Belajar Budidaya & Ternak Bersama

Cara Membuat Pupuk Kandang Organik Dari Kotoran Kambing

Pupuk kandang atau pukan padat adalah kotoran ternak berupa padatan baik belum dikomposkan atau sudah dikomposkan sebagai sumber hara utamanya bagi tanaman. Cara membuat pupuk kandang organik dari kotoran kambing sangat mudah, Anda bisa pakai cara berikut ini. 

Langkah-Langkah Membuat Pupuk Kandang Dari Kotoran Kambing

Pupuk kandang merupakan olahan kotoran hewan ternak dan dipakai pada lahan pertanian yang berfungsi memperbaiki kesuburan serta struktur tanah. Pupuk kandang termasuk pupuk organik, layaknya kompos dan pupuk hijau.

Zat hara pada pupuk kandang sesuai sumber kotoran bahan baku. Pupuk kandang ternak kaya nitrogen, dan mineral logam, misalnya magnesium, kalsium, dan kalium. 

Pupuk kandangan punya kandungan tinggi. Manfaat utama pupuk kandang  mempertahankan struktur fisik tanah jadi akar bisa tumbuh dengan baik. Pembuatan pupuk kandang sangat mudah biasanya menggunakan dua cara, Anda dapat ikuti aturan berikut ini :

cara membuat pupuk kandang organik dari kotoran kambing
cara membuat pupuk kandang organik dari kotoran kambing

1. Pembuatan pupuk kandang dengan cara terbuka 

seperti namanya, proses pembuatan pupuk kandang dijalankan dengan menimbun kotoran kambing di lokasi terbuka. Proses dekomposisi/ penguraian microorganism terjadi di udara bebas. 

Umumnya proses dekomposisi berlangsung cepat, namun akan menimbulkan resiko polusi udara di lingkungan sekitarnya. cara membuat pupuk kandang organik dari kotoran kambing di tempat terbuka adalah : 

  • Jemur kotoran kambing langsung di bawah terik matahari setidaknya dua hari agar kadar air berkurang.
  • Sesudah dijemur, Anda pindahkan ke tempat yang beratap, namun tanpa dinding supaya sirkulasi udara lancar. Anda biarkan dua minggu hingga matang. Buatlah tempat penimbunan ini lebih tinggi dibanding tanah sekitarnya, supaya saat turun hujan timbunan kotoran kambing tidak tergenang.
  • Tunggu sampai dua bulan, maka kotoran kambing telah jadi pupuk kandang yang bisa digunakan.
Baca Juga:  Cara Mengatasi Kambing Kembung

2. Cara membuat pupuk kandang organik dari kotoran kambing Dengan Cara Tertutup

  • Buat lubang di tanah ukuran sesuai jumlah kotoran kambing yang siap diproses. dinding lubang sebaiknya dilapisi  semen supaya mencegah rembesan air dari luar lubang. Biarkan bagian dasar lubang seperti apa adanya supaya air yang kotor dapat meresap ke bawah. 
  • Masukkan kotoran kambing kedalam lubang, namun jangan kepenuhan.
  • Untuk mencegah proses pengemasan, Anda taburkan kapur pertanian tipis dan merata ke permukaan kotoran, timbun kembali pakai tanah.
  • Anda Biarkan 3 – 4 bulan hingga kotoran kambing terdekomposisi  sempurna menjadi pupuk yang bisa digunakan.

Cara Menghancurkan Kotoran Kambing Dengan Garam 

Penghancuran kotoran kambing dilakukan supaya pupuk organik bisa digunakan dengan baik dan supaya proses meresapkan pupuk dalam tanah semakin baik. Pupuk organik sangat berguna dan banyak dimanfaatkan para petani dan mampu menambah produksi pertanian, salah satunya padi. 

Menghancurkan kotoran kambing bisa menggunakan garam. Anda hanya cukup mencampurkan garam krosok secukupnya pada kotoran kambing dan kotoran kambing bisa lembek. Supaya proses lebih cepat Anda bisa memukul kotoran kambing. Garam ternyata juga bermanfaat untuk tanaman, yakni : 

  • Membuat tanaman punya akar dan batang lebih kuat. 
  • Bisa mencegah kerontokan bunga dan buah.
  • Membuat buah lebih manis dari biasanya. 
  • Membantu mengendalikan hama, khususnya wereng yang banyak menyerang tanaman padi. 
  • Mencegah jamur dan bakteri berbahaya tumbuh sembarangan dan biasanya menyerang bagian akar tanaman. 

Cara Menghancurkan Kotoran Kambing Dengan Urea

Selain menghancurkan kotoran kambing memakai garam, Anda bisa menghancurkan kotoran kambing dengan pupuk urea. Anda hanya perlu mencampurkan pupuk urea dan kotoran kambing. Campur dan aduk sampai merata, kotoran kambing yang sudah jadi bubuk ini bisa mudah dipakai. 

Baca Juga:  Ampuh: Cara agar Kambing Mau Minum Banyak

Cara Agar Kotoran Kambing Tidak Bau

Salah satu masalah dalam beternak adalah keberadaan kotoran hewan yang menimbulkan bau tidak sedap. Banyak peternak kebingungan mengatasi bau kotoran ternak yang sangat menyengat. 

Timbulnya bau kotoran ternak adalah masalah yang bisa membuat peternak bahkan tetangga jadi merasa tidak nyaman. Lebih bahaya, masalah bau ini bisa jadi masalah serius dan mengganggu lingkungan.

Menangani bau kotoran ternak ini cukup mudah, sehingga baunya bisa berkurang dan risiko masalah bagi masyarakat di sekitarnya bisa teratasi. Salah satu caranya Anda bisa pakai probiotik.

Anda bisa menyemprot kandang memakai probiotik, salah satu probiotik yang bisa Anda pakai adalah EM4. Probiotik ini telah banyak dipasaran,EM4 mengandung mikroorganisme yang bisa mengatasi bau yang ditimbulkan dari kotoran hewan. Anda bisa semprotkan satu kali dalam seminggu. 

Proses penyemprotan dalam dilakukan juga di badan ternak. Proses penggunaan probiotik untuk mengatasi bau kotoran hewan ternak ini adalah dengan cukup melarutkan EM4 untuk peternakan dan molas dalam air. 

Kemudian dilarutkan, tutup dengan rapat dan tunggu 1-2 hari. Selanjutnya, Anda bisa semprotkan larutan ke area kandang dengan dosis 1-10cc larutan dalam 1 liter air. Jangan lupa jaga kenyamanan kandang, supaya hewan juga nyaman. Ingat! Anda juga harus membersihkan kandang dengan rutin. 

Cara Menggunakan Kotoran Kambing Untuk Tanaman

Bagi Anda yang hobi berkebun, pasti menggunakan pupuk untuk membuat tanaman semakin subuh. Manfaat dari pupuk adalah : 

  1. Menambah kandungan unsur hara yang dibutuhkan tanaman;
  2. Menambah produktivitas tanaman
  3. Merangsang supaya pertumbuhan daun, batang, dan akar meningkat. 
  4. menyuburkan serta menggemburkan tanah.

Anda bisa membuat pupuk organik padat dari kotoran kambing dengan mudah. Sebelum itu Anda persiapkan bahan-bahan dahulu, yakni : 

  1. Ember
  2. Cangkul
  3. Terpal
  4. 1/2-1 ton kotoran kambing
  5. 200 kg abu/sekam/bekas gergajian
  6. 200 kg kapur pertanian atau dolomit
  7. 4 botol EM4
Baca Juga:  Ciri Ciri Kambing Etawa

Cara membuat pupuk kandang organik dari kotoran kambing

cara membuat pupuk kandang organik dari kotoran kambing adalah :

  1. Siapkan lahan sebagai lokasi mengolah pupuk yang bebas dari genangan air hingga terpaan hujan.
  2. Buat lapisan-lapisan bahan pembuatan pupuk padat dengan campur kotoran kambing dengan kapur pertanian, sekam, atau bekas gergajian sampai ketebalannya mencapai 20-30 cm.
  3. Siramkan larutan EM4 pada campuran kotoran kambing yang telah dibuat dengan kadar hingga 40%. Jika Anda meremas segenggam kotoran kambing serta tidak ada air yang sampai menetes, maka komposisi air telah pas.
  4. tutup dan diamkan calon pupuk kandang selama 1 minggu dan bukalah terpal agar bakal pupuk terairasi.

Ciri-ciri pupuk kandang dari kotoran kambing yang sudah siap panen meliputi:

  • warna pupuk coklat kehitaman,
  • tidak mengeluarkan bau,
  • suhunya sudah menurun.

Anda bisa pakai pemupukan ke tanaman dengan langkah berikut ini : 

  1. bahan yang harus disiapkan adalah : 
  2. kapur bata putih/bata ringan ½ gelas minum sedang. 
  3. garam krosok sekitar seperempat gelas minum sedang. 
  4. kompos yang sudah jadi, supaya tahan semakin subur, Kamu bisa Ambil 6 ciduk gelas minum sedang. 
  5. pupuk kandang kotoran kambing ambil 6 ciduk gelas minum sedang. 

Selanjutnya Anda mencampurkan bahan-bahan tersebut jadi satu. Anda campurkan jadi satu dan siap diberikan ke tanaman. Ingat! jangan sampai memupuk pada tumbuhan yang sedang berbunga. 

Jika diberikan ke tanaman yang sedang berbunga biasanya akan membuat bunga rontok. Hanya cukup ditaruh di sekitar tanaman. Ketika disiram atau turun hujan, maka pupuk akan turun.  Itulah cara membuat pupuk kandang organik dari kotoran kambing.