Dunia Informasi untuk anda

Cara Ternak Burung Perkutut

Sebagai burung sangkar, burung perkutut merupakan seekor burung peliharaan yang cukup populer bagi masyarakat di pulau Jawa. Umumnya burung jenis ini dipelihara secara soliter (sendirian) dalam sebuah sangkar berbentuk silinder.

Alasan mengapa burung jenis ini banyak diminati adalah karena burung ini memiliki suara yang merdu, dari suaranya yang merdu tersebut menjadikan harga jual untuk burung ini diberikan harga yang cukup tinggi dan dapat mencapai harga jutaan rupiah. Tapi untuk suara burung yang masih muda masih dangkal dan pendek sehingga membutuhkan cara ternak burung perkutut yang baik.

Langkah-Langkah Ternak Burung Perkutut Agar Cepat Bertelur

kamu dapat menghasilkan keturunan burung perkutut yang berkualitas dari banyaknya telur yang dihasilkan, yaitu dengan memperhatikan cara ternak burung perkutut yang baik dan benar. Dengan begitu kamu dapat menjual burung perkutut yang telah menetas dari telur dan tumbuh dengan sehat.

Dengan menerapkan cara ternak burung perkutut yang baik agar dapat memperoleh telur dalam jumlah banyak dan pastinya yang berkualitas bagus, berikut adalah langkah – langkah yang dapat kamu ikuti untuk dapat memperoleh banyak telur dengan kualitas yang bagus :

cara ternak burung perkutut
cara ternak burung perkutut

1. Pilih indukan yang berkualitas

salah satu cara ternak burung perkutut  untuk mendapatkan telur dengan jumlah banyak adalah dengan memperhatikan kualitas indukan yang digunakan. Karena memilih indukan yang berkualitas merupakan salah satu faktor penting untuk mendapatkan hasil anakan yang bagus dan berkualitas.

Sehingga, sangat disarankan untuk kamu yang ini beternak burung perkutut untuk memperhatikan kualitas indukan yang akan dipakai. Ciri – ciri dari indukan burung perkutut yang berkualitas adalah memiliki postur tubuh yang tegap, bunyi dan irama suara yang senggang, serta gacor alias rajin berbunyi.

Dari usia yang disarankan untuk menjadi indukan adalah berkisar usia 6 sampai dengan 7 bulan, berarti kurang dari satu tahun.

2. Siapkan kandang ternak ( bukan kandang peliharaan )

Selanjutnya yang perlu kamu lakukan untuk memperoleh telur perkutut yang banyak dan berkualitas adalah dengan cara ternak burung perkutut berupa menyiapkan kandang ternak untuk tempat perkembangbiakan burung tersebut.

Kandang ini biasanya berukuran dengan panjang mencapai 60 x 100 cm sampai dengan 100 x 170 cm dan dengan tinggi yang dapat kamu sesuaikan sendiri. Agar kotoran burung kering dengan cepat, kamu bisa menggunakan pasir atau tanah yang diletakkan pada dasar kandang. Lalu untuk bagian atas kandang bisa ditutup menggunakan triplek.

Jangan letakkan kandang di tempat yang lembab. Akan lebih bagus jika posisi kandang berada di tempat yang kering, terjangkau sinar matahari dan jauh dari hewan – hewan pengganggu.

3. Jodohkan burung sebelum dikawinkan

Dalam hal perjodohan dan perkawinan, burung perkutut jantan harus dapat melewati masa perkenalan dengan burung perkutut betina. Dan pastikan untuk kedua burung tersebut tetap akur sebelum proses perkawinan dilakukan.

Hal ini dikarenakan jika dikawinkan langsung maka kedua burung tersebut tidak akan akur dan justru akan menimbulkan keributan. Ibaratnya adalah seperti manusia yang tidak bisa langsung menikah begitu saja tanpa adanya perkenalan dan pendekatan terlebih dahulu.

Cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat burung perkutut betina dan jantan akur adalah dengan cara menyatukan kedua burung tersebut dalam satu kandang dengan pengawasan tentunya.

4. Berikan makanan berupa biji – bijian dan minuman

Pemberian makan dan minum ini tidak hanya penting untuk kesehatan burung perkutut saja, tapi pemberian makanan dan minuman pilihan dapat juga mempengaruhi cepat tidaknya proses bertelur dari burung perkutut betina. 

Baca Juga:  Cara Membuat Suara Perkutut Besar

Untuk menghasilkan telur dengan kualitas yang bagus, kamu perlu untuk memberikan pasangan ternak ini dengan biji – bijian yang mengandung banyak kalsium dan protein seperti yang ada pada gandum, padi, jerawut, jagung dan biji – bijian lainnya.

Cara Menjodohkan Perkutut Lokal

sebelum melakukan perjodohan burung perkutut kamu perlu memperhatikan cara ternak burung perkutut yang baik dan benar, yaitu dengan cara kamu perlu memperhatikan pasangan perkutut tersebut dan usahakan sepasang perkutut yang akan dijodohkan keduanya memiliki suara serta kesehatan yang prima demi mendapatkan keturunan yang berkualitas.

Cara yang dapat kamu ikuti dalam menjodohkan burung perkutut adalah sebagai berikut :

1. Dekatkan kedua burung secara perlahan

Hal ini bertujuan agar kedua burung perkutut tersebut dapat mengenal satu sama lain. Cara ini biasanya membutuhkan waktu sekitar 3 sampai dengan 4 hari lamanya tergantung dari birahi burung perkutut itu sendiri. Apabila betina memberikan respon saat digoda si jantan maka pemilik dapat lanjut pada tahap selanjutnya.

2. Mandikan burung perkutut

Setelah kedua burung menunjukan tanda saling suka, maka langkah berikutnya adalah segera mandikan kedua burung tersebut. Dan tidak lupa untuk menjemur kedua burung tersebut di siang hari saat dijodohkan agar burung tidak mudah terserang penyakit.

Tujuan dari memandikan dua burung ini adalah agar terjadi kedekatan psikologis karena keduanya sama – sama kedinginan yang mengakibatkan terjadi perkawinan.

3. Memberikan vitamin

Tidak lupa untuk memberikan vitamin pada burung yang akan dijodohkan. Pemberian vitamin seperti probiotik pada burung bertujuan untuk membuat anakan perkutut tidak mudah diserang penyakit dan terhindar dari cacat bawaan. Sehingga akan menghasilkan anakan yang berkualitas baik.

4. Gabungkan burung perkutut dalam satu sangkar

Langkah selanjutnya adalah dengan memasukan kedua burung perkutut tersebut ke dalam sangkar yang lebih kecil, hal ini bertujuan untuk lebih mendekatkan kedua burung tersebut.

Baca Juga:  Cara Membuat Sangkar Ternak Perkutut

5. Siapkan makanan dan minuman tertentu

hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah menyiapkan makanan dan minuman untuk burung tersebut. Saat pemberian makanan untuk kedua burung tersebut perhatikan juga kandungan yang ada dalam makanan tersebut, dan sebisa mungkin makanan tersebut harus memiliki kandungan protein yang cukup untuk burung perkutut.

6. Memonitor secara berkala

Setelah semua langkah sebelumnya sudah dilakukan maka langkah selanjutnya adalah melakukan monitoring secara berkala. Satu minggu pertama perhatikan proses perkawinan burung perkutut untuk meyakinkan sel sperma perkutut masuk dalam sel telur betina agar terjadi pembuahan.

Vitamin Burung Perkutut Cepat Bertelur

selain dari pemberian makanan tambahan, burung perkutut juga membutuhkan sumber asupan vitamin. Karena vitamin tidak bisa didapatkan hanya dari makanan yang kita berikan setiap harinya pada burung perkutut, maka dari itu penambahan konsumsi vitamin perlu untuk dilakukan tentunya dengan porsi atau takaran tertentu.

Banyak jenis vitamin yang bisa kamu berikan pada burung perkutut. Baik itu vitamin buatan pabrik atau vitamin racikan kamu sendiri. Namun perlu kamu ketahui bahwa kamu perlu berhati – hati dalam memberikan vitamin pada perkutut kamu di rumah. Sebab jika kurang cocok nantinya akan menyebabkan perkutut menjadi malas manggung.

Jenis vitamin yang sangat bagus untuk kita berikan pada burung perkutut adalah jenis vitamin ikan, vitamin B kompleks, vitamin E, atau berbagai jenis vitamin yang khusus untuk meningkatkan birahi induk perkutut, semua itu tergantung pada kegunaannya.

Untuk cara pemberian vitaminnya pun perlu untuk kamu perhatikan. Yaitu berkisar 4 sampai dengan 5 hari sekali saja, karena pemberian vitamin setiap hari kurang baik untuk dilakukan. Akan tetapi itu kembali pada jenis vitamin yang diminumkan.