Dunia Informasi untuk anda

Cara Mancing Ikan Nila Babon Besar

Apakah Anda tertarik untuk memancing ikan Nila babon besar? Untuk yang sudah biasa memancing mungkin sudah terbiasa dan paham dengan triknya. Tetapi jika Anda masih baru mencoba, tentu masih banyak hal yang perlu dipelajari. Karena itulah, Kami akan membagikan informasi tentang cara mancing ikan Nila Babon besar.

Cara Mendeteksi Ikan di Sungai

Untuk bisa memancing ikan nila babon besar, Anda perlu tahu terlebih dahulu bagaimana cara untuk mendeteksi ikan di sungai. Berikut cara yang bisa Anda pakai:

  • Pergi ke bagian tepi sungai
  • Cari tempat di tepi sungai dimana pusaran air bergerak dengan lambat
  • Amati apakah di sekitar pusaran air tersebut banyak ditumbuhi tanaman air atau tidak.
  • Pasang kail dan tunggu sampai ikan Nila Babon muncul.

Cara Mengetahui Tempat Ikan Nila Berkumpul

cara mancing ikan nila babon besar
cara mancing ikan nila babon besar

Setelah cara untuk mendeteksi ikan Nila di sungai, selanjutnya Kita akan coba bahas tentang cara untuk tahu dimana tempat ikan Nila berkumpul. Sebenarnya, hampir mirip dengan langkah yang telah disebutkan sebelumnya untuk mendeteksi ikan Nila.

Namun yang perlu lebih Anda perhatikan mendetail adalah jumlah tanaman yang ada disekililing pusaran air. Apapun jenis tanaman yang tumbuh di dekat pusaran air itu, jika jumlahnya banyak akan memberi pengaruh terhadap jumlah ikan Nila yang ada di sana.

Waktu yang Tepat untuk Mancing Ikan Nila

Selanjutnya, Kita akan bahas tentang kapan waktu yang tepat untuk memancing ikan Nila. Ikan Nila merupakan salah satu jenis ikan yang selalu hidup bergerombol. 

Ikan ini juga bisa dibilang memiliki waktu makan yang teratur. Karena itulah jika anda ingin memancing ikan ini, disarankan untuk mulai melakukannya di kisaran waktu pagi sampai dengan siang hari.

Waktu pagi yang dimaksud, sebaiknya adalah waktu dimana matahari terbit. Karena ikan Nila Babon tidak suka suhu air yang terlalu panas yang diakibatkan suhu matahari yang terlalu tajam. Sementara waktu siang direkomendasikan karena ikan Nila Babon banyak melakukan aktivitas seperti makan dan kawin di waktu siang hari.

Cara Mencari Sarang Ikan Nila

Jika sudah tahu kapan waktu yang tepat untuk memancing ikan Nila, Anda perlu tahu juga cara untuk mencari sarang dari ikan Nila Babon yang akan Anda pancing. 

Berikut ini adalah beberapa cara yang perlu Anda coba lakukan untuk mencari sarang ikan Nila Babon.

Pertama, Anda perlu memperhatikan dengan baik beberapa tolak ukur, misalnya keadaan air, aliran serta struktur badan sungai.

Setelahnya, perhatikan keadaan air, Anda disarankan untuk mencari air yang memiliki kedalaman minimal satu meter. Sebab nafsu makan ikan Nila Babon akan menjadi lebih besar apabila berada di tempat yang dalam dan memiliki oksigen yang cukup tinggi.

Semakin besar nafsu makan ikan maka akan semakin mudah juga untuk dipancing dengan memakai umpan. Untuk bisa menemukan ikan Nila Babon, jangan lupa juga perhatikan juga Anda akan memancing di tempat yang bersih serta memiliki air yang bersih dan memiliki banyak gelembung.

Baca Juga:  Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal untuk Pemula

Fakta lain tentang ikan Nila selain menyukai kebersihan adalah ikan ini akan sangat menyukai lokasi yang memiliki banyak kayu membentang. Selain itu, Anda bisa coba untuk mencari sarang ikan Nila Babon di tikungan atau persimpangan sungai.

Persimpangan sungai yang dimaksud umumnya adalah yang mengarah ke muara atau anak sungai. Tikungan atau persimpangan ini sendiri umumnya cukup dalam serta alirannya tenang. 

Tips Cara Mancing Ikan Nila Babon Besar

Sekaranglah saatnya bagi Anda untuk tahu tentang bagaimana cara mancing ikan Nila Babon besar. Perlu diketahui kalau teknik untuk memancing ikan Nila Babon terbagi menjadi 4, yaitu:

Persiapkan Piranti Pancing

Sebelum mulai memancing, Anda perlu mempersiapkan piranti pancing terlebih dahulu. Untuk bisa memancing ikan Nila Babon, Anda bisa menggunakan senar dengan ukuran 4 sampai 8 lbs. Ukuran tersebut perlu disesuaikan dengan ukuran dari reel dan juga joran.

Sementara untuk ukuran mata kail, Anda bisa memakai ukuran 7 sampai 11 lbs.

Mempersiapkan Umpan

Supaya bisa memancing ikan Nila Babon, Anda sangat disarankan untuk menjadikan rumput sebagai umpan Anda.

Namun, rumput yang bisa dipakai sebagai umpan untuk menangkap ikan Nila Babon bukanlah rumput biasa. Rumput yang dapat Anda jadikan sebagai umpan hanyalah rumput berjenis gajahan,belembem dan kolonjono.

Rumput Belembem merupakan jenis rumput yang biasa tumbuh di dekat rumput kolonjono dan juga di bagian pinggir sungai. Semenatar rumput Kolonjono adalah rumput yang memiliki kemiripan dengan pohon tebu dan dijadikan sebagai makanan untuk sapi.

Merangkai Umpan

Setelah dipersiapkan, umpan juga perlu dirangkai. Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah memilih rumput yang tampak masih muda. Setelahnya, Anda bisa ambil bagian ujung dari rumput  tersebut, kemudian untai menjadi satu untaian.

Jika sudah menjadi untaian, Anda bisa memasang rumput-rumput tersebut pada mata kail pancing dengan cara dililitkan.

Memilih Tempat Mancing yang Tepat

Supaya bisa mendapatkan hasil yang maksimal ketika memancing, Anda perlu menentukan lokasi yang tepat. Tempat mancing yang dianjurkan bagi Anda yang mengincar ikan Nila Babon adalah rawa-rawa atau danau.

Sebab, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ikan Nila suka air yang bersih serta dalam dan memiliki aliran yang cukup deras.

Tips Cara Mancing Ikan Nila Susah Makan

Meskipun tergolong ke dalam golongan ikan yang makan apa saja, ada kalanya ikan Nila tidak mau memakan umpan yang Anda berikan. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam menghadapi ikan Nila Babon yang tidak mau memakan umpan Anda.

  • Pasang pancing Anda dengan umpan yang memiliki aroma yang mencolok seperti cacing cau ataupun cacing yang hidup di pohon.
  • Selain cacing, Anda juga bisa coba memancing nafsu makan ikan Nila Babon dengan memakai lumut sebagai umpan. Supaya lumut memiliki aroma yang kuat, Anda bisa tambahkan garam dan juga cuka.
  • Air yang keruh bisa menjadi salah satu alasan utama kenapa ikan Nila Babon menolak umpan yang Anda berikan. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba untuk menjernihkan airnya terlebih dulu dengan memakai bandul di pancing Anda.
  • Pastikan kalau sirkulasi air  lancar.

Cara Membuat Bubu Ikan Nila

Terkadang dalam proses memancing ikan Nila Babon besar, Anda akan membutuhkan Bubu atau perangkap ikan ramah lingkungan. Pertanyaannya adalah bagaimana cara untuk membuatnya? 

Pertama, Anda perlu memutuskan dulu dimensi dari bubu atau perangkap Anda. Kemudian tentukan bentuk perangkapnya. Setelahnya, Anda bisa pilih material yang Anda inginkan untuk jadi perangkap.

Baca Juga:  Cara membuat kolam terpal untuk ikan Nila

Jika bahan sudah diputuskan,buatlah rangka dengan memakai 12 potong kayu. Lalu tutup kotak dengan kawat. Lipat kawat mess  yang ada di sisi kotak. Potong lagi kawat supaya bisa menutupi sisi satu lagi dari kotak perangkap.

Itulah informasi yang dapat kami bagikan untuk Anda tentang cara menangkap ikan Nila Babon. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi Anda.


Bagi Anda yang menyukai aktivitas memancing tentunya ingin mencari banyak goal mancing karena merasakan kepuasan tersendiri. Namun, mancing ikan nila tidak hanya asal mencari umpan saja ya tetapi juga mengerti jenis umpan apakah yang disukai oleh nila. Sama halnya dengan ikan piranha yang akan langsung mendekat saat ada bau darah. Kurang lebih ikan nila juga demikian, memiliki indra perangsang terbaik untuk jenis umpan yang disukai.

Daftar Racikan Umpan Ikan Nila Babon Paling Jitu 

Untuk memancing ikan nila, ada teknik dan jenis umpan sesuai waktunya. Umpan pagi/siang hari berbeda dengan umpan saat malam hari. Selera makan nila terbilang banyak variasi karena dengan adanya umpan sesuai waktunya maka nila akan lebih mudah dipancing.

Daftar racikan umpan ikan nila paling jitu
Daftar racikan umpan ikan nila paling jitu

Umpan untuk pagi atau siang hari 

Lumut 

Lumut yang digunakan adalah lumut yang terbiasa hidup di parit, sungai atau selokan dimana warnanya juga yang lebih cerah. Lumut diambil dan dipasangkan di bagian ujung kail atau disebar pada area tertentu yang mana nila suka bergerombol. 

Mie instan

Mie instan dengan balutan kuning telur menjadi sebuah umpan yang sangat ampuh untuk memancing ikan nila karena aroma amisnya hampir sama dengan aroma sisik ikan. Mie direbus setengah matang dicampur kuning telur dan padatkan. 

Usus ayam

Usus ayam yang sangat bagus untuk umpan adalah usus ayam busuk selama 3 hari bukanlah usus ayam yang masih segar. Usus ayam yang telah membusuk tentu memunculkan bakteri atau hewan pengurai seperti cacing kecil, inilah yang disukai oleh nila babon.

Cacing

Cacing tanah adalah umpan terbaik untuk ikan nila terutama cacing yang masih hidup dan dicantolkan ke kail pancingnya. Cacing akan langsung dilahap oleh ikan nila karena baunya sangat merangsang nila untuk datang. Ingat, saat mengambil ikan nila sebaiknya gunakan kailnya langsung, jangan pakai tangan kecuali Anda celupkan tangan ke bagian yang amis dahulu. 

Kroto

Atau telur semut adalah sebuah umpan yang selalu sukses untuk menarik ikan nila karena bau kroto yang amis disukai sekali oleh nila babon. Memang harga kroto sendiri agak sedikit mahal karena 1 onsnya saja minimal Rp. 10 ribu. Reaksi kecepatan nila untuk datang lebih maksimal dibandingkan saat Anda memakai umpan yang kurang amis.

Umpan untuk malam hari

Untuk umpan saat malam hari hampir sama dengan umpan siang hari tetapi ada tambahan lagi yakni udang rebon dan cacing kristal dimana keduanya memiliki aroma yang sangat tajam disukai oleh nila. Selain itu, nila akan lebih aktif karena suhu dingin jadi butuh protein dengan kadar yang lebih tinggi seperti pada udang.

Cara Bikin Umpan Ikan Nila Babon 

Cara membuat umpan untuk ikan nila bisa dilakukan secara mandiri. Ikuti langkahnya:

  • Langkah awal, siapkanlah mangkok kecil.
  • Lalu, Anda ambil 150 ml air hangat kemudian tuangkan dalam mangkuk tersebut.
  • Teteskan essen choya minimal 15 tetes ke air hangat tersebut.
  • Tuangkan pelet udang sebanyak 40 butir ke mangkok tersebut dan aduklah sampai tercampur semuanya.
  • Usahakan umpan yang dibuat tersebut menjadi lebih kalis atau padat kuat agar bisa dicantolkan ke kail atau disebar ke kolam.
  • Sesuaikan saja dengan kebutuhan fisiknya, jika Anda pakai untuk pancingan maka buat lebih padat. Anda tidak harus membuat dengan udang saja bisa dengan usus ayam yang telah dibusukkan atau cacing. Saat terbaik untuk memancing ikan adalah sore hari karena waktu tersebut ikan nila telah merasa lapar. 
Baca Juga:  Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal untuk Pemula

Cara Membuat Essen Ikan Nila Sendiri 

Anda siapkan bahan berikut ini: 

  • 200 gram tepung roti
  • 200 gram udang rebon segar
  • 2 butir telur bebek
  • 1 sachet vanili aroma sebagai essen 
  • air secukupnya

Caranya: 

Anda campurkan tepung dan telur bebek kemudian aduk di loyang atau wadah yang sangat bersih tapi jangan dari logam, upayakan dari anyaman mungkin seperti gerabah, Anda blender udang rebon sambil menambahkan vanili secukupnya. Kemudian masukkan juga semua adonan tersebut menjadi satu kesatuan. Buatlah teksturnya menjadi kalis kental agar bisa dibentuk dan tidak mudah lumer. Tambahkan air hangat sesuai kebutuhan agar fisiknya sempurna.  Essen alami nabati seperti daun pandan, vanili, dan lumut sungai.

Racikan Essen Lumut Buat Ikan Nila 

Essen atau aroma sangat penting dalam sebuah pengembangan dan peternakan ikan nila karena dengan adanya essen maka rangsangan untuk makan akan jauh lebih tinggi. Sama halnya dengan manusia yang akan segera tertarik ketika mencium aroma bakso lantas membangkitkan suasana ingin makan ya. 

Essen untuk nila tidak hanya dari sumber hewani saja tetapi juga nabati agar tekstur dagingnya kesat dan tidak gembur. Ketika Anda ingin membuat essen dari lumut maka siapkan bahan berikut ini dan ikuti langkahnya ya!

Sediakan daun pAndan, dimana sering disukai ikan nila. Kemudian Anda siapkan daun pAndan yang telah dipotong sebesar 4 cm dan siapkan air di panci untuk dipanaskan. Anda tunggu hingga air mendidih kemudian masukan potongan daun pAndan. Waktu merebusnya tunggu hingga 15 menit setelah itu Anda saring dan ambil air rebusan daun pAndan kemudian pindahkan ke wadah lainnya. Diamkan selama 20-30 menit, barulah bisa Anda gunakan untuk essen dengan makanan lainya. Kelebihan dari pemberian essen alami ini adalah ikan yang makan jauh lebih stabil porsi makannya sehingga daging nilanya tidak banyak mengandung lemak.  

Apakah boleh memakai essen ikan nila buatan?

Boleh, selama Anda mampu dan mau saja tetapi akan lebih baik jika semua essen atau umpan terbuat dari bahan alami ya karena tidak mengandung bahan pengawet, bahan pewarna buatan atau zat kimia lainnya. Sedikit repot tetapi jaminan kualitas daging jauh lebih enak ya dibandingkan dengan Anda terlalu banyak memberikan essen dan umpan dari zat kimia. Essen yang diberikan akan lebih baik jika beberapa tetes saja sesuai anjuran, jangan sampai ikan merasa bosan dengan essen yang itu-itu saja. Variasikan essen yang berbeda setiap 3 hari sekali agar ikan nila semakin nyaman dan tidak stress. 

Memancing ikan nila atau sedang dalam budidaya sebaiknya suhu lingkungan hangat sekitar 28 hingga 32 derajat karena ikan nila menyukai lingkungan seperti itu. Jika terlalu dingin maka ikan akan sulit berkembang atau kurus karena dia harus mengubah sisiknya untuk lebih tebal lagi. Sehingga nutrisi untuk dagingnya akan berubah menjadi sisik yang tebal guna menghangatkan tubuh. Cara memancing nila dengan umpan terbaik akan lebih cepat diperoleh terutama saat sore dan menjelang pagi. Harga ikan nila mulai dari Rp. 25 ribu per kilo dengan jumlah ikan sekitar 3-4 ekor.