Dunia Informasi untuk anda

Ciri Ciri Kambing Etawa

Apakah Anda sudah mengetahui ciri ciri kambing etawa? Jenis kambing perah atau diambil susunya di Indonesia. Kualitas susunya bagus dan memiliki gizi serta nutrisi tinggi, sehingga tidak heran banyak dikonsumsi orang. Tujuan utamanya menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Kambing etawa sekarang sudah banyak dibudidayakan di Indonesia. Tentu saja untuk diperah dan diambil susunya. Selanjutnya, susu kambing etawa dapat dijual atau diolah lagi sebagai minuman menyehatkan.

Sebelum berbicara mengenai seluk beluk kambing etawa lebih detail, Anda perlu mengenal ciri-cirinya dulu. Dimana perawakan kambing etawa berbeda dari jenis kambing lokal di Indonesia. Untuk mengenal ciri ciri kambing etawa beserta pernak-perniknya, silahkan membaca uraian berikut.

Bagaimana Ciri Ciri Kambing Etawa?

ciri ciri kambing etawa
ciri ciri kambing etawa

Ada beberapa cirinya yang menonjol dan bisa dilihat secara kasat mata. Dengan begitu, Anda bisa mengetahuinya dengan melihat dan memegangnya langsung. Perlu Anda ketahui bahwa kambing etawa asli berasal dari India.

Ciri-cirinya tinggi dan kurus karena memang tipe kambing perah yang diambil sisinya. Namun seiring perkembangan zaman, kambing etawa yang didatangkan ke Indonesia oleh para peternak atau pembudidaya disilangkan dengan kambing lokal.

Tujuannya untuk meningkatkan kualitas kambing etawa berkualitas bagus, yaitu tidak hanya menghasilkan susu saja, tetapi juga lebih gemuk tubuhnya. Dengan begitu, kambing etawa juga bisa diambil dagingnya.

Proses persilangannya berhasil dan menghasilkan jenis kambing Peranakan Etawa atau disingkat PE. Kambing PE inilah yang hingga sekarang masih terus dibudidayakan karena kualitasnya bagus. Beberapa cirinya, yaitu warna rambut kambing mulai dari putih, coklat, dan hitam.

Baca Juga:  Cara Membuat Kandang Kambing Sederhana Dari Bambu

Selain itu, bentuk telinganya panjang dan menggantung. Sementara itu, bentuk wajahnya sembung dan biasanya memiliki tanduk pendek melengkung. Ukuran tubuh kambing PE jantan lebih besar dibanding jenis betina. Dikarenakan termasuk bibit unggul, harga jenis kambing PE di pasaran cukup tinggi. Terutama menjelang hari raya Idul Adha.

Tentu saja hal tersebut menjadi berkah tersendiri bagi para pembudidaya di Indonesia. Namun demikian, kambing etawa harus terus dicek kesehatannya agar terhindar dari berbagai penyakit, salah satunya penyakit mulut dan kuku (PMS).

Ciri Ciri Indukan Kambing Etawa yang Bagus

Indukan kambing etawa juga ada ciri-cirinya yang perlu Anda ketahui. Terutama Anda yang ingin membeli indukannya untuk dikembangbiakkan dan dibudidayakan seharusnya memilih yang berkualitas bagus.

Ciri indukan kambing etawa yang berkualitas bagus tentu saja memiliki tubuh sehat dan tidak cacat. Anda dapat melihat dan memperhatikannya sendiri kambing tersebut. Kambingnya bergerak aktif dan tidak diam saja. Selain itu, selera makannya juga bagus dan teratur. Sementara untuk buang kotoran dan urin, kambing etawanya lancar.

Ciri ciri kambing etawa untuk indukan berikutnya sudah pasti indukannya harus cukup umur untuk kawin dan berkembang biak. Fisik tubuh untuk pejantannya lebih besar dan sehat. Begitu juga dengan fisik tubuh kambing betina.

Anda harus memilih minimal sepasang indukan kambing etawa yang sehat dan cukup umur. Jadi, jangan sampai salah memilih. Jika masih merasa ragu dan bingung, tidak ada salahnya bertanya kepada pihak penjual kambingnya yang tentu sudah berpengalaman.

Namun, penjualnya harus terpercaya agar bisa memberikan informasi yang sebenar-benarnya terkait ciri ciri kambing etawa untuk indukan. Dengan begitu, Anda dijamin puas dengan indukan yang akan dibeli tersebut untuk dibudidayakan.

Baca Juga:  Cara Membuat Konsentrat Pakan Kambing Lengkap

Ciri Ciri Kambing Etawa Hamil Muda

Selanjutnya, ada informasi perihal ciri kambing etawa yang hamil juga perlu Anda ketahui. Dengan mengetahuinya, kambing tersebut perlu dipisahkan sendiri untuk lebih diperhatikan kesehatannya. Tujuannya agar proses kehamilan dan kelahiran anaknya nanti lancar serta tanpa hambatan berarti.

Indukan kambing etawa yang sudah kawin bisa ditunggu sekitar 1 – 2 minggu untuk mengetahui hasilnya. Jika ternyata indukan betinanya hamil, pasti perutnya akan terlihat lebih besar dari biasanya.

Untuk memastikannya, Anda dapat mengelus perutnya secara perlahan. Indukan yang sedang hamil biasanya lebih banyak rebahan atau tiduran saja. Apalagi jika kehamilannya sudah besar, maka indukannya lebih sering rebahan.

Indukan etawa hamil juga harus dipenuhi nutrisi dalam makanannya lebih banyak karena nafsu makannya meningkat. Namun demikian, Anda tetap harus memperhatikan jadwal makannya secara teratur untuk menjaga kesehatan tubuhnya serta janin di dalam kandungannya.

Ciri Ciri Kambing Beranak Banyak

Kambing yang normal biasanya melahirkan anak berjumlah 1 – 2 ekor saja. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan mampu melahirkan dengan jumlah lebih dari itu. Oleh karenanya, Anda perlu mengenali ciri ciri kambing etawa yang mungkin bisa beranak banyak.

Dilihat dari proses kehamilannya, membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan secara normal. Selain itu, perut indukan kambing betinanya cukup besar hingga terlihat menggelembung. Dikarenakan perutnya besar, maka indukan yang hamil tersebut lebih sering rebahan saja untuk beristirahat.

Ciri Ciri Kambing Etawa Mau Melahirkan

Kambing yang sudah waktunya melahirkan anaknya tentu saja sudah mencukupi waktu mengandungnya. Anda perlu mengetahuinya agar dapat memperkirakan waktu melahirkannya.

Sementara itu, ciri fisik yang dapat dilihat, yaitu perut kambingnya yang semakin besar. Selain itu, indukan kambing yang hamil hanya bisa tiduran saja karena sudah tidak kuat untuk berdiri. Bahkan, suara rengekan kambing akan sering terdengar yang bisa diartikan kambingnya segera melahirkan.

Baca Juga:  Ampuh: Cara agar Kambing Mau Minum Banyak

Ciri Ciri Kambing Etawa Super

Sudah dijelaskan diatas bahwa kambing etawa yang aslinya dari India berjenis perah untuk diambil susunya. Namun setelah disilangkan dengan jenis kambing lokal, maka kambing etawanya bukan hanya diperah saja, tetapi juga bisa diambil dagingnya.

Jenis kambing PE yang juga masuk kriteria etawa super karena memang berkualitas terbaik di jenisnya. Mulai dari fisiknya yang lebih besar terutama untuk jantannya. Selain itu, tubuh kambingnya berisi dan tidak kurus, sehingga bisa diambil dagingnya untuk dikonsumsi.

Namun yang pasti, jenis etawa super mampu diperah susunya dengan jumlah lebih banyak. Kambing tersebut tentu saja dijual dengan harga lumayan tinggi bagi Anda sekalian yang ingin membelinya.

Ciri Kambing Mau Melahirkan Kurang Satu Minggu

Khususnya indukan kambing etawa yang akan melahirkan pasti perutnya sudah membesar tidak seperti biasanya. Hal itu dikarenakan janin yang dikandungnya sudah semakin besar dan sebentar lagi akan dilahirkan.

Anda mungkin sebagai pemilik kambingnya harus mengetahui cirinya tersebut. Jika ada, kambingnya perlu ditempatkan pada kandang khusus sendirian agar lebih aman dan nyaman saat melahirkan nanti.

Berapa Bulan Kambing Hamil Sampai Melahirkan?

Perlu Anda ketahui bahwa kambing secara umum membutuhkan waktu sekitar 144 hari – 156 hari (kurang lebih 5 bulan) dalam proses kehamilannya hingga melahirkan. Begitu juga jenis kambing etawa yang juga membutuhkan waktu seperti itu saat hamil hingga melahirkan anaknya. Sementara itu, dalam setiap tahun indukan kambing bisa melahirkan minimal 1 ekor anaknya. Jadi, Anda harus mengenal dan mengetahui ciri ciri kambing etawa lebih detail, seperti diinformasikan diatas. Semoga bermanfaat.