Dunia Informasi untuk anda
Mangga  

Cara Merawat Pohon Mangga yang sedang Berbunga agar Menghasilkan Buah Melimpah

Mangga merupakan tanaman tropis yang biasanya berbuah musiman. Banyak orang yang tertarik untuk menanam pohon mangga karena menanam pohon mangga dapat menghasilkan buah yang bisa dikonsumsi sendiri dan juga bisa dijual. Cara merawat pohon mangga yang sedang berbunga agar buah banyak membutuhkan ketelatenan dan kesabaran. 

Memiliki pohon mangga yang berbunga lebat hingga memanen buah yang melimpah dengan kondisi buah yang bagus adalah hal yang banyak diinginkan semua orang. Namun permasalahannya adalah banyak pohon mangga yang berbunga namun banyak bunga yang gugur dan rontok. Hal ini mengakibatnya bakal buah mangga menjadi sedikit.

Walaupun budidaya pohon mangga terbilang mudah, budidaya pohon mangga tidak bisa dibilang sepele. Hal ini karena pasti selalu ada kendala yang akan dialami saat sedang melakukan perawatan pohon mangga. 

Penyebab Kerontokan Bunga Pohon Mangga

cara merawat pohon mangga yang sedang berbunga
cara merawat pohon mangga yang sedang berbunga

Cara merawat pohon mangga yang sedang berbunga membutuhkan ketelitian dan ketelatenan yang ekstra. Apalagi bila menginginkan pohon mangga yang menghasilkan buah yang banyak saat panen. Anda harus mengusahakan cara agar bunga pada pohon mangga tidak gugur dan rontok. Kerontokan bunga pada pohon mangga ini dapat disebabkan oleh dua faktor yaitu:

1. Kerontokan Terjadi Secara Alami

Kerontokan bunga yang terjadi secara alami biasanya disebabkan sebagai berikut:

  • Hujan dan angin kencang akan menyebabkan kerontokan yang disebabkan oleh perubahan cuaca ini tidak bisa dicegah dan diprediksi.
  • Kerontokan dari pohon mangga itu sendiri karena bunganya rontok untuk dapat memberikan nutrisi pada buah yang akan matang. Hal seperti ini wajar karena buah yang dihasilkan akan lebih optimal.
  • Cuaca dan iklim yang tidak menentu. Seperti saat cuaca panas kemudian tiba-tiba hujan ataupun sebaliknya, karena perubahan suhu yang berubah secara mendadak membuat pohon mangga tidak dapat beradaptasi dengan baik.
  • Musim kemarau yang panjang atau cuaca panas yang ekstrim akan membuat lahan dan tanah area penanaman menjadi kering. 
  • Penyerbukan yang gagal pada pohon mangga juga bisa menyebabkan kerontokan bunga pada pohon mangga.
  • Unsur hara yang ada di dalam tanah penanaman pohon mangga tidak mencukupi untuk menunjang pembentukan bunga dan buah pada pohon mangga.
Baca Juga:  Cara Menanam Pohon Mangga Agar Tidak Tinggi

2. Kerontokan karena Hama Penyakit

Hama dan penyakit juga bisa menjadi penyebab terjadinya kerontokan bunga-bunga pada pohon mangga. Sehingga hama dan penyakit tersebut harus segera dimusnahkan. Anda harus sering mengawasi pohon mangga dan perlu mengetahui beberapa jenis hama yang biasanya menyerang pohon mangga yaitu hama wereng, kutu dompolan, kutu sisik, dan juga embun tepung.

Cara Merawat Pohon Mangga Yang Berbunga

Cara merawat pohon mangga yang sedang berbunga untuk mengatasi masalah kerontokan dan gugurnya bunga pada pohon mangga, ada beberapa hal yang penting untuk dilakukan sebagai upaya merawat pohon mangga yang sedang berbunga. Berikut ini adalah cara yang perlu dilakukan untuk merawat pohon mangga:

1. Memberi Pupuk sebagai Tambahan Nutrisi

Perlu diketahui bahwa unsur hara pada tanah tempat penanaman pohon mangga sangat diperlukan, terlebih apabila pohon memasuki masa berbunga. Menambahkan dosis pupuk NPK merupakan cara yag tepat karena mampu memberikan tambahan nutrisi yang dibutuhkan pohon mangga.

2. Melakukan Penyiraman Secara Rutin

Air merupakan elemen yang penting sama seperti unsur hara yang ada pada tanah. Saat pohon mangga tidak diberikan asupan air yang cukup maka pohon mangga akan kehilangan energi untuk menyalurkan asupan makanan yang dibutuhkan untuk proses untuk pembuahan.  

Penyiraman secara rutin minimal setiap satu hari sekali. Dengan cara ini akan sangat membantu pohon mangga untuk mempertahankan bunga supaya tidak gugur dan juga rontok. 

3. Menanam Pohon Mangga Lebih dari Satu

Pohon mangga merupakan tanaman yang melakukan penyerbukan secara silang, sehingga pohonnya memerlukan partner untuk melakukan kawin. Walaupun penyerbukan sendiri bisa dilakukan tanpa partner namun kemungkinan berhasilnya kecil hanya sekitar 20%. 

Baca Juga:  Cara Merawat Pohon Mangga yang Baru Ditanam

4. Memberi Suplemen Organik Pada Pohon Mangga

Cara untuk membentuk jaringan akar yang kuat pada pohon mangga memerlukan suplemen yang baik. Dengan diberikannya suplemen tersebut diharapkan agar meminimalisir terjadinya gugur dan rontoknya bunga pada pohon mangga. Sehingga hasil panen buah mangga akan optimal dan maksimal sesuai dengan yang diharapkan.  

5. Hama Wereng Dan Kutu Dompolan

Hama wereng dan kutu dompolan adalah hama yang sering menyebabkan bunga pada pohon mangga menjadi rontok. Hama wereng, menghisap kuncup bunga hingga kering kemudian layu menyebabkan satu persatu bunga menjadi jatuh berguguran dan rontok. Sedangkan kutu dompolan biasanya menyerang tangkai bunga pada pohon mangga.

6. Hama Lalat Buah

Cara merawat pohon mangga yang sedang berbunga yaitu dengan memperhatikan pertumbuhan bunga. Lalat buah biasanya menyerang saat bunga berubah menjadi bakal buah. Hama lalat buah ini akan menghisap sari makanan dari bakal buah kemudian akan meninggalkan jamur yang menyebabkan buah menjadi kuning, kemudian membusuk, dan bakal buah akan rontok.

Jenis Pupuk untuk Pohon Mangga

1. Pemangkasan

Lakukan pemangkasan pada cabang dan juga ranting pohon mangga yang sudah tidak produktif, sudah tua, terserang OPT, terlalu rapat, bersilang, dan mengarah ke dalam.

Selain supaya proses fotosintesis pada tanaman pohon mangga berjalan lancar, namun juga untuk meningkatkan pembentukan bunga dan buah mangga, pemangkasan juga mengurangi resiko pohon terkena penyakit.

2. Pemupukan 

Pohon mangga perlu diberikan pupuk supaya tanaman menjadi kuat dan subur. Pupuk dengan kandungan NPK seimbang, sangat tepat diberikan untuk pemupukan pohon mangga. Hal yang harus diperhatikan, benamkan sekitar 2-3 kg pupuk NPK 1-2 meter dari batang pohon, secara melingkar dan merata. 

Baca Juga:  Ini Dia Cara Cangkok Mangga dengan Media Air yang Benar

3. Merangsang Pembungaan Menggunakan Poston 250 SC

1 bulan setelah pohon mangga keluar tunas baru, siramkan Poston dengan konsentrasi 5-10 ml/lt mengelilingi batang, yaitu 1-2 meter dari batang, secara merata sampai tanah menjadi basah. 

4. Merangsang Buah Pentil

Pupuk dengan K (Kalium) tinggi sangat tepat untuk diaplikasikan pada pohon mangga untuk mencegah kerontokan pada bunga dan merangsang pembuahan pohon mangga.

5. Mempertahankan Pentil agar Menjadi Buah Produktif

Semprotkan kembali PNC(KNO3 Putih) dengan konsentrasi 20 gr/lt setiap 3 minggu sekali, setelah aplikasi yang pertama, dicampur dengan CNG 5 gr/lt. Pada fase pemeliharaan buah ini kendalikan juga OPT yang mengganggu baik secara mekanis ataupun secara kimiawi.

Cara merawat pohon mangga yang sedang berbunga dapat diatasi dan dilakukan dengan berbagai cara perawatan. Perawatan ini dilakukan untuk memaksimalkan proses pembuahan agar tidak terkena berbagai gangguan yang menyebabkan pembuahan tidak maksimal. Memiliki tanaman pohon mangga yang sehat dan menghasilkan banyak buah yang sehat tentunya menjadi keinginan semua orang.