Belajar Budidaya & Ternak Bersama

Cara Membuat Kandang Kambing Sederhana Dari Bambu

Bagaimana cara membuat kandang kambing sederhana dari bambu? Kandang kambing yang terbuat dari bambu adalah salah satu alternatif konstruksi kandang ternak yang sifatnya sederhana. Bahan bambu memang memang dianggap sudah memenuhi persyaratan pembuatan kandang yang sifatnya sederhana, mudah didapatkan, kuat, awet, dan murah pastinya. Jumlah bambu yang diperlukan dalam pembuatan kandang tentu saja sangat bergantung dengan ukuran kandang yang ingin dibuat nantinya. 

Ukuran kandang yang tepat sebaiknya sesuai dengan jumlah ternak kambing yang ingin dipelihara nantinya. Untuk saat ini, rangka tiang ataupun atap kambing yang dibuat dengan bahan bambu membutuhkan biaya yang lebih murah. Bahan atap kandang yang terbuat dari bambu sebaiknya tidak menimbulkan panas, sehingga ternak didalamnya bisa tumbuh dengan baik. Untuk membuat kandang yang aman dan nyaman, simak ulasannya sebagai berikut. 

Ukuran Kandang Kambing Dari Bambu yang Benar

Berapa ya kira-kira ukuran kandang kambing dari bambu yang paling cocok? Untuk sejenis kambing anak bisa dibuat ukuran 1×1,2 m/ 2 ekor atau lepas sapih. Sedangkan untuk jantan dewasa berukuran 1×1,2 m/ekor. Kambing sejenis induk dan anak sekitar 1,5×1,5 m/induk ditambah dengan 2 anak. Dengan ukuran kandang yang sedemikian rupa, maka kambing bisa leluasa dan berkembang dengan baik dalam kandang tersebut nantinya. 

Dasar kolong kandang nantinya digali sedalam 20 cm pada bagian pinggirnya. Sedangkan bagian tengah sekitar 30-50 cm kemudian dibuatkan saluran untuk menuju bak penampung kotoran nantinya. Kotoran akan diproses menjadi pupuk kandang, oleh sebab itu perlu dijaga kebersihannya secara optimal. Ternak kambing dan domba tentunya akan lebih sehat karena pastinya tidak mudah terserang penyakit dalam jangka waktu yang lama. 

Baca Juga:  Ciri Ciri Kambing Etawa

Biaya Kandang Kambing Dari Bambu

cara membuat kandang kambing sederhana dari bambu
cara membuat kandang kambing sederhana dari bambu

Dalam memulai usaha beternak kambing potong, maka Anda perlu menyiapkan biaya yang cukup mahal. Namun biaya beternak kambing sebenarnya tergantung budget saja, kalau memang masih belum mencukupi bisa membuat skala kecil terlebih dahulu. Bahkan hanya dengan modal senilai Rp5 juta, Anda sudah bisa memulai bisnis pembesaran kambing. Lalu dengan modal senilai Rp5 juta, kira-kira berapa harga pembuatan kandang yang dibutuhkan?

Pembuatan kandang bisa dimulai dari minggu pertama, bisa menyiapkan bahan kayu ataupun bambu. Anda bisa mencoba untuk membuat kandang sendiri atau menggunakan jasa tukang buat kandang yang sudah profesional. Total biaya modal pembuatan kandang kambing bisa mulai Rp2 juta saja meliputi pembelian bambu, paku, kayu, dan peralatan lainnya. 

Pemilik kambing juga perlu memperhatikan masalah lokasi kandang yang akan digunakan dengan baik. Pemilihan kandang tidak boleh sembarangan dan usahakan dekat dengan pakan alami seperti rumput dan juga dedaunan. Usahakan kandang juga berada jauh dari jalan raya dan memiliki transportasi kendaraan yang memadai. Akan lebih cocok kalau kandang kambing diletakkan pada wilayah pedesaan yang sangat terpencil. 

Jarak Lantai Kandang Kambing

Memang ada jenis kandang yang langsung menggunakan tanah sebagai lantainya, namun ada juga peternak yang membangun lantai sendiri di atas lahan. Jika Anda memilih jenis kandang yang memiliki lantai sendiri, maka jarak lantai sebaiknya tidak lebih 70 cm. Jarak antara lahan dan lantai harus ditentukan dengan tujuan untuk menghindari risiko genangan air saat hujan tiba-tiba datang. Genangan air berlebih dalam kandang akan membuat kambing mudah sakit-sakitan. 

Baca Juga:  Ampuh: Cara agar Kambing Mau Minum Banyak

Kandang yang baik untuk kambing memang sebaiknya diberi atap sebagai tempat berteduh. Ukuran yang digunakan dalam pembuatan atap kandang kambing atau domba tentu harus diperhatikan. Pastikan posisi atap tidak terlalu rendah, karena dapat menganggu pekerjaan. Namun kalau terlalu tinggi, kandang kambing juga sangat sulit untuk dibersihkan nantinya. Intinya buat atap yang posisinya sedang, tidak terlalu tinggi dan juga tidak terlalu rendah. 

Lantai Kandang Kambing Dari Bambu

Ingin membuat lantai kandang dari bambu? Sebenarnya ada 2 macam konstruksi lantai kandang kambing yang biasa ditemui yaitu miring dan juga berlubang. Lantai miring sebaiknya untuk kandang yang menggunakan lantai tanah. Lantai tanah dianggap kurang baik karena akan membuat kandang mudah kotor, basah, lembab, dan menimbulkan bau menyengat. Walaupun banyak yang mengatakan lantai tanah bisa memudahkan proses penguraian kotoran kambing. 

Namun, lantai tanah juga rasanya tidak layak untuk kambing dalam jangka waktu yang lama. Jika ingin menggunakan lantai bambu, maka bisa menggunakan alas yang tebal dan kering untuk menjaga kebersihan kandang. Rekomendasi lantai yang baik untuk kambing yaitu dari bahan bambu juga dan bisa dibuat dengan pola berlubang. Lantai bisa dibuat dengan jarak dan tinggi dari tanah setidaknya 0,5 cm, sehingga ada celah bagi peternak saat akan membersihkannya. 

Lantai kandang bambu dengan pola berlubang membutuhkan biaya yang murah kok, apalagi banyak bambu tua yang sekarang tidak digunakan. Bambu tua yang akan dijadikan sebagai lantai kandang bisa direndam terlebih dahulu dengan air dalam waktu yang lama. Tujuannya agar lantai bambu bisa bertahan dan awet dengan segala jenis gangguan. Celah lantai bisa dibuat dengan ukuran 1,5-2 cm sehingga kotoran dan air kencing tepat jatuh dalam penampungan. 

Pastikan dinding dan lantai bambu memiliki jarak yang sesuai. Konstruksi kandang bisa diatur dengan cara terbuka sebagiannya. Sekeliling kandang nantinya bisa diberi dinding, kemudian bagian sisi depannya dibuat terbuka. Sekeliling dinding pada bagian atas bisa dipasang dengan bilah bambu yang jaraknya sekitar 30 cm. Bagaimana cara membuat kandang kambing dari bambu? Berikut ini ada pembahasan lengkapnya untuk Anda. 

Baca Juga:  Cara Ternak Kambing Etawa Pemula

Langkah-Langkah Membuat Kandang Kambing Dari Bambu

Bingung bagaimana gambaran pembuatan kandang kambing? Anda bisa mulai merancangnya kemudian membangun kandang sesuai konstruksi yang diinginkan. Dengan memperhatikan banyak aspek, berikut ini langkah membuat kambing dari bambu.

1. Buat Punggungan

Untuk memudahkan peternak dalam membersihkan kandang, maka siapkan kandang berpanggung dari bambu yang kuat. Kotoran dari kambing nantinya bisa langsung turun ke dasar kandang dan tidak bersentuhan dengan hewan. 

2. Buat Lantai Kandang Berlubang

Jika ingin menggunakan lantai kandang dari bambu, maka buatlah dengan pola miring tidak masalah. Tujuannya agar kotoran dan air akan mengalir ke bawah dan tidak mengendap ke lantai nantinya. Model seperti ini sangat memudahkan peternak dalam membersihkan kandang pastinya. Pastikan permukaan lantai kandang dari bambu tidak memiliki lubang terlalu besar, karena akan menyebabkan kambing mudah terjatuh. 

3. Buat Dasar Kandang Lebih Rendah Dari Permukaan

Dasar kandang nantinya dijadikan cerukan yang memudahkan peternak dalam menampung kotoran. Buat dasar kandang dengan model parit, sehingga mudah dibersihkan tiap harinya. 

4. Buat Sket 1,5 cm

Beberapa jenis kambing tidak suka hidup bersama-sama saling berdekatan dalam satu kambing. Maka dari itu, sebaiknya buat sket 1,5 meter dari bahan bambu atau kayu sehingga tidak mudah geser dan terlepas. 

5. Pasangkan Eternit

Ingin menggunakan atap kandang dari bahan apa? Bisa gunakan atap asbes kalau ingin biaya terjangkau. Untuk mengurangi residu asbes, maka lapisi asbes dengan menggunakan papan tipis yang aman.