Dunia Informasi untuk anda

Sebutkan Prinsip-Prinsip Dasar Lempar Cakram

Lempar cakram merupakan salah satu cabang olahraga atletik yang ikut dipertandingkan di ajang Olimpiade. Dasarnya, lempar cakram adalah olahraga dimana pemain melemparkan alat bantu berbentuk seperti piring yang terbuat dari besi. Alat bantu tersebut disebut cakram. Pemenang akan dilihat dari pemain yang melempar cakram paling jauh sesuai dengan aturan yang berlaku.

Meskipun terlihat hanya melemparkan sesuatu, pada kenyataannya, olahraga lempar cakram ini pun sama dengan olahraga lainnya yang memiliki teknik dan aturan tersendiri. 

Kali ini, Kami akan ajak Anda untuk mengenal lebih dalam tentang olahraga lempar cakram.

Prinsip-prinsip Dasar Lempar Cakram

Setelah pengertian, Kami akan mulai pembahasan dari prinsip-prinsip dasar lempar cakram terlebih dahulu. 

Sebutkan Prinsip-Prinsip Dasar Lempar Cakram
Sebutkan Prinsip-Prinsip Dasar Lempar Cakram

Pada dasarnya, terdapat dua prinsip dasar atau penting dalam olahraga lempar cakram terutama saat pertandingan yaitu  Prinsip Dasar yang Harus Dihindari dalam Persaingan dan juga Prinsip Dasar Persaingan saat Bertanding.

Beberapa contoh prinsip dasar yang harus dihindari dalam persaingan adalah sebagai berikut: 

  • Pelempar cakram memberi beban ke kaki mereka pada bagian depan kemudian membiarkannya jatuh.
  • Posisi lempar tidak tepat bahkan salah, akibat dari posisi kaki yang tidak rileks ketika melempar cakram.
  • Melempar cakram terlalu cepat.
  • Tubuh pelempar terlalu miring ke depan 
  • Tubuh dari pelempar hanya berputar di tempat yang sama. 
  • Melempar terlalu  tinggi
Baca Juga:  Mengapa Umbi Batang Dapat Digunakan Untuk Berkembang Biak?

Sementara selanjutnya adalah  beberapa contoh dari prinsip dasar pertandingan lempar cakram.

  • Supaya tubuh bagian atas dan bawah bisa melakukan rotasi besar, Anda sangat disarankan untuk bisa melaksanakan rotasi sempurna terlebih dahulu.
  • Supaya bisa melewati lingkaran dengan benar, Drive perlu didorong terlebih dahulu.
  • Pelempar cakram perlu bisa menjangkau jarak yang mencukupi terlebih dahulu, saat disk beku ketika ada di dalam lingkaran.
  • Pelempar cakram perlu mendarat dengan jari kanan terlebih dahulu kemudian melakukan gerakan memutar yang memiliki tahapan.
  • Ketika melakukan pendaratan, pelempar cakram harus melakukannya dengan kaki kanan, serta dengan posisi yang tepat di lingkaran. Posisi kaki kiri sendiri, perlu ada di posisi sedikit ke kiri dari garis lemparan.

Langkah-langkah dalam Melakukan Lempar Cakram

Setelah mengetahui apa saja prinsip-prinsip dasar dalam olahraga lempar cakram, Anda selanjutnya perlu tahu apa saja langkah-langkah yang perlu dilakukan ketika hendak melakukan olahraga lempar cakram. Pada dasarnya, ada empat langkah yang perlu Anda perhatikan dalam olahraga lempar cakram. Berikut beberapa langkah yang perlu dilakukan:

  1. Gerakan awalan 
  2. Sikap tubuh ketika hendak melempar cakram
  3. Cara tubuh Anda melakukan setiap teknik dari lempar cakram.
  4. Sikap tubuh Anda ketika berhasil melemparkan cakram

Bagaimana Sikap Saat Melakukan Lempar Cakram?

Setelah langkah, berikutnya Kita akan bahas tentang sikap seperti apa yang perlu Anda tunjukan ketika melakukan lempar cakram.

Di tahap gerakan awalan, Anda perlu berdiri ke arah lemparan dalam posisi menyamping. Renggangkan sedikit kaki Anda hingga selebar badan, rileks serta perlu sedikit ditekuk.Anda pun perlu memusatkan berat Anda pada kedua kaki tersebut.

Setelah memusatkan perhatian, persiapkan diri untuk melakukan awalan. Setelahnya ayunkan cakram ke arah kanan, belakang dan kiri.

Anda juga perlu memperhatikan sikap tubuh ketika hendak melempar cakram. Kaki kanan Anda perlu ditolakkan supaya panggul terangkat. Berikutnya posisi tubuh yang awalnya lebih condong ke arah belakang dan juga kanan, perlu diputar ke arah kiri.

Baca Juga:  Apa Saja Syarat Sebuah Daerah Untuk Bisa Menerapkan E Budgeting

Berat badan Anda yang awalnya berada di kaki kanan pun dapat Anda pindahkan ke kiri.Kemudian, di waktu yang tepat, cakram dapat Anda lempar ke arah atas depan.

Ketika melempar cakram, pastikan posisi tangan Anda berada setinggi dadu dan lengan dalam posisi lurus ke depan. Pastikan juga kalau sudut lemparan ada di angka 30 derajat. Cakram perlu lepas dari tangan Anda dengan arah putaran sesuai dengan arah jarum jam.

Saat cakram terlepas, arahkan tubuh supaya condong ke depan kemudian arahkan pandangan sesuai dengan arah cakram bergerak.

Hal-hal Apa Saja yang Perlu Dihindari Dalam Lempar Cakram

Berikutnya, Kita akan membahas tentang hal-hal apa saja yang perlu Anda hindari ketika melakukan olahraga lempar cakram:

  • Jatuh ke arah belakang di masa awal putaran
  • Tubuh Anda berputar di tempat saja
  • Posisi badan Anda membungkuk ke arah depan
  • Anda melompat tinggi ke udara
  • Anda meletakkan cakram dalam penempatan yang masih belum sempurna diakibatkan situasi kaki yang terlalu tegang.
  • Anda juga perlu menghindari sikap membawa berat badan Anda ke kaki depan sebagai tumpuan kemudian membiarkannya jatuh.
  • Anda perlu juga membiasakan diri untuk melempar ketika waktunya Anda untuk melempar tiba.

Berapa Macam Teknik Dasar Dalam Olahraga Lempar Cakram?

Hal selanjutnya dari olahraga lempar cakram yang sanggup membuat Anda merasa penasaran bisa jadi adalah apa saja teknik dasar yang digunakan dalam olahraga tersebut.

Pada dasarnya olahraga lempar cakram memiliki empat teknik dasar yaitu teknik memegang cakram, teknik awalan, teknik melempar serta teknik akhiran. Kita akan bahas satu persatu mengenai teknik tersebut.

Teknik Memegang Cakram

Teknik pertama yang perlu diketahui adalah teknik memegang cakram.  Supaya bisa memegang cakram dengan benar, Anda perlu menempatkan tepi cakram di lekuk pertama jari-jari tangan Anda. Pastikan posisi jari-jari tersebut sedikit renggang satu sama lain dengan jarak yang sama.

Baca Juga:  Jelaskan Sarana Hubungan Internasional Menurut J Frankel

Umumnya, memegang cakram akan semakin mudah untuk dilakukan bagi Anda yang memiliki jari tangan yang panjang.

Teknik Awalan

Sesudah mempelajari teknik memegang cakram, kini tiba saatnya bagi Anda untuk mengetahui tentang teknik awalan yang umum dilakukan sebelum Anda melempar cakram.

Untuk mempelajari teknik ini, Anda perlu memegang cakram dengan memakai tangan kiri yang tengah mengarah ke atas dan ditutupi oleh tangan kanan.

Dalam teknik ini, Anda perlu melakukan gerakan berputar untuk bisa melempar cakram. Ada tiga jenis putaran yang bisa Anda lakukan yaitu 1 ¼,1 ½ dan 1 ¾ putaran.

Teknik Melempar 

Teknik yang ketiga adalah teknik melempar. Teknik yang satu ini mempunyai hubungan dengan teknik untuk melemparkan cakram. 

Supaya bisa melakukan teknik ini, Anda perlu membuka kaki Anda hingga selebar bahu,kemudian luruskan dan ayunkan kedua tangan yang memegang cakram. Lakukan hal tersebut sambil memutar tubuh anda ke arah kanan.

Selanjutnya lepaskan cakram dengan memakai tangan kanan ke udara. Bentuklah sudut 45 derajat.

Teknik Akhiran

Teknik ini memiliki kaitan dengan posisi tubuh sesudah berhasil melemparkan cakram.  Saat melakukan lemparan, putar tubuh Anda beberapa kali untuk bisa memperoleh tenaga untuk melepaskan cakram ke udara bebas. Supaya keseimbangan Anda terjaga dan tidak ikut terlempar, tubuh pun perlu ikut memutar. Sekian dulu informasi tentang olahraga lempar cakram yang dapat kami bagikan untuk Anda yang ingin tahu tentang olahraga yang satu ini. Semoga menambah wawasan Anda. Apakah Anda tertarik untuk mencoba olahraga menantang yang satu ini?