Dunia Informasi untuk anda
Pepaya  

Cara Pemupukan Tanaman Pepaya California

Pepaya California adalah jenis pepaya unggulan jenis genjah. Karena merupakan jenis genjah, pepaya California dapat dipanen dengan waktu yang singkat, yakni bisa dipanen saat berusia 7 bulan. Karena masa panen cukup singkat, jenis pepaya satu ini mempunyai batang lebih pendek dibanding jenis pepaya lain. Pepaya California mempunyai ciri-ciri berukuran 0,8 sampai 2 kg/buah, kulitnya tebal, bentuk lonjong, rasa manis, buah batang berwarna kuning, daging buah yang kenyal dan tebal. 

Pada segi produktivitas, pepaya California mempunyai produktivitas cukup tinggi. Seperti yang telah dijelaskan di atas masa panen dapat dilakukan saat berusia 7 bulan – 9 bulan dengan usia produktivitas sampai 4 tahun. Panen pepaya California dapat dilakukan sebanyak 4 kali tiap bulan. Pada setiap panen dapat menghasilkan 10 sampai 20 buah pepaya tiap pohon. Jika Anda membudidayakan pepaya California di lahan 1 hektar, dalam satu kali panen dapat menghasilkan 2 ton pepaya. 

Pepaya California menjadi salah satu jenis pepaya yang paling diminati untuk dibudidayakan. Untuk itu, di pembahasan artikel berikut akan membahas mengenai bagaimana cara budidaya pepaya California, mulai dari penyemaian benih, penanaman bibit, pemeliharaan tanaman, cara pemupukan tanaman pepaya California dan beberapa hal lain yang terkait. Berikut ini penjelasan lebih lanjutnya:

Penyemaian Benih Buah Pepaya California

cara pemupukan tanaman pepaya california
cara pemupukan tanaman pepaya california

Bibit pepaya California adalah dari penyemaian biji. Bisa didapatkan dari pepaya matang di pohon ataupun membeli di toko pertanian. Berikut adalah langkah-langkah penyemaian benih Pepaya California:

Biji yang akan dipakai untuk benih direndam di air semalaman. Setelah itu, cek benih, yang dipakai adalah yang tenggelam. Biji yang telah dipilih diperam pada kain basah atau kertas koran selama satu minggu, untuk pemeliharaan cukup jaga kelembaban kain atau koran. Benih yang telah diperam seminggu sudah siap disemai di polybag. Komposisi media tanam yang dipakai 2:1, 2 tanah halus dan 1 kompos. Bibit siap untuk ditanam pada lahan budidaya saat berusia 1 – 1,5 bulan. 

Baca Juga:  Proses Pematangan Buah Pepaya

Penanaman Bibit Buah Pepaya California

Sebelum Anda menanam bibit lahan lebih dulu dibersihkan dari rumput liar. Langkah berikutnya, buat lubang hitam dengan jarak tanaman 2,5 m x 2,5 m atau dengan jarak 2,5 m x 2,75 m. Populasi tanaman per hektar yakni antara 1.450 sampai 1.600 pohon. Lubang dengan campuran pupuk kandang dan tanah. 

Lubang yang telah dibuat, berikutnya aliri dengan air. Lalu, bibit dapat ditanam secara langsung ke lubang tanaman. Waktu paling tepat menanam bibit buah Pepaya California adalah pada waktu sore hari. 

Pemeliharaan Tanaman Buah Pepaya California

Langkah-langkah perawatan pepaya California tak jauh beda dengan tanaman yang lain. Hanya perlu untuk dilakukan penyiraman, pemupukan, serta penyulaman saat ada bibit mati. 

Untuk dapatkan produktivitas maksimal, pemupukan harus dilakukan baik menggunakan pupuk organik maupun dengan pupuk non organik. Begini cara pemupukan tanaman pepaya California:

1. Pupuk Organik

Pupuk organik diberikan seminggu sebelum tanam, dengan memasukkannya di lubang tanam sebanyak 5 kg tiap lubang. 

2. Pupuk Anorganik

Pupuk anorganik diaplikasikan ke dalam sejumlah tahapan dan disesuaikan umur pertumbuhan tanaman. 

3. Pupuk Dasar

Pupuk ini diberikan di awal penanaman. Pupuk yang diberikan yakni pupuk ZA 100 gram, KCL 50 gram, SP36 75 gram. Pupuk tersebut diaplikasikan di tiap lubang tanam. 

4. Pupuk Susulan

Di saat tanaman pepaya California berusia sebulan, pupuk yang diberikan yakni SP36 50 gram, ZA 75 gram, serta KCL 50 gram tiap pohon. Di saat tanaman berusia 3 hingga 5 bulan, pupuk yang diberikan, yakni SP36 75 gram, ZA 100 gram, dan KCL 50 gram tiap pohon. Ketika tanaman pepaya California berusia 6 hingga 9 bulan, pupuk yang diberikan yakni SP36 150 gram, ZA 150 gram, dan KCL 100 gram tiap pohon. 

Baca Juga:  Cara Budidaya Pepaya California

Lalu, saat tanaman pepaya California berusia 10 bulan dan seterusnya, pemupukan dilakukan tiap bulan dan pupuk yang diberikan SP36 150 gram, ZA 200 gram, dan KCL 250 gram tiap pohon. Atau bisa juga diberi pupuk majemuk NPK tiap sebulan sekali dengan dosis 100 gram tiap pohon sebelum berbuah, serta 200 gram tiap pohon di saat tanaman berproduksi. 

Panen Pepaya dan Pasca Panen Pepaya California

Masa panen pertama dapat dilakukan pada usia 7 hingga 9 bulan. Buah sudah bisa dipanen adalah yang sudah matang. Tanda buah matang adalah adanya warna semburat kuning di kulit buah. Untuk panen dilakukan dengan memotong tangkainya, periode tanam dapat dilakukan tiap 10 hari sekali. 

Seperti yang disebutkan di atas, jika pepaya California merupakan salah satu jenis pepaya yang banyak dibudidayakan. Hal itu bukan tanpa alasan karena pepaya California memiliki keunggulan tersendiri dan juga banyak manfaat untuk kesehatan. 

Keunggulan Pepaya California

Tanaman Pepaya adalah tanaman yang asalnya dari Mexico bagian selatan dan Nikaragua. Lalu, tanaman pepaya meluas dan akhirnya dibudidayakan di berbagai negara tropis termasuk Indonesia. Tanaman ini memang mudah tumbuh, dengan media tanah berhumus dicampur pasir, drainase baik dan cukup sinar matahari, tanaman pepaya bisa tumbuh subur. 

Tinggi pohon pepaya ini dapat dikatakan kerdil hanya kurang lebih 1,5 – 2 m dengan batang ruas pendek serta berpelepah. Tanaman bisa berbuah dengan lebat hingga kisaran 25 – 30 buah. Daging pepaya California berwarna merah cerah serta tampak berlubang seperti bintang ketika dipotong. Rasanya manis serta dapat disimpan 5 hari. 

Manfaat dari Buah Pepaya California

Biasanya, sebagian besar orang yang mengonsumsi pepaya California untuk melancarkan buang air besar. Itu adalah salah satu manfaat pepaya tersering diandalkan. Selain bagus dan baik untuk kesehatan pencernaan, pepaya California pun mempunyai manfaat lain yang bagus untuk tubuh, seperti:

Baca Juga:  Ciri-ciri Tumbuhan Pepaya

Perlindungan Terhadap Sakit Jantung

Buah satu ini kaya vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan antioksidan. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi, maka dapat mengurangi risiko sakit jantung. Hal tersebut karena antioksidan dapat mencapai oksidasi kolesterol. 

Tingkatkan Sistem Imun Tubuh

Manfaat buah pepaya California dapat dirasakan karena adanya kandungan vitamin C tinggi. Seperti yang diketahui jika vitamin dapat membantu untuk tingkatkan sistem kekebalan tubuh serta memungkinkan tubuh untuk melawan penyakit yang disebabkan virus serta bakteri. 

Mencegah Kanker Prostat

Lycopene adalah pigmen alami yang ditemukan pada makanan dengan warna merah ataupun warna oranye. Salah satunya yakni pepaya California. Buah pepaya California mengandung likopen. Banyak ahli yang percaya bahwa mengonsumsi makanan banyak mengandung likopen dapat mengurangi risiko kanker prostat.  Nah, demikian berbagai langkah budidaya buah pepaya California mulai dari penyemaian, cara pemupukan tanaman pepaya California, hingga panen serta keunggulan buah dan berbagai manfaatnya. Semoga artikel ini bisa membantu di dalam melakukan budidaya buah pepaya California. Semoga bermanfaat.