Dunia Informasi untuk anda
Kroto  

Mengenai Hewan Kroto atau Semut Rangrang

Jika anda melakukan Budidaya semut rangrang, pasti akan menghasilkan kroto, campuran dari telur, larva serta puva dari semut. Kroto ini adalah sebuah makanan burung peliharaan dan biasanya juga akan digunakan menjadi umpan saat sedang memancing ikan. Tidak semua jenis semut dapat menghasilkan kroto yang dapat langsung dimanfaatkan sebagai pakan. 

Mengenai hewan kroto atau semut rangrang ini biasanya hanya akan dihasilkan oleh jenis semut dengan nama latin Oecophylla smaragdina. Pada bahasa lokal biasanya juga disebut dengan semut merah, semut api maupun kararangge. Jenis semut satu ini dapat dengan mudah ditemukan mulai dari daerah India, Asia Tenggara sampai dengan Australia pada bagian Utara. Jenis yang lain, yaitu nama latin Oecophylla longinoda telah tersebar di seluruh benua Afrika.

Pada awalnya kroto sendiri didapatkan melalui perburuan sarang semut rangrang di alam bebas. Sarang semut cukup sering ditemukan di hutan maupun perkebunan, biasanya akan bertengger di antara rimbunnya dahan pepohonan. Seiring dengan semakin meningkatnya permintaan, keberadaan dari hewan kroto di alam bebas juga mulai semakin sulit untuk didapat. Jadi tidak heran lagi jika lama kelamaan harga kroto dapat terbilang menjadi lebih mahal daripada dengan jenis pakan yang lain. Sekarang ini hewan kroto jug mulai diproduksi dengan cara membudidayakan banyak koloni semut pada lingkungan yang sudah terkontrol.

Apa Itu Kroto atau Semut Rangrang?

kroto atau semut rangrang
kroto atau semut rangrang

Kroto sendiri merupakan suatu bahan pakan yang sangat disukai burung-burung insektivora dikarenakan memiliki kandungan proteinnya yang sangatlah tinggi. Selain itu, kroto juga akan dipercaya dapat membuat bulu dari burung bisa lebih mengkilap dengan kicauannya juga lebih merdu.

Di Indonesia sendiri, semut rangrang sudah banyak dibudidayakan seiring dengan meningkatnya hobi memelihara burung peliharaan serta hobi memancing dari banyak orang. Kroto sendiri termasuk salah satu pakan alami yang telah dianggap dapat meningkatkan kualitas dari burung peliharaan anda.

Baca Juga:  Analisa Usaha Budidaya Kroto Rumahan

Sekarang ini terdapat berbagai metode dalam budidaya kroto yang dapat membuatnya berkembang dengan pesat. Kroto tidak hanya dapat dibudidayakan pada pepohonan yang memiliki sarang terbuat dari daun saja. Tetapi juga dapat dipelihara pada dalam rumah yang mempunyai sarang dengan berbagai jenis material yang digunakan. Beberapa diantaranya bisa menggunakan toples, plastik kontainer, selongsong dengan bambu sampai paralon. 

Budidaya semut rangrang atau kroto ini juga menjadi semakin menarik sekarang dikarenakan anda dapat menjalankannya hanya dengan modal yang kecil serta infrastruktur terbatas. Jadi sangat Cocok menjadi usaha rumahan maupun dimulai menjadi usaha sampingan.

Sebagai suatu gambaran, dari pengalaman beberapa peternak kroto di daerah Jabodetabek, budidaya kroto akan terlihat hasilnya setelah mencapai sekitar 1,5 tahun atau sekitar 18 bulan. Dengan modal yang digunakan adalah sekitar 30 jutaan, dalam 1,5 tahun tersebut dapat dihasilkan pendapatan bersih yang mencapai sebesar 54 jutaan, maupun hampir dua kali lipatnya. 

Kandungan Kroto

Kroto sendiri didalamnya terkandung banyak sekali nutrisi yang penting dan cukup dibutuhkan tubuh, bukan hanya untuk hewan tapi juga untuk manusia. Berdasarkan dari hasil penelitian sendiri telah menunjukkan hika kandungan nutrisi pada kroto diantaranya adalah terdapat sekitar protein sebesar 8,2 gram di 100 gramnya, apalagi pada dalam kroto ini juga mengandung rendah lemak serta kalori yang hanya berkisar 2,6 gram saja di 100 gramnya dan juga diketahui lebih sedikit dibandingkan dengan besarnya lemak serta kalori yang berada pada dalam telur ayam yang mencapai sebesar 11,7 gram.

Kandungan lemak serta kalori yang rendah ini diketahui sangatlah baik dan juga tidak mudah menyebabkan kegemukan maupun obesitas. Selain itu adanya kandungan yang lain pada dalam kroto adalah sejumlah mineral penting misalnya seperti zat besi, kalsium, potassium, sodium, sampai beragam vitamin misalnya vitamin B1, vitamin B2 dan juga niacin. Jadi, nutrisi yang terdapat di dalam kroto ini sangatlah lengkap.

Baca Juga:  Cara Ternak Atau Budidaya Kroto Untuk Pemula

Macam-macam manfaat kroto

Mengenai hewan kroto atau semut rangrang sendiri juga sejak lama dimanfaatkan menjadi obat herbal, tetapi lebih terkenal digunakan menjadi pakan burung maupun unggas dikarenakan kandungan dari nutrisinya yang akan membuat burung menjadi lebih lincah serta lebih berkicau merdu dari sebelumnya. Jenis burung yang telah diberikan pakan kroto ini jiha bermacam-macam dan sebenarnya hampir semua burung ingin memakannya antara lain misalnya burung kenari, burung rumahan, burung indukan, burung finch, burung lomba, piyikan, trotolan dan masih banyak jenis yang lainnya.

Manfaat kroto untuk burung kenari

Untuk manfaat kroto bagi burung kenari yaitu,

  • Dapat meningkatkan Performa Kicauan

Manfaat kroto pertama bagi burung Kenari adalah dapat membantu meningkatkan performa dari kicauan burung. Jadi, dengan pemberian kroto sendiri ini sangatlah cocok bagi pemain lomba supaya burung jagoannya bisa tampil lebih prima.

  • Dapat menjadi Sumber Energi

Selain itu, manfaat kroto dari kroto yang berikutnya adalah dapat menjadi salah satu sumber energi bagi Kenari. Jika tubuhnya berstamina, maka nantinya akan memungkinkan Kenari untuk mengeluarkan kicauan yang memiliki durasi lebih panjang dari sebelumnya.

  • Lebih menyehatkan Burung Kicau

Dengan beragam kandungannya, kroto sendiri mempunyai manfaat yang penting untuk kesehatan kenari. Jika Kenari anda merasa sehat, pastinya akan lebih memungkinkan untuk dapat mengeluarkan suara kicauan yang lebih merdu juga bervariasi.

  • Dapat meningkatkan Birahi

Manfaat selanjutnya adalah cukup berguna untuk lebih meningkatkan birahi. Pemberian kroto tersebut juga sangat direkomendasikan untuk para penangkar supaya pada saat beternak kenari dapat cepat berproduksi.

  • Dapat Membuat Kenari Lebih Gacor

Pemberian kroto tentunya juga dapat lebih membuat Kenari menjadi lebih rajin untuk bunyi gacor, asalkan kroto yang akan diberikan sudah sesuai dengan takaran. Jumlah kroto yang harus dikonsumsi kenari adalah sekitar 1 cepuk saja setiap 2 kali seminggu.

Baca Juga:  Cara Ternak Atau Budidaya Kroto Untuk Pemula

Manfaat kroto untuk burung murai batu

Untuk manfaat kroto bagi burung murai batu yaitu,

  1. Saat pemberian pakan kroto dengan rutin pada burung murai batu ketika usia muda atau trotol dapat membantu burung murai untuk membantu perkembangan tubuhnya yang lebih bagus dan juga lebih cerdas agar dapat merekam berbagai jenis kicauan dari suara burung masteran.
  • Kroto yang akan diberikan secara teratur dapat membuat tubuh murai selalu fit dan jika akan digantangkan bisa mendapat memperoleh performa yang lebih bagus jadi akan lebih rajin untuk berkicau
  • Pada murai batu yang masih bakalan, akan sangat dianjurkan untuk diberikan kroto dengan teratur supaya bisa menunjang kondisi fisik agar tetap sehat juga fit ketika anda melakukan pelatihan.
  • Kroto bisa membantu pada masa pemulihan kerontokan bulu, mengurangi tingkat stress burung murai dan dapat membuat kondisi burung pulih menjadi fit dengan cepat.

Manfaat kroto untuk kacer

Untuk manfaat kroto bagi kacer yaitu,

  1. Dapat membuat burung selalu bugar dan juga siap tempur
  2. Dapat mengembalikan stamina burung sehabis lomba atau trek
  3. Lebih mempercepat indukan bertelur kembali setelah selesai disapih
  4. Dapat membuat burung bakalan atau trotol menjadi lebih pintar
  5. Dapat membuat burung tidak gacor berubah menjadi gacor 
  6. Akan membuat burung yang lemas bisa menjadi fit kembali.

Melihat manfaat Mengenai hewan kroto atau semut rangrang di atas, jadi apa alasan anda untuk tidak memberikan kroto dimana? Bukankah manfaat dari kroto sangatlah banyak bagi banyak hewan, Hanya saja yang perlu anda lakukan hanya tinggal menyesuaikan dengan karakter masing-masing hewan yang akan diberi kroto ini.