Belajar Budidaya & Ternak Bersama

Cara Mengatasi Kambing Kembung

Bagi sebagian peternak kambing, penyakit seperti perut kambing kembung secara tidak langsung menyebabkan kerugian yang lumayan besar saat tidak bisa tertangani dengan baik. Terlebih ketika penyakit ini menyerang kambing secara mendadak dan terlambat diobati. Jika Anda termasuk peternak kambing, pelajari cara mengatasi kambing kembung berikut beserta penyebab dan gejalanya. 

Penyebab kambing kembung

Pada dasarnya ada beberapa penyebab kambing kembung yang perlu Anda pahami, agar Anda bisa menemukan pengobatan yang tepat dan mengembalikan kondisi kambing seperti sediakala.

1. Serangan bakteri atau cacing

Ketika kondisi kesehatan kambing tidak diperiksa secara berkala, salah satu penyebab yang mungkin untuk menimbulkan tumpukan gas di area pencernaan kambing adalah kontaminasi bakteri atau cacing. Kontaminasi bakteri dari udara hingga cacing dari makanan secara tidak langsung dapat menyebabkan kondisi perut kambing penuh akan tumpukan gas. Umumnya hal tersebut bisa dipastikan lebih lanjut dengan memeriksa bagian mata, mulut, hingga anus kambing.

2. Kondisi kandang yang tidak kondusif

Cara mengatasi kambing kembung bisa dipraktekkan dengan benar, ketika Anda memastikan penyebab sakit adalah karena kondisi kandang yang awalnya kurang kondusif. Pada dasarnya, kandang untuk memelihara kambing perlu dijaga sanitasi, sirkulasi udara, hingga kebersihannya. Ketika kambing terlalu sering dibiarkan di area terbuka dan kehujanan, hembusan angin yang terlalu kuat akan menyebabkan penyakit kambing kembung.  

3. Pola pemeliharaan yang kurang tepat

Pada beberapa kasus lain terutama pada kambing yang sedang hamil, terlalu sering terpapar angin yang mengandung air atau embun secara tidak langsung menyebabkan pergeseran atau penyempitan rumen karena tumpukan gas di saluran pencernaan. Kondisi kandang yang jarang dibersihkan, sehingga penuh dengan kotoran kambing juga umumnya membuat kambing stress, sehingga rentan terserang penyakit. Oleh karena itu, kandang bagi kambing yang sedang hamil umumnya akan lebih baik jika dipisahkan areanya dengan kambing jantan dan kambing yang tidak dalam kondisi hamil.

Baca Juga:  Ciri Ciri Kambing Etawa

4. Kondisi pakan yang kurang sehat 

Bagian mulut kambing memiliki resiko yang cukup tinggi untuk membuat seekor kambing menderita sakit kembung. Hal ini karena pada saat proses makan, kambing akan mengkonsumsi rumput atau jenis makanan lain yang difermentasikan di dalam rumen. Saat gas didalam rumen tidak bisa dikeluarkan secara cepat, tentunya ada banyak gas yang terperangkap di dalam perut dan membuat kambing tidak nyaman. Jika komposisi dan kebersihan makanan kambing tidak diperhatikan, tentu resiko penyakit kembung pada kambing semakin tinggi. Kondisi pakan yang banyak mengandung pati dan terlalu banyak kacang-kacangan juga dapat menyebabkan penyakit penumpukan gas pada perut kambing.

Tanda kambing kembung

cara mengatasi kambing kembung
cara mengatasi kambing kembung

Pada saat Anda ingin menerapkan cara mengatasi kambing kembung secara benar, perhatikan apakah ciri-ciri kambing kembung berikut terlihat pada hewan ternak peliharaan Anda.

  1. Cobalah periksa bagian perut, khususnya perut bagian kiri apakah membesar beberapa kali lipat dari ukuran normal. Anda juga bisa memukul pelan perut kambing, jika terdengar suara yang cukup nyaring, mirip suara kendang, ada baiknya Anda segera memeriksakan ternak ke dokter hewan atau mengobati kembung dengan jamu.
  2. Gejala kambing kembung yang dapat dilihat dengan mudah adalah kambing akan sering membungkuk atau menghentakkan kaki ke tanah, sebagai pertanda bahwa kambing merasa gelisah. Kambing juga akan sering terlihat menjulurkan lehernya sebagai cara untuk mengeluarkan gas berlebih lewat mulut.
  3. Ciri lain yang bisa dilihat adalah nafsu makan yang menurun drastis dan kambing yang terlihat seperti kesulitan bernafas atau terengah-engah. Pada kondisi tertentu, mata kambing akan mulai terlihat membiru dan muncul lendir di area mulut. Tidak hanya itu, pada kasus yang serius, denyut jantung kambing menjadi sangat lemah dan mendadak terjatuh, diikuti dengan kondisi kambing yang kaku atau tidak dapat bergerak sedikitpun.  
Baca Juga:  Ampuh: Cara agar Kambing Mau Minum Banyak

Tips cara mengobati kambing kembung 

Setelah Anda mengetahui penyebab dan gejala yang muncul pada kambing saat perutnya kembung, Anda bisa menerapkan beberapa cara mengatasi kambing kembung, seperti:

  • Anda bisa membeli obat khusus untuk ternak yang mengandung komponen dimethicone. Encerkan obat tersebut dengan cara mencampur 100ml obatnya dengan 500ml air. Berikan secara berkala dengan pendampingan dari dokter hewan.
  • Pada saat kambing mulai terlihat gelisah karena kembung, bawa kambing keluar kandang ke pekarangan yang hangat. Oleskan minyak yang dibuat dari minyak kelapa atau salep hangat lainnya ke area perut sebelah kiri. Urut bagian perut secara perlahan hingga gas perut keluar. Jangan lupa minumkan 300ml air hangat yang dicampur dengan 10 tetes minyak kayu putih dan sejumput garam halus.
  • Cara mengatasi kambing kembung lain yang bisa diterapkan adalah dengan mencekokkan minyak kelapa sawit atau minyak kedelai sebanyak 200ml untuk memicu pengeluaran gas dari perut kambing. Selain itu, cara mengobati kambing kembung dapat dipercepat dengan menusuk perlahan bagian anus kambing dengan tangkai daun pepaya yang sebelumnya sudah diolesi minyak kelapa serta tumbukan bawang merah. Agar pengeluaran gas lebih cepat, jepit kedua sisi perut kambing dengan alat yang tidak terlalu tajam ujungnya agar tidak melukai kambing.
  • Cara mengatasi kambing kembung yang lain bisa dilakukan pula dengan cara menusukkan jarum cannula ke arah perut kambing. Sebelum ditusukkan perlahan, pastikan jarum sudah disterilkan menggunakan alkohol 70-90% atau dibakar dengan api. Sebagai tahap awal sebelum ditusuk jarum, bersihkan bulu kambing diarea yang akan ditusuk dan tusuk hanya sekitar 10-15 dibawah tulang panggung. Agar kambing tidak berontak, ada baiknya Anda melakukan ini bersama dengan dokter hewan yang lebih berpengalaman. Setelah semua gas berhasil dikeluarkan, olesi yodium tincture pada bekas tusukan dan tutup dengan perban hingga luka mengering.      
  • Obat kambing kembung lain yang bisa dicoba adalah memberikan obat maag sirup pada kambing dengan perbandingan 1ml per 1kg berat badan. Dosis obat ini bisa dicampurkan dengan air panas dalam perbandingan 1:10 yang diminumkan secara perlahan. Tunggu 10-20 menit sampai seluruh gas berhasil dikeluarkan dari perut kambing.
  • Cara mengatasi kambing kembung selanjutnya bisa dicoba dengan memberikan 200cc minuman soda sambil perut bagian kiri diolesi dengan bawang merah yang sudah ditumbuk halus. Mulut kambing disumbat menggunakan paralon secara melintang hingga timbunan gas berhasil dikeluarkan, begitupula kaki kambing bagian depan juga dijepit menggunakan kaki kita dan diposisikan lebih tinggi dari posisi kaki yang belakang. 
Baca Juga:  Cara Membuat Konsentrat Pakan Kambing Lengkap

Obat kambing kembung alami

Jamu untuk kambing kembung bisa diusahakan apabila cara mengatasi kambing kembung yang dilakukan dirasa belum optimal menggunakan bahan-bahan alami, seperti minyak kelapa, minyak kayu putih, atau minyak lainnya yang diberikan secara berkala. Namun demikian, agar kambing ternak yang Anda kembangbiakkan tidak mudah terkena penyakit perut kembung, ada beberapa metode pendukung yang bisa dilakukan, seperti memberikan suplemen khusus rekomendasi dari dokter hewan. Anda juga dapat memberikan kombinasi pakan yang lebih sehat, seperti rumput yang dicampur dengan ampas tahu, singkong, atau bekatul.