Dunia Informasi untuk anda

Jelaskan Fungsi Sejarah Sebagai Fungsi Rekreatif

Belajar sejarah bisa mengantarkan manusia dalam mengamati kehidupan masa lampau dari berbagai pelosok negeri. Seluruh peristiwa di masa lampau baik yang menyenangkan ataupun tidak pasti mempunyai fungsi dan punya manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu adalah sejarah sebagai fungsi rekreatif. Lalu apa fungsi rekreatif itu dan apa saja manfaat sejarah? 

Apa Itu Fungsi Sejarah

Pasti Anda pernah mendapatkan pertanyaan apa saja fungsi sejarah dan apa maksudnya? Banyak ilmuwan yang memberikan pernyataan tentang apa saja fungsi dari sejarah itu sendiri dalam kehidupan manusia. Dan fungsi sejarah menurut Nugroho Notosusanto adalah :

1. Fungsi Rekreatif

Fungsi sejarah disini adalah menunjuk dengan nilai estetis sejarah. Keindahan bisa tampak utamanya cerita yang berhubungan dengan tokoh-tokoh dari peristiwa sejarah. Layaknya karya sastra seperti  roman atau novel, sejarah bisa memberikan rasa kesenangan estetis sebab bentuk dan susunan yang dapat dinikmati dari segi keindahannya. 

2. Fungsi Inspiratif

Selanjutnya sejarah punya fungsi inspiratif dengan menemukan ide dan konsep yang bermanfaat dan berguna untuk pemecahan banyak masalah di masa sekarang. 

Seperti, rasa bangga kepada para pejuang atas kegigihan mereka mempertahan kesatuan negara. Hal ini pasti akan memberikan motivasi dan inspirasi terhadap kita dalam menemukan model perjuangan yang tidak kenal rasa menyerah. 

3. Fungsi Instruktif

Fungsi sejarah juga erat dengan fungsi Instruktif yakni berhubungan dengan karya teknologi serta kebudayaan di masa lalu yang tidak berhenti. Namun, hal ini mempunyai sifat berkelanjutan dan kontinuitas. Anda pasti paham jika proses pembuatan pesawat terbang tidak bisa muncul begitu saja. 

Seluruh proses pasti dimulai dengan teknologi yang sederhana terlebih dulu, kemudian lambat laut dikembangkan sehingga muncul teknologi yang semakin canggih. Jadi, sejarah bisa dijadikan alat bantu dalam proses pembelajaran dengan menyampaikan pesan atau wasiat nenek moyang. 

4. Fungsi Edukatif

Sejarah memberi makna kebijaksanaan dan kearifan. Sejarah juga memberikan pelajaran kepada manusia tentang cara mencapai titik keberhasilan. Mengajarkan tentang cara menghadapi masalah dan menjelaskan bagaimana cara bangun dari kegagalan dan keterpurukan. 

Sedangkan fungsi sejarah menurut para ahli dari Allan Nevins adalah : 

saat memakai kata sejarah, secara insting manusia akan berpikir tentang kondisi di masa lalu. Hal ini salah sebab sejarah yang paling benar adalah jembatan sebagai penghubung masa lalu dengan masa sekarang. Sejarah memberikan petunjuk menuju masa depan. 

Adanya kebijakan saat ini akan dituai seluruh generasi di masa yang akan datang Dari pernyataan ini bisa diambil kesimpulan bahwa sejarah mengajak semua manusia dalam berfikir masa lalu yang dijadikan acuan menuju masa depan yang berujung pada prediksi di masa mendatang. 

Jelaskan Fungsi Sejarah Sebagai Fungsi Rekreatif
Jelaskan Fungsi Sejarah Sebagai Fungsi Rekreatif

Contoh Fungsi Sejarah Sebagai Rekreatif

Setelah Anda tahu tentang fungsi sejarah, salah satunya sejarah sebagai fungsi rekreatif. Anda pasti bertanya-tanya lalu apa saja contoh dari fungsi sejarah rekreatif tersebut? 

Contohnya ada ketika Anda berkunjung ke lokasi bersejarah misalnya Candi Borobudur yang ada di Magelang, Jawa Tengah. Anda setidaknya pernah berimajinasi flashback ke masa lalu tentang bagaimana kebesaran dari dinasti Syailendra.

Baca Juga:  Apa Peran Pengurai Bagi Produsen Dalam Rantai Makanan

Anda bisa juga menikmati peninggalan sejarah dari zaman dinasti Syailendra ini dari segi nilai estetika yang dihadirkan. Lalu apa saja manfaat sejarah baik secara intrinsik dan ekstrinsik? Inilah penjelasannya : 

A. Manfaat Sejarah  Secara Intrinsik

Manfaat sejarah dilihat secara intrinsik mempunyai berbagai manfaat berikut ini: 

1. Sejarah bisa membantu mengetahui kejadian masa lampau 

Sejarah mampu dijadikan alat yang rasional dan tepat dalam membuka serta menghadirkan masa lalu kembali. 

2. Sejarah sebagai profesi 

Kuntowijoyo menyatakan bahwa sejarawan tidak diharuskan memiliki karir di perguruan tinggi. Sesudah lulus dari jurusan sejarah sejarawan diharapkan bisa mengisi banyak macam formasi dalam berbagai lembaga serta instansi. Misalnya pada Dinas Purbakala Monumen, Museum, dan sebagainya. 

3. Sejarah bisa sebagai pernyataan pendapat

Dalam menyatakan pendapat, sejarah bisa dijadikan medianya. Sejarawan di Amerika Serikat memakai cara konsensus juga cara konflik dalam menyampaikan pendapat mereka. Penganut konflik menyatakan masyarakat bisa terjadi pertentangan serta menganjurkan masyarakat supaya punya sikap lebih kritis dalam berpikir tentang sejarah. 

B. Manfaat Sejarah secara Ekstrinsik

Sedangkan manfaat sejarah secara ekstrinsik adalah punya fungsi dalam pendidikan penalaran, moral, keindahan, perubahan di masa depan, juga ilmu bantu. Inilah manfaat yang bisa dirasakan : 

1. Sejarah sebagai Pendidikan Moral

Sejarah dapat dijadikan media dalam penanaman nilai yang positif. Manusia bisa menghayati juga menerapkan nilai dari moral yang sudah dicontohkan sebelumnya oleh tokoh para pejuang bangsa. 

2. Sejarah sebagai Pendidikan Kebijakan

Sejarah juga dijadikan sebagai acuan sebelum menentukan sebuah kebijakan. Lembaga atau pemerintah biasanya akan membutuhkan latar belakang sejarah dengan mereka akan mengamati secara cermat memakai pendekatan sejarah. Pemerintah biasanya menggunakan pendekatan salah satunya dengan kebijakan pelaksanaan program pendidikan. 

3. Sejarah sebagai Pendidikan Politik

Sejarah menjadikan setiap warga negara bisa mengenal serta memahami adanya ideologi negara juga memahami hak dan kewajibannya. Maka, dengan memahami sejarah diharapkan manusia bisa mempunyai sifat arif dan bijaksana guna menata kehidupan manusia berbangsa dan bernegara. 

Baca Juga:  Mengapa Otot Lurik Juga Dikatakan Sebagai Otot Sadar

4. Sejarah sebagai Pendidikan Masa Depan

Jika manusia mengalami kegagalan di masa lampau maka ini bisa dijadikan pelajaran untuk menyusun rencana lebih baik di masa yang akan datang. Manusia bisa memperkirakan juga mengantisipasi semua hal yang bisa menghambat rencana. Hal ini berguna dalam mengantisipasi kegagalan yang dialami sebelumnya. Proses inilah yang menunjukkan sejarah sebagai pendidikan di masa yang akan datang. . 

5. Sejarah sebagai Pendidikan Penalaran

Penalaran adalah faktor penting pada dunia akademik dan ilmiah. Sejarah sebagai ilmu yang berhubungan dengan proses penalaran juga pemikiran kritis. Peristiwa sejarah harus bisa dijabarkan lewat analisis sebab akibat, sebab banyak dimesti dapat melatarbelakangi adanya sejarah tersebut. 

6. Sejarah sebagai Pendidikan Perubahan

Sejarah bisa sebagai proses belajar kehidupan dan perubahan manusia dan ini bisa dijadikan sebagai objek utama dalam kajian sejarah. Hal inilah kenapa setiap manusia sebaiknya belajar tentang sejarah, sebab bisa memberikan inspirasi kebangkitan seseorang setelah orang itu mengalami kegagalan dan keterpurukan. 

7. Sejarah sebagai Ilmu Bantu

Sejarah bisa memberikan penjelasan tentang permasalahan yang dikaji dalam ilmu lainnya, misalnya sosiologi, antropologi, politik, ekonomi, serta hukum. Sejarah bisa memberikan latar belakang atas sejumlah permasalah yang dikaji dan dibahas dalam ilmu tersebut. 

8. Sejarah sebagai Pendidikan Keindahan

Ketika Anda berkunjung ke situs sejarah dimanapun tempatnya, contohnya candi. Anda bisa menyaksikan bahwa semua peninggalan di masa lalu bisa dinikmati sampai masa sekarang dan ini menjadi bukti bahwa keindahan di masa lalu benar adanya Itulah sejarah sebagai fungsi rekreatif dan penjelasan lainnya tentang manfaat sejarah. Semoga membantu.