Dunia Informasi untuk anda
Jagung  

Cara Membuat Racun Rumput Pada Tanaman Jagung

Cara membuat racun rumput pada tanaman jagung – Rumput liar yang tumbuh di sekitar tanaman jagung yang dibudidayakan sering disebut dengan gulma. Keberadaan gulma memang sangat mengganggu, terlebih gulma akan tumbuh subur bersamaan dengan tumbuhnya tanaman jagung. Sehingga secara tidak langsung gulma ikut bersaing dengan tanaman jagung untuk memperoleh air, unsur hara, cahaya dan bahkan faktor tumbuhan lainnya.

Oleh sebab itu, menekan laju perkembangbiakan gulma wajib diketahui agar hasil budidaya tanaman jagung tetap berkualitas tinggi. Menghilangkan gulma sebenarnya cukuplah mudah, sebab anda bisa menggunakan produk herbisida berbahan kimia, hanya saja produk  herbisida berbahan kimia yang kuat tidak baik digunakan karena dapat mencemari air, baik air minum, air tanah maupun air permukaan. Untuk itu, guna menghindari efek negatif pada pencemaran air, Anda bisa memakai metode pembuatan herbisida berbahan alami yang tentunya ramah lingkungan. Berikut beberapa cara membuat racun rumput pada tanaman jagung yang bisa dipraktekkan langsung di rumah, yaitu:

cara membuat racun rumput pada tanaman jagung
cara membuat racun rumput pada tanaman jagung

1. Air Panas / Air Mendidih

Herbisida dengan bahan alami hasil buatan sendiri memang lebih terjamin tidak berbahaya bagi manusia maupun lingkungan. Untuk membuat herbisida alami sebenarnya juga bisa hanya dengan memanfaatkan air putih yang dipanaskan. Air yang telah mendidih tersebut bisa langsung dituangkan di atas daun dan batang rumput liar yang ingin disingkirkan. Supaya lebih efisien, Anda juga bisa menggunakan air sisa rebusan telur atau mi untuk langsung dikirim pada rumput liar atau gulma yang mengganggu tanaman jagung.

2. Garam dan Sabun Cuci

Natrium klorida atau garam memang menjadi herbisida yang sangat efektif. Pasalnya garam memberikan dampak yang cukup buruk pada media tanam. Oleh sebab itu, penting bagi Anda hanya mengaplikasikannya langsung ke daun gulma dan tidak merendam pada tanah, terutama di bedeng kebun. Untuk prosesnya, Anda bisa melarutkan garam ke dalam air panas, lalu tambahkan sedikit sabun cuci piring cair agar campuran larutan ini bisa langsung menempel pada permukaan daun.

Baca Juga:  Analisa Kebutuhan Bibit Benih Jagung Per Hektar

Selanjutnya, tuang larutan ke dalam botol semprot lalu semprotkan pada daun gulma. Pastikan larutan yang disemprot tersebut tidak merendam tanah dan tidak mengenai tanaman jagung. Hal ini berguna untuk menjaga tanaman jagung tetap tumbuh subur dan segar.

3. Belerang

Apabila memiliki banyak persediaan belerang di rumah, maka Anda bisa memanfaatkan belerang sebagai bahan utama untuk pembuatan racun rumput liar pada tanaman jagung.  Cara ini cukup berguna bagi Anda yang ingin memiliki persediaan pembasmi rumput liar alami.  Untuk membuat racun atau herbisida rumput liar ialah dengan mempersiapkan 2 kg garam, 4 liter air, 3 ons belerang serta cuka dua botol kecil. Selanjutnya Anda bisa merebus garam,belerang dan air tersebut hingga mendidih. Setelah mendidih tuangkan cuka yang telah dipersiapkan lalu tuangkan pada wadah khusus dan tunggu sekitar 12 jam. Hal ini penting dipertimbangkan agar proses pembasmi gulma lebih efektif.

4. Cuka dan Sabun Cuci

Cuka merupakan salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk menanggulangi rumput liar pada tanaman jagung. Pasalnya cuka memiliki kandungan asam asetat yang dapat menjadi zat perusak bagi tanaman. Untuk menambah efektivitas herbisida dari hasil buatan sendiri, Anda juga bisa menambahkan sabun cuci piring. 

Cara membuat racun rumput pada tanaman jagung dari cuka dan sabun cuci piring ialah dengan mencampurkan kedua bahan tersebut, lalu aduk rata dan tuangkan dalam botol semprot. Campuran larutan ini bisa langsung disemprotkan pada daun gulma, pastikan Anda berhati-hati saat menyemprotkan larutan tersebut. Hal ini berguna untuk meminimalisir penyemprotan berlebihan pada tanaman jagung dan tanah di dekatnya. 

Baca Juga:  Cara Menanam Jagung Agar Buahnya Besar

5. Boraks

Boraks yang dijual sebagai produk pembersih juga bisa Anda gunakan sebagai herbisida untuk membasmi rumput liar hingga ke akarnya. Cara penggunaan boraks sebagai racun rumput liar ialah dengan menambahkan 10 ons boraks bubuk ke dalam 9.5 liter air lalu aduk rata. Setelahnya Anda bisa menuangkan larutan tersebut ke dalam botol semprot sehingga lebih mudah digunakan ketika menyemprot daun gulma. Perlu diingatkan, jauhkan semprotan berlebihan dari tanaman jagung yang ingin disimpan dan hindari kontak langsung area kulit tangan dengan air semprotan boraks.

6. Baking soda

Jika masih ragu memanfaatkan boraks, maka penggunaan baking soda bisa Anda pertimbangkan untuk membasmi rumput liar di area tanaman jagung. Baking soda memang memiliki kemampuan untuk mengubah pH normal pada tanah menjadi pH basa, sehingga rumput liar akan langsung mati jika disiram larutan baking soda. Untuk penggunaan baking soda sebagai racun rumput pada tanaman jagung, Anda bisa campurkan baking soda dengan air secukupnya, lalu tuangkan pada media siram seperti botol semprot atau lain. Hal ini berguna untuk memudahkan Anda menyiram rumput liar yang ada di sekitar tanaman jagung.

7. Pemutih

Rumput liar yang ada di sekitar tanaman jagung bisa langsung dibasmi dengan menuangkan sedikit pemutih murni di atas rumput liar, lalu tunggu sekitar 1-2 hari hingga rumput liar tersebut mati. Setelahnya, Anda bisa menarik rumput liar dengan mudah hingga ke akarnya. Hal ini berguna agar rumput liar tidak tumbuh lagi, kalaupun tumbuh tentu membutuhkan waktu yang cukup lama. Perlu diingat, ketika menuangkan pemutih tidak mengenai tanaman utamanya karena dapat berdampak buruk pada tanaman tersebut.

Baca Juga:  Cara Menanam Jagung Agar Buahnya Besar

8. Air kelapa dan ragi tape

Berbicara mengenai rumput liar atau gulma memang sangat mengganggu tanaman budidaya di sekitarnya. Untuk itu, guna menjaga kualitas hasil budidaya, penggunaan air kelapa dan ragi tape wajib Anda pertimbangkan. Cara membuat racun rumput pada tanaman jagung dari air kelapa dan ragi tape ialah dengan menyiapkan 2 liter air kelapa, 60 gram deterjen, 25 butir ragi tape, ¼ kg garam, dan 1,5 kg pupuk urea. Setelah bahannya terkumpul, Anda bisa mencampurkan semua bahan tersebut hingga merata. Lalu tuangkan ke dalam botol semprot atau bisa langsung disiram pada rumput liar di tanaman jagung. 

Lakukan penyemprotan dengan hati-hati dan jangan sampai mengenai tanaman jagung. Pastikan Anda menyemprotkan herbisida alami pada gulma hingga basah secara merata guna memberikan manfaat yang optimal. Selain itu, jangan melakukan penyemprotan saat gerimis dan hujan karena dapat membuat herbisida  hasil buatan sendiri tidak berfungsi maksimal. 

Perlu diingat, beberapa jenis rumput liar atau gulma pada tanaman jagung mungkin tidak akan langsung mati, terutama gulma dengan batang dan akar yang keras. Sehingga untuk membasmi jenis gulma yang seperti ini membutuhkan dosis herbisida yang lebih banyak. Demikianlah ulasan mengenai cara membuat racun rumput pada tanaman jagung secara alami. Semoga dengan adanya ulasan diatas dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan herbisida alami dan ramah lingkungan.