Dunia Informasi untuk anda

Apa Perilaku Yang Sesuai Dengan Asmaul Husna Al Karim

Sebagai umat muslim perlu sekali memahami makna dari setiap nama indah Asmaul Husna, salah satu nama yang begitu melekat dan indah adalah Al Karim, terdapat 99 Asmaul Husna yang tentunya pernah atau sering Anda dengar dalam nyanyian, biasanya anak-anak diajarkan untuk menghafal Asmaul Husna dengan menyanyikannya sehingga lebih mudah dihafalkan.

Apa arti sikap Al Karim?

Dari 99 Asmaul Husna sebagai salah satu nama terbaik yang dimiliki Allah SWT yaitu Al Karim, Al Karim merupakan keagungan dan kesempurnaan Allah SWT, di dalam Al Quran sendiri juga banyak surat yang menyebutkan kata Al Karim seperti salah satu contohnya pada Surat Al Infithar ayat 6.

Al Karim artinya Yang Maha Dermawan; Maha Pemurah, Maha Mulia, tiada seorang pun yang bisa menandingi kemuliah Sang Maha Pencipta, namun sebagai seorang umat muslim bisa meneladani salah satu sifatnya Al Karim.

Mungkin Anda sering menemukan penulisan kata Al Karim yang berbeda-beda seperti Al Kareem, wajar saja karena kata Al Karim berasal dari akar kata kaaf raa meem, ada dua arti yang terkandung pada kata tersebut dimana arti pertama adalah dermawan dan yang kedua adalah dihormati.

Sifat Al Karim itu sendiri berkaitan dengan Allah SWT Yang Maha Pemurah dimana Dia memaafkan dan mengabulkan permohonan hamba-hamban-Nya, tidak ada yang terasa berat untuk berdoa dan memohon ampunan dari Allah, terlebih Allah telah memberikan yang luar biasa untuk setiap hamba-Nya maka dari itu selalu bersyukur atas apa yang telah dimiliki saat ini.

Apa yang telah umat-Nya nikmati merupakan salah satu bukti dari sifat Al Karim, meski umat-Nya sedang menghadapi ujian tapi di lain hal Allah SWT juga memberikan pelajaran untuk berjuang hidup, Allah SWT tidak mungkin memberikan ujian yang berat di luar kemampuan umat-Nya.

Contoh Perilaku Yang Sesuai Dengan Asmaul Husna Al Karim

Apa Perilaku Yang Sesuai Dengan Asmaul Husna Al Karim
Apa Perilaku Yang Sesuai Dengan Asmaul Husna Al Karim

Lantas bagaimana bisa kita sebagai manusia meneladani sifat Al Karim? Tentu saja sebagai manusia kita perlu menjadi manusia yang memaafkan dimana kita bisa membantu sesama terlebih yang membutuhkan, mungkin tanpa Anda sadari Anda sudah menerapkan sifat-sifat Al Karim dalam keseharian, hanya saja belum dilakukan dengan rutin atau tanpa ada paksaan.

Contoh perilaku yang sesuai dengan Asmaul Husna Al Karim seperti:

  • tidak sombong
  • menolong orang lain
  • pantang menyerah
  • tidak pamrih

apakah Anda sudah sering melakukan perilaku tersebut dalam keseharian? Atau masihkah ada rasa pamrih atau mudah menyerah dalam menghadapi suatu hal?

Bagaimana Cara Menerapkan Al Karim Dalam Kehidupan Sehari-Hari?

Anda bisa menerapkan Al Karim dalam kehidupan bermasyarakat, tidak perlu melakukan hal yang rumit atau berat tapi cukup dengan melakukan hal sederhana yang terkadang bernilai di mata orang lain, apalagi sebagai makhluk sosial kita tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain.

Salah satu contoh yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menolong orang lain, ada pribadi yang baru akan merasa bahagia setelah membantu orang lain, rasanya ada kepuasaan dan kebahagiaan tersendiri meski dirinya tengah menghadapi ujian kehidupan.

Allah SWT akan memudahkan urusan hamba-Nya baik dunia maupun akhirat ketika seseorang membantu meringankan urusan orang lain, mungkin ada yang merasa risau atau banyak pertimbangan saat akan membantu orang lain karena dirinya saat itu juga sedang mengalami kesulitan, jangan khawatir dan risau apabila sedang mengalami kesulitan dan percayalah akan kuasa Allah SWT.

Baca Juga:  Cara Melakukan Teknik Kelitan Yang Baik

Maka dari itu usahakan untuk saling membantu sesama saudara maka Allah SWT juga akan meringankan kesusahan kita baik itu di dunia maupun di akhirat kelak.

Bahkan ketika seorang muslim menutup aib orang lain maka Allah SWT juga akan menutup aib dirinya, selama membantu sesama diharapkan tidak ada rasa berat hati meskipun tidak ada balasan dari orang yang sudah dibantu tersebut, jangan berharap untuk mendapatkan balasan kebaikan meski Anda sudah membantu orang lain, begitulah manfaat yang bisa Anda peroleh ketika menerapkan Al Karim di kehidupan sehari-hari maka Allah SWT kelak akan menaikkan derajat umat-Nya.

Bagaimana Cara Kita Mengimani Sifat Asmaul Husna Al Karim Dalam Kehidupan Di Rumah?

Bukan hanya menerapkan Al Karim dalam kehidupan bermasyarakat saja tapi Anda juga perlu menerapkannya di rumah, apakah ada yang membedakan penerapan sifat Al Karim saat di luar rumah dan di dalam rumah?

Sebenarnya tidak ada perbedaan tindakan baik itu di rumah maupun di luar rumah, hanya saja interaksi yang dilakukan selama di rumah lebih intens atau lebih dekat mengingat sama-sama satu keluarga, jika Anda bisa meneladani dan menerapkan sifat Al Karim di luar rumah tentu tidak akan ada kesulitan saat berada di lingkungan rumah.

Bila Anda masih tinggal bersama orang tua maka sudah sepatutnya untuk menghormati mereka, Allah begitu menyukai orang-orang yang sayang sesama, apalagi seorang anak yang menyayangi dan menghormati kedua orang tuanya. 

Restu bukan hanya perkara izin semata namun restu merupakan doa orang tua agar anaknya mendapatkan kehidupan yang penuh berkah, karena banyak yang mengatakan bahwa restu orang tua adalah restu Allah SWT juga, jadi sayangilah kedua orang tua selagi mereka masih ada.

Baca Juga:  Mengapa Umbi Batang Dapat Digunakan Untuk Berkembang Biak?

Perlu dipahami Anda perlu mengimani sifat Al Karim saat menerapkan tindakan kebaikan dalam hidup sehari-hari, tanpa mengimani maka Anda tidak akan mendapatkan banyak manfaat melainkan hanya akan merasa berat menjalani hidup, jadi selama menerapkan sifat Al Karim dibutuhkan rasa ikhlas karena semata-mata hanya karena Allah SWT.

Apalagi hal yang bisa dilakukan agar bisa tetap mengimani Asmaul Husna Al Karim dalam kehidupan di rumah? Cobalah untuk belajar memaafkan seperti Allah SWT Yang Maha Pemaaf, sebagai seorang manusia tentu tidak akan luput dari dosa, namun sekali lagi Allah SWT memaafkan umat-Nya yang memohon ampunan.

Memang tidak mudah memaafkan seseorang yang pernah berbuat salah dengan diri kita terlebih lagi sampai disakiti, meskipun berat tapi Anda harus mencoba memaafkan perbuatan tersebut, dengan memaafkan maka Anda sudah meneladani sifat Al Karim.

Apakah ada manfaat yang akan didapatkan jika Anda tidak memaafkan seseorang? Justru dengan tidak memaafkan maka hati merasa gelisah dan pikiran menjadi tidak tenang, tidak ada untungnya bukan? Maka dari itu agar hati dan pikiran tenang belajarlah untuk memaafkan, seiring berjalannya waktu Anda bisa kembali menjalin hubungan yang lebih baik lagi. Tidak sulit sebenarnya mengimani dan menerapkan sifat Asmaul Husna Al Karim dalam kehidupan sehari-hari baik di dalam atau di luar rumah, mulai dari tindakan kecil seperti menolong sesama saja Anda sudah bisa mendapatkan kenikmatan dan kebahagiaan tersendiri, semoga dengan penjelasan perilaku yang sesuai dengan Asmaul Husna Al Karim di atas bisa memberikan manfaat untuk kehidupan yang lebih baik.