Dunia Informasi untuk anda

Cara Membuat Suara Perkutut Besar

Mendengarkan suara burung Perkutut memang akan terasa sangat menghibur. Apalagi mereka terkenal dengan suaranya yang sangat merdu dan jernih sehingga banyak yang memeliharanya dengan tujuan mengikuti perlombaan suara burung nasional. Namun, tidak semua pemilik burung Perkutut bisa membuat Perkutut peliharaan mereka menghasilkan suara yang besar. Maka, diperlukan cara membuat suara Perkutut besar. Lantas bagaimana caranya? Berikut ulasannya:

Cara Memperbesar Suara Perkutut

Cara memperbesar suara burung Perkutut bisa dilakukan dengan cara pemeliharaan yang baik dan memberikan makanan yang tepat seperti berikut ini:

cara membuat suara perkutut besar
cara membuat suara perkutut besar

1. Berikan Tempat Nyaman

Memberikan tempat nyaman untuk burung Perkutut dapat dijadikan  cara membuat suara Perkutut besar. Hal ini lantaran kenyamanan tempat bisa membuat stres Perkutut hilang. 

Sebaiknya pilih sangkar burung dengan ukuran dan bentuk yang pas untuk ditempati burung peliharaan Anda. 

2. Membersihkan Sangkar Burung Perkutut

Bicara soal kenyamanan, ketika memelihara Perkutut harus lebih ekstra untuk mengecek dan membersihkan sangkar burung. Hal ini karena kebersihan dan kenyamanan sangkar harus Anda lakukan agar burung merasa nyaman berada di dalam kandang seharian.

Caranya dengan rutin membersihkan alas bawah sangkar yang digunakan untuk menampung kotoran-kotoran burung perkutut. Lakukan sebanyak 2 kali sehari.

Selain itu, Anda juga harus mengganti pakan dan minum yang sudah lama disediakan agar tetap steril ketika di makan si burung Perkutut ini. 

Baca Juga:  Cara Ternak Burung Perkutut

 3. Mandikan dan Jemur Perkutut

‌Memandikan dan menjemur Perkutut dapat membantu suara burung menjadi lebih besar. Bahkan Perkutut bisa jauh lebih sehat serta bersemangat.

Caranya, mandikan Perkutut menggunakan campuran air dan daun sirih kemudian semprotkan. Daun sirih sendiri bermanfaat untuk menghilangkan kutu atau tungau pada Perkutut.

Sedangkan untuk penjemuran, sebaiknya dilakukan di pagi hari antara pukul 07.00 sampai 09.00. Hal ini karena waktu tersebut sinar matahari tidak mengandung panas terlalu menyengat sehingga sangat bermanfaat bagi tubuh Perkutut.

4. Pilih Suplai Makanan Berkualitas

Perkutut harus diberikan makanan berkualitas agar suara Perkutut menjadi besar. Berikan pakan biji-bijian seperti milet, gabah, jewawut, beras merah, kacang hijau ataupun ketan hitam sesuai dengan porsinya.

6. Berikan Vitamin

Untuk cara membuat suara Perkutut besar Anda bisa memerikan Perkutut vitamin secara rutin. Anda bisa membelinya dengan mudah di toko-toko burung. 

Sebaiknya berikan Perkutut vitamin setelah mereka manggung selama 2 bulan sekali dan pada musim hujan karena bisa menambah stamina serta menjaga kesehatan tubuh Perkutut.

7. Berikan Pasangan Untuk Perkutut

Anda harus memberikan Perkutut pasangan. Biasanya burung Perkutut akan sering mengeluarkan bunyi besar ketika mereka bertemu pasangan pada saat masa birahi.

Caranya dengan mendekatkan burung jantan dengan betina atau bisa juga dimasukkan dalam satu kurungan. Biarkan mereka dalam satu kurungan selama beberapa saat, kemudian baru dipisahkan kembali jika terlihat sudah berjodoh. Biasanya burung setelah dipisahkan akan terus berbunyi untuk memanggil pasangannya.

8. Melatih Burung Berkicau

Agar burung Perkutut berkicau Anda harus sering melatih mereka sehingga burung tersebut memiliki suara yang besar.

Cara membuat suara Perkutut besar ini sangat ampuh karena membuat burung jadi terbiasa mengeluarkan suara. Lama-kelamaan Perkutut akan mengalami peningkatan sehingga bisa mengeluarkan suara besar.

9. Manfaat Kacang Hijau Untuk Perkutut 

Kacang hijau dapat membantu burung Perkutut tumbuh dengan cepat. Untuk cara mengolahnya, silakan rebus kacang hijau sebanyak 5-7 butir atau merendamnya dalam air panas.

Baca Juga:  Cara Membuat Sangkar Ternak Perkutut

Diamkan sampai kacang hijau menjadi lunak kemudian dinginkan sampai hangat. Berikan secara rutin kepada burung Perkutut Anda agar hasilnya optimal.

10. Manfaat Minyak Ikan Untuk Burung Perkutut 

Banyak yang masih belum mengetahui manfaat dari minyak ikan untuk burung perkutut ini. Untuk memastikannya, Anda bisa memberikan suplemen minyak ikan kepada burung Perkutut yang bisa diperoleh di toko pakan burung terdekat. Untuk waktu pemberian suplemen ini diberikan setiap 1 butir tiga hari sekali. 

Cara memberikan minyak ikan ke Perkutut pun cukup mudah, Anda bisa memberikan ke mulut Perkutut secara langsung namun harus pelan-pelan agar Perkutut tidak langsung tersedak. Bisa juga dengan memberikan minum terlebih dahulu agar tenggorokan burung Perkutut lebih mudah untuk dimasuki suplemen tersebut.

11. Beras Merah

Beras merah menjadi pilihan untuk i makanan utama karena mempunyai banyak khasiat. Salah satunya dapat membantu pertumbuhan burung perkutut.

Kandungan vitamin E pada beras merah akan berguna untuk membantu perkembangan reproduksi burung perkutut. Beras merah juga memiliki kandungan Vitamin B di dalamnya yang sangat bermanfaat untuk perkutut.

12. Jewawut

Bagi seorang pemula, jenis makanan ini memang cukup asing. Jewawut masuk ke dalam jenis biji-bijian yang memiliki warna orange.

Kandungan protein dalam jewawut sendiri sangat tinggi sehingga makanan ini seringkali direkomendasikan sebagai cara membuat burung Perkutut cepat gacor.  Selain itu, jenis pakan ini juga dapat mempercepat proses pertumbuhan burung perkutut.

13. Ketan Hitam

Banyak kalangan pecinta burung menganggap ketan hitam dapat membantu burung Perkutut tetap merasa hangat.

Hal ini didapatkan karena ketan hitam yang berikan untuk Perkutut saat waktu musim dingin atau sedang musim hujan dapat membuat kondisi tubuh burung Perkutut terjaga. Apalagi, musim hujan dapat mengakibatkan burung Perkutut terserang penyakit, maka ketan hitam sebagai salah satu solusinya.

Baca Juga:  Cara Membuat Sangkar Ternak Perkutut

14. Berikan Jamu Perkutut Alami

Anda bisa memberikan jamu perkutut alami yang dibuat dari bahan-bahan dapur atau membelinya secara langsung di toko pakan burung. Jika ingin membuatnya berikut caranya:

15. Berikan Air Rendaman Beras

Air hasil rendaman beras yang diberikan kepada burung Perkutut dapat membuat burung Perkutut terhindar dari bakteri-bakteri jahat dan membuat Perkutut tidak bau.

Anda bisa menyisihkan air dari rendaman beras saat akan memasak nasi yang biasanya selalu dibuang begitu saja.

16. Berikan Air Kencur

Pemberian kencur ini agar pita suara dan tenggorokan burung lebih lega, dan tidak akan ada efek samping karena kencur merupakan tanaman herbal alami.

Untuk pemberiannya bisa dengan di lolohkan langsung menggunakan tangan sebanyak 3 hari sekali agar kita dapat melihat hasilnya. Jika sudah mendapatkan hasil, Anda bisa menguranginya dengan kurun waktu satu minggu satu kali.

17. Berikan Bawang Putih

Bawang putih bermanfaat sebagai jamu Perkutut alami anti bakteri. Kandungan di dalam bawang putih akan membuat burung Perkutut terbebas dari gangguan pencernaan. Hal ini bisa membuat kicauan burung Perkutut menjadi besar dan indah didengarkan.

18. Memberikan Kencur

Kencur bermanfaat untuk menghilangkan lendir atau dahak pada Perkutut agar Perkutut memiliki kualitas suara yang bagus dan membantu menguatkan pita suara pada perkutut.

Terdapat dua cara membuat kencur. Pertama dengan cara diparut dan diambil sarinya, kemudian campurkan sedikit air untuk diminumkan, atau cara kedua dengan melolohkan parudan kencur ke mulut Perkutut secara langsung. Itulah cara membuat suara Perkutut besar yang bisa diaplikasikan. Semoga bermanfaat.