Dunia Informasi untuk anda
Mangga  

Ini Dia Cara Cangkok Mangga dengan Media Air yang Benar

Kegiatan mencangkok merupakan salah satu jenis metode untuk memperbanyak tanaman yang dilakukan secara vegetatif. Mencangkok banyak dipilih masyarakat sebab bisa menghasilkan bibit yang dianggap unggul dan memiliki sifat identik dengan tanaman induk. Salah satu yang sering ditekuni adalah tentang bagaimana cara cangkok mangga dengan media air yang benar. Sudahkah Anda mengetahuinya?

Mencangkok dengan Media Air

Sebelum membahas lebih lanjut terkait mencangkok mangga, adakalanya Anda mengetahui terlebih dahulu istilah mencangkok menggunakan media air ini. 

Sederhananya, mencangkok sendiri adalah cara yang dilakukan untuk menumbuhkan tanaman baru di bagian atau jaringan pada tanaman yang masih hidup. Layaknya mencangkok melalui media tanah, semua tahapan pada mencangkok menggunakan media air juga hampir sama. Bedanya, hanya terletak pada media yang digunakan yakni jika sebelumnya Anda menggunakan media tanah sebagai media utama, maka pada kali ini Anda diarahkan untuk menggunakan media air.

Kenapa air? Hal tersebut dikarenakan air bisa membuat jaringan tanaman yang dilaluinya bisa menumbuhkan organ baru. Maka dalam mencangkok kali ini diharapkan bisa tumbuh akar tanaman yang nanti bisa dijadikan sebagai cikal bakal jaringan baru untuk tanaman yang baru pula. 

Setelah itu, melalui jaringan baru tadi, maka akan tumbuh tanaman yang lengkap dengan daun dan batang.

Air yang Digunakan dengan Mencangkok Media Air

Lantas, apakah air yang digunakan pada mencangkok merupakan air tertentu? Jawabannya, Anda bisa menggunakan air biasa untuk dijadikan sebagai media tanamnya. Akan tetapi, pastikan bahwa air berada dalam kondisi yang bersih sehingga bisa menghasilkan hasil tanaman sesuai harapan. Selain itu, sebagai catatan, tambahkan juga hormon maupun zat perangsang tumbuhnya akar pada air yang hendak digunakan sebagai media tanam. Sebagai contoh adalah ZPT jaringan atau lainnya.

Nah, selanjutnya, kita akan membahas seputar bagaimana cara cangkok mangga dengan media air yang bisa langsung Anda lihat di bawah ini.

Cara Cangkok Mangga dengan Media Air yang Benar

cara cangkok mangga dengan media air
cara cangkok mangga dengan media air

Terdapat beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk mencangkok mangga menggunakan media air. Di antaranya:

1. Mempersiapkan pohon induk mangga

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mempersiapkan pohon induknya terlebih dahulu. Sementara beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh tanaman induk adalah tanaman yang unggul dan sudah produktif. Selain itu, pastikan bahwa induk mangga yang Anda pilih telah mencapai usia 5 tahunan. Bahkan, pastikan juga bahwa tanaman induk berada dalam kondisi sehat atau sedang tidak terserang hama maupun penyakit di dalam pohonnya.

Nah, sebelum mulai mencangkok, sebaiknya lakukan pemangkasan guna mengurangi penguapan pada tanaman. Jangan lupa libatkan kegiatan pemupukan supaya pertumbuhan tanaman menjadi optimal dan nantinya bisa siap ketika hendak diperbanyak. Barulah setelah tanaman induk siap dan memenuhi beberapa kriteria tadi, maka tanaman induk mangga sudah bisa melakukan pencangkokan.

2. Mempersiapkan alat dan bahan

Usai Anda memiliki target tanaman induk mangga dengan tepat, maka cara cangkok mangga dengan media air berikutnya adalah mempersiapkan alat dan bahan. 

Pada cara kali ini, alat dan bahan yang dibutuhkan cukup sederhana. Siapkan cutter atau pisau tajam yang bersih dan botol air minum bekas yang sudah dibersihkan. Supaya proses pembersihan bisa dilakukan dengan mudah, maka bisa menggunakan wadah bekas botol air mineral yang diketahui cukup mudah untuk Anda bersihkan.

Baca Juga:  Cara Menanam Pohon Mangga Agar Tidak Tinggi

Selain beberapa hal tadi, jangan lupa siapkan juga tali pengikat seperti tali rafia atau lainnya, air bersih, dan ZPT secukupnya saja. Setelah semua alat dan bahan terkumpul, Anda bisa melanjutkan ke tahap berikutnya.

3. Memilih cabang tanaman yang dianggap ideal

Untuk memberikan hasil terbaik, jangan lupakan langkah satu ini. Yakni dengan memilih cabang tanaman yang ideal. Pasalnya, cara cangkok mangga dengan media air umumnya tidak terlepas dari cabang tanaman yang siap untuk dijadikan sebagai objek pencangkokan. Apalagi cabang terbaik bisa dijadikan sebagai salah satu ukuran keberhasilan dalam metode pencangkokan menggunakan air.

Sementara, untuk kriteria cabang yang perlu Anda pilih adalah harus merupakan cabang yang sehat, tidak boleh memilih cabang yang tergolong terlalu tua atau terlalu muda dengan cara melihat warna cabang yang tidak terlalu hitam tua atau hijau muda. Setelah itu, jangan lupa untuk memilih cabang dengan ukuran minimal 2 cm atau bisa diperkirakan sebesar jempol orang dewasa. Anda juga bisa memilih cabang yang sebaiknya memiliki posisi agak jauh dari posisi bagian bawah tanaman. Bisa memilih lebih dari satu cabang untuk dicangkok sehingga tingkat keberhasilan bisa semakin tinggi.

4. Melakukan pencangkokan

Nah, setelah semua langkah-langkah yang ada di atas berhasil sudah Anda lakukan, maka langkah berikutnya adalah melakukan pencangkokan atau kegiatan inti. Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan di antaranya:

  • Menyayat bagian kulit tanaman dengan panjang sayatan sekitar 5 cm,
  • Membuat sayatan dengan jarak di angka 3 cm dari batas antara cabang dan juga pohon,
  • Jangan lupa bahwa sayatan tidak dibuat terputus, melainkan hanya bagian bawah yang disayat sedangkan bagian atas tetap dibiarkan menempel pada cabang tanaman,
  • Jangan lupa siapkan wadah bekas air mineral yang sudah dijelaskan sebelumnya,
  • Isikan wadah tadi dengan air sebanyak 3 sampai 4 cm ketinggian air,
  • Tambahkan juga ZPT yang sudah Anda siapkan juga ke dalam air. Namun, langkah ini bisa dikategorikan sebagai langkah opsional. Jika Anda menggunakan ZPT, Anda bisa mengoleskannya di bagian bawah sayatan,
  • Masukkan sayatan ke dalam wadah botol dengan panjang untuk bagian yang terendam paling tidak lebih dari 1 cm,
  • Sebaiknya Anda menggunakan wadah botol yang transparan sehingga bisa lebih mudah untuk melakukan pengamatan terkait adanya aktivitas hingga pertumbuhan akar nantinya,
  • Jangan lupa untuk menali wadah air mineral yang sudah dipersiapkan dengan proses sedemikian rupa tadi dengan bagian cabang yang hendak dicangkok. Cara ini perlu Anda lakukan supaya wadah tidak terjatuh,
  • Perlu Anda ketahui, bahwa keberhasilan pencangkokan kali ini ditunjukkan dengan tumbuhnya bintil-bintil akar di bagian sayatan tadi,
  • Nah, ketika sudah mulai muncul bagian bintil-bintil, Anda tinggal menunggu waktu yang tepat saja untuk melakukan perpindahan tanaman ke media tanah.
  • Melakukan penanaman bibit cangkok
Baca Juga:  Cara Merawat Pohon Mangga yang sedang Berbunga agar Menghasilkan Buah Melimpah

Cara cangkok mangga dengan media air yang terakhir adalah tinggal menanam bibit cangkoknya. Ketika sudah muncul bintil-bintil akar tadi, maka tandanya tanaman siap dipindahkan ke media padat atau tanah. Waktu lamanya kegiatan cangkok umumnya 1,5 sampai 2 bulan sebagaimana mencangkok pada umumnya. 

Anda bisa melakukan pemotongan bagian cabang tanaman kemudian mengeluarkan botol dan tanam bibit tadi ke media tanah seperti di dalam polybag. Sementara, untuk perbandingan media tanah yang digunakan dengan pupuk kandang adalah 1:1. 

Itulah beberapa tahapan atau cara cangkok mangga dengan media air yang bisa langsung Anda praktekkan sendiri di rumah.