Yamaha XMAX 250cc menjadi pilihan skutik bongsor yang populer di pasaran. Desainnya yang gagah dan harga yang menarik, mulai dari Rp 67 jutaan, membuat motor ini banyak diminati. Namun, bagi Harald Arkan, keunggulan bawaan XMAX belum cukup.
Harald, seorang penggemar modifikasi, melakukan sejumlah ubahan pada XMAX miliknya. Modifikasi ini tidak hanya menyasar penampilan, tetapi juga performa dan kenyamanan berkendara. Hasilnya? Sebuah XMAX yang tampil unik dan performa yang meningkat.
Modifikasi Mesin yang Lebih Bertenaga
Untuk meningkatkan performa, Harald mempercayakan SportisiMoto untuk melakukan bore up mesin dari 250cc menjadi 344cc. Peningkatan kapasitas silinder ini bertujuan untuk mengatasi bobot XMAX yang cukup berat, mencapai 181 kg. Bore up dilakukan dengan pertimbangan agar tetap aman untuk penggunaan sehari-hari dan touring.
Harald menjelaskan bahwa bore up yang dilakukan tidak ekstrem, sehingga tetap nyaman untuk penggunaan harian dan perjalanan jauh. Ini memastikan performa yang meningkat tanpa mengorbankan keandalan dan kenyamanan.
Upgrade Sistem Pengereman
Dengan peningkatan performa mesin, sektor pengereman juga perlu ditingkatkan. Harald mengganti kaliper depan dan belakang dengan produk Brembo, termasuk handle remnya. Untuk selang rem, ia menggunakan produk Hel. Kombinasi ini diharapkan mampu memberikan daya cengkram yang lebih optimal dan menambah rasa aman saat berkendara.
Tampilan Unik dengan Pelek dan Suspensi Baru
Modifikasi pada bagian kaki-kaki membuat tampilan XMAX milik Harald semakin unik. Ia menggunakan pelek RPD Rims berwarna hijau metalik yang dipadukan dengan ban Pirelli Rosso Scooter. Yang menarik, Harald juga melakukan downsize pada suspensi.
Tujuan dari downsize suspensi ini adalah untuk mendapatkan tampilan yang lebih padat dan proporsional sesuai selera pribadi Harald. Meskipun demikian, kenyamanan berkendara tetap diperhatikan dengan menggunakan produk suspensi Profender, baik di depan maupun belakang.
Peningkatan Kenyamanan Berkendara
Selain performa dan penampilan, Harald juga memperhatikan kenyamanan berkendara. Ia mengganti hand grip dengan merek Domino berwarna hitam dan hijau, serta memasang jok Comfort Seat XMAX dari Eropa. Detail-detail kecil ini ternyata memberikan perbedaan yang signifikan pada pengalaman berkendara.
Daftar Lengkap Modifikasi XMAX Harald Arkan
Berikut daftar lengkap modifikasi yang dilakukan Harald pada Yamaha XMAX miliknya:
Modifikasi yang dilakukan Harald Arkan pada Yamaha XMAX-nya menunjukkan bagaimana sentuhan personal dapat mengubah sebuah motor standar menjadi sebuah karya yang unik dan sesuai dengan karakter pengendaranya. Kombinasi performa yang meningkat dan tampilan yang menarik membuat modifikasi ini patut diapresiasi.
Perlu diingat bahwa modifikasi motor sebaiknya dilakukan oleh tenaga profesional dan memperhatikan aspek keselamatan berkendara. Memastikan semua komponen yang terpasang sesuai standar dan teruji kualitasnya adalah hal yang krusial.