Dunia Informasi untuk anda

Jelaskan Peran Tukang Kebersihan Bagi Kita

Kebersihan adalah hal yang sangat perlu diperhatikan jika Anda ingin bisa hidup dengan sehat. Dengan lingkungan yang bersih maka tentunya keadaan di sekitarnya bisa terbebas dari kuman penyakit. Kesadaran akan kebersihan ini sebaiknya dimiliki oleh semua orang sehingga dengan demikian bisa menciptakan lingkungan yang benar-benar bersih. Untuk menjaga agar lingkungan senantiasa bersih maka dibutuhkan peran tukang kebersihan yang bisa menjaga agar lingkungan tetap bersih dan bebas dari sampah yang menumpuk. Itu tentunya bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah sebab membersihkan barang-barang dan lingkungan pun membutuhkan ketelitian, tenaga dan waktu yang banyak. Di zaman sekarang ini ada banyak perusahaan penyalur tukang kebersihan sehingga hasil pekerjaannya lebih terpercaya dan bersih,

Peran Petugas Kebersihan

Biasanya saat ini pusat-pusat fasilitas umum seperti kantor, mall, pasar, perumahan dan lain sebagainya memiliki petugas kebersihannya masing-masing, meskipun pada intinya petugas kebersihan itu bertugas dan bertanggungjawab atas kebersihan di lingkungan kerjanya, namun biasanya peran setiap petugas kebersihan akan berbeda tergantung dimana unit kerja mereka ditempatkan.

Jelaskan Peran Tukang Kebersihan Bagi Kita
Jelaskan Peran Tukang Kebersihan Bagi Kita

Memelihara Kebersihan

Sudah pasti sebagai seorang petugas kebersihan maka peran utamanya adalah memelihara kebersihan. Bagaimana caranya memelihara kebersihan? Tentunya dengan memastikan bahwa lingkungan tempatnya bekerja bebas dari sampah dan juga debu kotoran. Untuk itu seorang petugas kebersihan harus dibekali dengan peralatan kebersihan yang memadai. Tidak hanya untuk membersihkan lantai, namun juga perabotan yang ada di ruangan hingga ke kaca atau jendela di ruangan tersebut.

Sehingga saat orang-orang berdatangan ke dalam ruangan, maka ruangan tersebut sudah bersih bebas dari debu dan membuat orang-orang merasa nyaman di dalamnya. Sampah-sampah yang ada di tempat sampah juga harus senantiasa dibuang secara bertahap agar tidak menumpuk dan menimbulkan bau yang tidak sedap. Biasanya petugas kebersihan memiliki waktu operasional, sebelum atau setelah jam kerja, agar tidak mengganggu aktivitas orang-orang yang berada dalam ruangan tersebut.

Baca Juga:  Dampak Negatif Teknologi Komunikasi Terhadap Interaksi Antarruang

Memberikan Pelayanan Kebersihan Di Suatu Tempat

Tidak hanya instansi seperti perkantoran, rumah sakit dan pusat perbelanjaan saja yang membutuhkan petugas kebersihan, bahkan di perumahan juga selalu ada petugas kebersihan yang bertugas untuk memberikan pelayanan kebersihan. Jika Anda melihat adanya bagian dari ruangan atau lingkungan yang belum bersih, maka sebagai pengguna fasilitas Anda berhak untuk meminta pertolongan dari petugas kebersihan untuk segera membersihkan area yang masih kotor.

Biasanya dalam satu tempat, ada beberapa petugas kebersihan yang ditugaskan, karena tentunya tidak mungkin satu lingkungan yang luas dibersihkan oleh satu orang petugas kebersihan. Masing-masing petugas kebersihan yang ditugaskan tersebut juga biasanya memiliki area yang menjadi tanggung jawabnya, misalnya ada petugas kebersihan yang bertugas membersihkan area taman, loby, toilet dan lain sebagainya.

Apa Hak Yang Didapat Jika Kita Membuang Sampah Pada Tempatnya?

Meskipun ada petugas kebersihan di lingkungan Anda yang bertugas untuk membersihkan area lingkungan Anda, namun Anda tidak boleh serta merta melimpahkan semua kewajiban untuk membersihkan lingkungan kepada petugas kebersihan tersebut, Anda sendiri juga harus senantiasa menjaga kebersihan di lingkungan Anda, karena nantinya Anda juga yang akan merasa senang dengan kebersihan di lingkungan tersebut. Salah satu cara untuk menjaga kebersihan adalah dengan membuang sampah pada tempatnya.

Menumpuk sampah di satu tempat dan membiarkannya begitu saja, hanya akan membuat tempat menjadi jorok dan bau, apalagi jika sampah yang Anda tumpuk adalah sampah makanan. Oleh karenanya wajib bagi Anda untuk membuang sampah pada tempat sampah yang sudah disediakan, lantas apa hak yang bisa Anda dapatkan jika sudah membuang sampah pada tempatnya?

Baca Juga:  Apa Perilaku Yang Sesuai Dengan Asmaul Husna Al Karim

Pertama, setelah Anda membuang sampah pada tempatnya, maka hak yang Anda dapatkan adalah hak lingkungan yang bersih. Anda sudah berusaha untuk menjaga kebersihan di lingkungan Anda dengan membuang sampah di tempatnya, maka kini Anda berhak atas lingkungan yang bersih. Jika Anda membuang sampah pada tempatnya pun bisa memberikan contoh yang baik kepada orang-orang di sekitar Anda, yang bisa mengikuti tindakan baik Anda tersebut untuk membuang sampah pada tempatnya. Sebab dewasa ini masih banyak orang yang tidak sadar dengan tindakannya membuang sampah sembarangan, sehingga sampah masih menumpuk dimana-mana membuat lingkungan menjadi tidak bersih dan tidak enak dipandang.

Kedua, hak yang bisa Anda dapatkan setelah Anda menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya adalah hak memperoleh lingkungan yang nyaman. Sudah tentu dengan tidak adanya sampah yang berserakan dimana-mana, akan membuat lingkungan terasa lebih nyaman untuk ditinggali, Anda akan merasa betah untuk tinggal berlama-lama di tempat tersebut. Sebaliknya jika di tempat tersebut penuh dengan sampah, tentunya akan sangat mengganggu dan membuat kondisi menjadi tidak nyaman, alhasil Anda ingin segera pindah dari tempat tersebut.

Apa Kewajiban Kita Agar Kebersihan Rumah Terjaga?

Rumah sejatinya adalah tempat yang nyaman untuk beristirahat, salah satu upaya untuk menjadikan rumah sebagai tempat yang nyaman adalah menjaga kebersihannya. Tentunya kewajiban untuk membersihkan rumah itu menjadi tanggung jawab seluruh penghuni rumah tersebut. Masing-masingnya harus sadar akan kebersihan dan menjalankan kewajiban agar kebersihan rumah bisa lebih terjaga.

Membersihkan Rumah Secara Rutin

Membersihkan rumah secara rutin sebaiknya tidak hanya dilakukan seminggu sekali, namun ada beberapa hal yang bisa dilakukan setiap hari untuk menjaga kebersihan rumah. Salah satunya adalah menyapu rumah, sebaiknya menyapu rumah dilakukan setiap hari agar debu tidak menumpuk di lantai rumah.

Baca Juga:  Jelaskan Fungsi Sejarah Sebagai Fungsi Rekreatif

Kemudian kegiatan yang bisa dilakukan seminggu sekali adalah mengepel lantai. Mengepel lantai tidak perlu dilakukan setiap hari, namun jika Anda memiliki waktu Anda bisa mengepelnya 2-3 hari sekali. Kemudian Anda juga bisa membersihkan sedikit demi sedikit bagian rumah yang terlihat kotor setiap hari, sedangkan untuk pekerjaan yang membutuhkan banyak tenaga dan waktu bisa dilakukan seminggu sekali, seperti misalnya mencabut rumput yang tumbuh di halaman rumah. Tidak hanya itu berbagai barang yang ada dalam rumah juga harus senantiasa dijaga kebersihannya, piring-piring dan gelas-gelas yang sudah dipakai harus segera dicuci agar tidak menimbulkan bau.

Menyediakan Tempat Sampah Di Rumah

Kemudian kewajiban lainnya yang harus Anda lakukan untuk menjaga kebersihan rumah adalah menyediakan tempat sampah. Jika rumah Anda tidak begitu besar, maka Anda bisa menyediakan tempat sampah di luar rumah dan di area dapur atau halaman belakang. Akan lebih baik lagi jika Anda juga menyediakan tempat sampah di kamar tidur Anda. Jika tempat sampah sudah penuh maka harus segera disingkirkan dengan membuangnya pada tempat pembuangan sampah umum untuk dikelola oleh Dinas Kebersihan.

Meletakkan Barang Sesuai Tempatnya

Meletakkan barang pada tempatnya bukan hanya karena kerapian, namun juga kebersihan, dengan meletakkan barang sesuai tempatnya maka akan lebih mudah untuk menjaga kebersihannya dari berbagai kotoran dan debu.