Dunia Informasi untuk anda

Cara Mengeringkan Maggot Bsf

Maggot bsf atau maggot black soldier fly adalah jenis hewan lalat besar mirip tawon dengan warna hitam. Jenis lalat ini merupakan larva atau siklus awal dengan proses yang disebut metamorphosis hingga nantinya menjadi seekor lalat dewasa. Dibutuhkan waktu maksimal 45 hari hingga maggot bsf ini menjadi dewasa dengan proses awal dari telur, larva lalu prepupa dan pupa hingga akhirnya menjadi lalat dewasa. 

Berbudidaya maggot sendiri mendatangkan keuntungan bagi sektor peternakan. Dikarenakan pakan ternak merupakan bagian penting untuk sektor peternakan. Sehingga varian pakan ternak pun dapat kita jumpai di pasaran saat ini. Tentunya pakan hewan yang ada disesuaikan dengan kebutuhan hewan ternak itu sendiri, juga kebutuhan vitamin yang diperlukan.  

Pakan maggot bsf merupakan pakan hewan yang paling banyak diminati peternak ayam. Meski terkadang maggot bsf juga dipakai sebagai campuran pakan bagi jenis selain ayam. Untuk mengurangi kandungan air pada maggot, maka maggot perlu untuk dikeringkan sehingga akan memudahkan saat dikemas maupun saat proses pengangkutan. Untuk itu diperlukan pengetahuan akan cara mengeringkan maggot bsf agar kualitas maggot terjaga.

Maggot bsf yang kian dibutuhkan bagi sektor peternakan, hingga kini juga mulai dibudidaya secara serius guna pemenuhan kebutuhan pakan ternak ayam dan lainnya.

Berikut beberapa hal yang berkenaan dengan maggot bsf maupun perihal pengeringannya:

Tips & Cara Mengeringkan Maggot BSF

cara mengeringkan maggot bsf
cara mengeringkan maggot bsf

Pertama yang dilakukan adalah rendam maggot dengan menggunakan air panas. Lalu keringkan maggot dengan menggunakan oven. Alternatif dari oven yaitu dengan mengeringkannya melalui proses sangrai menggunakan alat yang sangat sederhana tentunya. Kulit maggot sangatlah tipis dan rawan gosong jika anda tidak hati-hati pada durasi sangrai yang dilakukan.  Jika kulit maggot yang tipis itu rusak, maka kandungan protein pada kulit maggot hilang atau berkurang.

Untuk itu jika anda memakai oven  manual, harus lebih hati-hati dalam mengeringkan maggot, dibandingkan jika anda memakai oven yang terdapat pengaturan suhunya. Kualitas maggot harus dijaga agar nilai jualnya juga tetap tinggi. Termasuk proses pengeringan yang harus dilakukan dengan benar. Seperti suhu jangan melebihi 40 derajat selama 45 menit, yang sebelumnya dicuci dulu dengan air bersih dua kali lalu direndam air panas.

Selama proses pengeringan, maggot akan mengalami penyusutan sebanyak 40 persen sehingga beratnya menyusut hingga 60 persen hingga menjadi maggot kering. Jadi jika sebelum pengeringan berat maggot 100 % maka setelahnya akan menjadi 40 % saja. Salah satu kendala peningkatan produksi maggot itu sendiri adalah pengembangan bibit yang masih harus menjadi prioritas. Seperti pembagian maggot sebanyak 30% untuk dijadikan recuva dan 70% yang tersisa juga harus dibagi untuk proses maggot yang segar dan yang dikeringkan.

Meski begitu, maggot bsf diharapkan dapat menjadi salah satu usaha yang dapat menopang ekonomi masyarakat yang membudidayakannya dengan adanya kerjasama dengan lembaga tertentu. Karena jika maggot kering sudah berhasil dijual ke toko-toko pakan atau toko pertanian, maka selain maggot akan mudah didapat bagi yang membutuhkannya, juga pasaran maggot akan ramai. Dalam hal ini maggot yang beredar dipasaran tentu saja maggot basah untuk proses pengurai sampah organik maupun sebagai bibit, maupun maggot kering itu sendiri.

Alternatif budidaya maggot bsf

Budidaya maggot juga bisa dilakukan di area tempat pembuangan sampah. Sehingga membantu proses pembusukan sampah. Sampah organik akan didaur ulang dengan adanya maggot tersebut. Beberapa tempat pembuangan sampah bahkan sudah membudidaya maggot untuk kepentingan daur ulang sampah organik, selain untuk dijual guna pemenuhan kebutuhan pakan ternak lele, patin, bawal dan juga ayam. Maka dari itu, maggot bsf selain membantu proses daur ulang, juga memiliki nilai jual yang tinggi. Biasanya maggot kering dalam kemasan 150 Gr bisa dipasarkan dengan harga hingga 30 ribu. Dan di samping maggot bsf, maka kasgotnya juga dapat dijadikan pupuk organik yang memiliki unsur hara yang tinggi. 

Baca Juga:  Analisa Bisnis Budidaya Maggot BSF

Beberapa pembudidaya maggot juga menjadikan maggot sebagai pakan alternatif bagi ikan lele. Karena fakta memperlihatkan bahwa jumlah produksi lele meningkat tajam dari ukuran lele yang berukuran 5 cm berkembang menjadi 10 cm dalam waktu hanya 1 bulan saja. 

Manfaat maggot bsf

Tanpa kita sadari bahwa akibat mengkonsumsi makanan yang bersifat organik dari limbah, maka maggot bsf secara tidak langsung sudah membantu proses penguraian sampah organik tersebut. Limbah organik juga akan berkurang. Sehingga dapat mengurangi masalah yang selama ini muncul akan jumlah sampah organik yang kian bertambah. Hal ini dikarenakan konsumsi akan limbah organik yang dilakukan oleh maggot bsf mencapai hingga 2 kilogram dalam 24 jam. Sehingga akan mempengaruhi perkembangbiakannya. Karena seekor maggot bsf betina bisa menghasilkan sebanyak 600 telur yang otomatis hanya dengan 20 maggot bsf betina akan dihasilkan 10.000 larva maggot bsf.

Kegunaan lainnya dari maggot bsf ini adalah sebagai pakan ternak yang bernilai gizi tinggi. Tak heran pakan yang terbuat dari maggot banyak menjadi pilihan bagi kalangan peternak ayam ataupun budidaya lele dan nilam. Hal ini menjadikan budidaya maggot menjadi incaran jenis usaha yang menguntungkan.

Kandungan maggot bsf

Kandungan protein yang terdapat didalam maggot bsf sebesar 40%, sangat dibutuhkan bagi perkembangan hewan ternak seperti ayam, burung maupun lele. Maggot bsf juga mengandung asam amino yang juga diperlukan bagi hewan ternak tersebut. Tentunya asam amino dan protein yang terkandung didalam maggot itu adalah karena konsumsi maggot bsf yang tinggi akan makanan organik.

Kelebihan maggot bsf

Diantara kelebihan dari maggot bsf adalah mudah dicerna oleh usus hewan yang memakannya. Sehingga penyerapannya juga akan menjadi mudah. Maggot bsf juga tidak memiliki bau yang amis layaknya pakan yang ada saat ini. Begitu juga dengan tampilan maggot bsf yang tidak kotor sehingga dalat diambil dan disimpan dengan mudah. 

Baca Juga:  Analisa Bisnis Budidaya Maggot BSF

Maggot juga mudah untuk didapat. Meski maggot bsf belum merambah ke toko-toko yang berskala besar, namun tetap saja mudah untuk dijumpai di toko-toko alat pertanian terdekat. Terlebih mereka, para peternak ayam maupun budidaya lele dan nilam yang sudah merasakan keunggulam maggot bsf terhadap hewan ternaknya, dapat melihat secara langsung bahwa maggot bsf menjadikan hewan ternak menjadi sehat dan kuat. Hal ini tentunya menjadikan hewan ternak dapat berkembang biak dengan cara cepat dengan hasil yang berlimpah.

Maggot bsf juga menjadi incaran mereka yang membudidayakannya, karena proses budidaya yang sederhana, mudah dan tidak menemukan kendala berarti dalam pengembangbiakannya. Disamping itu maggot bsf dapat dipanen dengan waktu yang teratur atau rutin dan jelas. Proses atau cara mengeringkan maggot bsf memang terbilang mudah. Namun dalam hal ini tetap tidak boleh mengabaikan durasi pengeringannya. Apalagi suhu yang diterapkan selama proses pengeringan. Disamping akan mengurangi kandungan vitamin dan mineral pada maggot juga berefek pada fungsi maggot itu sendiri sebagai pakan ternak. Semoga usaha budidaya maggot anda berhasil dengan baik.