Dunia Informasi untuk anda
Pepaya  

Ciri-ciri Tumbuhan Pepaya

Pepaya merupakan salah satu buah yang cukup populer dan banyak disukai oleh masyarakat Indonesia karena kandungan vitaminnya yang begitu tinggi serta memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk tubuh jika dikonsumsi secara teratur dengan baik. Namun, mungkin juga masih belum banyak ada yang tahu mengenai apa saja sebenarnya ciri-ciri tumbuhan pepaya yang dimiliki sehingga bisa untuk mengenalinya dengan lebih mudah dan membedakannya dengan tumbuhan lain yang mungkin sedang tumbuh atau ada di sekitarnya. Oleh karena itu, kali ini akan dibahas dengan lebih lanjut mengenai ciri-ciri yang dimiliki oleh tumbuhan pepaya serta informasi penting lainnya seperti yang ada pada artikel berikut ini.

Ciri-ciri Khusus Pada Tumbuhan Pepaya

ciri ciri tumbuhan pepaya
ciri ciri tumbuhan pepaya

Berbicara mengenai apa saja ciri-ciri tumbuhan pepaya yang ada dan mudah dikenali, bisa dikatakan pula bahwa tumbuhan yang satu ini mudah untuk tumbuh dengan subur di berbagai daerah yang ada. Bahkan juga tumbuhan pepaya ini bisa untuk ditanam di kebun, sawah, halaman rumah, dan masih banyak lagi tempat lainnya yang bisa digunakan selama kebutuhan nutrisi dari pepaya ini bisa untuk dipenuhi dengan cara yang baik.

Apalagi beberapa waktu belakangan, tumbuhan pepaya menjadi salah satu komoditas yang banyak diunggulkan dan dicari karena berbagai jenis yang tersedia, seperti misalnya pepaya bangkok yang bahkan didatangkan langsung dari Thailand.

Untuk pepaya bangkok tersebut, bisa dikatakan memiliki keunggulan tersendiri karena ukuran dari buahnya yang begitu besar dan bahkan bisa memiliki berat sampai 4 kg yang tentunya berbeda dengan jenis pepaya lainnya yang ada. Selain itu, terdapat pula jenis pepaya cibinong yang bahkan bentuknya bisa memiliki berat sampai 2,5 kg dengan bentuk yang lebih besar, lancip, dan juga memanjang. Ada pula jenis pepaya california yang bahkan bisa untuk berbuah sepanjang tahun dengan bentuk yang lebih mungil dan berat sekitar 400 sampai 600 gram.

Baca Juga:  Proses Pematangan Buah Pepaya

Setelah mengenal beberapa jenis pepaya tersebut, simak berbagai ciri-ciri tumbuhan pepaya secara umum seperti di bawah ini.

1. Habitus Tumbuhan Pepaya

Untuk ciri-ciri tumbuhan pepaya yang pertama yaitu berkaitan dengan habitus yang dimiliki oleh tumbuhan satu ini yang begitu unik karena tumbuhan ini bisa untuk hidup dan berkembang di daerah mana saja, termasuk juga dengan daerah yang memiliki iklim tropis.

Meskipun memiliki musim hujan maupun kemarau, tetapi kondisi ini tidak memberikan banyak pengaruh terhadap tanaman satu ini karena ia masih bisa untuk hidup dan tumbuh dengan baik di tengah berbagai kondisi yang ada.

Akan tetapi, perlu untuk diperhatikan dan menjadi fokus bahwa keberhasilan dari pertumbuhan pepaya juga dibarengi dengan perawatannya yang baik agar tidak terkena berbagai jenis penyakit.

2. Daun Tumbuhan Pepaya

Untuk ciri-ciri tumbuhan pepaya yang kedua yaitu bisa dilihat dari daun yang dimilikinya dengan bentuk yang menjari sehingga mirip seperti telapak tangan dan memiliki 5 hingga 9 bagian serta menjadi daun tunggal. Tangkai yang dimiliki oleh daun pepaya ini memiliki rongga dengan besar mulai dari 50 sampai dengan 100 cm dengan besarnya sendiri tergantung pada usia yang dimiliki oleh tumbuhan itu sendiri.

Selain itu, susunan dari keduanya juga terlihat cukup rapi dengan bentuk spiral dan saling menutupi tiap bagian dari ujung batang dengan ditopang oleh tangkai yang bentuknya seperti pipa yang membuatnya mudah untuk dikenali sebagai pepaya.

Selain itu, ciri-ciri tumbuhan pepaya lainnya yang masih berkaitan dengan daunnya yaitu warna permukaan dari daun itu sendiri yang berwarna hijau tua pada bagian atasnya serta hijau muda untuk bagian bawah dari daun tersebut. Di sisi lain, banyak pula yang mengolah dan mengkonsumsi daun pepaya ini karena kandungan gizinya yang cukup tinggi serta memiliki begitu banyak manfaat untuk tubuh manusia dalam menjaga kondisi kesehatan badan yang dimiliki.

Baca Juga:  Mengenal Tanaman Pepaya Dan Cara Membedakan Biji Pepaya Jantan & Betina

Beberapa diantaranya yaitu seperti zat papan yang bisa membantu untuk meningkatkan nafsu makan sehingga sudah bukan menjadi sebuah hal yang baru lagi bahwa ada banyak ibu rumah tangga yang memilih untuk mengolah makanannya.

3. Batang Pohon Tumbuhan Pepaya

Berbicara mengenai ciri-ciri tumbuhan pepaya yang ada, tentunya topik ini tidak bisa untuk dilepaskan begitu saja dari batang pohon yang dimilikinya dengan bentuk silinder dan diameter mulai dari ukuran 30 sampai 40 cm.

Batang dari tumbuhan satu ini termasuk ke dalam jenis semi berkayu, basa, berongga, dan bergabus yang memiliki warna kulit lebih mengarah ke abu-abu dengan bagian permukaannya penuh dengan bekas dari tangkai daun yang mengalami pertumbuhan tegak lurus.

Selain itu, pohon pepaya ini juga tidak memiliki cabang untuk bagian tengahnya, melainkan ada di bagian atas tetapi perlu untuk dipotong agar bisa menghasilkan cepat berbuah.

4. Bunga Tumbuhan Pepaya

Tidak kalah pentingnya untuk diketahui dengan ciri-ciri tumbuhan pepaya yaitu bunganya yang bisa digunakan untuk membantu dalam klasifikasi ke tiga jenis yaitu diantaranya hermafrodit, betina, dan juga jantan dengan karakteristik serta strukturnya masing-masing.

Misalnya pada bunga jantan, ciri-ciri yang dimiliki yaitu majemuk, benang sari tersusun dengan tatanan sempurna, dan juga memiliki warna yang cenderung cerah seperti putih, sementara pada betina memiliki tangkai yang lebih pendek dan mahkotanya langsung melekat dengan bagian dasar dari bunga.

Di sisi lain, untuk bunga hermafrodit sendiri memiliki sama seperti betina tetapi strukturnya lebih sempurna dengan benang sari dan juga bakal buah bagiannya.

5. Buah Tanaman Pepaya

Lainnya dari ciri-ciri tumbuhan pepaya yang ada yaitu juga bisa untuk dilihat dari bagian buahnya yang pada umumnya memiliki bentuk cenderung oval hingga bulat serta diameter dari besar buah tersebut yaitu mulai dari 15 sampai 30 cm. Bisa dikatakan pula bahwa buah pepaya ini juga menjadi konsumsi sehari-hari oleh masyarakat karena juga mudah untuk ditemukan dengan bagian kulitnya yang lebih tipis tetapi dagingnya lebih tebal. Selain itu, ciri khas yang dimiliki dan bisa dilihat dari bagian buah ini yaitu terletak di tengah buah yang berongga dan biasanya dipenuhi dengan banyak biji kecil dengan warna abu-abu menuju hitam.

Baca Juga:  Cara Budidaya Pepaya California

6. Akar Pohon Tumbuhan Pepaya

Untuk ciri-ciri tumbuhan pepaya yang terakhir yaitu terdapat di bagian akarnya yang secara umum memiliki bentuk tunggang dan bercabang serta sepanjang pertumbuhannya memiliki arah mendatar ke berbagai tempat di dalam tanah dan bahkan bisa mencapai panjang 50 cm.

Selain itu, terdapat pula akar dari tumbuhan pepaya ini yang bentuknya menyebar dari bagian pusat batang dengan panjang yaitu sekitar 60 sampai dengan 150 cm dengan kekuatan yang banyak diketahui oleh masyarakat. Bahkan, akar ini juga bisa menyimpan banyak nutrisi dan membuat tumbuhan pepaya tetap bisa berkembang dan tumbuh dengan baik tanpa harus ditanam di tempat gembur berair.