Dunia Informasi untuk anda

Ampuh: Cara agar Kambing Mau Minum Banyak

Kambing merupakan hewan ternak yang memiliki keuntungan yang banyak dan menjanjikan. Daging kambing memiliki nilai jual yang cukup tinggi dan bernilai baik di dalam maupun di luar negeri. Maka dari itu banyak yang memiliki usaha ternak kambing. Peternak kambing tentunya ingin memiliki kambing yang sehat-sehat, sehingga bagi peternak penting mengetahui cara agar kambing mau minum banyak. 

Ternak kambing merupakan jenis aktivitas ternak yang menguntungkan dan menyenangkan. Usaha ternak kambing yang memang sudah jelas menghasilkan tanpa adanya spekulasi. Selain untuk budidaya, ternak kambing juga memiliki manfaat lainnya yaitu kambing juga dapat dijadikan bahan makanan yang memiliki nilai gizi tinggi bagi kebutuhan pangan manusia. 

Cara Memberi Minum Kambing

Memberi minum kambing penting dilakukan karena untuk memenuhi kebutuhan mineral pada ternak kambing sangat diperlukan sebagai upaya meningkatkan pertumbuhan dan juga menjaga kondisi kambing. Sumber mineral bisa didapatkan dari garam dapur ataupun bisa dibeli di toko pertanian dan juga toko peternakan. Berikut ini cara memberikan minum untuk kambing:

  1. Siapkan ruas bambu dengan ukuran panjang 40-50 cm
  2. Kupas kulit luar bambu
  3. Beri lubangi kecil – kecil pada bagian ujung bawah bambu
  4. Masukkan garam dapur ataupun mineral ke dalam ruas bambu hingga penuh
  5. Masukkan air ke dalam ruas bambu dengan ukuran air kurang lebih setengah gelas 
  6. Gantunglah bambu tersebut di dinding kandang.

Beternak kambing hal yang paling penting untuk diperhatikan yaitu tingkat kesehatannya. Kesehatan kambing menjadi faktor yang sangat penting sebagai penunjang tingkat kesukses dalam mengelola usaha peternakannya. 

Baca Juga:  Cara Ternak Kambing Etawa Pemula

Tips Cara Agar Kambing Mau Minum Banyak

cara agar kambing mau minum banyak
cara agar kambing mau minum banyak

Berbagai cara agar kambing mau minum banyak dilakukan oleh peternak. Peternak harus bisa membuat kambing kembali mau minum dalam jumlah yang cukup sesuai kebutuhan kambing agar tidak menimbulkan penyakit yang berbahaya. Mengatasi kambing agar mau minum sebenarnya tidaklah menjadi hal yang sulit. Berikut ini tips cara agar kambing mau minum banyak:

1. Kenali Kondisi Kesehatan Kambing

Mengenali kondisi kesehatan dan melakukan tindakan sesuai dengan kondisi kambing menjadi hal yang penting sebagai upaya untuk membuat kambing mau minum air banyak. Ada empat tahap untuk mengenali kondisi kesehatan kambing yaitu dengan melihat kondisi, melihat gejala yang timbul pada kambing, memastikan penyakit. Berikut tips agar mengetahui kondisi kambing:

  • Peternak harus mengetahui berbagai jenis penyakit pada kambing. Ada lima penyakit yang sering menyerang kambing yaitu kudis, cacingan, perut kembung, diare, dan keracunan.
  • Kambing yang terkena penyakit kudis akan menimbulkan gejala gatal-gatal hingga bulu yang rontok.
  • Penyakit cacingan pada kambing akan menimbulkan gejala kurang bernafsu makan, badan kurus, bulu semakin kusam dan pucat. Bahkan sering terjadi kambing cacingan juga sering mencret. Untuk mengatasi penyakit ini dapat dilakukan dengan memberikan obat cacing atau daun nanas.
  • Apabila perut kambing sebelah kiri membesar, kemungkinan kambing terserang penyakit kembung. Gejala lainnya yaitu kambing memiliki nafas yang pendek dan kehilangan nafsu makan.
  • Penyakit diare pada kambing menimbulkan gejala yang hampir sama seperti penyakit diare pada manusia, yaitu kotoran yang cair dan kondisi kambing menjadi lemas. Untuk mengatasi penyakit ini dapat dilakukan dengan memberikan oralit.
  • Kambing yang keracunan biasanya menimbulkan tanda-tanda kejang, mulut berbusa, kaku, hingga sampai berak berdarah. Memberikan air kelapa pada kambing dapat membantu penanganan awal karena dapat mengeluarkan racun.
Baca Juga:  Cara Membuat Pupuk Kandang Organik Dari Kotoran Kambing

2. Mengatur Pola Makan dan Minum

Cara agar kambing mau minum banyak, peternak harus memberikan pola makan dan minum yang tepat pada kambing. Peternak harus mengetahui jenis pakan yang tepat untuk kambing. Peternak juga harus mengetahui kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh kambing.

Kebutuhan nutrisi kambing membutuhkan minimal TDN 55% dengan protein kasar 9,5%, bahan kering 2%, dan karbohidrat, serta lemak yang seimbang. Pastikan untuk selalu memberikan minum kambing menggunakan air yang bersih.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kambing tersebut, peternak dapat memberikan ampas tahu, ampas kelapa, jagung, dan dedak padi sebagai makanan konsentrat. Petermak juga harus memperhatikan waktu pemberian pakan dan minum  kepada kambing. Peternak dapat memberikan pakan pada siang hari dan malam hari, karena biasanya kambing makan dua kali dalam sehari

Waktu yang Tepat Memberi Minum Kambing

Kambing dan domba memerlukan 1 sampai 3 liter diberikan setiap hari. Air minum yang diberikan untuk kambing harus bersih. Kambing harus diberikan minum setiap saat. Cara agar kambing mau minum banyak dilakukan secara bertahap.

Kekurangan air minum pada kambing akan mengakibatkan kambing tidak nafsu makan sehingga produksi maksimum tidak tercapai. Pemberian pelepah pisang pada kambing memang dapat mencukupi kebutuhan air, namun hewan jadi tidak makan secukupnya karena telah penuh dengan serat pelepah pisang. 

Minuman untuk Kambing Agar Cepat Gemuk

Memberikan suplemen dan vitamin ke kambing dilakukan untuk membantu menunjang agar kambing mau minum lebih banyak. Dalam memilih suplemen untuk kambing, pilihlah suplemen organik yang terbuat dari bahan alami.

Dengan memberikan suplemen organik ke kambing, kesehatan kambing juga akan lebih aman. Suplemen organik tepat untuk kambing karena suplemen mengandung banyak nutrisi yang baik sebagai upaya meningkatkan kesehatan kambing

Baca Juga:  Cara Membuat Konsentrat Pakan Kambing Lengkap

Alasan Suplemen Organik Cairsebagai Penunjang Kesehatan Kambing

  • Kekebalan tubuh kambing dapat terbentuk karena adanya bakteri patogen yang memiliki fungsi sebagai penekan pertumbuhan bakteri apatogen yang berada pada tubuh kambing.
  • Suplemen juga mengandung mineral yang lengkap yaitu (N, P, K, Mg, Cl, Ca, Mn, Cu, Zn), Multivitamin, Protein, dan Asam lemak.
  • Lengkapnya kandungan mineral yang terdapat di dalam suplemen organik, sehingga dapat membantu merangsang pembentukan kekebalan tubuh kambing secara alami dan juga lebih baik.

Cara Membuat Minuman untuk Kambing

Menggunakan ramuan dan jamu juga dapat digunakan sebagai cara agar kambing mau minum banyak. Ada banyak sekali resep ramuan jamu herbal yang dapat peternak buat untuk meningkatkan nafsu makan dan minum kambing.

  • Siapkanlah daun talas dan garam yang telah direbus bersamaan selama beberapa menit. 
  • Daun talas yang sudah direbus diberikan kepada kambing yang hilang nafsu makan dan minum.
  • Garam berfungsi untuk memberikan tambahan rasa pada makanan kambing serta memenuhi beberapa mineral yang dibutuhkan oleh kambing.
  • Peternak juga dapat menggunakan kencur yang dicampur dengan kuning telur. 
  • Tambahan ramuan jamu ini sudah banyak dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh kambing.

Hingga saat ini banyak peternak yang menjadikan ternak kambing sebagai usaha sampingan bercocok tanam yang sangat menguntungkan. Berbagai cara agar kambing mau minum banyak dilakukan oleh peternak sebagai upaya untuk menjaga kesehatan kambing-kambing yang mereka miliki.