Dunia Informasi untuk anda

Mengapa Otot Lurik Juga Dikatakan Sebagai Otot Sadar

Otot Lurik – Otot adalah salah satu jaringan di dalam tubuh manusia berfungsi sebagai alat gerak aktif dan menggerakkan tulang. Otot terdiri dari kumpulan jaringan yang saling melakukan kontraksi dan menghasilkan suatu gerakan. Tanpa adanya otot, otomatis tubuh manusia tidak dapat digerakkan. Karena bagian organ tubuh ini sangat melekat dengan tulang.

Di dalam tubuh manusia, otot terdiri dari 3 jenis yaitu otot polos, otot jantung, dan otot lurik. Masing-masing pada jenis otot ini memiliki perbedaan dari segi fungsi dan karakteristiknya. Yang jelas setiap bagian otot tentu sangat berfungsi untuk sistem pergerakan dalam tubuh manusia.

Pada artikel ini, kita akan membahas lebih jauh apa itu tentang otot lurik. Otot ini memiliki bagian, ciri-ciri dan cara bekerja yang berguna untuk mendorong aktivitas pergerakan pada tubuh. Selain itu, otot ini juga memiliki banyak istilah lain dengan sebutan otot sadar. Untuk memahami lebih jauh, simak pembahasan tentang otot lurik selengkapnya di bawah ini.

Apa Otot Lurik?

Mengapa Otot Lurik Juga Dikatakan Sebagai Otot Sadar
Mengapa Otot Lurik Juga Dikatakan Sebagai Otot Sadar

Dalam istilah Inggris otot lurik disebut dengan Skeletal Muscle. Sebutan lainnya yaitu otot rangka yang merupakan salah satu dari tiga jenis otot yang berada di dalam tubuh manusia. Alasan mengapa disebut otot lurik adalah karena sel otot ini memiliki bagian yang gelap dan terang. 

Otot ini dihubungkan dengan tendon yang menjadi perantara antara otot dan tulang. Salah satu contoh otot lurik yang terdapat di dalam tubuh manusia seperti otot biseps dan trisep yang terletak di bagian tubuh lengan atas.

Bagian otot lurik

Otot lurik memiliki bentuk yang panjang dan terdiri dari banyak inti sel. Adapun otot lurik terdiri dari beberapa bagian seperti berikut:

Sarkoplasma

Sarkoplasma berbentuk seperti cairan sel otot seperti miofibril yang merupakan serabut tipis berbentuk silinder kecil dan membentuk seperti serat otot. 

Sarkolema

Bagian dalam otot lurik juga ada yang disebut sarkolema, merupakan membran plasma terbuat dari serat otot yang berfungsi sebagai pembungkus sarkoplasma untuk melindungi otot-otot.

Miofibril

Miofibril merupakan serabut tipis yang terdapat di dalam sarkoplasma yang terdiri dari dua macam yaitu miofilamen homogen dan miofilamen heterogen. Pada miofilamen homogen terletak berada di dalam otot polos, sedangkan miofilamen heterogen berada di otot jantung.

Miofilamen

Miofilamen adalah sekumpulan filamen yang membentuk bagian miofibril. Bentuk dari miofilamen terdiri dari serat-serat benang atau filamen halus yang mengandung protein kontraktil atau disebut dengan aktomiosin. Protein ini berfungsi sebagai pengatur kekuatan dan kecepatan pada kontraksi otot.

Fungsi otot lurik

Sebagian besar otot pada manusia didominasi oleh otot lurik yang memiliki fungsi utama untuk menunjang sistem pergerakan seperti menggerakkan tangan, kaki, jari, hingga aktivitas kompleks seperti berlari, berjalan, berbicara, dan lain-lain.

Selain berfungsi untuk menunjang sistem pergerakan, otot lurik juga memiliki fungsi lebih diantaranya adalah:

Otot lurik polos

Berfungsi sebagai alat mengontrol gerakan tubuh seperti mengatur kecepatan kontraksi. Selain itu, bagian pada otot ini juga berfungsi untuk mengatur suhu seperti meningkatkan suhu di dalam tubuh untuk melepaskan panas.

Otot lurik jantung

Otot lurik bagian ini memiliki fungsi utama untuk memompa jantung. Dimana sistem saraf otonom di dalam tubuh akan mengendalikan otot lurik jantung. Yang dapat merangsang untuk melakukan kontraksi. Sehingga dapat memompa darah ke seluruh tubuh.

Baca Juga:  Bagaimana Cara Memanfaatkan Hewan Agar Keseimbangan Alam Tetap Terjaga

Ciri-ciri otot lurik

Otot lurik memiliki ciri-ciri  diantaranya adalah berbentuk seperti serabut yang membentuk menjadi sebuah jaringan tersusun rapi. Otot ini juga berbentuk berupa silindris yang memanjang dan memiliki banyak inti sela. Selain itu, otot lurik juga memiliki ciri-ciri yang lebih spesifik diantaranya adalah:

  • Terletak pada bagian otot dada, otot paha, otot betis, hingga jantung
  • Sel serabutnya menyatu dan bercabang
  • Dapat berkontraksi dengan cepat, kuat, dan berirama
  • Otot menempel pada rangka tubuh manusia dan hewan
  • Otot ini bergerak dalam kesadaran kecuali jenis otot lurik jantung

Bagaimana Cara Kerja Otot Lurik?

Setiap bagian-bagian pada otot lurik memiliki fungsi dengan cara kerja yang beragam. Secara umum, cara kerja otot ini mengandalkan metode kontraksi dan relaksasi yang terdiri dari beberapa tahapan seperti berikut:

Sistem saraf di dalam tubuh akan memberi sinyal kepada otot lurik untuk mengontrol gerak motorik. Nantinya sel saraf akan mengeluarkan sinyal kimia atau disebut dengan neurotransmitter di antara sel saraf dan sel otot.

Sinyal kimia ini akan memasuki sel otot yang berhubungan dengan protein reseptor yang terletak berada di membran plasma sel otot atau sarkolema dan mendorong potensial aksi.

Dorongan potensial ini akan menyebar ke seluruh sel otot dan masuk ke dalam untuk membuka tempat penyimpanan kalsium yang disebut Sarcoplasmic Reticulum.

Selanjutnya, kalsium ini akan bergerak menuju sarkoplasma yang memiliki protein aktin dan miosin. Ion kalsium ini nantinya saling berikatan dengan protein troponin dan tropomiosin di dalam sarkoplasma. 

Ketika ion kalsium saling berikatan, troponin akan menggeser dan mengubah bentuk tropomiosin untuk membentuk ikatan aktin-miosin. Setelah ikatan aktin-miosin terbentuk, otot akan berkontraksi menghasilkan tenaga dan berubah lebih pendek.

Baca Juga:  Bagaimana Menurut Pendapat Kamu Apabila Ada Teman Yang Berkata Kotor

Kemudian pada tempat penyimpanan kalsium akan tertutup sehingga kalsium yang sebelumnya berada di sarkoplama bisa dilepaskan. Pada waktu yang sama, troponin akan kehilangan ion kalsium dan akan kembali ke posisi semula. Sementara tropomiosin akan melilit ikatan aktin-miosin pada filamen aktin sehingga otot kembali relaksasi dan memanjang.

Mengapa Otot Lurik Dikatakan Sebagai Otot Sadar?

Otot lurik bisa dikatakan sebagai otot sadar. Hal ini dikarenakan cara bekerja otot lurik dapat dikendalikan oleh tubuh manusia. Otot ini memiliki kontraksi yang sangat cepat dan tidak teratur sehingga mudah lelah. Karena pergerakan dari otot lurik disebabkan oleh rangsangan pada suhu, arus listrik dan reaksi kimia. 

Apakah Otot Lurik Bekerja Secara Sadar atau Tidak?

Berdasarkan pemaparan di atas, kita dapat mengetahui bahwa otot lurik adalah otot yang volunter. Dimana cara kerja untuk menggerakan otot ini harus dilakukan secara sadar. Berbeda dengan jenis otot lurik jantung yang pergerakannya dilakukan secara tidak sadar. Sehingga untuk otot lurik ini bisa bekerja secara sadar atau tidak tergantung dimana bagian otot itu bekerja.

Itulah pembahasan tentang otot lurik yang merupakan bagian dari organ dalam tubuh manusia. Pada intinya, otot lurik bisa dikatakan sebagai otot sadar karena cara kerjanya yang harus dilakukan secara sadar oleh tubuh manusia.  Cara bagaimana agar otot bisa bekerja secara maksimal, kita harus selalu menjaga kesehatan seperti mengkonsumsi produk yang kaya akan kalsium, protein, dan kolagen tinggi untuk kesehatan otot. Dengan begitu, otot kita bisa bekerja dengan baik untuk membantu tubuh bekerja setiap hari.