Belajar Budidaya & Ternak Bersama
Jeruk  

Ciri Daun Jeruk Santang Madu

Banyak orang yang hobi cocok tanam pasti pernah mendengar nama Jeruk Santang Madu. Jeruk ini terkenal sedikit biji, juicy dan memiliki cita rasa lebih nikmat dibandingkan jeruk jenis lainnya. Bagi Anda yang ingin beli bibit jeruk ini, pastikan belajar dulu ciri daun jeruk Santang Madu agar lebih mudah memilih.

Apa Itu Jeruk Santang Madu?

Sebelum bahas soal cirinya, alangkah lebih baik jika belajar dulu apa sebenarnya jenis jeruk Santang Madu ini. Pada dasarnya, jeruk ini adalah hasil beberapa persilangan jeruk yang hasilkan buah yang lebih manis dan sedikit biji.

Jika dibayangkan, jeruk ini adalah persilangan antara jeruk jenis mandarin dengan jeruk lokal. Jadi ukurannya tidak terlalu besar (mirip jeruk lokal), tapi tampilan luarnya lebih orange terang dan isinya lebih mendekati jeruk mandarin.

Jeruk ini banyak ditemukan di pasaran saat perayaan imlek. Di masyarakat Tionghoa, jeruk ini memiliki arti keberuntungan. Jadi sering kali saat imlek, jeruk ini menjadi hadiah simbolis yang menarik. Jeruk Santang Madu menjadi pilihan dalam perayaan ini karena warnanya yang cerah dan cita rasanya lebih manis.

Daya Tarik Jeruk Santang Madu

Jika berbicara soal Jeruk Santang Madu, banyak orang mengatakan jeruk ini jauh lebih nikmat dibanding jenis jeruk lainnya. Daya tarik jeruk Santang Madu adalah cita rasa dan kemudahan memakannya. Walaupun cita rasa jeruk subjektif pada dasarnya, kebanyakan orang memang merasa jeruk ini lebih manis.

Baca Juga:  Perbedaan Jeruk Purut Jantan dan Betina

Dibandingkan jeruk lain, Santang Madu jauh lebih manis dengan sedikit rasa asam. Untuk Anda yang suka jeruk segar asam, jeruk ini mungkin tidak cocok bagi Anda. Namun di sisi lain, jeruk ini lebih juicy dan tidak memiliki banyak biji, jadi jelas lebih nyaman dinikmati sebagai snack yang tidak ribet dikupas dan dimakan.

Mengenal Jeruk Santang Madu Dari Ciri Daunnya

ciri daun jeruk santang madu
ciri daun jeruk santang madu

Bentuk Daun Tidak Membulat Tapi Memanjang

Daun pada tanaman ini memiliki lebar maksimal 2 sampai 3 cm. Bentuk daun lebih memanjang tapi tidak sepanjang tanaman jeruk Nagami. Bentuknya bisa dibilang cukup unik karena berada di antara bentuk jeruk daun membulat dan jeruk daun memanjang lainnya.

Daun Lebih Melengkung

Ciri bentuk yang dapat dikenali dari daun lain adalah lekukannya yang lebih jelas. Daun dari Jeruk Santang Madu memiliki lekukan lebih jelas dibandingkan jeruk daun memanjang lain seperti Nagami. Karena bentuknya ini, daun-nya memiliki lipatan yang lebih jelas pada area punggung daun.

Pinggir Daun Menunjukan Bentuk Bergerigi

Bentuk lain yang cukup unik dari daun Santang Madu adalah sisinya yang memiliki bentuk bergerigi. Gigi yang berupa potongan segitiga pada daun tidak banyak, paling satu daun ada 2 sampai 3 potongan segitiga ini. Namun tetap saja potongan tersebut membuat seolah – olah sisi daun memiliki gerigi.

Bagian Permukaan depan Daun Hijau Mengkilat

Bagian permukaan daun ini juga mengkilat. Dibandingkan jenis daun lain, lapisan mengkilat ini seakan lebih tebal. Tentu saja ada jenis daun lain jeruk lain yang mengkilatnya sama seperti Santang Madu, namun dibandingkan jenis umum seperti jeruk Siam, mengkilatnya jelas lebih terlihat.

Baca Juga:  Yang Perlu Anda Perhatikan Dalam Pemupukan Jeruk Santang Madu di Pot

Bagian Bawah Daun Lebih Kasar Tekstur-nya

Mirip seperti daun jeruk lainnya, bagian bawah daun Santang Madu terasa lebih kasar dibanding bagian atas-nya. Namun hal yang perlu diingat adalah perbedaan tekstur-nya dengan jenis daun jeruk lainnya. Dibandingkan daun jeruk lain, bagian bawah daun Santang Madu lebih mudah kering dan terasa bersisik.

Ukuran Daun Lebih Besar Dibanding Jeruk Siam dan Keprok

Jika memiliki jenis jeruk manis lain seperti jeruk siam atau keprok, Anda dapat bandingkan ukuran daun-nya. Ukuran daun jeruk ini jauh lebih besar dibandingkan kedua jeruk tersebut. Memang ukurannya bukan yang terbesar diantara jenis jeruk lainnya, namun Santang Madu tergolong ukuran besar diantara jeruk manis umum lainnya.

Memilih Tanaman Jeruk Santang Madu Berkualitas

Setelah belajar ciri daun jeruk Santang Madu, sekarang Anda dapat menggunakan pengetahuan ini untuk beli bibit jeruk-nya. Untuk memastikan Anda tidak salah beli bibit dan mampu dapatkan yang berkualitas, mari ikuti cara – cara berikut ini:

Cicipi Buahnya

Saat beli bibit, coba minta sample jeruk buah dari indukan bibit tersebut. Hal ini akan memudahkan Anda identifikasi kualitas jeruk yang akan dibeli. Jika rasa jeruk dari tanaman indukan nikmat, pasti bibit yang diambil dari indukan tersebut memiliki rasa yang mirip.

Pastikan Kulit Jeruk Tebal

Saat mencicipi jeruk sampel, pastikan juga melihat kulitnya. Semakin tebal kulit jeruk, biasanya dalamnya lebih juicy. Tentu saja jika kulit tebal, bagian buahnya akan lebih kecil, namun rasanya pasti lebih mantap. Coba cari keseimbangan buah yang tebal kulit tapi isinya tetap ada banyak. 

Lihat dari Bentuk Jeruknya

Bentuk jeruk Santang Madu yang berkualitas lebih bantat dan tidak menyerupai bola. Jika dilihat dari samping, buah ini seperti ditekan dari atas dan membentuk buah yang lebih ceper. Buahnya yang berbentuk unik ini menjadi ciri khas yang mudah membedakan mana Santang Madu asli dan hasil silangan.

Pastikan Kulit Memiliki Warna Seragam

Pastikan juga sampel jeruk memiliki warna seragam. Umumnya bibit jeruk Santang Madu dengan tampilan yang bagus memiliki isi yang bagus juga. Cacat karena penyakit menandakan imunitas tanaman yang buruk. Jika ingin tanaman yang kuat dari penyakit, hama dan gangguan lainnya, pastikan memilih bibit dengan buah yang tampilannya seragam.

Baca Juga:  Ciri – Ciri Pohon Jeruk Santang Madu

Daun Jeruk Harus Memiliki Bentuk yang Sempurna

Jika tidak bisa mendapatkan sampel buah dari indukan, Anda dapat memilih bibit dari tampilan daun-nya. Pertama adalah bentuk daun harus sempurna. Dari bahasa bentuk ciri daun yang ada di atas, Anda bisa bandingkan bentuknya.

Jika daun terkesan keriting, kering dan kurang mengkilat, ini tanda bibit yang kurang sehat. Coba hindari membeli bibit degan tampilan daun yang kurang baik. Jika tangkai daun bengkok dan memiliki duri – duri, itu tandanya bibit jeruk bukan asli Santang Madu dan merupakan persilangan dengan jeruk lain.

Aroma Daun Jeruk Kuat

Bibit yang bagus juga memiliki aroma jelas pada daun-nya. Daun jeruk memiliki aroma khas dan bahkan sering digunakan untuk membuat hidangan kuliner Indonesia. Jika memilih bibit jeruk Santang Madu yang bagus, pastikan daun-nya memiliki aroma yang jelas dan kuat.

Jika aroma jeruk terasa samar atau bahkan berbau daun biasa, ini tanda bibit kurang baik. Biasanya jeruk dengan kondisi daun seperti ini kurang manis dan terasa pahit bagian putih dekat dagingnya. 

Tertarik Tanam Bibit Jeruk Santang Madu? Sekarang Anda bisa mengetahui ciri daun jeruk Santang Madu dan memilih bibit yang berkualitas soal tanaman ini. Bagi Anda yang tertarik tanam bibit jeruk ini, pastikan lebih teliti saat ingin membeli. Hindari beli secara online jika informasi kurang lengkap. Jauh lebih aman beli dari pedagang secara langsung sambil melihat kondisi bibit yang akan dibeli.