Belajar Budidaya & Ternak Bersama
Jeruk  

Mengenal Lebih dalam Perbedaan Jeruk Purut dan Jeruk Limau

Perbedaan jeruk purut dan jeruk limau – Banyak orang pasti menyukai buah jeruk, buah dengan rasa asam dan segar satu ini memang kaya vitamin C yang tinggi. Selain sering dibuat menjadi jus segar, jeruk juga banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan memasak.

Namun untuk jenis jeruk yang digunakan untuk memasak itu pastinya akan berbeda. Jenis-jenis jeruk yang umumnya digunakan adalah jeruk purut dan jeruk limau. Ada beberapa perbedaan antara kedua jenis jeruk tersebut.

Inilah Bedanya Jeruk Purut dan Jeruk Limau 

Jeruk umumnya digunakan agar membuat rasa makanan terasa lebih segar, seperti di sambal dan makanan yang berkuah seperti soto. Jika Anda yang baru belajar memasak, pastinya akan kesulitan mengenali perbedaan jeruk purut dan jeruk limau. Berikut ini adalah perbedaan jeruk limau dan jeruk purut

perbedaan jeruk purut dan jeruk limau
perbedaan jeruk purut dan jeruk limau

1. Bentuk dan Ukuran

Jika kita melihat secara detail beda jeruk purut dan jeruk limau ini memiliki bentuk fisik yang berbeda. Walaupun sekilas memiliki warna hijau yang serupa, yaitu lebih cenderung ke hijau gelap. Ukuran jeruk purut lebih besar, tekstur jeruk purut juga lebih kasar dibandingkan dengan limau. Selain itu, jeruk purut memiliki kulit paling tebal dan tekstur lebih berkerut.

2. Nama dan Sebutannya di Berbagai Daerah 

Jeruk limau juga dikenal dengan nama latin Citrus amblycarpa selain itu jeruk satu ini masih memiliki beberapa nama yang berbeda-beda. Betawi jeruk ini lebih dikenal dengan jeruk sambal. Orang Sunda dan Jawa sering menyebutnya dengan jeruk limo sedangkan di daerah dengan rumpun Melayu disebut dengan jeruk limau.

Baca Juga:  Ciri – Ciri Pohon Jeruk Santang Madu

Sedangkan untuk jeruk purut memiliki nama latinnya adalah Citrus hystrix dan dalam bahasa Inggris disebut dengan kaffir lime atau makrut lime. Melihat dari namanya, Citrus hystrix adalah jenis jeruk yang berasal dari Asia Tenggara dan negara bagian selatan Tiongkok ini mempunyai arti “jeruk landak”. Hal ini karena batang dari pohon jeruk purut memiliki banyak duri.

3. Aroma dan Rasa 

Kedua jeruk ini memiliki rasa yang jauh lebih kuat dibandingkan dengan jeruk yang umumnya dimakan secara langsung atau untuk diolah kembali menjadi jus. Jika Anda mencicipinya jeruk limau akan memiliki rasa yang lebih asam dibandingkan dengan jeruk purut sedangkan jeruk purut memiliki wangi yang lebih kuat.

Manfaat Jeruk Purut Yang Orang Masih Belum Banyak Mengetahuinya 

Sebagai salah satu bahan untuk bumbu masakan, daun dan buah jeruk purut sulit untuk dicarikan penggantinya. Kulit jeruknya itu sendiri bisa digunakan ketika mendesak. Daunnya bisa dikeringkan untuk digunakan di waktu mendatang dan tidak bisa bertahan lebih dari satu tahun.

Minyak jeruk purut yang diperoleh dari daun maupun kulitnya, sering dimanfaatkan sebagai bahan wewangian. Minyak daun jeruk itu sendiri memiliki kandungan minyak atsiri citronella 80%, sisanya citronellol 10%, nerol, dan limonena. Keistimewaan jeruk purut dibandingkan jeruk lainnya ada pada kulit buahnya.

Komponennya serupa dengan kulit buah jeruk, yaitu limonena dan β-pinena. Inilah sebabnya negara-negara yang ada di Asia sering memanfaatkan jus dan kulit buahnya secara tradisional. Perasaan dari buah jeruk itu sendiri bisa dimanfaatkan sebagai pencuci rambut dan pembasmi kutu paling mujarab. Negara Thailand dan Kamboja sendiri memanfaatkan perasan jeruk sebagai pembersih dan obat pencuci rambut sedangkan di Kamboja irisan jeruk purut sering digunakan dalam upacara ritual adat tertentu.

Baca Juga:  Sukses Ini Cara Menanam Jeruk Santang Madu di Dalam Pot yang Harus Anda Tahu

Manfaat Jeruk Limau Selain Sebagai Bahan Bumbu Masakan  

Walaupun memiliki ukuran yang kecil, jeruk limau kaya dengan nutrisi, terutama untuk vitamin C. Satu buah jeruk limau dengan ukuran yang sedang sekitar 67 gram bisa memberikan asupan vitamin C sebanyak 20% dari kebutuhan harian. Selain itu memiliki kandungan zat besi, kalsium, vitamin B6, tiamin, kalium, dll. Kandungan nutrisinya tersebut bisa memberikan manfaat sebagai berikut ini:

1. Membantu untuk mencegah batu ginjal 

Buah jeruk tidak terkecuali untuk jeruk limau memiliki kandungan asam sitrat yang cukup tinggi dan nantinya dapat membantu untuk mencegah batu ginjal, dengan cara meningkatkan kadar sitrat dan mengikatkan mineral yang membentuk batu di dalam urin.

2. Meningkatkan kekebalan di dalam tubuh 

Kandungan vitamin C yang sangat tinggi di dalam jeruk limau ini ternyata mampu untuk  membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pada sebuah penelitian tabung reaksi ditemukan bahwa vitamin C di dalam jeruk limau bisa meningkatkan produksi sel darah putih yang membantu untuk melindungi tubuh dari infeksi dan juga penyakit.

Bukan hanya vitamin C, jeruk limau juga sangat kaya dengan zat antioksidan yang juga mampu untuk lebih  memperkuat sistem kekebalan pada tubuh, dengan cara mencegah kerusakan sel-sel yang diakibatkan oleh radikal bebas.

3. Membantu penyerapan zat besi lebih baik 

Zat besi ini merupakan salah satu nutrisi penting dan akan dibutuhkan oleh tubuh untuk membuat sel darah merah dan juga mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Kekurangan zat besi di dalam darah dapat menyebabkan anemia defisiensi besi. Zat besi bisa ini umumnya akan ditemukan pada makanan hewani dan juga nabati. 

Namun, zat besi yang ada di dalam produk nabati tidak akan mudah diserap oleh tubuh, seperti yang ada di dalam daging dan juga produk hewani lainnya. Oleh sebab itu, makanan yang tinggi vitamin C, seperti jeruk limau ini bisa membantu dalam penyerapan zat besi dari makanan nabati, sehingga dapat membantu mencegah anemia defisiensi besi terjadi.

Baca Juga:  Yang Perlu Anda Perhatikan Dalam Pemupukan Jeruk Santang Madu di Pot

4. Mengurangi risiko memiliki penyakit jantung 

Ada sebuah penelitian yang pernah dilakukan menunjukkan bahwa jeruk limau dapat membantu untuk mengurangi beberapa faktor risiko terjadinya penyakit jantung. Vitamin C yang ada dalam jeruk ini dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, vitamin tersebut juga bisa membantu untuk melindungi Anda dari aterosklerosis, kondisi ketika arteri mengalami pemyempitan dikarenakan penumpukan plak.

5. Membuat kulit terlihat semakin sehat 

Berkat adanya kandungan vitamin C dan juga zat antioksidannya, jeruk limau juga bisa membantu dalam meningkatkan kesehatan kulit Anda. Vitamin C akan sangat dibutuhkan untuk membuat kolagen, protein yang membuat kulit terlihat semakin kencang dan kuat. 

Sebuah penelitian yang dilakukan pada lebih 4.000 wanita menemukan jika mereka yang mendapatkan asupan vitamin C jauh lebih tinggi, berisiko lebih rendah mengalami keriput dan kulit mudah kering seiring dengan bertambahnya usia. Di samping itu, antioksidan yang ada dalam jeruk limau ini dapat membantu memerangi perubahan kulit karena faktor usia. Sekarang Anda sudah lebih paham bukan dengan perbedaan jeruk purut dan jeruk limau serta manfaat dari keduanya di dalam kehidupan kita sehari-hari? Walaupun sekilas memiliki rasa dan juga aroma yang sama, tetapi masing-masing jeruk ini mempunyai fungsi dan bentuk yang berbeda. Oleh sebab itu, Anda harus lebih jeli lagi ketika akan menggunakannya dan menyesuaikan dengan kebutuhan Anda nantinya.