Dunia Informasi untuk anda

Bagaimana Cara Memanfaatkan Hewan Agar Keseimbangan Alam Tetap Terjaga

Menjaga ekosistem hewan, serta tidak mengeksploitasi hewan secara besar besaran, tentunya jadi cara yang paling umum dilakukan untuk tetap dapat memanfaatkan hewan agar keseimbangan alam tetap terjaga dengan baik. Tapi apakah hal tersebut sudah benar benar cukup, atau apakah ada teknik lain yang dapat kita lakukan, untuk tetap menjaga keseimbang alam!  

Apa yang kamu ketahui tentang keseimbangan alam

Keseimbangan alam memang sebaiknya dijaga dengan baik, agar kelestarian makhluk hidup di dalamnya dapat terjaga dengan baik. Hal hal tersebut tentunya dapat tercapai, jika manusia sebagai puncak rantai, mampu memanfaatkan alam yang ada disekitarnya secara baik, sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan.

Keseimbangan alam sendiri juga termasuk lingkungan hidup, atau segala isi bumi beserta langit, agar tetap dalam kondisi seimbang. Sadar atau tidak, alam sendiri merupakan tempat tinggal dari semua makhluk hidup di dalamnya. Atau dengan kata lain, keseimbanan alam sendiri adalah sebuah kondisi dimana rantai makanan yang ada di dalam sebuah ekosistem, vegetasi dan hal lainnya, yang mempengaruhi makhluk hidup tersebut, tidak mengalami tumpang tindih antara satu dengan yang lainnya.

Bagaimana Cara Memanfaatkan Hewan Agar Keseimbangan Alam Tetap Terjaga
Bagaimana Cara Memanfaatkan Hewan Agar Keseimbangan Alam Tetap Terjaga

Tentunya sudah jadi kewajiban manusia untuk menjaga keseimbangan alam dan isinya. Apabila keseimbangan tersebut rusak, secara tidak langsung hal tersebut akan mempengaruhi rantai makanan, dan ekosistem dari para makhluk hidup yang ada di dalamnya. Termasuk dalam hal ini memanfaatkan hewan sebagai salah satu kebutuhan hidup dari para manusia itu sendiri. Mengingat manusia sendiri mempunyai peran penting dalam menjaga alam, termasuk hewan, agar kelestarian ekosistem yang ada tetap terjaga dengan baik.   

Cara memanfaatkan hewan agar keseimbangan alam tetap terjaga

Untuk tetap dapat memanfaatkan hewan yang ada di sekitar dengan baik, serta tetap menjaga keseimbangan alam agar tetap terjaga, tentunya terdapat beberapa langkah bijak yang sebaiknya dilakukan. Cara cara berikut, selain dapat menjaga makhluk hidup yang ada, juga mampu menjaga tumbuhan yang ada di lingkungan tersebut. Adapun cara yang dimaksud, antara lain :

  1. Tidak mengambil serta memelihara atau bahkan menjual hewan langka dan juga yang dilindungi. Hal ini seperti yang tertuang dalam undang undang tentang perburuan hewan liar, dan penebangan liar.
  2. Mentaati undang undang perburuan dan juga penebangan liar, yang sebelmnya sudah ditetapkan oleh pemerintah.
  3. Membudidayakan aneka macam hewan, yang dapat diambil manfaatnya. Adapun hewan yang dimaksud antara lain, sapi, ayam, kerbau, domba, kuda dan yang lainnya.
  4. Mengganti berbagai macam bahan bahan atau material yang berasal dari alam, terutama dari hewan yang sulit untuk kembang biakkan, dengan bahan sintetis yang lebih ramah lingkungan.
  5. Melakukan reboisasi di lingkungan sekitar. Dalam hal ini menanam berbagai macam pohon teduh, untuk tetap menjaga tempat hidup dari para hewan yang tinggal di lingkungan tersebut. Teknik tersebut dapat dilakukan oleh siapa saja yang tinggal di dekat hutan, atau bagi mereka yang suka meneban gohon.
  6. Menjaga tempat tinggal hewan atau tempat hidup hewan, serta habitatnya. Atau dengan kata lain, tidak merusak ekosistem atau habitat dari hewan itu sendiri, tanpa alasan.
  7. Membantu menanam bunga, sebagai salah satu teknik penyerbukan alami, yang biasanya dilakukan oleh lebah dan kupu kupu.    
  8. Tidak memberi makan hewan, terutama yang tinggal di kebun binatang secara sembarangan.
  9. Ikut merawat lingkungan hidup, salah satunya dengan membuang sampah di tempatnya.
  10. Membantu mendaur ulang sampah rumah tangga. Seperti membuat pupuk kompos, atau mendaur ulang sampah plastik.  
Baca Juga:  Jelaskan Sarana Hubungan Internasional Menurut J Frankel

Mengapa menjaga keseimbangan alam dan kelestarian sumber daya alam penting

Alasan kenapa keseimbangan dan kelestarian sumber daya alam wajib untuk dilakukan, tidak lain agar alam dan isinya dapat terus memberikan manfaat bagi siapapun termasuk makhluk hidup yang ada di dalamnya.

Dalam hal ini manfaat yang paling banyak dirasakan adalah oleh manusia. Adapun manfaat yang dmaksud adalah sumber daya alam, seperti:

  1. Sebagai sumber energi dan juga bahan bakar, contohnya minyak bumi.
  2. Sebagai pembangkit tenaga listrik, mulai dari sinar matahari, minyak bumi dan yang lainnya.
  3. Untuk memenuhi kebutuhan makan bagi umat manusia dan hewan.
  4. Sebagai tempat tinggal untuk hewan dan manusia.
  5. Untuk menjaga kelestarian serta keseimbangan alam yang ada.
  6. Guna menyuplai oksigen bagi seluruh makhluk hidup. Dimana oksigen tersebut biasanya berasal dari tumbuhan.  
  7. Sebagai cadangan devisa dari negara.  

Namun ketika sumber daya alam tersebut diambil secara terus menerus, tanpa ada usaha untuk melestarikannya, maka kelak akan ada dampak negatif yang akan dirasakan, terutama oleh manusia. Adapun dampak negatif yang dimaksud, seperti :

  • Terjadinya bencana alam
  • Punahnya beberapa jenis hewan dan tumbuhan.
  • Terjadinya pemanasan global.
  • Sumber daya alam yang akan berkurang

Jelaskan pengertian lingkungan alam, lingkungan buatan dan lingkungan sosial

Tatanan lingkungan yang ada saat ini, dibagi menjadi 3 jenis, yaitu lingkungan alam, lingkungan buatan dan lingkungan sosial.

  • Lingkungan alam
Baca Juga:  Jelaskan Fungsi Sejarah Sebagai Fungsi Rekreatif

Tidak lain adalah lingkungan yang terbentuk, melalui proses natural, dan tidak ada campur tangan dari manusia. Adapun contoh dari lingkungan alam sendiri antara lain, sungai, pegunungan, hutan, dan yang lainnya.   

  • Lingkungan buatan

Adapun lingkungan buatan sendiri, tidak lain lingkungan yang dibuat atas hasil modifikasi manusia, di lingkungan alam tersebut. Contoh dari lingkungan buatan yang dimaksud, antara lain ladang, kebun dan yang lainya. Dalam hal ini lingkungan buatan sendiri, adalah lingkungan alam yang diubah dan disesuaikan dengan kebutuhan orang atau penduduk yang tinggal di sekitar lingkungan alam tersebut.  

  • Lingkungan sosial

Yang dimaksud dengan lingkungan sosial sendiri, tidak lain wilayah atau tempat berlangsungnya berbagai macam interaksi sosial, dari berbagai macam kelompok, lengkap dengan nilai serta norma yang lebih mapan. Dalam hal ini yang berkaitan dengan lingkungan alam dan lingkungan buatan.  

Sebutkan hewan peliharaan yang dapat dimanfaatkan oleh manusia

Diantara jenis hewan yang ada saat ini, beberapa diantaranya ada yang sengaja dipelihara, untuk diambil manfaatnya oleh manusia. Adapun berbagai macam hewan dan manfaatnya untuk manusia antara lain :

  1. Hewan yang dimanfaatkan tenaganya, antara lain :
  2. Hewan dari jenis genus equines, seperti kuda, dan keledai
  3. Gajah
  4. Unta Arab, Llama Andes, dan yang lainnya
  5. Hewan dari jenis Bovinae, seperti kerbau, sapi dan yang lainnya.
  6. Hewan yang diambil berdasarkan kemampuan panca indranya, seperti :
  7. Anjing, dengan kemampuan mengendusnya.
  8. Kuda, dengan kemampuan membawa beban.
  9. Kucing, dan burung hantu dengan kemampuannya membasmi hewan pengerat, seperti tikus.
  10. Burung elang, sebagai asisten berburu.
  11. Hewan yang diambil dagingnya, seperti :
  12. Ayam.
  13. Kambing.
  14. Sapi,
  15. Kerbau.
  16. Hewan yang diambil susunya, yaitu :
  17. Sapi
  18. Kambing

Dari penjelasan di atas, tentu jelas, ada cukup banyak binatang yang ada di sekitar kita, yang memberikan manfaat bagi manusia. Selain itu, hewan hewan tersebut juga mempunyai habitat dan ekosistemnya masing masing, juga sebagai satu rangkaian rantai makanan yang saling berkaitan satu dengan yang lain. Jika hal tersebut tidak dijaga dan dilestarikan dengan baik, pastinya akan mempengaruhi keseimbangan alam yang ada.