Dunia Informasi untuk anda

Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal untuk Pemula

Beragam jenis bisnis saat ini dapat dijalankan seperti melakukan budidaya ikan. Salah satu pilihan budidaya ikan yang bisa Anda pilih adalah budidaya ikan nila. Sering terlihat sepele namun menjalankan bisnis budidaya ikan sendiri bisa dibilang sangat menguntungkan. Selain itu, untuk melakukan budidaya ikan nila ini juga bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah karena ada beberapa cara budidaya ikan nila di kolam terpal untuk pemula.

Tata Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal

Bagi Anda yang ingin melakukan budidaya ikan nila, maka pahamilah beberapa Cara budidaya ikan nila di kolam terpal untuk pemula berikut ini:

Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal untuk Pemula
Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal untuk Pemula

Pemilihan Lokasi Budidaya Ikan Nila

Ikan nila sendiri sebenarnya bisa dibudidayakan di beberapa tempat baik itu kolam tanah, kolam semen, sampai di akuarium sekalipun. Namun, untuk melakukan budidaya ikan nila juga bisa Anda pilih di kolam terpal. Lokasi kolam terpal juga akan menentukan kemudahan dan juga hasil panen kedepannya.

Untuk beberapa pemilihan tempat yang harus diperhatikan adalah menentukan lokasi yang harus Anda awasi juga kolamnya setiap saat, kemudian pastikan menentukan lokasi yang tidak ditumbuhi dengan rerumputan maupun pohon besar yang bisa menghambat pembuatan kolam terpal. Pilihlah lokasi yang memiliki penyinaran terbaik juga. 

Membuat Media Budidaya Ikan Nila

Setelah menentukan lokasi yang tepat, maka Anda bisa membuat kolam terpal. Untuk membuat kolam terpal, maka ada beberapa hal yang harus dilakukan. Seperti menggali tanah sedalam 70 cm dan ratakan dasar tanah yang sudah digali. Anda bisa menggunakan batu bata untuk memudahkan pengecekan tinggi dan juga pengisian air. 

Baca Juga:  Cara Mancing Ikan Nila Babon Besar

Anda bisa membuat tanggul agar terpal tetap kuat dan tidak mudah rusak, taburkan sekam di dasar kolam dengan merata. Anda juga wajib untuk membuat sanitasi air untuk mempermudah dari pembersihan kolam terpal. 

Memilih Bibit untuk Budidaya Ikan Nila

Pilihlah bibit ikan nila yang tepat. Ada beberapa cara memilih bibit nila yang tepat seperti menentukan bibit dengan warna belang yang jelas dan ukurannya kurang lebih 12 cm. Kemudian pilih bibit yang lincah dan fisiknya tidak ada yang cacat dan pastikan bibit yang memiliki warna yang sama dan setiap bibit memiliki berat kurang lebih 30 gram.

Penyebaran Bibit

Penyebaran bibit menjadi salah satu tahapan yang sangat penting dalam proses budidaya ikan nila. Meskipun ikan nila sendiri menjadi ikan yang memiliki daya tahan cukup kuat, proses penyebaran benihnya tetap tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. 

Cara menyebarkan benih yang tepat bisa dilakukan dengan menyiapkan wadah seperti ember dan masukkan air bersih sampai nantinya memenuhi wadah. Kemudian masukkan bibit ke dalam wadah dan tunggu kurang lebih 10 menit. 

Perawatan dan Panen

Untuk hal yang harus dilakukan adalah melakukan perawatan sampai dengan musim panen tiba. Caranya tentu dengan memberikan makanan secara teratur dan pastinya jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan kolam. Pemberian makan ikan nila harus dilakukan sebanyak 2 sampai dengan 3 kali sehari. Pilihlah makanan dengan kandungan protein, lemak, karbohidrat, mineral dan juga vitamin. 

Usia ikan nila yang sudah bisa di panen setelah 6 bulan ikan nilai yang sudah mencapai berat idealnya. Nah, untuk berat ideal dari ikan nila sendiri sekitar 500 gram yang artinya ikan ini sudah mulai bisa untuk dipanen. 

Baca Juga:  Cara membuat kolam terpal untuk ikan Nila

Kelebihan dan Kekurangan Budidaya Ikan Nila

Setelah mengetahui bagaimana melakukan budidaya ikan nila yang tepat, maka Anda juga harus paham apa sajakah kelebihan dan juga kekurangan budidaya ikan nila apalagi menggunakan kolam terpal. Untuk beberapa kelebihan dan kekurangannya adalah:

Kelebihan

  • Menggunakan kolam ikan terpal sangat cocok diterapkan pada daerah yang kekurangan air. Sebab, nantinya air tidak akan meresap sama halnya dengan kolam tanah yang cocok diterapkan pada daerah yang kekurangan air. 
  • Aman dari beberapa penyakit dan juga hama apabila memutuskan untuk memilih membudidayakan menggunakan kolam air terpal.

Kekurangan

  • Membudidayakan menggunakan kolam terpal ini akan rawan bocor kapan saja. Untuk itulah selama proses pembuatan kolam terpal harus berada di tempat yang bebas dari benda lancip. 
  • Terpal sendiri mudah lapuk pada saat terkena hujan. Terpal yang terkena hujan setiap saat bahkan bisa lapuk dan juga jebol kapan saja. 
  • Menggunakan kolam terpal juga bisa membuat ikan kurang nutrisi meskipun ikannya tidak akan berbau tanah.

Itulah beberapa kelebihan dan juga kekurangan khususnya kolam terpal yang bisa digunakan untuk budidaya ikan khususnya ikan nila. Untuk penggunaan kolam ini juga dapat disesuaikan dengan kondisi tempat dan juga ikan yang ingin dibudidayakan agar hasilnya bisa maksimal. 

Perbandingan Budidaya Ikan Nila dan Gurame

Membahas lebih detail lagi untuk beberapa pertanyaan terkait apa keuntungan membudidayakan ikan nila dan gurami, simaklah jawabannya berikut. Ikan nila sendiri adalah ikan pemakan segalanya termasuk plankton sampai dengan tumbuhan air. Budidaya ikan nila juga membantu mengurangi biaya selama membudidayakannya.

Sedangkan ikan gurame adalah ikan yang hidupnya harus di tempat yang minim akan oksigen. Bahkan jika diamati, ikan gurami adalah ikan yang sering muncul ke permukaan untuk mengambil oksigen langsung di udara dan menyimpannya di insang cadangan yang bentuknya labirin. 

Baca Juga:  Cara membuat kolam terpal untuk ikan Nila

Contoh Rab Budidaya Ikan Nila

Sebelum menjalankan bisnis khususnya bisnis budidaya ikan nila, maka ada banyak pertimbangan dan juga perhitungan khusus yang perlu untuk dilakukan salah satunya adalah rab budidaya ikan nila itu sendiri. 

Analisa Budidaya Ikan Nila 1000 Ekor

Di dalam membangun bisnis apalagi ikan nila, maka untuk beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti pemilihan peralatan yang akan digunakan, kemudian pastikan dan perhitungkan juga untuk jumlah karyawan yang akan bekerja pada bisnis yang nantinya akan dijalankan. Pemilihan tempat untuk budidaya juga masuk menjadi faktor Analisa budidaya ikan nila 1000 ekor. 

Keuntungan Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal

Ada beberapa keuntungan yang akan didapatkan beberapa pebisnis yang akan membudidayakan ikan nila di kolam terpal. Beberapa keuntungannya seperti: 

  • Suhu yang jauh lebih stabil dibandingkan dengan ikan nila yang dibudidayakan di kolam air tanah. 
  • Ikan tidak akan berbau tanah karena menggunakan kolam terpal. Ikan yang tidak berbau tanah justru akan lebih enak rasanya dibandingkan ikan yang dibudidayakan di tanah. 

Resensi Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal

Untuk membudidayakan ikan nila, maka harus menyiapkan banyak hal khususnya modal yang akan dikeluarkan. Perhitungan akan modal ini sangat penting untuk dilakukan mengingat bahwa keuntungan yang akan didapatkan pun bisa diperoleh bahkan dalam jumlah yang cukup besar di kemudian hari. 

Jadi, itulah Sebagian informasi terkait Cara budidaya ikan nila di kolam terpal untuk pemula yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan keuntungan dalam jumlah yang besar.