Dunia Informasi untuk anda
Mangga  

Cara Merawat Pohon Mangga yang Baru Ditanam

Apakah Anda suka buah mangga? Buah manis ini memang menjadi salah satu primadona, sehingga penting sekali untuk dibudidayakan. Jika Anda ingin menanam buah mangga di rumah, kita akan membahas mengenai cara merawat pohon mangga yang baru ditanam.

Apakah Sulit Membudidayakan Buah Mangga?

Jika Anda senang mengonsumsi buah mangga, maka tidak ada salahnya untuk mencoba menanam di rumah. Pohon mangga bisa menjadi salah satu pilihan supaya halaman rumah Anda semakin sejuk.

Membudidayakan pohon mangga tidaklah sulit, asalkan Anda mengetahui cara untuk merawatnya. Pastikan Anda merawat pohon mangga tersebut supaya bisa memanen pohon mangga sendiri. Pilihlah bibit mangga yang sesuai dengan selera Anda untuk ditanam di rumah.

Jenis mangga madu bisa menjadi pilihan yang tepat, rasa buahnya yang manis akan membuat Anda semangat untuk merawatnya. Budidaya pohon mangga madu tidaklah sulit, pastikan saja Anda memiliki halaman yang luas atau memiliki kebun untuk menanamnya.

Keuntungan Menanam Pohon Mangga di Rumah

cara merawat pohon mangga yang baru ditanam
cara merawat pohon mangga yang baru ditanam

Tertarik untuk menanam pohon mangga di rumah? Penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja keuntungan jika Anda menanam pohon mangga di rumah. Beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan membudidayakan pohon mangga, sebagai berikut:

1. Halaman Rumah Sejuk

Jika Anda menanam pohon mangga di rumah, maka Anda bisa memiliki halaman rumah yang sejuk. Hal ini dikarenakan pohon mangga bisa tumbuh tinggi, sehingga Anda bisa menikmati waktu yang menyenangkan di bawah pohon mangga.

Tentunya, Anda perlu bersabar jika baru saja menanam bibitnya. Proses pertumbuhan pohon mangga memerlukan waktu 4 tahun. Anda harus sabar menunggu dan rajin merawat pohon tersebut dengan baik sehingga halaman Anda semakin sejuk dengan pohon mangga yang tinggi.

2. Panen Mangga Sendiri

Keuntungan yang istimewa yang bisa Anda rasakan adalah memanen mangga sendiri. Anda bisa sepuasnya menikmati mangga yang Anda tanam. Hal ini tentu akan terasa menyenangkan karena Anda bisa mengonsumsi mangga yang ditanam dan dirawat sendiri.

Biasanya, pohon mangga akan berbuah ketika berusia 4 tahun. Sehingga Anda lagi-lagi perlu bersabar untuk menunggu hasilnya. Tenang saja, tidak ada hasil yang menghianati usaha. Sehingga Anda harus memastikan untuk merawat pohon mangga Anda dengan sepenuh hati.

3. Menjual Mangga

Nah, jika Anda ingin menjadi saudagar mangga, maka Anda juga bisa menjual mangga dari kebun sendiri. Berbisnis buah mangga menjadi salah satu pilihan yang tepat karena buah ini sangat digemari masyarakat.

Anda juga bisa mengolahnya menjadi makanan dan minuman. Sehingga bisa dijual menjadi makanan dan minuman yang menarik. Hal ini tentu akan mendatangkan keuntungan bagi Anda. Jadi, jangan ragu untuk memulai menanam bibit mangga di rumah.

Cara Merawat Pohon Mangga di Rumah

Apabila Anda memiliki bibit mangga, maka Anda bisa menanamnya di halaman rumah. Anda perlu memberikan perhatian khusus untuk tanaman mangga yang baru saja Anda tanam. Beberapa cara merawat pohon mangga yang baru ditanam yang perlu Anda ketahui, sebagai berikut:

1. Siapkan Lubang Tanam dan Bibit Tanaman Mangga

Silakan untuk menyiapkan lubang tanam sekitar 1x1x1 m jika Anda menanamnya di tanah cadas. Sedangkan, Anda bisa menanamnya di tanah hitam atau tanah biasa dengan ukuran 70x70x70 cm. Anda perlu membiarkan lubang tersebut selama 2 bulan supaya hama dan jamur mati.

Baca Juga:  Cara Merawat Pohon Mangga yang sedang Berbunga agar Menghasilkan Buah Melimpah

Selanjutnya, pastikan Anda memiliki bibit tanaman mangga yang berkualitas. Hal ini penting supaya tanaman tersebut bisa tumbuh dengan baik. Jika bibit mangga berkualitas, maka tanaman tersebut bisa bertahan menghadapi cuaca di masa pertumbuhannya.

2. Pemupukan Tanaman

Setelah bibit mangga sudah ditanam, cara merawat bibit mangga supaya tumbuh subur adalah dengan rutin memberikan pupuk. Silakan untuk memberikan pupuk dimulai dari 3 bulan setelah bibit ditanam.

Anda juga bisa melakukan pemupukan menjelang musim hujan. Hal ini akan membantu menjaga kesuburan tanah. Sehingga tanaman mangga Anda bisa tumbuh subur dan sehat sesuai dengan keinginan Anda.

3. Penggarpuan Tanah

Jangan lupa untuk sering melakukan penggarpuan tanah di sekitar tanaman mangga. Anda bisa melakukan hal ini ketika musim kemarau tiba. Penggarpuan tanah bisa membantu memudahkan penyerapan air sehingga tanaman bisa dengan mudah menyerap air.

Pastikan Anda melakukan penggarpuan dengan hati-hati. Hal ini penting supaya tanaman, khususnya batang tanaman tidak mengalami kerusakan. Selain itu, pastikan Anda tidak menggarpu akarnya supaya tanaman mangga bisa tumbuh sehat.

4. Lakukan Pemulsaan

Jika Anda sudah melakukan penggarpuan, selanjutnya Anda bisa melakukan pemulsaan. Pemulsaan penting dilakukan untuk menjaga kelembapan tanah di sekitar tanaman. Cara melakukan pemulsaan yaitu dengan dengan menutup bagian tanah yang digarpu dengan daun alang-alang.

Anda juga bisa menggunakan daun apa saja untuk menutupinya sehingga tanah yang digarpu tidak mengering. Pastikan bahwa tanah di sekitar pohon tetap dalam kondisi lembab sehingga pohon mangga bisa tumbuh dengan subur.

5. Jaga Tanaman dari Hama

Selanjutnya, Anda perlu melakukan pencegahan supaya tanaman tidak terserang hama. Silakan untuk melakukan penyemprotan pestisida secara rutin. Penyemprotan bisa dilakukan 2 minggu sekali. Hal ini bisa membantu Anda mencegah serangan hama pada tanaman mangga.

Baca Juga:  Cara Menanam Pohon Mangga dari Biji agar Cepat Berbuah

Jika tanaman Anda sudah terserang hama, maka segeralah untuk memusnahkan hama tersebut. Salah satu hama yang sering menyerang pohon mangga adalah kepik pemakan daun. Anda bisa mengatasinya dengan sering memangkas daun mangga.

6. Memangkas Cabang Tanaman

Pemangkasan pohon mangga penting dilakukan supaya Anda bisa mencegah serangan penggerek batang. Hal ini juga bisa dilakukan jika batang tanaman Anda sudah terserang hama. Silakan untuk melakukan pemangkasan pada batang yang sudah terserang.

Selain itu, pemangkasan batang penting untuk dilakukan dengan tujuan perawatan tanaman. Biasanya Anda bisa melakukan pemotongan batang dengan menggunakan sistem 139. Anda perlu memotong 1 batang utama, 3 batang sekunder, dan 9 batang tersier lainnya.

7. Menyiram Tanaman dengan Rutin

Pastikan Anda tidak lupa untuk melakukan penyiraman tanaman dengan rutin. Anda bisa menyiram di pagi dan sore hari. Hal ini akan membantu Anda untuk menjaga agar tanaman mendapatkan asupan air yang cukup, khususnya di musim kemarau.

Jangan lupa untuk menyiram tanaman mangga Anda setiap hari. Anda bisa menambahkan pengingat di handphone supaya Anda tidak lupa melakukannya. Cara agar pohon mangga berbuah lebat adalah dengan rutin merawatnya.

Biarkan pohon mangga Anda tumbuh dengan subur di halaman rumah. Jangan ragu untuk menanyakan kepada ahli tanaman supaya tanaman Anda bisa tumbuh dengan sehat. Rawatlah pohon mangga dengan baik dan tunggu dengan sabar buah manisnya. Demikianlah pembahasan mengenai cara merawat pohon mangga yang baru ditanam yang perlu diketahui. Pastikan Anda merawat pohon mangga Anda dengan baik dan penuh kesabaran sehingga berbuah manis.