Dunia Informasi untuk anda

Jelaskan Manfaat Dari Meneladani Al Asmaul Husna Al Akhir

Apakah arti al asmaul husna al akhir? Ya, sebagai umat muslim memang diwajibkan untuk mengetahuinya dengan baik. Ini merupakan salah satu bentuk dari ketakwaan anda kepada Allah SWT. Seperti sudah diketahui, bahwa terdapat 99 asmaul husna seperti dengan Al Akhir.

Sebelum membahas lebih jauh maka arti dari asmaul husna sendiri secara Bahasa adalah nama-nama yang indah atau baik. Maksudnya disini merupakan nama-nama yang dapat menjelaskan sifat Allah SWT yang indah sekaligus baik.

Nama-nama indah itulah ternyata tercantum di dalam kitab suci umat Islam yakni Al-Quran. Untuk mengetahui lebih jelas maka kami sudah menyiapkan penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Arti Al Asmaul Husna Al Akhir

Memang jumlah asmaul husna yang kita kenal adalah berjumlah 99 tetapi sebenarnya nama-nama baik Allah SWT tersebut jauh lebih banyak. Namun jumlah yang paling terkenal sebanyak 99 nama. Dari beberapa nama tersebut adalah sifat Al Akhir.

Sesuai dengan namanya, Al Akhir sendiri berada di barisan paling akhir dari asmaul husna. Selain Al-Akhir juga masih terdapat 98 nama baik Allah lainnya dimana cukup indah sekaligus mempunyai makna tersendiri. Oleh karena itulah sudah selayaknya sebagai umat muslim perlu meneladani sifat tersebut untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Asmaul Husna Al Akhir sendiri ternyata mempunyai makna yang sangat bagus di dalamnya. Dimana Dialah yang kekal dan tidak ada satupun manusia ataupun makhluk hidup yang mampu mendahului. Lantas apa sebenarnya maknanya? Berikut ini penjelasan mengenai makna dari Al Akhir.

All adalah Al-akhir dimana mempunyai arti Dzat yang mempunyai sifat kekal dan maha akhir dimana tidak ada seorang pun sesudah-Nya. Layaknya dengan Nama-Nya, Allah juga akan tetap kekal walaupun semua makhluk di alam semesta ini sudah hancur. Sebab Dia akan tetap ada bersama dengan kekekalan-Nya.

Adapun kekekalan Makhluk-Nya sendiri merupakan kekekalan terbatas seperti dengan kekekalan Jannah, neraka ataupun yang ada di dalamnya. Jannah serta neraka sendiri merupakan tempat yang diciptakan oleh Allah dengan kehendak, ketentuan sekaligus perintah-Nya.

Makna Asmaul Husna Al-Akhir sendiri dapat menjelaskan bahwa Allah memang maha Akhir dan tidak ada suatu apapun sesudahnya. Maksudnya adalah Allah SWT merupakan kekal baik itu di awal ataupun akhir zaman.

Sama seperti dengan nama-nama baik lainnya, Al-Akhir inipun juga bisa anda temukan di dalam Al-Quran diantaranya adalah sebagai berikut:

1. QS Al Hadid Ayat 3

Dalil mengenai sifat Allah yang baik pertama bisa ditemukan pada QS Al Hadid Ayat 3 dimana mempunyai makna dialah yang ada di awal dan akhir yang zhahir dan bathin dan Dia juga Maha mengetahui semuanya.

Secara tabi’at dan zat pada semua makhluk ciptaan Allah SWT merupakan fana alias tidak kekal. Sifat kekal pada makhluk hidup itulah ternyata juga mempunyai ketentuan yang perlu ditaati dan tidak seperti Allah SWT.

Didalam ayat itulah ternyata juga disebutkan empat nama yakni Al-Awwal, Azh-Zhahir, Al-Akhir serta Al-Bathin. Semua nama tersebut ternyata mempunyai makna yang saling berdekatan satu sama lain.

Dimana Allah Ta’ala berkaitan dengan waktu dan tempat. Ilmu Allah itulah dapat meliputi segala sesuatu baik yang terdahulu maupun masa yang akan datang. Begitupun dengan ilmu Allah dimana akan meliputi semua tempat.

Baca Juga:  Apa Peran Pengurai Bagi Produsen Dalam Rantai Makanan

2. Nama Allah Azh-Zhahir Berasal dari Azh-Zhuhuur

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya bahwa nama Azh-zhahir sendiri berasal dari kata Azh-Zhuhuur. Dimana dijelaskan pada QS at-Taubah 9: 33 yang mempunyai makna dialah yang mengutus rasul-Nya petunjuk dan agama yang benar agar dimenangkannya atas semua agama walaupun banyak orang musyrikin tidak menyukainya.

Manfaat dari Meneladani Al Asmaul Husna Al Akhir

Jelaskan Manfaat Dari Meneladani Al Asmaul Husna Al Akhir
Jelaskan Manfaat Dari Meneladani Al Asmaul Husna Al Akhir

Sudah paham bukan bagaimana penjelasan mengenai sifat Allah yang ada diatas? Sebagai umat muslim, anda dan kita semua memang dituntut untuk meneladani sifat-sifat yang dimiliki oleh Allah SWT. Salah satunya adalah sifat Al-Akhir.

Dimana secara sederhana mempunyai makna yang paling kekal dan tidak ada apapun setelahnya lagi. Dengan meneladani sifatnya inilah ternyata juga akan memberikan manfaat tersendiri bagi umat muslim. Oleh karena itulah sebagai umat muslim, anda perlu untuk menyimak beberapa manfaat dibawah ini.

1. Menyadari Bahwa Allah SWT Mempunyai Sifat Kekal

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya bahwa makna al asmaul husna al akhir sendiri merupakan kekal. Nah, dengan meneladani sifat inilah ternyata mampu membuat anda bisa menyadari bahwa hanya Allah SWT yang mempunyai kekekalan abadi.

Dimana manusia ataupun makhluk hidup lainnya ternyata mempunyai sifat fan alias tidak kekal. Nantinya manusia serta semua yang terdapat di dalamnya hanya sementara ketika berada di dunia.

2. Menyadari Bahwa Segala Sesuatu Karena Allah

Selain itu, kita juga dapat menyadari bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia dan semesta ternyata juga karena Allah SWT. Selain itu, segala sesuatu selain Allah mempunyai sifat fana. Oleh itulah jangan pernah terlena dengan kehidupan duniawi yang hanya bersifat sementara.

3. Menumbuhkan Sikap Ikhlas

Secara tidak langsung dengan menaati sifat nama-nama baik dari Allah SWT ternyata juga dapat menumbuhkan sikap ikhlas bagi seseorang. Bukan hanya ikhlas saja tetapi juga senantiasa tawakal dalam menjalani kehidupan duniawi ini.

Baca Juga:  Bagaimana Menurut Pendapat Kamu Apabila Ada Teman Yang Berkata Kotor

4. Menempatkan Allah Sebagai Motivasi dan Tujuan Akhir

Perlu diketahui bahwa kehidupan yang ada di dunia ini sendiri memang tidak kekal selain Allah SWT. Oleh karena itulah sangat penting untuk menempatkan Allah sebagai motivasi sekaligus tujuan akhir dari kehidupan dunia. Bahkan secara tidak langsung juga bisa menumbuhkan ketaqwaan kepada yang Maha Kuasa.

5. Memberikan Keselamatan Di Dunia

Adapun manfaat lainnya dengan meneladani nama asmaul husna di atas adalah dapat memberikan keselamatan di dunia. Dengan keselamatan di dunia itulah ternyata bisa membuat manusia bisa hidup dalam kemudahan. Terlebih lagi tidak akan mudah dalam terperosok di dalam kubangan ujian dimana terkadang sulit diatasi.

Langkah-langkah Mengimani al asmaul husna al akhir

Sebagai umat manusia memang sangat penting untuk mengimani keberadaan Al Akhir dari asmaul husna alias nama-nama baik Allah. Kendati demikian, tidak sedikit dari masyarakat yang belum paham bagaimana cara mengimaninya dengan baik.

Padahal ada beragam cara yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari manusia lho. Untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa langkah yang bisa digunakan untuk mengimani al-akhir ini:

  1. Menyadari bahwa Allah hanya satu-satunya yang mempunyai kekekalan abadi dan lainnya merupakan fana
  2. Tidak mudah terlena dengan kehidupan duniawi sehingga lupa untuk beribadah
  3. Mencoba untuk meningkatkan rasa ikhlas serta tawakal dalam menjalani kehidupan dunia
  4. Mendekatkan diri kepada sang pencipta.

Asmaul Husna atau nama-nama baik yang dimiliki oleh Allah SWT memang perlu untuk diketahui dengan baik. Sudah paham arti al asmaul husna al akhir dan manfaat dalam meneladani al asmaul husna al akhir ini bukan?