Dunia Informasi untuk anda
Pepaya  

Cara Budidaya Pepaya California

Pepaya California sudah banyak dibudidayakan oleh masyarakat maupun kaum petani di Indonesia. Agar tanaman yang dipelihara nantinya memberikan hasil seperti sesuai yang diharapkan maka harus berpedoman kepada cara budidaya pepaya california. Pada artikel ini akan dibahas bagaimana cara membudidayakan tanaman pepaya California dengan baik dan benar.

1. Melakukan Pemilihan Benih Pepaya California 

cara budidaya pepaya california
cara budidaya pepaya california

Salah satu cara budidaya pepaya california yang pertama kali harus Anda lakukan dan perhatikan adalah pemilihan benih. Hal ini sangat penting untuk perkembangbiakan tanaman pepaya California itu sendiri. Karena, benih pepaya California dengan kualitas yang unggul ketika panen akan menghasilkan buah yang berkualitas baik. 

Benih tersebut bisa Anda dapatkan dari biji pepaya California atau bisa dibeli pada toko-toko pertanian terdekat. Terdapat beberapa proses pada saat Anda akan melakukan kegiatan penyemaian benih pepaya California. 

Langkah pertama, Anda harus melakukan perendaman pada biji pepaya California tersebut dengan jangka waktu 1 malam. Anda bisa mengambil biji pepaya California yang tenggelam pada pagi harinya. Sedangkan, pada biji pepaya California yang mengambang bisa Anda buang. 

Hal ini karena, biji pepaya California yang tenggelam lebih bagus kualitasnya daripada biji pepaya California yang mengambang untuk dijadikan sebagai bibit. Dalam proses perendaman biji pepaya California tersebut, Anda juga bisa menambahkan pupuk cair dan juga air. 

Langkah kedua, Anda bisa melakukan pemeraman terhadap biji pepaya California yang sudah dipilih sebelumnya menggunakan kertas, koran, maupun kain yang basah. Lama waktu pemeraman biji pepaya California tersebut adalah 1 minggu. Namun, Anda harus memperhatikan kelembaban dalam proses pemeraman biji pepaya California ini agar tetap terjaga dengan baik. 

Langkah ketiga, melakukan proses penyemaian benih pepaya California ke dalam polybag. Anda bisa memilih menggunakan pot, plastik bening, atau polybag dengan berbagai ukuran sebagai wadah untuk penyemaian benih pepaya California tersebut.

Baca Juga:  Proses Pematangan Buah Pepaya

Selanjutnya, tambahkan tanah dengan campuran berupa arang, sekam, tanah halus, dan pupuk kandang ke dalam wadah. Anda bisa mencampurkan media tanam tersebut melalui perbandingan 3:2:1 dan mengaduknya secara merata agar dapat tercampur dengan baik. 

Setelah itu, tanam benih pepaya California ke dalam media tanam tersebut dan berikan air secukupnya. Pindahkan benih pada tempat yang aman dan jauh dari jangkauan sinar matahari secara langsung dan air hujan. Benih sudah bisa ditanam pada daerah yang luas dan terkena asupan sinar matahari secara langsung ketika berusia 1 bulan hingga 1,5 bulan. 

2. Melakukan Kegiatan Pengolahan Lahan Pepaya California

Dalam cara budidaya pepaya california terdapat kegiatan pengolahan lahan sebelum melakukan penanaman. Pertama, Anda harus membersihkan lahan yang akan digunakan untuk menanam pepaya California tersebut dengan baik. Anda bisa mencangkul, membajak, membuat aliran air, menetralkan tanah dengan menggunakan kapur dolomit, dan membuat bedengan. 

Selain itu, Anda harus membersihkan lahan dari sisa tanaman yang ditanam sebelumnya dan membersihkan rumput liar yang tumbuh di lahan. Hal ini bertujuan agar ketika proses penanaman nanti dapat berjalan dengan baik dan tidak mengganggu pertumbuhan tanaman pepaya California. 

Pembuatan aliran air juga sangat penting agar tanaman pepaya California bisa tercukupi kebutuhan airnya ketika dilakukan penyiraman dan air tidak tergenang di sekitar tanaman. Sehingga, tanaman lebih tahan lama dan berkembang biak dengan baik serta tidak membusuk. 

Kedua, Anda perlu membuat lubang untuk menanam bibit pepaya California dengan ukuran yang sesuai kebutuhan dan luas lahan yang dimiliki. Biasanya ukuran lubang dalam menanam pepaya California adalah 50 cm yang dibuat dengan jarak sebesar 2,5 m x 2,5 m.

Lalu, 75x75x75 cm untuk ukuran lubang dengan jarak setiap lubangnya yaitu 9×12 cm, ukuran 60x60x50 cm dengan jarak tanam sebesar 2,5×2,5 m, ukuran lubang 30x30x30 cm dan jaraknya 2,5 hingga 3 m atau bisa juga 2,5×2,75 m. Lubang tersebut dibiarkan selama kurang lebih 1 hingga 2 minggu. 

Baca Juga:  Ciri-ciri Tumbuhan Pepaya

Tujuannya adalah agar lubang yang telah dibuat ini dapat terkena sinar matahari secara langsung yang dapat membunuh perkembangan bakteri, virus, jamur, dan hama yang menyebabkan penyakit. Tujuan lainnya adalah agar kadar pH tanah dan kandungan air pada tanah menjadi berkurang. Kemudian, lubang diberikan pupuk kandang dan jika pH tanah asam, bisa diberikan kapur dengan dosis sebesar 0,5 hingga 1 kg untuk setiap lubang tanaman pepaya California. Anda bisa menyiram lubang tanah tersebut dengan air secukupnya sampai menjadi basah. 

3. Teknik Penanaman Pepaya California

Teknik penanaman merupakan salah satu cara budidaya pepaya california yang dilakukan setelah selesai mempersiapkan lahan untuk ditanami. Bibit pepaya California yang sebelumnya sudah disemai bisa dipindahkan secara langsung ke lahan yang tersedia. Dalam memindahkan bibit ke lahan Anda harus hati-hati dan tetap menjaga tanaman agar tetap segar dan tidak layu. 

Sebaiknya, dalam menanam bibit pepaya California ini dilakukan satu-persatu setiap lubangnya dan sore hari adalah waktu yang terbaik untuk menanam bibit tersebut. Kemudian, berikan pupuk dan siram bibit pepaya California menggunakan air dengan secukupnya. 

Selanjutnya, Anda harus sering melakukan pengecekan terhadap tanaman pepaya California ini. Misalnya ada tanaman yang mati karena terserang hama, segera melakukan kegiatan penyulaman. Anda bisa melakukan kegiatan penyulaman pada saat usia tanaman pepaya California sudah 3 minggu atau 1 bulan lamanya sejak tanaman tersebut ditanam pada lahan. 

4. Melakukan Kegiatan Pemeliharaan Pepaya California

Kegiatan pemeliharaan merupakan cara budidaya pepaya california agar tanaman pepaya California selalu dalam kondisi yang baik. Kegiatan pemeliharaan ini meliputi penyiraman, pemupukan, pemangkasan, penyiangan, pembumbunan, dan menyemprotkan cairan yang dapat membasmi hama penyakit. 

Dalam melakukan penyiraman terhadap tanaman pepaya California sebaiknya tidak terlalu berlebihan agar tanaman tidak busuk. Lalu, berikan pupuk agar tanaman selalu tumbuh sehat, subur dan cepat menghasilkan buah. 

Pemangkasan dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan pertumbuhan tanaman pepaya California yang lebih optimal. Anda bisa melakukan pemangkasan dengan mengambil daun pepaya yang sudah kering atau tunas-tunas pohon pepaya yang bisa mengganggu proses pertumbuhan.

Baca Juga:  Mengenal Tanaman Pepaya Dan Cara Membedakan Biji Pepaya Jantan & Betina

Anda harus melakukan penyiangan dengan membersihkan rumput disekitar tanaman. Pembumbunan penting dilakukan agar terbentuk akar tanaman pepaya California yang baru. Agar hama penyakit tidak menyerang tanaman pepaya California, dilakukan penyemprotan menggunakan cairan pestisida.

5. Teknik Pemanenan Pepaya California

Tahap memanen merupakan langkah terakhir sebagai cara budidaya pepaya california ini. Buah pepaya California biasanya sudah ada yang matang pada usia 7 bulan, 8 bulan, hingga 9 bulan. Jika sudah ada yang matang buahnya, maka Anda bisa melakukan kegiatan pemanenan pepaya California. 

Adapun ciri khas dari pepaya California jika sudah matang yaitu terdapat warna kuning atau kuning kemerahan pada bagian ujung kulit buahnya dengan persentase sebesar 25%. Hal ini dilakukan agar ketika mengangkut buah pepaya California yang sudah matang tidak terdapat kerusakan atau cacat pada buah. 

Anda bisa melakukan kegiatan pemanenan pada buah pepaya California ini sebanyak 4 kali dalam kurun waktu 1 bulan sejak pemanenan pertama kali. Tanaman pepaya California dapat bertahan dan menghasilkan produksi buah sampai 4 atau 5 tahun lamanya. Hal ini bisa terjadi apabila tanaman pepaya California tersebut memiliki kualitas yang baik, sehat, dan tidak terserang hama penyakit. 

Dalam memanen buah pepaya California ini sangat mudah dilakukan yaitu Anda hanya perlu memetik langsung buahnya dari pohon pepaya California tersebut. Anda bisa juga memotong tangkai buah pepaya California tersebut secara langsung dari pohonnya.  Jika tanaman pepaya California yang Anda miliki, jumlah buah yang dihasilkan banyak maka Anda bisa menjualnya dan mendapatkan penghasilan dari sini. Pepaya California bisa Anda jadikan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan di masa depan dengan memanfaatkan lahan yang tersedia.