenakan air yang tidak cukup. Cara mengatasi pohon durian tidak berbuah yang juga harus Anda ketahui adalah dengan memastikan air yang Anda berikan kepada pohon durian sudah cukup. Terutama ketika masa-masa kemarau sudah datang, pastikan pasokan air yang Anda miliki cukup untuk pohon durian yang ada. Air yang ekstra juga Anda butuhkan ketika sudah masuk masa berbunga, karena hal ini akan membuat bunga tidak mudah menjadi rontok.

Selain memastikan air yang ada cukup, unsur air dalam tanah asli juga sebaiknya Anda pertimbangkan dengan baik. Hal ini berhubungan dengan pentingnya pemilihan lahan dalam menanam pohon durian. Pastikan tanah yang Anda pilih memiliki unsur air yang juga sudah cukup tinggi sehingga bisa memberikan pasokan air kepada pohon durian.

Menanam pohon durian memiliki banyak hal yang cukup membuat Anda bingung. Masih berhubungan dengan penjelasan masalah air yang harus selalu tersedia, air yang ada juga tidak sebaiknya terlalu banyak dan membuat lahan yang ditanami pohon durian menggenang.

Baca Juga:  Aneka Penyebab dan Cara Merawat Pohon Durian yang Hampir Mati

Pohon Durian Mendapatkan Sinar Matahari

Selain masalah air, Cara mengatasi pohon durian tidak berbuah juga berhubungan erat dengan pohon durian yang harus mendapatkan sinar matahari. Sinar matahari dibutuhkan oleh tanaman dan juga termasuk pohon durian. Sinar matahari menjadi faktor penting mengapa pohon durian tidak segera berbuah. Anda harus bisa mempertimbangkan pemilihan lahan, apakah lahan tersebut mendapatkan sinar matahari? Hal seperti ini harus Anda perhitungkan dengan sangat baik.

Cara mengatasi pohon durian tidak berbuah yang satu ini masih dianggap tidak terlalu penting, dan terkadang banyak yang merasa sinar matahari adalah hal yang tidak perlu oleh pohon durian. Tentu saja sinar matahari yang ada tidak membuat tanaman menjadi kering, karena hal ini bisa menjadi jawaban mengapa pohon durian tidak berbuah juga.

Informasi di atas  berkenaan dengan Cara mengatasi pohon durian tidak berbuah akan membuat Anda mendapatkan jawaban mengapa pohon durian yang Anda miliki tidak menghasilkan buah walaupun sudah masuk masanya. Anda tidak perlu merasa bingung lagi, karena penyebab durian tidak segera berbuah bisa dikarenakan oleh banyak hal-hal kecil yang terkadang dianggap tidak terlalu penting seperti air yang kurang atau terlalu banyak, sinar matahari yang kurang, bibit, hingga ranting dan cabang. Informasi di atas juga sangat cocok bagi Anda yang sedang mempertimbangkan untuk menjadi petani durian. Banyak sekali hal yang harus Anda pahami sehingga tidak merasakan pohon durian yang tidak berbuah. Cara mengatasi pohon durian tidak berbuah yang sudah dijelaskan di atas bisa menjadi pelajaran untuk Anda.