Belajar Budidaya & Ternak Bersama
Jeruk  

Ciri – Ciri Pohon Jeruk Santang Madu

Banyak orang sering tertipu membeli bibit pohon Santang Madu namun ternyata mendapatkan bibit pohon jeruk lainnya. Tanpa mengenali ciri – ciri pohon jeruk Santang Madu, Anda pasti kesulitan menghindari masalah penipuan seperti ini. Untuk membantu Anda lebih cermat memilih, mari bahas ciri unik pohon jeruk yang satu ini!

Ciri Utama Pohon Jeruk Santang Madu

Agar Anda lebih selektif memilih dan tidak ditipu dengan jenis jeruk lain, pastikan belajar ciri – ciri jeruk Santang Madu. Beli bibit pohon jeruk Santang Madu hanya dapat dilakukan setelah Anda baca – baca seputar hal ini. Mari bahas bersama ciri – cirinya agar Anda lebih mudah identifikasi pada bagian berikut ini:

ciri ciri pohon jeruk santang madu
ciri ciri pohon jeruk santang madu

1. Bentuk Daun Lebih Memanjang

Dibandingkan jeruk buah manis lainnya, jenis Santang Madu memiliki daun ukuran sedang yang memanjang. Umumnya, lebar daun maksimal hanya 3 cm, namun panjangnya bisa menjadi 5 sampai 6 cm sendiri. Ukuran ini membuat bentuknya tidak membulat tapi meruncing dengan pola lonjong.

2. Daun Memiliki Tulang yang Bengkok

Tulang daun dari pohon jeruk ini juga memiliki bentuk unik yaitu melengkung. Bentuk daun yang tidak flat, memanjang dan tidak melebar adalah karakteristik paling mudah untuk dikenali.

3. Sisi Daun Tidak Rata

Daun jeruk ini memiliki bentuk tidak merata pada sisi – sisinya. Pada beberapa kasus, bentuknya bahkan terasa bergigi. Bentuk daun ini mirip seperti digunting segitiga – segitiga kecil di sisinya jika dilihat sesaat.

Baca Juga:  Yang Perlu Anda Perhatikan Dalam Pemupukan Jeruk Santang Madu di Pot

4. Memiliki Batang Ramping Panjang

Ciri – ciri pohon jeruk Santang Madu yang menonjol dapat dilihat dari bentuk batangnya. Batang pohon jeruk yang baru biasanya ada lapisan warna hijau dan belum memiliki lapisan kayu tebal. Selain itu, batang ujung – ujung pohon ini ramping dan lebih memanjang. Hal inilah yang membuat batang sering bengkok ke bawah jika sudah berbuah.

5. Buah Berwarna Orange Pekat Atau Kuning Kehijauan

Ciri Jeruk Santang Madu dapat dikenali juga dengan buahnya. Dari tampilan, buah ini dapat berwarna orange, kuning dan hijau. Untuk jenis yang paling populer, warnanya yang pasti adalah orange. Jenis yang warna kuning biasanya bercampur dengan warna kehijauan dan sulit diukur kematangannya. Untuk warna orange, buah pasti matang jika warnanya sudah menjadi orange pekat.

6. Isi Buah Lebih Berair

Buah ini memiliki indikasi mirip jeruk jenis peras dalam kandungan air-nya. Jeruknya manis dan juicy karena memiliki banyak air dibandingkan jenis jeruk buah manis lainnya. Walaupun ukurannya terkadang kecil, air yang dapat Anda nikmati saat memakannya tetap terasa banyak.

7. Kulit Lebih Tebal

Ciri buah yang lain adalah kulitnya yang tebal. Jeruk ini memiliki lapisan kulit warna orange dan bagian putih tebal di bawahnya. Kulit yang tebal membuatnya lebih mudah dikupas, tapi Anda harus siap bersihkan pelan – pelan bagian putih yang menempel untuk nikmati buahnya yang segar.

8. Tidak Memiliki Banyak Biji

Santang Madu dengan kualitas bagus tidak akan hasilkan buah dengan banyak biji. Jadi Anda dengan mudah makan jeruk ini tanpa takut akan memakan biji-nya. Biji tentu saja tetap akan ditemukan, tapi ukurannya bisa kecil ataupun hanya ada satu pada tiap suing jeruknya.

Baca Juga:  Sukses Ini Cara Menanam Jeruk Santang Madu di Dalam Pot yang Harus Anda Tahu

9. Rasa yang Lebih Condong Manis dan Tidak Terlalu Asam

Ciri berikutnya dari jeruk Santang Madu adalah cita rasanya. Jeruk ini lebih condong manis tanpa banyak rasa asam. Berbeda dengan jeruk lain yang memiliki cita rasa manis asam segar, jeruk ini mirip manis madu dengan hanya sedikit asam saja. Cita rasa inilah yang membuat namanya menjadi Santang Madu.

Tips Belanja Bibit Pohon Jeruk Santang Madu

Setelah belajar ciri – ciri mengenali jeruk Santang Madu, sekarang waktunya bahas seputar tips belanja-nya. Bagi Anda yang tertarik beli, pastikan baca dulu bahasan tips beli bibit jeruk Santang Madu yang ada di bawah ini:

1. Hindari Beli Online

Beli bibit pohon jeruk Santang Madu memiliki resiko lebih besar jika dilakukan online. Beli dengan cara online memang praktis, tapi Anda tidak dapat identifikasi tanaman yang akan dibeli secara langsung. Gambar foto dan kesaksian dari penjual saja terkadang tidak cukup untuk dapatkan bibit berkualitas baik.

2. Hanya Pilih Penjual yang Memiliki Nama

Jika tidak bisa membeli secara langsung, Anda tetap bisa beli online dengan syarat memilih penjual yang terpercaya. Penjual yang terpercaya umumnya memiliki nama terkenal. Identifikasi ini dapat dilihat dari review di toko online mereka ataupun rating di platform marketplace.

3. Beli Dari Komunitas Pecinta Tanaman

Di social media, Anda akan dengan mudah temukan komunitas pecinta tanaman. Anda bisa hubungi komunitas tersebut untuk cari bibit Santang Madu. Jika membeli bibit dari komunitas pecinta ini, umumnya Anda akan dapat kualitas bibit yang lebih bagus daripada beli di pasaran.

4. Cari Sampel Indukan yang Bagus Untuk Bibit

Bibit jeruk pasti berasal dari pohon besar indukan. Kualitas bibit akan tergantung dari kualitas indukannya juga. Karena itu, usahakan saat beli meminta sampel buah jeruk dari indukannya. Para penjual bibit biasanya dapat memberi Anda sampel dari indukan jika mereka membuat sendiri bibit tersebut.

Kenali cita rasa dan ciri buahnya. Jika kulit terasa lebih tebal, bentuk buah bulat pipih, daging yang lebih juicy serta rasanya manis, indukan tersebut pasti berkualitas tinggi. Bibit yang dibuat dari indukan yang berkualitas pasti bisa tumbuh jadi jeruk Santang Madu yang berkualitas juga.

Baca Juga:  Perbedaan Jeruk Purut Jantan dan Betina

5. Pastikan Kondisi Bibit Sehat 100%

Kesehatan bibit juga perlu diperhatikan. Bibit harus bebas dari jamur, hama ataupun penyakit lainnya. Identifikasi kesehatan bibit dapat dilihat dari kondisi daun, batang dan akar. Jika ada bercak putih pada salah satu bagian tersebut, sudah pasti tanaman terkena jamur.

Warna daun yang tidak segar dan bau tidak sedap pada tangkai juga menjadi tanda yang jelas soal kondisi bibit. Hindari membeli bibit yang memiliki tanda – tanda seperti ini. Identifikasi penyakit jauh lebih jelas jika kontak langsung dengan tanaman, karena itu Anda akan lebih kesulitan identifikasi hal ini jika hanya beli online.

6. Lihat Kondisi Batang dan Daun Saat Pilih Bibit

Saat memilih bibit, pastikan juga kondisi batang dan daun bagus. Umumnya, bibit yang berkualitas memiliki daun dengan tampilan hijau mengkilat segar dan tidak tergulung. Jika terlihat daun tampak kering ataupun tidak hijau seragam, ada kemungkinan bibit sudah terkena penyakit.

Batang juga harus tampak lurus dan tidak memiliki duri – duri. Batang jeruk jenis Santang Madu yang memiliki duri adalah hasil silangan dengan buah jeruk lain. Jadi, Anda jangan sampai tertipu membeli bibit yang campuran ini.

Semoga Informasi Pada Artikel Ini Dapat Membantu Anda!

Dari informasi di atas, Anda sekarang dengan mudah mengenali ciri – ciri pohon jeruk Santang Madu. Jika sudah tahu ciri-nya, Anda dengan mudah memilih dan membeli bibit pohon jeruk ini untuk dibawa pulang.

Semoga informasi diatas membuka jendela wawasan Anda seputar belanja bibit jeruk Santang Madu. Jadilah pembeli yang cermat dan benar – benar menginvestigasi bibit sebelum membelinya!