Dunia Informasi untuk anda

Cara Ternak Kambing Etawa Pemula

Usaha modal kecil dengan untung segunung di era yang serba sulit cari pekerjaan seperti saat ini, memangnya bisa? Tentu saja! Beternak kambing setawa contohnya, tak hanya prosesnya saja yang mudah untung yang didapat pun juga cepat dan balik modal juga cepat. Lantas bagaimana caranya? Inilah cara ternak kambing etawa pemula yang wajib Anda coba!

Kenapa Harus Ternak Kambing Etawa?

Kendati telah sedang banyak diminati orang tak sedikit pula orang tahu perbedaan antara kambing etawa dan kambing-kambing pada umumnya. Oleh karena itu sebelum berbicara lebih jauh tentang cara ternak kambing etawa pemula, alangkah baiknya jika Anda tahu apa itu kambing etawa, jenis, dan mana saja yang paling menguntungkan untuk usaha. 

Tahukah Anda, dewasa ini sebagian besar peternak lebih memilih beternak kambing etawa dan modern? Hal ini terjadi karena keuntungan yang didapat oleh para peternak jauh lebih besar dibanding dengan beternak kambing biasa. Bahkan, bisa dikatakan keuntungannya tidak pernah turun.

Lebih dari sekadar keuntungan, kedua jenis kambing tersebut juga sangat mudah untuk dibudidayakan. Cara mengurusnya pun juga tidak sulit. Karena kambing ini tidak cepat mati, maka pengusaha pun minim kerugian. 

Apa Bedanya Kambing Etawa dan Modern?

Cara Ternak Kambing Etawa Pemula
Cara Ternak Kambing Etawa Pemula

Anda pasti bertanya-tanya apa bedanya Kambing Etawa dan Kambing Modern yang diternak oleh para pengusaha? Anda pernah melihat seekor kambing yang telinganya panjang dan menggantung ke bawah? Itulah dia Kambing etawa. 

Sering ditemukan di area pedesaan, jenis kambing ini diketahui dapat bertahan dalam segala macam suhu. Kambin etawa juga diketahui merupakan salah satu spesies kambing terkuat di antara jenis kambing lainnya.

Lain halnya dengan kambing etawa, kambing modern merupakan kambing hasil import dari negeri barat. Spesies kambing ini diketahui dapat bertahan hidup di cuaca dingin yang tidak lebih dari 40 derajat celcius.

Hampir sama dengan kambing etawa, untuk melakukan ternak kambing modern Anda juga tidak akan dipatok dengan modal yang besar. Hanya saja agak sedikit lebih mahal dari modal kambing etawa. Kenapa bisa terjadi perbedaan harga tersebut? 

Hal ini karena bibit kambing modern sangat superior dan cukup sulit untuk ditemukan alias langka. Walau begitu, jika ingin tetap membuka usaha kambing modern Anda tidak perlu takut. Ada banyak peternakan di desa-desa kecil yang menjual bibit kambing modern dengan harga yang masih masuk akal. 

Cara Ternak Kambing Etawa Tanpa Ngarit Rumput 

Cara ternak kambing etawa pemula sangatlah mudah. Anda dapat melakukannya di mana saja.Cukup dengan menyediakan ruang untuk lumbung tempat mereka berteduh dan beristirahat, Anda akan dapat melakukan pengelolaan ternak dengan sederhana. Berikut cara ternak kambing yang selengkapnya:

1. Dapatkan Indukan Kambing Etawa yang Berkualitas

Untuk memulai  ternak kambing etawa, Anda dapat memulainya dengan cara mendapatkan indukan kambing etawa yang berkualitas. Pilihlah indukan kambing yang kualitasnya ada di atas rata-rata. Ini untuk menghasilkan anakan kambing yang sehat dan tentunya menguntungkan. 

Adapun ciri kambing betina unggul di antranya adalah memiliki struktur kaki yang lurus, jinak, bentuk tubuhnya proporsional, tidak berpenyakit dan tidak cacat. Sedang ciri-ciri bibit kambing etawa jantan di antaranya adalah sebagai berikut:

∙ Memiliki bentuk punggung yang tidak ada benjolan besar ataupun kecil

∙ Kakinya sangat kokoh dan cukup tebal

∙ Tidak cacat dan tidak berpenyakit

Baca Juga:  Cara Membuat Pupuk Kandang Organik Dari Kotoran Kambing

2. Pilih Pakan Berkualitas

Usai memilih indukan kambing, cara ternak kambing etawa pemula berikutnya adalah memilih pakan yang berkualitas. Tak berbeda dengan ternak lainnya, Indukan kambing etawa juga perlu diberi pakan yang berprotein. Indukan harus selalu sehat agar anak-anaknya tumbuh menjadi kambing yang superior. 

3. Lalui Tahapan Proses Pemeliharaan

Agar proses pemeliharaan dapat berjalan dengan lancar sampai dengan masa panen, maka buatlah kandang dengan jendela yang memadai. Adapun rekomendasi material yang bisa digunakan sebagai pilihan satu diantaranya adalah kayu yang dilapisi cat PVC. Kenapa harus cat PVC? Hal itu untuk menghindari kayu dari gigitan rayap. 

Jenis Pakan Kambing Protein Tinggi

Anda pasti penasaran jenis pakan apa saja yang bisa dimanfaatkan untuk ternak kambing etawa. Biasanya kambing etawa diberi makan dedaunan hijau, kacang-kacangan, dan air secukupnya. Namun, untuk keperluan budidaya ternak membutuhkan makanan yang lebih bervitamin. Misalnya bekatul dan konsentrat dosis 3:1. 

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan campuran pakan 50% bekatul, 25% bungkil kelapa, dan 25% bungkil kacang-kacangan. Jika menginginkan harga pakan yang jauh lebih murah, Anda dapat mengurangi asupan protein dan vitamin yang dibutuhkan.

Contohnya Anda dapat menggunakan daun dari pohon nangka, daun pohon lamtoro, dan daun pohon pepaya sebagai pengganti konsentrat. Daun – daun tersebut bisa didapatkan dan dipetik langsung dari kebun atau memesan dari petani di pinggiran desa. Agar kambing dapat tumbuh sehat dan bugar, pemberian pangan harus diatur secara tepat. 

Jenis Kambing yang Beranak Banyak

Sebagai peternak, Anda perlu tahu bahwasannya kambing etawa mampu beranak dua sampai dengan tiga kali dalam jangka waktu dua tahun. Rata-rata setiap masa kehamilan kambing etawa dapat melahirkan 1–3 anak kambing.  

Kambing etawa betina masuk dalam kategori dewasa jika sudah berusia  bulan dan siap dikawinkan ketika telah memasuki usia 10 sampai dengan 12 bulan. Umumnya, lama waktu birahi kambing adalah 1 sampai dengan 2 hari, dengan siklus birahi antara 2 sampai dengan 3 minggu.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Kambing Kembung

Adapun ciri-ciri kambing yang sedang memasuki musim kawin di antaranya dapat dilihat dari tingkah laku yang menyerupai orang gelisah, nafsu makannya turun dan selalu mengibaskan ekornya. Selain itu, ciri lainnya adalah kambing yang sering kencing serta organ kemaluannya bengkak dan basah. Jika Anda melihat tanda-tanda tersebut pada ternak, maka kambing harus segera dikawinkan dengan cara langsung ataupun suntik kawin serta inseminasi buatan. 

Jenis Kambing Unggul Untuk Ternak

Kambing etawa yang bagus untuk dijadikan indukan adalah kambing etawa yang memiliki postur punggung lurus, besar, bersih, dan bebas penyakit. Sedang untuk kambing indukan betina yang bagus memiliki ciri berkaki lurus, bentuk tubuhnya proporsional, memiliki jumlah puting ada dua dan apabila diraba terasa kenyal.

Jenis Penyakit Mata Pada Kambing Dan Obatnya

Selain tahu jenis dan cara beternak yang baik, Anda juga harus tahu penyakit pada kambing. Salah satu penyakit kambing yang harus diketahui oleh peternak adalah penyakit mata pada kambing. Munculnya penyakit ini disebabkan oleh beberapa faktor yang diantaranya adalah infeksi mikroorganisme patogen, perubahan iklim ataupun trauma, dan benturan benda tajam. 

Biasanya pengobatan penyakit ini dilakukan dengan menggunakan obat pereda luka luar pada hewan. Salah satu contohnya adalah durex yang dapat dijumpai di warung-warung terdekat. Obat tersebut berupa kapsul berwarna kuning yang didalamnya terdapat serbuk. Obat tersebut dapat digunakan dengan cara mengeluarkan semua serbuk yang ada di dalam kapsul kemudian mencampurkannya dengan minyak goreng. Demikian informasi terkait cara ternak kambing etawa pemula yang harus diperhatikan oleh para calon peternak. Selain menyediakan tempat berteduh dan beristirahat, pakan berkualitas, dan mengetahui jenis-jenis kambing, Anda juga harus mempelajari penyakit-penyakit pada kambing.