Dunia Informasi untuk anda
Entok  

Cara Ternak Entok Cepat Bertelur Untuk Pemula

Cara ternak entok cepat bertelur untuk pemula – Ternak entok untuk saat ini memang sedang banyak digemari oleh masyarakat. Hal ini memang karena harga jual daging entok di pasaran sangat tinggi karena memiliki banyak sekali khasiat. Entok adalah salah satu jenis unggas yang masih masuk ke dalam keluarga bebek.

Unggas ini sengaja diternakkan untuk diambil telur dan juga dagingnya yang diketahui mengandung banyak sekali khasiat yang baik untuk kesehatan. Di pasaran saat ini harga daging entok segar yang mempunyai berat 1.000 gram sudah berada di kisaran Rp100.000.

Harga daging entok tersebut sudah sangat cukup untuk menggiurkan Anda, bukan? Anda dapat memanfaatkan peluang tersebut untuk mulai cara ternak entok untuk pemula. Berikut ini adalah cara lengkapnya yang dapat Anda simak.

Cara Ternak Entok Sistem Kering 

Cara ternak entok cepat bertelur untuk pemula dengan sistem kandang kering ini nantinya akan ada beberapa persiapan antara lain adalah:

1. Pemilihan lokasi untuk kandang

Lokasi ternak entok dapat diletakkan di pantai,pegunungan, terlindungi pepohonan, daerah yang berbatu-batu maupun berumput. Namun, entok tidak dapat diternakkan di tempat yang ramai maupun gaduh. Hal ini bisa menyebabkan entok mudah stres sehingga tidak mau bertelur. Selain itu, lebih baik kandang bebek tidak terlalu dekat pemukiman karena bisanya entok akan mengeluarkan bau menyengat.

2. Bahan dan perlengkapan kandang

Cara ternak entok cepat bertelur Anda dapat membuat kandang dari bambu tua untuk kerangka bangunan, pagar dan lantai. Atap bisa menggunakan alang-alang, rumbia, ijuk, plastik bekas dan lainnya. Perlengkapan yang harus ada di kandang tempat pakan, minum yang terbuat dari plastik.

Kalkulasi Ternak Entok 100 Ekor 

cara ternak entok cepat bertelur untuk pemula
cara ternak entok cepat bertelur untuk pemula

Sebelum melakukan kalkulasi ternak entok untuk 100 ekor kita harus memahami dengan baik apa saja yang harus dipersiapkan. Pertama pastinya adalah bibit agar kualitasnya baik cari penyedia bibit berkualitas karena akan sangat berpengaruh untuk hasil panennya.

Kedua, peralatan yang dibutuhkan yang meliputi kandang, obat-obatan, tempat makan, minum dll. Umumnya untuk biaya peralatan ini yang akan paling menelan budget paling besar. Ketiga, pakan yang mana semua usaha peternakan apa pun itu akan membutuhkan pakan.  

Contoh kalkulasinya:

ItemJumlahHarga (Rp)Total Harga (Rp)
DOD100 ekor5.000500.000
Pakan65 Kg7000455.000
Minuman17.00017.000
Obat-obatan1027.000270.000
Air dan Listrik30.00030.000
Vaksin25.00025.000
Total Keseluruhan 1.297.000

 Kalkulasi di atas bukan berarti akan sama dengan kalkulasi yang nantinya Anda lakukan karena harga sumber dayanya tidak akan sama. Bisa saja nantinya pakan yang akan Anda pakai bisa lebih murah atau lebih mahal dan harga DOD juga akan berbeda-beda.

Baca Juga:  Cara Membedakan Entok Jantan dan Betina

Usia Entok Bertelur 

Entok nantinya sudah akan mulai bisa untuk bertelur ketika memasuki usia 8-9 bulan atau 7-10 bulan terkadang juga bisa lebih. Sedangkan untuk entok jantan sudah bisa untuk di kawinkan saat memasuki usia 8-9 bulan dengan ciri sudah memiliki benjolan di bagian mulutnya dan akan mengejar betina ketika sedang birahi.

Cara Agar Entok Cepat Bertelur  

Cara ternak entok biar cepat bertelur ini nantinya akan ditentukan oleh banyak faktor yang dapat memberikan pengaruh. Disini pakan yang bisa memberikan pengaruh yang besar karena merupakan sumber nutrisinya, proses reproduksi dan energi untuk aktivitas entok tersebut.

Itulah sebabnya bila nantinya diberikan pakan yang kurang seimbang tentunya proses pembentukannya akan terhambat. Berikut ini adalah cara paling tepat untuk memberikan pakan entok agar cepat bertelur:

1. Berikan pakan yang seimbang 

Berikan pakan yang bisa memenuhi seluruh unsur nutrisi yang diperlukan dalam pembentukan telur. Jangan bergantung dengan pakan tertentu yang memiliki sumber nutrisi yang tinggi. Anda nantinya dapat menyusun pakan ini sendiri, seperti bekicot, keong sawah dan cacing sebagai sumber proteinnya sedangkan untuk dedak, jagung giling bisa digunakan sebagai sumber energi untuk mineral bisa di dapatkan dari garam, tepung tulang dan sumber vitamin untuk entok.

2. Manajemen memberikan pakan 

Kesalahan pemula dalam memberikan pakan adalah tidak ada konsisten ketika memberikan pakan. Hal ini nantinya bisa memberikan dampak pada laju pertumbuhan entok tersebut tidak terkecuali dalam memproduksi telurnya. Berikan pakan minimal 2 kali dalam satu hari atau maksimal 5 kali sehari dengan porsi yang sama dengan kebutuhan pakan satu hari.

Kebutuhan pakan entok per harinya kurang lebih sekitar 150-200 gram per/hari untuk entok dewasa dengan syarat kandungan nutrisi sudah seimbang. Jangan berlebihan dengan memberikan satu jenis sumber pakannya, kelebihan nutrisi juga bisa menjadi penghambat produksi telurnya.

3. Berada di lingkungan yang mendukung 

Semua makhluk hidup akan tumbuh dan berkembang dengan baik jika berada di dalam lingkungan yang sesuai. Hal ini berlaku juga ketika Anda mulai akan berternak entok. Habitat asli dari ternak entok adalah tanah yang berair karena entok adalah salah satu unggas air yang ditandai dengan kaki berselaput untuk berenang di dalam air.

Namun, entok ini masih bisa bertahan di lahan yang kering tetapi masih membutuhkan adaptasi. Pada adaptasi entok tidak semua entok nantinya mampu untuk melewatinya dengan mudah, bisa saja akan terjadi stres, dan stress ini yang bisa menghambat pertumbuhan dan produksi entok untuk bisa cepat bertelur. Stress inilah yang nantinya akan sangat mengurangi energi.

Lain lagi ketiga Anda nanti beternak mulai dari yang kecil, dampak lingkungan kering tersebut  tidak terlalu berdampak asalkan kebutuhan airnya bisa tercukupi dan disediakan kolam air, karena pada dasarnya entok merupakan hewan ternak berdarah panas sehingga akan sering membasahi tubuhnya.

Berapa Lama Entok Mengerami Telurnya 

Jika indukan entok sudah tidak asing dengan tempat barunya, umumnya hanya dalam waktu 1 minggu indukan entok sudah akan mulai melakukan proses kawin. Bila indukan sudah melakukan proses kawin dalam waktu 2 minggu saja indukan betina yang berhasil dibuahi akan bertelur. Kandang yang disediakan untuk tempat bertelur dan mengeram dapat diberikan alas tambahan seperti rumput kering maupun jerami. Hal ini berfungsi nantinya supaya telurnya tetap hangat.

Baca Juga:  9 Perbedaan Entok dan Bebek

Jika masa bertelur berakhir 10-14 hari indukan betina akan mulai mengerami telurnya. Ketika memasuki masa mengeram, dari sinilah Anda sudah mulai dikatakan beternak entok. Anda juga harus teliti supaya telur yang dierami indukan bisa menetas semua. Masa pengeraman telur entok akan memakan waktu kurang lebih 25 hari tak terhitung dari awal pengeraman.

Telur – telur yang dierami indukan nantinya akan menetas di saat ini jangan langsung memindahkan anakan ke kandang baterai, tetapi biarkan hingga semua telur menetas biasanya harus menunggu selama 2 hari. Jika sudah menetas semua baru Anda di pindahkan ke kandang baterai. Inilah cara ternak entok cepat bertelur untuk pemula yang harus selalu diperhatikan.

Tips Cara Mengobati Entok yang Tidak Mau Makan

1. Cek Kesehatan Entok Secara Berkala

Anda perlu untuk mengecek kesehatan entok secara berkala agar Anda tahu kondisi entok yang sedang tidak fit, Anda bisa melihat dari  kondisi bulunya. 

2. Memberikan Ramuan Herbal Khusus Unggas

Ramuan herbal atau obat tradisional biasanya menjadi salah satu obat yang cukup ampuh untuk mengatasi entok yang tidak mau makan, salah satunya Anda dapat membuat rebusan daun katuk, pilih yang sudah yang sudah dikeringkan dan campurkan dengan pakannya.

3. Memberikan Pakan yang Berkualitas Baik

Agar entok mau makan kembali Anda bisa memberikan pakan yang berkualitas dan bergizi. Untuk itu, pilihlah pakan entok yang mengandung energi dan protein, seperti jagung, dedak, dan lainnya.

4. Menambahkan Penyedap Rasa Pada Pakan

Ternyata menambahkan penyedap rasa pada pakan entok juga dapat membantu entok mau makan. Namun, hal ini tidak diperbolehkan memberikan penyedap rasa dalam jumlah banyak dan pastikan tidak memberikannya setiap hari karena dapat memengaruhi kesehatan entok. Anda cukup mencampurkan penyedap rasa pada pakan entok hanya sesekali saja agar entok mau makan. 

5. Menuangkan Probiotik Pada Pakan

Probiotik mengandung bakteri baik yang dapat menjaga fungsi sistem pencernaan di dalam perut entok, sehingga Anda dapat menggunakannya untuk dicampurkan pada pakan entok. Anda bisa mendapatkan produk ini di pasar hewan dengan mudah. Untuk aturan pakainya sesuaikan dengan takaran yang sudah tertulis pada kemasan.

6. Membuat Pakan yang Basah

Untuk cara mengobati entok yang tidak mau makan, Anda bisa mencoba membuat pakan entok yang lebih basah, di mana entok biasanya lebih menyukai pakan yang kondisinya basah. Anda dapat membuat pakan entok dengan campuran air sekitar 18 sampai 20 persen (Anda dapat menggunakan wadah takaran untuk air) dan pemberian pakan dalam jumlah yang cukup dapat membantu entok makan lebih baik.

7. Memperhatikan Ukuran Kandang

Ukuran kandang yang terlalu kecil dapat mempengaruhi kondisi entok yang akhirnya membuat entok tidak mau makan karena tidak leluasa bergerak, di mana dalam kadang tersebut ada tempat makan dan minum yang tidak lengkap malah, sehingga dapat menyusahkan entok.

8. Perhatikan Kualitas Pakan

Kualitas pakan yang yang diberikan sangat buruk, ternyata dapat membuat entok tidak mau makan, maka Anda   memberikan pakan yang masih layak dengan kandungan nutrisi yang tepat. 

9. Pastikan Porsi Pakan Tidak Salah

Entok memang termasuk unggas yang sensitif, terutama untuk makanan, sehingga Anda harus memperhatikan porsi pakan yang diberikan agar tidak salah. 

10. Jaga Kebersihan Wadah Makan dan Minum 

Meskipun entok termasuk unggas yang seringkali makan berbagai macam jenis pakan yang diberikan pada tempat pakannya, akan tetapi entok tidak menyukai tempat makan atau minumnya tidak bersih, sehingga Anda harus sering mempersiapkannya. 

Baca Juga:  9 Perbedaan Entok dan Bebek

11. Menjaga Kondisi Lingkungan Sekitar Tetap Bersih dan Aman

Kondisi lingkungan sekitar, baik di dalam maupun diluar kadang  jika buruk akan membuat entok mudah mengalami stress. Anda wajib membersihkan kandang entok dan sebaiknya menempatkan kandang entok yang tidak dekat dengan pemukiman warga agar entok lebih tenang, serta cari tempat yang dekat dari sumber air, seperti kali kecil atau dekat dengan sawah. Meskipun lokasi kandang untuk entok adalah tempat yang lembap. 

Cara Mengobati Entok Sakit

1. Menjaga Kebersihan Kandang

Kebersihan kandang harus diperhatikan agar entok tidak mudah sakit karena entok dapat terserang penyakit jika kondisi kandang yang tidak bersih, walaupun entok menyukai kandang yang lembab, pastikan Anda menyiapkan kandang yang kering untuk dapat menjaga kondisi entok tetap sehat. 

2. Memisahkan Entok yang Sakit

Untuk dapat mengobati entok sakit, Anda harus  memisahkan entok tersebut dengan  gerombolan entok yang lainnya agar dapat dilakukan perawatan yang cepat dan tidak menyebar ke entok yang lain.  Entok yang sakit biasanya akan memberikan penularan penyakit kepada entok lainnya yang sehat. Hal ini menjadi cara yang efektif bagi Anda yang ingin beternak entok.

3. Mengenali Penyakit Entok

Ketika Anda sudah memisahkan entok yang sakit dengan gerombolannya, Anda harus memastikan lebih dahulu penyakit entok tersebut. Hal ini dilakukan untuk memudahkan Anda mengambil langkah selanjutnya dalam merawat entok dengan penanganan yang tepat.

4. Memberikan Pakan yang Bergizi

Anda dapat memberikan pakan yang bergizi untuk entok agar cepat sembuh. Anda bisa memberikan pakan yang sudah dicampur dengan berbagai ramuan herbal atau obat khusus penyakit yang dialami oleh entok.

Cara Mengobati Entok Lumpuh

1. Memberikan Suplemen

Kekurangan mineral ternyata dapat membuat entok lumpuh, sehingga Anda perlu memberikan suplemen atau obat yang memiliki kandungan mineral agar entok tetap sehat dan terhindar dari sakit lumpuh.    

2. Memberikan Vitamin

Ketika Anda beternak entok, pastikan dapat merawat entok dengan baik dan tidak lupa untuk memberikan vitamin pada entok agar terhindar dari penyakit, sehingga tidak mengalami lumpuh. 

3. Memberi Antibiotik

Jika Anda menemuinya entok yang lemas, tidak bisa berjalan, dan memiliki bulu yang kusam menjadi salah satu tanda entok sakit lumpuh, maka Anda harus memberikan antibiotik yang dicampurkan pada pakan atau minum entok tersebut. 

Vitamin untuk Entok Biar Nafsu Makan

1. Memberikan jamu daun pepaya

Daun pepaya memang dikenal sebagai salah satu obat penambah nafsu makan. Tidak hanya untuk manusia saja, akan tetapi juga memiliki efek yang bagus pada unggas seperti entok untuk membantu agar nafsu makannya meningkat. Di dalam daun pepaya mengandung flavanoid yang dapat memperbaiki daya tahan tubuh. 

 2. Memilih Pakan Bergizi Tinggi

Untuk bisa menambah nafsu makan entok, Anda dapat memberikan pakan yang bergizi tinggi karena sudah ada berbagai campuran, seperti vitamin yang dapat membantu nafsu makan entok meningkat. Ini adalah salah satu cara cepat yang bisa dilakukan.

3. Rutin Memberikan Vitamin Vitachik

Vitachik salah satu dari vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan, mencegah kekurangan vitamin, mengalami angka kematian pada anak maupun entok dewasa. Dengan memberikan vitamin tersebut Anda tidak perlu khawatir lagi pertumbuhan entok. Ada berbagai cara mengobati entok yang tidak mau makan dengan memberikan vitamin maupun ramuan herbal atau obat yang dapat dicampurkan dengan pakan dan minum entok tersebut. Cara dan tips diatas menjadi hal umum yang harus selalu diperhatikan oleh para peternak entok, terutama bagi pemula yang sedang beternak entok saat ini.