Dunia Informasi untuk anda
Pepaya  

Proses Pematangan Buah Pepaya

Buah pepaya adalah salah satu buah yang mengandung banyak vitamin dan serat serta baik untuk pencernaan. Buah pepaya paling banyak digemari oleh masyarakat luas dan dibudidayakan. Adapun proses pematangan buah pepaya memiliki ciri-ciri seperti menurunnya tingkat kekerasan pada pepaya. 

Hal ini disebabkan oleh adanya proses degradasi pektin yang diubah menjadi protopektin. Sehingga, dapat menimbulkan adanya penurunan tekanan turgor pada dinding sel dan membuat buah pepaya menjadi lunak ketika sudah matang. 

Buah pepaya yang sudah matang rasanya akan sangat manis, daging buahnya lembut, dan kulit buahnya berwarna kuning. Hal ini karena, ketika buah pepaya sudah matang maka kandungan kadar gula di dalam pepaya akan meningkat. 

Penyebabnya adalah adanya peristiwa hidrolisis polisakarida yang diubah menjadi kandungan gula. Oleh karena itu, rasa manis yang terdapat pada buah pepaya ketika matang akan lebih dominan daripada rasa asamnya. Pada artikel ini akan dibahas metode yang digunakan untuk membuat buah pepaya menjadi lebih cepat matang. 

1. Memasukkan Buah Pepaya pada Kantong Kertas

proses pematangan buah pepaya
proses pematangan buah pepaya

Anda bisa menggunakan kantong kertas sebagai cara untuk mematangkan buah pepaya menjadi lebih cepat. Secara alami proses pematangan buah pepaya membutuhkan beberapa waktu, namun Anda bisa mempercepatnya menggunakan media berupa kantong kertas. 

Caranya juga cukup mudah dan praktis yaitu Anda bisa langsung memasukkan buah pepaya yang akan dimatangkan ke dalam kantong kertas. Selanjutnya, agar buah pepaya dapat tertutup secara keseluruhan maka Anda perlu melipat atau menggulung kantong kertas tersebut. 

Kantong kertas sangat terjangkau harganya dan mudah untuk Anda temukan pada toko-toko di sekitar rumah. Selain itu, penggunaan kantong kertas untuk mematangkan buah pepaya sangat efektif dan telah terbukti keberhasilannya. 

Baca Juga:  Cara Budidaya Pepaya California

Buah pepaya akan matang lebih cepat dari biasanya yaitu dalam 2 hingga 3 hari sudah matang dan bisa dikonsumsi secara langsung. Anda juga bisa mengolah buah pepaya yang sudah matang ini dalam berbagai bentuk sajian. 

Pematangan buah pepaya melalui kantong kertas ini dipengaruhi oleh usia dan warna buah. Jika umur buah pepaya sudah tua dan buah tidak berwarna hijau pekat, maka akan lebih cepat matangnya. Namun, jika umur buah pepaya masih muda dan warna kulitnya masih hijau pekat maka kematangan pada buah pepaya akan lebih lama. 

Meskipun demikian, buah pepaya akan lebih cepat matang apabila dibantu dengan kantong kertas daripada pematangan secara alami. Jika Anda mempunyai pohon pepaya yang sedang berbuah, bisa mencobanya di rumah. 

2. Meletakkan Buah Pepaya Berdekatan dengan Buah yang Menghasilkan Etilen

Buah pepaya akan lebih cepat matang apabila diletakkan bersebelahan dengan buah yang menghasilkan etilen. Buah yang dapat menghasilkan etilen contohnya seperti buah pisang atau buah apel. 

Dengan demikian, proses pematangan buah pepaya akan menjadi lebih cepat bahkan pepaya bisa matang hanya dalam hitungan 1 hari saja. Caranya sangat mudah sekali untuk diterapkan yaitu Anda hanya perlu memasukkan buah pisang atau buah apel dan buah pepaya ke dalam paper bag saja. 

Hal ini dapat merangsang pematangan pada buah pepaya yang dimasukkan bersama dengan buah apel atau pisang ke dalam paper bag tersebut. Karena, pisang maupun buah apel akan menghasilkan suatu enzim tertentu yang dapat mempercepat pematangan pada buah lainnya. 

Oleh karena itu, metode seperti ini banyak sekali digunakan agar buah pepaya cepat matang. Kemudian, Anda cukup mengecek paper bag tersebut untuk mengetahui apakah buah pepaya sudah matang atau tidak. Jika Anda tidak ingin buah pepaya terlalu matang, bisa melakukan pengecekan selama 2 hingga 3 hari. 

Baca Juga:  Ciri-ciri Tumbuhan Pepaya

3. Mengatur Suhu Ruangan dengan Baik

Salah satu proses pematangan buah pepaya yang bisa Anda terapkan di rumah adalah dengan mengatur suhu ruangan dengan baik. Hal ini dapat membantu proses pematangan menjadi lebih cepat terhadap buah pepaya yang belum matang. 

Anda cukup mengatur suhu ruangan dan menyimpan buah pepaya yang belum matang tersebut pada tempat tertentu. 

Sebaiknya, Anda menyimpan buah pepaya yang belum matang tersebut di dalam ruangan yang gelap. Tujuannya adalah agar buah pepaya tersebut bisa matang dalam waktu 1 hingga 3 hari saja.

Anda juga bisa membiarkan buah pepaya tersebut di dalam suatu ruangan atau tempat pada rumah Anda seperti di atas meja makan. Pepaya akan matang dengan sendirinya apabila Anda mengatur suhu ruangan dengan baik. Suhu ruangan yang baik untuk mempercepat pematangan pada buah pepaya yaitu sekitar 20 hingga 250 C. 

Metode pengaturan suhu ruangan ini akan berjalan dengan efektif jika buah pepaya tersebut sudah berwarna kuning sebagian pada kulit buahnya. Sehingga, apabila dibiarkan begitu saja selama beberapa hari pada suhu ruangan tertentu maka buah pepaya akan matang dengan sempurna. 

4. Menusuk pada Bagian Kulit Buah Pepaya

Cara lain yang bisa digunakan agar proses pematangan buah pepaya lebih cepat adalah dengan menusuk bagian kulit buah pepaya tersebut. Cara ini dinilai cukup membantu dan efektif dalam membuat buah pepaya menjadi matang. 

Adapun tahapannya yaitu Anda tusuk bagian kulit buah pepaya tersebut dengan pisau untuk mengupas buah. Lalu, buatlah tusukan pada bagian kulit buah pepaya yang belum matang tersebut dengan arah yang vertikal sepanjang buah pepaya. 

Ketika Anda sedang menusuk bagian kulit buah pepaya tersebut harus hati-hati dalam menggunakan pisau pengupas buah agar tidak melukai bagian buah yang lainnya. Jangan sampai pisau pengupas buah tersebut justru membuat daging buah pepaya menjadi tertusuk. 

Baca Juga:  Cara Pemupukan Tanaman Pepaya California

Sehingga, diperlukan ketelitian dalam melakukan penusukan pada bagian kulit buah pepaya yang belum matang ini. Karena, apabila daging buah pepaya yang belum matang tergores oleh pisau pengupas buah maka buah pepaya akan menjadi busuk. 

Sangat disayangkan bukan jika buah pepaya yang belum matang tersebut busuk sebelum matang ? Jika keadaannya sudah begini, maka buah pepaya tersebut sudah tidak bisa dikonsumsi lagi dan harus dibuang. Dengan demikian, usaha yang Anda lakukan untuk mematangkan buah pepaya tersebut akan menjadi sia-sia saja. 

Dengan cara menusuk bagian kulit buah pepaya ini dapat membuat pepaya untuk melepaskan kandungan etilen yang dimilikinya. Sehingga, buah pepaya akan lebih cepat matang dan menghasilkan rasa buah yang manis serta dagingnya menjadi lembut. 

Cara ini sangat simpel untuk mematangkan buah pepaya yang masih mentah. Anda juga bisa mencoba cara tersebut di rumah. Jika Anda memilih mematangkan buah pepaya dengan menggunakan metode ini, maka tidak perlu menambahkan atau mencampurkan metode yang lainnya. Misalnya yaitu menggunakan potongan-potongan buah-buahan yang lainnya untuk membantu mematangkan buah pepaya tersebut. Kemudian, potongan-potongan buah tersebut dimasukkan ke dalam paper bag. Hal ini tidak perlu dilakukan lagi, karena buah pepaya bisa matang dengan sendirinya dengan adanya kandungan etilen di dalamnya.